Teknologi Cloud Adalah
Teknologi Cloud Adalah. Sumber gambar: Google.com

Definisi Teknologi Cloud Adalah dan Manfaatnya

Teknologi clound adalah pengiriman berbagai layanan komputasi melalui internet. Jadi, secara detai, komputasi cloud: apa itu komputasi cloud dan bagaimana cara kerjanya?

Teknologi cloud adalah

Teknologi Cloud Adalah Server Untuk Cloud
Teknologi Cloud Adalah Server Untuk Cloud. Sumber gambar: Google.com

Mungkin, teknologi cloud pada pandangan pertama akan tampak seperti semacam sihir, mengikuti jalur yang sama dengan Force dari Star Wars. Faktanya, kemungkinan sebenarnya dari komputasi cloud tidak jauh dari ajaib.

Mengingat bahwa industri komputasi cloud bernilai $371,4 miliar pada tahun 2020 dan diperkirakan akan meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi $832,1 miliar pada tahun 2025, apa pun industrinya, itu pasti bernilai investasi.

Tetapi muncul pertanyaan: apa itu komputasi cloud dan bagaimana cara kerjanya? Jika Anda ingin tahu, teruslah membaca.

 

Definisi teknologi cloud adalah

Teknologi Cloud Adalah Komputasi Awan
Teknologi Cloud Adalah Komputasi Awan. Sumber gambar: Google.com

Komputasi awan mencakup teknologi yang memungkinkan individu atau perusahaan untuk mengakses data atau layanan tertentu tanpa memerlukan infrastruktur fisik.

Ada banyak kategori umum dari teknologi cloud seperti Infrastructure as a Service (IaaS); Komunikasi sebagai Layanan (CaaS); dan Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS). Jadi, mari kita lihat masing-masing kategori.

 

Kategori teknologi cloud adalah

1. IaaS – Infrastruktur sebagai Layanan

IAAS Cloud
IAAS Cloud

Server Cloud IaaS adalah salah satu bentuk utama komputasi awan. Hal ini karena IaaS menyediakan infrastruktur jaringan seperti server dan storage.

Perusahaan seperti Anda mungkin memilih untuk tidak berinvestasi dalam sumber daya lokal dan melakukan outsourcing bahwa mereka memerlukan penyedia layanan IaaS.

Amazon Web Services (AWS) mungkin adalah contoh IaaS yang paling umum. Sementara lebih banyak orang cenderung akrab dengan situs belanja online, AWS adalah platform cloud yang menghosting pusat data di seluruh dunia yang menggerakkan sebagian besar internet.

Jeff Bezos membandingkan AWS dengan perusahaan utilitas. Pada awal 1900-an, sebuah pabrik yang membutuhkan listrik harus membangun pembangkit listriknya sendiri. Tentu saja, ini terjadi sampai perusahaan listrik mengizinkan orang lain untuk membeli listrik sebagai utilitas.

Demikian pula, AWS berfungsi sebagai repositori untuk lebih dari sepertiga pasar cloud. Khusus untuk usaha kecil menengah (UKM), ini bisa menjadi cara praktis untuk menekan biaya startup.

 

2. CaaS ( Container as a Service )

Teknologi Cloud Adalah Caas Server Awan Cloud
Teknologi Cloud Adalah Caas Server Awan Cloud

CaaS adalah apa yang kebanyakan orang tahu, bahkan jika istilah “CaaS” bukanlah hal pertama yang terlintas dalam pikiran. Alat komunikasi seperti pesan instan, Voice over Internet Protocol atau teknologi VoIP, konferensi video, dan lainnya sepenuhnya kompatibel dengan CaaS.

Anda mungkin tidak memerlukan bantuan untuk membuat banyak contoh tindakan CaaS. Contoh-contoh ini mungkin termasuk Skype, Facebook Messenger, Discord, Slack, dll.

Perangkat keras dan perangkat lunak apa pun yang bertanggung jawab untuk menyediakan layanan ini, sebagian besar berada di belakang layar sambil menuai manfaatnya.

 

3. SaaS ( Software as a Service )

SAAS
SAAS. Sumber gambar: Google.com

Dengan SaaS, perusahaan dapat mengakses perangkat lunak secara berlangganan. Penyedia SaaS menanggung beban memelihara dan menyimpan server, database, dan kode yang membentuk aplikasi.

Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet. Beberapa contoh utama SaaS mungkin Microsoft 365 atau Dropbox. Microsoft 365 memberi Anda semua produk Microsoft Office Suite yang sering Anda instal di komputer Anda.

Dengan pengecualian Microsoft 365, Maka, ini dapat kita gunakan di browser web dan tidak diperlukan penginstalan.

Dropbox adalah juga layanan penyimpanan tempat Anda dapat menyimpan dokumen, foto, dan video secara online. Manfaat yang dihasilkan adalah jika Anda kehilangan media di mesin lokal Anda, Anda akan selalu memiliki cadangan online selama Anda memiliki koneksi internet.

 

Penjelasan tentang teknologi cloud adalah

1. Cara kerja

Server
Server. Sumber gambar: Google.com

Mungkin cara termudah untuk memahami cara kerja komputasi awan adalah dengan memikirkan sistem komputer yang terdiri dari dua kategori: front-end dan back-end. Kedua pihak ini terhubung melalui jaringan, terutama melalui Internet.

Ujung depan mencakup semua yang pengguna temui, apa yang pelanggan lihat secara langsung. Misalnya, apa yang Anda lihat di artikel dan/atau situs web ini semuanya berkat antarmuka pengembangan web.

Namun, backend menampung semua proses dan data yang membuat halaman ini berjalan dengan lancar. Pengembangan back-end mengawasi server, database, dan semua hal lain yang membantu menjaga halaman web ini tetap stabil.

Ketika komputasi awan muncul, dibutuhkan posisi yang kuat sebagai overlay dari semua yang terjadi di server. Dengan kata lain, semua yang terjadi di server sekarang terjadi di cloud.

 

2. Manfaat komputasi awan

Cloud
Cloud. Sumber gambar: Google.com

Kesederhanaan dan aksesibilitas teknologi cloud berkontribusi pada penggunaannya di sektor publik dan swasta. Mari kita lihat lima cara utama komputasi awan mengubah perekonomian.

1. Transformasi bisnis

Komputasi awan membantu perusahaan menghemat biaya infrastruktur dengan menawarkan solusi yang mudah mereka pasang, mereka tingkatkan, dan pelihara.

Jika kita bandingkan dengan opsi perangkat keras yang sering orang jual dengan harga lebih tinggi dan memiliki lebih sedikit opsi penyesuaian, maka komputasi awan adalah alternatif yang bagus.

Komputasi awan juga mengubah bisnis, menciptakan ruang kerja yang fleksibel, dan meningkatkan produktivitas.

Sebagian besar berkat cloud, pekerjaan jarak jauh telah menjadi pilihan populer bagi banyak perusahaan yang ingin mengurangi biaya kantor. Cloud memungkinkan karyawan memiliki kantor lengkap di rumah.

Belum lagi teknologi cloud membuka akses ke pasar luar negeri, yang berarti peluang pertumbuhan yang belum terealisasi. Perusahaan tidak lagi harus bergantung pada situs dan Anda dapat menemukan bakat di seluruh dunia.

2. Potensi kecerdasan buatan dan Internet of Things

Data adalah dasar dari pembelajaran mendalam dan pembelajaran mesin, dan inti dari semua teknologi kecerdasan buatan (AI). Cloud memungkinkan Anda mengumpulkan dan menganalisis data.

Internet of Things (IoT), yang menghubungkan perangkat fisik ke Internet, bekerja dengan cara yang sama. Menggunakan data dari cloud, Internet of Things membuka jalan bagi perangkat pintar global sepenuhnya.

3. Tingkatkan pengalaman pelanggan

Komputasi cloud dapat memberikan dukungan pelanggan 24/7. Keterkaitan komputasi cloud meningkatkan ketersediaan informasi dan juga dukungan bagi pengguna di seluruh dunia.

Bisnis besar dan juga kecil mendapat manfaat dari dukungan tepat waktu bagi pelanggan mereka. Dukungan tidak terbatas pada hub fisik, tetapi dapat juga berkisar dari chatbot virtual hingga arsip online sumber daya yang berguna.

4. Kurangi masalah keamanan

Ketika penyedia layanan cloud belajar tentang teknologi blockchain, maka Anda dapat menantikan masa depan yang lebih aman. Teknologi cloud menggunakan enkripsi untuk menyimpan dan mengirimkan informasi.

Enkripsi melindungi data dari potensi ancaman dunia maya, dan kemudian menjadikan cloud lebih aman daripada data yang kita simpan secara lokal.

5. Skalabilitas

Cloud mampu menangani volume data yang terus meningkat yang harus disimpan untuk memenuhi kebutuhan pengguna tanpa perubahan besar dalam harga dan ketersediaan.

Kemungkinan cloud praktis tidak terbatas. Dengan demikian, penskalaan atau meminimalkan adalah dua opsi yang layak dengan cloud.

6. Globalisasi

Komputasi cloud dapat membantu menumbuhkan bisnis di negara berkembang karena jangkauan globalnya.

Pemain kompetitif dalam teknologi internasional menurunkan biaya bisnis dengan menghilangkan hambatan masuk dan memberikan keunggulan teknologi.

 

Peluang baru untuk negara berkembang dari teknologi cloud adalah

Server Untuk Cloud
Teknologi Cloud Adalah Server Untuk Cloud. Sumber gambar: Google.com

Ekonomi pasar berkembang bercirikan banyak faktor sosial ekonomi, seperti pertumbuhan ekonomi yang cepat yang diukur dalam produk domestik bruto (PDB) nasional atau juga kerentanan terhadap fluktuasi komoditas.

Brasil, Cina, Rusia, Afrika Selatan, dan juga Meksiko adalah negara berkembang. Perekonomian ini cenderung memiliki perekonomian tradisional yang berbasis pada perdagangan dan juga pertanian.

Jadi, mereka berusaha untuk mematahkan kecanduan ini dengan berinvestasi di industri yang lebih stabil dan aman seperti teknologi. Maka, itulah sebabnya banyak dari negara-negara ini terkenal dengan bakat luar negeri mereka.

Perkembangan teknologi juga menarik investor yang tertarik untuk melihat pertumbuhan ekonomi yang pesat dan pengembalian investasi.

Banyak pemerintah mendukung tren ini dan mendorong perusahaan teknologi untuk menarik lebih banyak investasi internasional dengan memberi mereka insentif seperti tarif pajak yang lebih rendah.

 

Kesimpulan

Manfaat
Teknologi Cloud Adalah Manfaat. Sumber gambar: Google.com

Teknologi cloud – tidak berbeda dengan awan itu sendiri – semakin membayangi kehidupan sehari-hari orang biasa. Tetapi tidak ada yang perlu kita takuti dari teknologi baru ini. Dia memiliki potensi untuk mengubah industri apa pun menjadi lebih baik.

Kunjungi juga

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot yang Bisa Kita Lakukan Sendiri

Cara agar laptop tidak lemot yang bisa kita lakukan sendiri. Baik Anda maupun perangkat Anda …