Poster Lomba
Poster Lomba. Sumber Gambar: Google.com

Tips Ukuran Poster Lomba yang Biasa Orang Pergunakan

Poster lomba dan ukurannya yang biasa dipergunakan. Panduan ukuran poster dan flyer. Menyiapkan poster dan selebaran untuk dicetak. Pastikan untuk memeriksa persyaratan ukuran dan orientasi poster Anda sebelum memulai desain Anda.

Sebagian besar poster digital memiliki rasio aspek 4:3 (ukuran standar) atau 16:9 (layar lebar). Ukuran poster tercetak yang paling umum adalah lebar 48 inci kali panjang 36 inci. ( 121,92 cm X 91,44 cm ).

Ini mudah terlihat oleh orang lewat. Untuk ukuran lainnya, Anda bisa membagi kertas tadi menjadi 2. Untuk indoor, maka bisa bagi 2 lagi. Atau, jika ingin mudah, Anda gunakan saja kertas ukuran A. Mulai A4 hingga A0.

Poster Lomba

Poster Lomba Kesimpulan
Poster Lomba. Sumber Gambar: Google.com

Tempat percetakan di dekat Anda biasanya akan mencetak materi pada selembar kertas yang lebih besar dari selebaran atau poster Anda. Ini biasanya mereka lakukan karena mereka dapat mencetak banyak file sekaligus pada satu lembar kertas.

Misalnya, 4 poster dalam sekali cetak. Ini untuk mengurangi biaya dan waktu produksi. Setelah mereka cetak, bahan mereka potong dengan pisau besar yang memotong lembaran yang bertumpuk.

Karena jenis pemotongan ini tidak tepat, maka ada sedikit ketidaksejajaran dalam prosesnya. Oleh karena itu, pada saat menyiapkan file untuk Anda cetak, maka Anda harus memperhatikan bleed dan margin.

Semuanya sama pentingnya karena melindungi konten dan desain dari pisau. Jadi, pada dasarnya, area kosong memastikan tidak ada garis putih di sekitar desain Anda setelah Anda potong.

 

Tentang Poster Lomba

1. Tanpa Margin Putih Tepi

Bleed Sisi Tepi Putih
Bleed Sisi Tepi Putih. Sumber Gambar: Google.com

Desainer biasanya memperpanjang batas dokumen dengan tambahan 1/8 inci (3 mm) di setiap sisi. Warna dan elemen desain melampaui ukuran cetak standar dokumen.

Sehingga, tidak ada garis putih di sekitar dokumen saat ketidaksejajaran kecil terjadi selama proses pemotongan. Jadi jika Anda berencana untuk membuat dokumen cetak yang lebih besar, maka Anda harus menambah area bleed.

Misalnya, untuk label berukuran sedang, lebarnya harus 1/2 inci (12,7 mm). Jadi, margin menciptakan ruang dalam yang aman dalam dokumen yang akan Anda cetak. Margin minimum yang standar adalah 1/4 inci dari setiap tepi dokumen.

Ini memberikan lapisan perlindungan desain ekstra setelah proses pemotongan. Oleh karena itu, logo, teks, dan juga elemen penting lainnya dari dokumen tidak boleh melampaui batas.

 

2. Garis Lipat

Garis Lipat
Garis Lipat. Sumber Gambar: Google.com

Jika selebaran, brosur atau poster lomba Anda perlu Anda lipat, Anda juga ingin meninggalkan margin 1/8 inci di setiap sisi lipatan. Garis lipat memastikan desain Anda tetap simetris dan lipatan tidak memengaruhi bagian mana pun dari konten.

Kemudian, silahkan memilih kertas yang tepat. Ukuran yang Anda pilih untuk selebaran atau poster bergantung pada tiga faktor. Konten yang ingin Anda tampilkan dalam flyer.

Kemudian juga jenis usaha dan cara pendistribusiannya. Dengan memilih terlebih dahulu ketiga parameter ini, maka Anda dapat dengan cepat memilih kualitas kertas yang Anda perlukan.

Ada banyak jenis kertas yang tersedia dan Anda harus memeriksa opsi apa yang tersedia dengan layanan pencetakan yang Anda rencanakan untuk Anda sewa. Namun, Anda dapat membagi jenis kertas ke dalam kategori berikut.

 

3. Jenis Kertas

Jenis Kertas
Jenis Kertas. Sumber Gambar: Google.com

Kertas glossy terutama kita gunakan untuk merek mewah, profesional, dan kelas atas. Dalam format ini, warna dan gambar menarik perhatian dengan lebih baik. Satu-satunya kelemahan dari format ini adalah rentan terhadap noda.

Sehingga harus kita gunakan untuk materi promosi yang kita distribusikan langsung ke audiens. Namun, kertas premium hampir identik dengan kertas glossy dengan satu perbedaan utama – tahan noda.

Kertas matte finish lebih halus daripada gloss dan biasanya penggunanya adalah layanan profesional. Tidak mudah luntur dan kotor. Dengan tampilannya yang matte, warnanya teredam jika kita bandingkan dengan kertas premium yang mengkilap.

Kertas daur ulang menjadi semakin populer karena dampak lingkungannya. Dengan peningkatan teknologi daur ulang, maka kualitas kertas daur ulang hampir tidak bisa pengguna bedakan dengan kertas biasa. Untuk poster lomba, kertas jenis ini cukup baik.

 

Kesimpulan Tentang Poster Lomba

Contoh Poster Lomba
Contoh Poster Lomba. Sumber Gambar: Google.com

Memilih ukuran yang tepat untuk poster dan selebaran Anda hanyalah salah satu bagian dari membuat format ini cocok untuk Anda. Penting juga untuk memperhatikan desainnya.

Faktanya orang-orang akan menerima lusinan selebaran setiap hari. Jika Anda ingin melihat hasil dari upaya pemasaran Anda, maka Anda memerlukan desain yang menarik perhatian dan berbicara kepada audiens target Anda.

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi harga flyer. Jika Anda berencana untuk mencetak buklet dalam jumlah besar, perubahan sekecil apa pun dapat berarti banyak biaya.

Mengetahui ukuran yang tepat adalah langkah pertama dalam memilih opsi terbaik untuk memilih percetakan lokal Anda. Jadi, ukuran poster digital

Kunjungi juga

Kode Transfer Bank BCA

Kode Transfer Bank BCA dan Cara Transfernya

Kode transfer Bank BCA dan cara transfernya. Percaya gak sih, bank yang paling populer di …