Aplikasi Cek BPJS Kesehatan
Aplikasi Cek BPJS Kesehatan. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi Cek BPJS Kesehatan yang Resmi

Aplikasi cek BPJS Kesehatan yang resmi dan cara menggunakannya. Mendapatkan BPJS Kesehatan memberikan perlindungan finansial jika Anda atau keluarga Anda sakit karena tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatan yang mahal.

Pasalnya, BPJS Kesehatan akan menanggung biayanya. Jika Anda ingin pergi ke pusat kesehatan BPJS atau rumah sakit khusus, maka penting untuk memeriksa status kepesertaan Anda terlebih dahulu.

Aplikasi cek BPJS Kesehatan

Itu saja jika BPJS Kesehatan ternyata tidak aktif, otomatis Anda harus mengeluarkan uang untuk berobat. Namun jangan panik, karena Anda bisa mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan Anda aktif atau tidak, online atau offline. Berikut cara cek BPJS aktif atau tidak.

Cara menggunakan aplikasi cek BPJS Kesehatan dan cara cek lainnya

1. Melalui JKN seluler

Aplikasi Cek BPJS Kesehatan Mobile JKN
Aplikasi Cek BPJS Kesehatan Mobile JKN

Untuk setiap kali cek status BPJS Kesehatan, maka sebaiknya unduh aplikasi khususnya aplikasi seluler JKN terlabih dulu _ Melalui Google Play Store dan App Store. selanjutnya metode cek BPJS Kesehatan dengan NIK via Mobile JKN:

Buka aplikasi JKN Mobile. Masuk dengan NIK dan juga kata sandi. Jenis Kode captcha sudah ada di kolom Pendahuluan . Klik Masuk. Pilih Daftar Peserta . Halaman akan Menunjukkan Kartu digital anggota BPJS Kesehatan. Di sana ada Informasi status aktif BPJS Kesehatan atau Tidak.

Bisa juga melalui Care Center 165. Jadi cara periksa apakah BPJS aktif atau tidak bisa juga melalui pusat bantuan 165. Call Center BPJS Kesehatan ini bisa Anda hubungi 24 jam.

Link Unduh:

Mobile JKN Android Mobile JKN iOS

 

2. Melalui (Chat Assistant JKN) CHIKA

Chat Assistant JKN
Chat Assistant JKN Sumber Gambar: Google.com

Anda juga bisa Mengerjakan Cek status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda melalui layanan chat assistant JKN bernama CHIKA . Caranya, chat dengan CHIKA melalui Facebook Messenger, Telegram atau WhatsApp di 08118750400 .

Pertama pilih menu yang tersedia “Cek Status Member “. kemudian nomor NIK Anda. Juga, informasi lain yang diminta. Kemudian tunggu sampai CHIKA muncul dengan info Anda di JKN

 

3. Gunakan Whatsapp

Aplikasi Cek BPJS Kesehatan JKN PANDAWA
Aplikasi Cek BPJS Kesehatan JKN PANDAWA. Sumber Gambar: Google.com

Anda juga bisa Cek status kesehatan BPJS dengan Kirim pesan Ke WhatsApp resmi BPJS Kesehatan di 0811-8750-400

 

4. Datang ke kantor cabang atau rumah sakit

Kantor BPJS
Kantor BPJS Sumber Gambar: Google.com

Anda bisa datang ke kantor cabang atau ke rumah sakit rujukan Anda. Kemudian, Anda bisa langsung bertanya ke petugas. Di RS, petugas BPJS biasanya memiliki seragam khusus yang berbeda dari pegawai RS lainnya.

Sebenarnya, cara ini memang termasuk yang paling repot, tetapi efektif. Artinya, jika data kita ada, maka kita bisa langsung mendapatkannya. Jika tidak, juga bisa langsung kita ketahui.

 

5. Website

Website BPJS
Website BPJS

Selain beberapa cara sebelumnya, maka cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak melalui website https://bpjs-kesehatan.go.id/  Kemudian, para peserta diminta untuk mengisi data-data yang dibutuhkan.

Sedangkan detail login untuk situs BPJS Kesehatan adalah Nomor Kartu BPJS Kesehatan, Tanggal Lahir dan Nomor Validasi. Setelah Anda mengisi semua detail, klik “Verifikasi” dan detail pembayaran Anda akan muncul.

Data pengguna BPJS Kesehatan akan menampilkan nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ada dan juga status apakah aktif atau tidak aktif.

Link Website:

Web BPJS

 

Kesimpulan tentang aplikasi cek BPJS Kesehatan

Jadi, itulah cara untuk mengecek BPJS aktif atau tidak. Kita perlu melakukannya secara rutin agar bisa memastikan status seandainya ada yang membutuhkan. Karena, meskipun sistem berjalan dan tampak baik, namun bisa saja ada kesalahan.

Karena itualah, lebih baik jika kita cek satu bulan sekali atau 2 bulan sekali untuk melihat status kita dan anggota keluarga lainnya.

Jadi, itulah aplikasi Mobile JKN yang resmi serta cara untuk menggunakannya. Juga, cara untuk mengecek status BPJS dengan cara yang lain. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Film Horor Indo

Daftar Film Horor Indo yang Terkenal Pada Jamannya

Film horor Indo yang terkenal pada jamannya. Dari berbagai jenis, film horor Indonesia juga termasuk …