HP Oppo A53
HP Oppo A53. Sumber gambar: Google.com

HP Oppo A53 Review Kelebihan dan Kekurangan

HP Oppo A53 kelebihan dan kekurangan. Ulasan smartphone OPPO A53: baterai bagus, namun banyak kompromi. Dalam ulasan ini, kita akan berkenalan dengan smartphone murah (mulai $ 200) dari OPPO.

HP Oppo A53

Situs Web OPPO
Situs Web OPPO. Sumber gambar: Google.com

Ada banyak ponsel terjangkau di pasar dan baru-baru ini mereka menjadi sangat mirip satu sama lain. Mari kita cari tahu apakah kinerja A53 sudah cukup, apakah kameranya bagus, dan apakah modelnya sepadan dengan waktu dan uang Anda secara umum.

 

Tentang HP Oppo A53

Situs Web OPPO
Situs Web OPPO. Sumber gambar: Google.com

OPPO adalah anak perusahaan dari BBK Holding Company China. Saudara dan saudarinya – OnePlus, Vivo, dan realme – terkadang sangat mirip sehingga mudah untuk bingung.

Merek telah di pasar selama bertahun-tahun dan telah mengalami pasang surut. Sekarang kisaran OPPO luas, dan A53 mungkin bukan yang termurah, tetapi masih sangat terjangkau.

Dalam banyak hal, perangkat ini merupakan kompromi yang praktis tak tertandingi dengan rekan-rekan yang lebih mahal. Namun, ada beberapa fitur menarik.

 

Spesifikasi Lengkap OPPO A53

HP Oppo A53 Harga 2,4 jutaan
HP Oppo A53 Harga 2,4 jutaan. Sumber gambar: Google.com

JARINGANGSM / HSPA / LTE

Peluncuran 2020, 20 Agustus

Status  tersedia. Dirilis 2020, 25 Agustus

Bodi  163,9 x 75,1 x 8,4 mm (6,45 x 2,96 x 0,33 inci)

Berat 186 gram (6,56 ons)

SIM (Nano-SIM, dual standby)

Jenis layar IPS LCD, 90Hz

Ukuran 6,5 inci, 102,0 cm2 (rasio layar-ke-tubuh 82,9%)

Resolusi  720 x 1600 piksel, rasio aspek 20:9 (~ 270 ppi density)

Corning Gorilla Glass 3 اية perlindungan

PLATFORM  OS Android 10, ColorOS 7.2

Chipset Qualcomm SM4250 Snapdragon 460 (11 nm)

CPU Octa-core  (4 x 1,8 GHz Kryo 240 dan 4 x 1,6 GHz Kryo 240)

GPU  Adreno 610

MEMORYmicroSDXC (slot khusus)

Internal  64 GB RAM 4 GB, 128 GB RAM 4 GB, 128 GB 6 GB RAM

UFS 2.1.2 Memperbarui

kamera utama   13 MP, f / 2.2, 25 mm (lebar), 1/3.06 ohm, 1,12 m, PDAF

2 MP, f/2.4, (makro)

2 MP, f/2.4, (kedalaman)

Fitur: LED flash, HDR, panorama

Video 1080p@ 30fps

KAMERA SELFIE Tunggal 16 MP, f/2.0, (sudut lebar), 1/3.06 ohm, 1.0 m

Fitur HDR

Video 1080p @ 30fps

Suara akustik Ya, dengan speaker stereo

Jack 3,5 mm  Ya

COMMS WLANWi-Fi 802.11 a / b / g / n / ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth  5.0, A2DP, LE, aptX HD

GPS  Ya, dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

NFC  Tidak

Radio FM

USB  Type-C 2.0, USB saat bepergian

FITUR  Sensor Sidik jari (belakang), akselerometer, kedekatan, kompas

Baterai Li-Po 5000 mAh, tidak dapat dilepas

Pengisian Cepat  18W

Ragam Fairy White, Electric Black, Luxurious Blue

 

Apa yang ada di dalam kotak

Dalam kasing ponsel cerdas, Anda akan menemukan pengisi daya 18W, kabel USB Type-C, alat pelepas SIM, dan kasing silikon dengan slot praktis untuk pemindai sidik jari (sangat pas di jari). Ada juga film pelindung, yang direkatkan ke layar.

1. Desain, penampilan, dan pemindai sidik jari

Sidik jari
Sidik jari. Sumber gambar: Google.com

Bahkan pada model yang lebih rendah, sekarang mudah untuk menemukan fitur modern seperti layar ujung ke ujung dengan guntingan. OPPO A53 hanya itu – sepertinya model yang lebih mahal. Tepi layar kecil, dan kamera depan di sudut tidak terlihat.

Bodinya benar-benar plastik, meskipun bingkainya terlihat seperti logam. Tidak, ini masih plastik, tapi kokoh. Tapi panel belakang tentu tidak bisa disamakan dengan apa pun, plastiknya mengkilap dalam tampilan dan sentuhan. Agak licin dan ngidam sidik jari.

Anda dapat hidup dengan sidik jari ketika Anda memiliki gradien warna yang begitu indah! Saya mendapatkan OPPO A53 untuk pengujian dalam warna biru, dari terang ke gelap. Gradien di kedua sisi dan belakang tampak hebat.

Orang yang sedikit akrab dengan perangkat modern mungkin berpikir bahwa model ini pada pandangan pertama terlalu mahal.

Desain dan Warna

Ada dua pilihan warna lagi – mint dan hitam. Dalam kasus ini, tidak ada gradasi, tetapi panel ponsel juga berkilau dalam cahaya.

Saya akan menambahkan bahwa bagian belakang perangkat mengumpulkan goresan, tetapi hanya terlihat dalam cahaya terang dan pada suatu sudut.

Bagaimanapun, lebih baik menggunakan kasing yang disertakan dengan kit dan praktis tidak menambah ukuran smartphone.

Berbicara tentang ukuran. HP OPPO A53 dilengkapi dengan layar 6,5 inci, sehingga tidak terlalu besar. Menurut saya, dimensinya optimal. Dan layarnya besar untuk pekerjaan yang nyaman, dan modelnya pas di telapak tangan Anda.

Saya juga perhatikan bahwa smartphone ini tipis. Dan agak berat tapi tangan tidak bosan 186 gram. Dan baterai 5000 mAh sepadan.

Mari kita kembali ke panel belakang – di dalamnya kita melihat modul kamera pada modul yang sedikit menonjol, serta sensor sidik jari. Solusinya standar untuk perangkat yang terjangkau, dan pemindai layar dalam kategori harga ini masih jarang.

Tetap saja, menurut saya, pemindainya terlalu tinggi. Ketika saya memegang smartphone di tangan saya, jari saya tidak menemukannya dengan mudah. Ini mungkin masalah kebiasaan, dan menggunakan bungkus menyederhanakan tugas.

Tetapi tombol-tombolnya terletak dengan nyaman di sepanjang tepinya – tombol volume ada di sebelah kiri, dan kunci on / off ada di sebelah kanan.

Di sisi kiri juga terdapat baki untuk kartu SIM dan kartu memori, dan Anda dapat menggunakan dua kartu SIM dan satu kartu memori secara bersamaan. Di bagian bawah terdapat speaker, mikrofon, dan konektor Type-C.

Kualitas build sangat baik, yang telah menjadi norma bahkan di segmen ini.

 

2. Layar OPPO A53

HP Oppo A53 Oppo A53
HP Oppo A53 Oppo A53. Sumber gambar: Google.com

Di sini Anda akan menemukan matriks IPS. Saya tidak akan mengkritik bahwa ini bukan AMOLED, bukan untuk harga ini. Tetapi bahkan IPS bisa lebih baik.

Reproduksi warna “membosankan”, kedalaman hitam buruk, kecerahan maksimum tidak cukup untuk hari yang cerah. Itu bisa lebih baik dalam kategori harga ini, tetapi memang begitu.

Resolusinya juga 1600 x 720, yang merupakan yang terendah untuk harga ini. Saya tidak akan mengatakan saya melihat bintik-bintik, tetapi gambarnya buram jika Anda melihat garis-garisnya dengan cermat.

Namun, perlu dicatat bahwa saya terbiasa dengan smartphone unggulan dengan layar berkualitas tinggi. Mengingat harga OPPO A53, maka layar dalam kondisi baik.

Selain itu, perlu kita catat fitur yang jarang kita temukan di perangkat semacam itu. Saya berbicara tentang meningkatkan kecepatan refresh. OPPO A53 dapat beroperasi pada 60Hz dan 90Hz.

Tentu, 90Hz tidak setinggi beberapa flagships, tapi saya bisa melihat perbedaannya dengan jelas. Jika Anda mengaktifkan mode ini, maka gambar akan menjadi lebih halus.

Peningkatan frekuensi hanya berfungsi di menu dan aplikasi standar, tetapi tidak di game. Tetapi frekuensi polling lapisan sentuh hingga 120Hz, yang merupakan keuntungan tambahan untuk game dinamis.

Fitur ini memang bukan hal baru, namun HP OPPO A53 memiliki pengaturan suhu layar tersendiri. Ini kita sebut istirahat mata, dan ketika kita hidupkan, warna layar berubah menjadi merah muda. Pada awalnya terlihat sangat hangat, tetapi mata benar-benar terasa lebih baik.

Seperti kami sebutkan sebelumnya, ada film pelindung pabrik yang mereka rekatkan ke layar. Ini berguna, seperti halnya pelindung: tidak perlu mengeluarkan uang untuk aksesori.

Film tidak merusak warna dan tidak mengelupas di sudut-sudutnya. Satu-satunya hal adalah, jika Anda lebih suka menggunakan gerakan untuk mengontrol ponsel Anda, film akan tumpang tindih dengan gerakan “kembali” dari tepi layar.

 

3. Perangkat keras dan kinerja

Performa
Performa. Sumber gambar: Google.com

HP OPPO A53 ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 460 (juga dikenal sebagai SM4250) yang dirilis awal tahun lalu. Di sisi lain, Qualcomm Snapdragon relatif kuat dan hemat energi. Di sisi lain, seri 400 adalah versi dasar, jadi jangan terlalu berharap.

Ponsel itu sendiri tidak lambat, tetapi jika dibandingkan dengan model yang lebih mahal, ya, hampir tidak dapat mengatasi tugas yang paling sederhana sekalipun. Namun, tidak ada yang perlu dikeluhkan tentang pengguna yang permisif.

Game adalah masalah yang berbeda. Apa pun yang tidak menyenangkan biasa akan bekerja dengan pengaturan minimal. Saya berbicara tentang game seperti Pokemon Go (bahkan tanpa mode AR) atau PUBG.

Secara umum, OPPO A53 bukanlah produk untuk bermain game, tetapi cukup mampu untuk tugas-tugas dasar, pesan instan, dan penjelajahan web. Jumlah RAM (4 GB) adalah standar, maka tidak ada gunanya mengharapkan lebih banyak untuk uang ini.

Versi OPPO A53 tersedia dengan memori internal 64GB dan 128GB. Perbedaan harga minimal, jadi lebih baik mengambil 128 GB. Jenis memori UFS 2.1. Ada juga slot untuk kartu memori, slot terpisah, tidak tergabung dengan slot untuk kartu SIM kedua.

Pada 2020-2021, ini akan menjadi norma bahkan untuk perangkat yang terjangkau, tetapi perhatikan kehadiran NFC. Hal yang sangat langka adalah jack headphone 3.5mm, yang masih hidup dan sehat.

Begitu juga dengan kualitas suaranya. Speaker stereo luar biasa: nyaring dan jernih. Di headphone berkabel, suaranya cukup bagus.

 

4. Kamera untuk Oppo A53

HP Oppo A53 Kamera Oppo A53
HP Oppo A53 Kamera Oppo A53. Sumber gambar: Google.com

Tapi kamera hanya berteriak murah. Dan tidak, saya tidak mengatakan itu karena saya terbiasa dengan flagship, gambarnya hanya lemah. Bahkan dengan pencahayaan yang sangat baik, reproduksi warna menyisakan banyak hal yang kita inginkan

Kemudian, kejernihan menyisakan banyak hal yang kita masih inginkan, kecepatan pemotretan rata-rata, gambar sering buram, fokus otomatis salah. Jika pencahayaannya tidak sempurna, maka jangan mengharapkan sesuatu yang baik.

Saya bahkan tidak berbicara tentang foto malam hari, kejernihannya benar-benar turun, dan noise ada di mana-mana. Jadi, HP Oppo A53 membuktikan bahwa jumlah modul kamera tidak berkorelasi dengan kualitas.

Lensa makro 2MP cukup berlebihan. Bahkan dalam pencahayaan yang sempurna, jangan berharap terlalu banyak. Dan jika pencahayaannya rendah, jangan gunakan makro, maka semuanya akan buram. Ada zoom digital 2x dan 5x namun kualitas masih tergolong terbatas.

Unit ketiga adalah sensor kedalaman, yang bertanggung jawab atas pengaburan latar belakang.

Kamera depan memiliki resolusi 8 megapiksel. Dan lebih baik dari yang utama! Selfie bagus bahkan dalam pencahayaan yang buruk di rumah. Ada mode dekorasi bawaan, nyaman untuk jejaring sosial.

Namun, kualitas video cukup baik untuk IG Story. Antarmuka kamera akrab dan sederhana, di bagian bawah Anda dapat beralih antara mode video, foto dan foto, serta panorama, mode makro, mode manual, selang waktu (video cepat) dan stiker waktu nyata.

Dalam pengaturan kamera, maka Anda dapat mengaktifkan pelepas rana dengan menyentuh sensor sidik jari, meluncurkan kamera dengan cepat, dan mengatur ulang tombol samping.

Kunjungi juga

Download GBWhatsApp

Download GBWhatsApp dan Alasan Mengapa Mesti Menggunakannya

Download GBWhatsApp dan alasan mengapa Anda harus menggunakan GB Whatsapp. Alasan utama adalah adanya beberapa …