Aplikasi Web
Aplikasi Web. Sumber gambar: Google.com

Aplikasi Web, Pengertian dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Aplikasi web, pengertian dan contohnya dalam kehidupan sehari – hari. Dalam tutorial ini, kita akan mempelajari konsep dasar aplikasi web, cara kerjanya, serta kelebihan dan kekurangannya.

Aplikasi web

Web Apps
Web Apps. Sumber gambar: Google.com

Aplikasi website adalah program aplikasi yang biasanya tersimpan di server jauh, yang dapat pengguna akses melalui penggunaan program yang kita kenal sebagai browser website.

definisi lain

Ini adalah jenis program komputer yang biasanya berjalan dengan bantuan browser website dan juga menggunakan berbagai teknologi website untuk melakukan berbagai tugas di Internet. Contoh sederhana, Game Online.

Aplikasi website dapat orang kembangkan untuk beberapa kegunaan, yang dapat siapa saja gunakan sebagai individu atau sebagai keseluruhan organisasi karena berbagai alasan.

Secara umum, aplikasi website dapat berisi toko online (atau bisa juga disebut toko e-commerce), webmail, kalkulator, platform media sosial, dll. Ada juga jenis aplikasi website yang biasanya membutuhkan jenis web browser khusus untuk mengaksesnya.

Kami tidak dapat mengakses jenis aplikasi website ini menggunakan browser web biasa. Namun, sebagian besar aplikasi website yang tersedia di Internet dapat pengguna akses menggunakan browser web standar.

Jika kita berbicara tentang aplikasi website secara umum, aplikasi website biasanya menggunakan serangkaian skrip sisi server seperti PHP dan ASP untuk menangani penyimpanan informasi/data dan pengambilan data.

Beberapa juga menggunakan skrip sisi klien seperti JavaScript dan HTML untuk mewakili data/informasi di depan pengguna, dan beberapa aplikasi website menggunakan sisi server dan klien secara bersamaan.

Ini memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan organisasi atau perusahaan menggunakan formulir online, forum online, keranjang belanja, sistem manajemen konten, dan banyak lagi.

Terlepas dari aplikasi website ini, ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuat atau berbagi dokumen atau berbagi data/informasi. Dengan aplikasi website, pengguna dapat berkolaborasi pada proyek yang sama berdasarkan peristiwa ketika mereka tidak tersedia di lokasi geografis yang sama.

Setelah mengetahui apa itu aplikasi website, mungkin ada pertanyaan di benak tentang cara kerjanya. Jadi, mari kita memahami cara kerja aplikasi website.

 

Bagaimana cara kerja aplikasi web?

Contoh Web Aplikasi
Contoh Web Aplikasi. Sumber gambar: Google.com

Secara umum, aplikasi web tidak memerlukannya untuk diunduh karena, seperti yang telah kita bahas, aplikasi web adalah program komputer yang biasanya terletak di server jauh. Setiap pengguna dapat mengaksesnya menggunakan salah satu browser web standar seperti Google Chrome, Safari, Microsoft Edge, dll., dan sebagian besar tersedia secara gratis untuk semua orang.

Sebuah aplikasi website umumnya dikodekan menggunakan bahasa yang didukung oleh hampir semua browser web seperti HTML dan JavaScript karena ini adalah bahasa yang diandalkan oleh browser web untuk membuat program dapat dieksekusi.

Beberapa aplikasi website cukup statis karena tidak memerlukan pemrosesan sisi server sama sekali, sementara di sisi lain, beberapa aplikasi website bersifat dinamis dan memerlukan pemrosesan sisi server.

Untuk menjalankan aplikasi website, kita biasanya memerlukan server web (atau bisa kita katakan beberapa ruang di server web untuk perangkat lunak/kode aplikasi kita) untuk mengelola permintaan klien yang masuk dan server aplikasi yang diperlukan.

Server aplikasi melakukan tugas yang diminta oleh klien, yang terkadang juga memerlukan database untuk menyimpan informasi. Teknologi server aplikasi berkisar dari ASP.NET, ASP, dan ColdFusion hingga PHP dan JSP.

Aplikasi website standar biasanya memiliki siklus pengembangan yang singkat dan dapat dengan mudah dikembangkan dengan tim kecil pengembang.

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar aplikasi website yang saat ini tersedia di internet pengembang tulis menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML (atau Hypertext Markup Language).

Juga, dengan CSS (atau Cascading Style Sheets) dan JavaScript yang pengembang gunakan untuk membuat pemrograman antarmuka Front End (sisi klien).

Untuk membuat script untuk aplikasi website, pemrograman pengembang lakukan secara server-side dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, Python, PHP, Ruby, dll. Python dan Java adalah dua bahasa yang umum pengembang gunakan untuk pemrograman sisi server.

 

Alur aplikasi web

Aplikasi Web Contoh Website aplikasi
Aplikasi Web Contoh Website aplikasi. Sumber gambar: Google.com

Mari kita pahami seperti apa aliran aplikasi web pada umumnya. Jadi, umumnya, pengguna mengirimkan permintaan ke server web menggunakan browser web seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Firefox, dll. melalui Internet.

Kemudian, permintaan diteruskan ke server aplikasi web yang sesuai oleh server web. Kemudian, server aplikasi web melakukan operasi/tugas yang diperlukan seperti pemrosesan basis data dan kueri basis data; Menghasilkan hasil data yang server perlukan.

Hasil yang server peroleh akan web server kirimkan bersama dengan data/informasi yang pengguna minta atau data yang server proses.

Server web merespons pengguna dengan data/informasi yang pengguna minta atau server proses dan menampilkan hasilnya ke layar pengguna.

 

Manfaat Aplikasi Web

Web Apps
Web Apps. Sumber gambar: Google.com

Mari kita lihat beberapa manfaat penting yang aplikasi website tawarkan. Aplikasi web biasa dapat kita jalankan atau kita akses di sistem operasi apa pun seperti Windows, Mac, dan Linux selama browser kompatibel.

Biasanya, aplikasi website tidak perlu pengguna pasang di hard drive sistem komputer, sehingga menghilangkan semua masalah dengan ruang terbatas. Jadi, semua pengguna dapat mengakses versi aplikasi website yang sama, menghilangkan semua masalah kompatibilitas.

Ini juga mengurangi pembajakan perangkat lunak dalam aplikasi website berbasis langganan, misalnya, SAAS (atau Perangkat Lunak sebagai Layanan).

Ini juga mengurangi biaya bagi pengguna akhir dan pemilik bisnis karena perawatan yang bisnis butuhkan jauh lebih sedikit. Juga, Aplikasi website yang fleksibel. Pengguna dapat bekerja dari lokasi geografis mana pun selama ia memiliki koneksi internet yang berfungsi.

Hanya butuh beberapa saat untuk membuat pengguna baru dengan memberikan nama pengguna, kata sandi, URL, dan selesai. Bahkan, dengan tersedianya cloud, penyimpanan sekarang hampir tidak terbatas selama Anda mampu membelinya.

Aplikasi website dapat pengembang program untuk berjalan pada berbagai sistem operasi, tidak seperti aplikasi asli yang dapat berjalan pada platform tertentu.

Setiap aplikasi website standar pengembang kembangkan menggunakan beberapa bahasa pemrograman dasar seperti HTML dan CSS yang kompatibel dan terkenal di kalangan profesional TI.

 

Kekurangan aplikasi web

Contoh Web Aplikasi
Contoh Web Aplikasi. Sumber gambar: Google.com

Seperti yang kita semua tahu, ada dua sisi dalam segala hal; Jika sesuatu memiliki beberapa kelebihan, mungkin juga memiliki keterbatasan/kekurangan. Pertimbangkan kelemahan aplikasi website berikut.

Koneksi internet pengguna perlukan untuk mengakses aplikasi website apa pun. Jadi, tanpa koneksi internet, tidak ada yang dapat menggunakan aplikasi website apa pun.

Sangat biasa memiliki koneksi internet di kota-kota modern kita, Namun, koneksi internet di daerah pedesaan kadang kurang baik.

 

1. Keamanan

Keamanan
Keamanan. Sumber gambar: Google.com

Banyak orang dalam bisnis percaya bahwa data mereka di cloud tidak aman dan ingin tetap menggunakan metode lama. Mereka bahkan tidak ingin menggunakan metode baru.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak pengguna yang suka menggunakan browser web yang berbeda. Jadi sesuai dengan kebutuhan dan pilihan mereka.

Maka. saat membuat aplikasi website, Anda harus ingat bahwa aplikasi Anda harus mendukung banyak browser web. Termasuk juga browser versi baru dan lama.

 

2. Kecepatan

Kecepatan Internet
Kecepatan Internet. Sumber gambar: Google.com

Masalah terkait kecepatan juga mempengaruhi kinerja aplikasi website. Ini karena ada banyak faktor yang bergantung pada kinerja aplikasi website. Dan semua faktor ini juga memengaruhi kinerja aplikasi website dengan caranya sendiri.

Jika aplikasi website pengguna menghadapi masalah apa pun. Atau, jika mereka tidak memiliki situs web perusahaan yang berkualitas baik, maka aplikasi website mereka tidak akan berjalan dengan baik dan lancar.

 

3. Biaya

Biaya
Biaya. Sumber gambar: Google.com

Pengguna harus mengeluarkan uang yang cukup untuk menjaga kondisi baik aplikasi website mereka. Juga memberikan pembaruan ketika terjadi masalah. Dan, kemudian membuat antarmuka pengguna yang menarik, yang tidak murah sama sekali.

Aplikasi website harus pengembang program / mereka kodekan sedemikian rupa sehingga bekerja terlepas dari sistem operasi perangkat.

Aplikasi website mungkin mengalami beberapa masalah saat berjalan di Windows, Android, atau banyak sistem operasi lain jika tidak responsif.

Ada banyak kelebihan dan kekurangan aplikasi web; Tidak mungkin membahas semuanya sekaligus. Jadi di atas, kami hanya membahas beberapa poin penting dan berguna. Semoga dapat membantu Anda dengan cepat memahami pro dan kontra dari aplikasi website.

Kunjungi juga

Download GBWhatsApp

Download GBWhatsApp dan Alasan Mengapa Mesti Menggunakannya

Download GBWhatsApp dan alasan mengapa Anda harus menggunakan GB Whatsapp. Alasan utama adalah adanya beberapa …