Mm ke Cm Berapa
Mm ke Cm Berapa. Sumber Gambar: Google.com

Mm ke Cm Berapa dan Konversi Satuan Panjang

Mm ke Cm berapa dan konversi satuan panjang. Bagaimana kita melakukan konversi panjang? Satuan, tabel konversi. Konversi panjang adalah proses mengubah panjang dari satu satuan ke satuan lainnya.

Misalnya, kilometer dapat kita ubah menjadi meter, mil menjadi yard. Kemudian yard menjadi inci, dan seterusnya. Konversi panjang kita perlukan untuk membandingkan pengukuran dengan skala yang berbeda.

Mm ke Cm Berapa

Mm ke Cm Berapa Penggaris
Mm ke Cm Berapa Penggaris. Sumber Gambar: Google.com

Ketika kita melihat-lihat, kita menemukan panjang yang berbeda. Kami memiliki panjang jalan raya dalam mil, atau panjang pensil dalam inci. Dalam tutorial ini, kita akan mempelajari dasar-dasar konversi panjang, tabel konversi panjang, dan rumus konversi panjang.

Konversi panjang adalah prosedur untuk mengubah satuan panjang menggunakan faktor konversi yang benar. Kita berurusan dengan pengukuran setiap hari. Dan, mengubah satuan ini menjadi satuan yang kita inginkan melibatkan proses perkalian atau pembagian.

Misalnya, tinggi meja diukur dalam inci, panjang buku diukur dalam sentimeter, dan tinggi badan kita diukur dalam kaki. Semua unit ini dapat kita konversi ke unit lain dengan melakukan operasi konversi konstan.

Pada saat kita mengonversi panjang dari satu satuan ke satuan lainnya, ini kita sebut konversi panjang. Konversi ini secara standar kita gunakan untuk berbagai keperluan sehari – hari.

 

Tentang Mm ke Cm Berapa

1. Sistem Metrik

Sistem Metrik
Sistem Metrik. Sumber Gambar: Google.com

Secara umum sistem metrik adalah sistem pengukuran yang para ilmuwan dan matematikawan di seluruh dunia gunakan. Sistem ini berdasarkan pada perkalian dan pembagian dengan 10.

Ada tujuh satuan ukuran yang umum orang gunakan. Untuk konversi panjang, 1 meter adalah satuan dasar saat melakukan konversi metrik. Mari kita lihat langkah-langkah di bawah ini yang kita gunakan untuk mengonversi panjang.

Untuk langkah-langkah konversi panjang, akan kami tunjukkan sebagai berikut. Tabel berikut menunjukkan konversi meter menjadi satuan meter yang berbeda. Ini adalah satuan dasar dan metrik lainnya.

Jadi, 1 meter adalah 1/1000 km. Atau, 1 meter adalah 1/100 hektometer. 1 meter adalah 1/10 dekameter. Kemudian, 1 meter adalah 10 desimeter. 1 meter juga sama dengan 100 cm atau 1 meter adalah 1000 mm.

 

2. Sistem Imperial

Mm ke Cm Berapa Tabel Panjang Mil
Mm ke Cm Berapa Tabel Panjang Mil. Sumber Gambar: Google.com

Sistem satuan imperial adalah sistem yang pertama kali didefinisikan oleh Inggris untuk mengukur berbagai besaran. The Weights and Measures Act 1824 dan 1878 Act menetapkan sistem dari kekaisaran Inggris.

Sistem ini berdasarkan definisi yang tepat dari satuan pilihan saat ini. Mari kita lihat tabel konversi panjang untuk sistem pengukuran panjang imperial. Satuannya berbeda dengan metrik.

1 mil laut adalah 1.151 mil darat atau 1.852 meter. Untuk 1 Mil darat adalah 1760 yard atau 1609 meter. Ukuran 1 Furlong adalah 220 yard atau 201 meter. Panjang 1 rod  adalah 5.50 yards atau sama juga dengan 5.029 meter.

Ukuran 1 fathom adalah 6 feet atau 1.829 meters. Untuk 1 yard adalah 3 feet ( kaki ) atau bisa juga 0.9144 meter. Selanjutnya 1 foot  adalah ukuran sebesar 12 inchi atau 0.3048 meter. Ukuran 1 Inchi sendiri adalah 0.083 foot atau 0.0254 meter atau bisa juga 2,54 cm.

 

3. Tabel Konversi

Tabel
Tabel. Sumber Gambar: Google.com

Jadi, tabel konversi panjang adalah mekanisme di mana satuan panjang kita konversi ke satuan lain. Daftar faktor konversi antara setiap satuan panjang. Tabel berikut terdiri dari beberapa satuan yang umum untuk sistem pengukuran metrik serta sistem pengukuran imperial.

Plus, tabel tersebut juga dapat langsung kita gunakan untuk mengonversi satuan tanpa menggunakan kalkulator apa pun. Jadi, data ini bisa mempercepat perhitungan jika kita butuhkan.

1 millimeter(mm) adalah 0.001 meter atau 0.0393 inchi. Bisa juga 0.0032 ft atau 0.00000062 mil ( darat ). untuk 1 meter(m) adalah 1000 mm atau 39.37 inchi. Dan, sama juga dengan  3.28 feet atau 0.00062 mil ( darat ).

1 inch (in) adalah 25.4 mm atau 0.0254 meter. Atau, untuk 1 inchi adalah 0.0833 kaki atau sama juga dengan 0.000015 mil. Untuk 1 foot(ft) sama dengan 304.8 mm atau bisa juga kita sebut 0.304  meter.

Jadi, ini setara 12 kaki dan juga 0.000189 mil. Untuk 1 mile(mi), maka setara dengan 1609344 mm atau sebesar 1609.344 meter. Nilai ini juga sama dengan ukuran 63360 inchi atau 5280 kaki.

 

4. Tips Mengkonversi Satuan

Mm ke Cm Berapa Tabel Konversi
Mm ke Cm Berapa Tabel Konversi. Sumber Gambar: Google.com

Sekarang mari kita lihat tip berikut yang orang gunakan untuk konversi panjang. Jadi, penting untuk mengubah semua satuan panjang yang berbeda menjadi satu satuan umum sebelum menyelesaikan soal.

Konversi metrik dapat kita lakukan dengan mengalikan atau membagi dengan 10 atau dengan kelipatan 10. Meter kitas sebut juga SI atau satuan panjang dasar. Amerika Serikat menggunakan sistem metrik selain sistem konversi Imperial.

Contoh untuk konversi panjang yang kita selesaikan. Pertama, berapa mil jalan sepanjang 20.000 meter? Solusi: Menurut tabel konversi metrik, satu mil sama dengan 1609 meter.

Mengingat bahwa kita perlu mengubah 20.000 meter menjadi mil. Jadi kita perlu membagi 20.000 meter dengan 1609 untuk mendapatkan jawabannya dalam mil. Maka, 20.000/1609 = 12,43 mil.

Intinya, dengan memahami konsep dengan benar, maka kita bisa menghancurkan konsep kompleks dengan gambar sederhana. Karena itu, matematika tidak lagi menjadi pelajaran yang sulit. Apalagi jika Anda memahami konsepnya melalui visualisasi.

 

Pertanyaan Tentang Mm ke Cm Berapa

1. Ukuran

Mm ke Cm Berapa Sistem Panjang Amerika
Mm ke Cm Berapa Sistem Panjang Amerika. Sumber Gambar: Google.com

Berapa panjang satu meter?. Jadi, meter dapat kita konversi ke banyak unit lainnya. Ada yang sentimeter dan milimeter. Satu meter terdiri dari 100 cm dan satu meter terdiri dari 1000 mm.

Apa satuan panjang terkecil? Satuan panjang terkecil adalah “Panjang Planck”, yang kira-kira sama dengan 1,6 x 10-35 meter. Namun, untuk satuan panjang terbesar, maka ukurannya berbeda jauh.

Parsec adalah satuan panjang terbesar. kita gunakan untuk mengukur jarak kosmik. 1 parsec = 3,09 x 1016 meter. Jadi, ukuran ini sangat besar karena ukuran 1 km saja hanya 1 X 10 pangkat 3 meter.

 

2. Cara Menghitung Panjang dalam Inci

Metrik Kesimpulan
Metrik Kesimpulan. Sumber Gambar: Google.com

Untuk menghitung panjang dalam inci, kita memerlukan faktor konversi yang terkait dengan dua satuan panjang yang ada. Misalnya, panjang satu kaki adalah sama dengan 12 inci,

Jadi untuk mengubah 5 kaki menjadi inci, kita mengalikan 5 dengan faktor konversi 12 untuk mendapatkan jawaban dalam inci. 5 x 12 = 60 inci.

Demikian pula, panjang apa pun yang soal nyatakan dalam satuan apa pun dapat kita nyatakan dalam inci menggunakan faktor konversi bilangan bulat. Namun, bagaimana cara menghitung panjangnya?

Untuk menghitung panjang, kita perlu menentukan dua properti penting. Pertama, kita perlu menentukan titik awal dan titik akhir. Untuk yang kedua, kita perlu menentukan satuan ukuran untuk panjang.

Jika panjang kita ukur dengan dua titik pada selembar kertas, maka kita dapat menggunakan sentimeter atau inci sebagai satuan pengukuran. Jika kita perlu mengukur panjang atau jarak antara dua kota, maka kita menggunakan satuan kilometer atau mil.

 

3. Apa Perbedaan Pengukuran Panjang?

Mm ke Cm Berapa Tabel Panjang Mil
Mm ke Cm Berapa Tabel Panjang Mil. Sumber Gambar: Google.com

Berbagai pengukuran panjang dalam satuan SI atau satuan AS tradisional. Dalam satuan SI, kami menggunakan satuan standar meter, dan dalam satuan Amerika, kami menggunakan kaki sebagai satuan pengukuran standar.

Bagaimana kita melakukan konversi panjang? Panjangnya kita konversi menggunakan operator konversi yang benar. Pertama-tama, hubungan antara dua unit terlihat.

Maka, karena itu, unit tersebut kita kalikan atau kita bagi dengan faktor konversi yang sesuai. Tabel berikut mencantumkan beberapa satuan konversi yang membantu Anda mengonversi panjang dari satu satuan ke satuan lainnya.

1 mil laut adalah 1.151 mil atau 1.852 meter. untuk 1 mil sendiri adalah 1760 yard atau 1609 meter. 1 yard  sama dengan 3 kaki 0,9144 meter. Untuk ukuran 1 kaki atau 12 inci adalah 0,3048 meter. 1 inci adalah 0,083 kaki (0,0254 meter).

Satuan utama panjang di Amerika Serikat adalah kaki, yard, dan inci. Selain itu, satuan AS ini dapat dikonversi ke sistem pengukuran lain seperti Sistem Satuan Internasional (SI) atau Sistem Kerajaan Inggris.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …