Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi. Sumber Gambar: Google.com

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dan mengosongkan penyimpanan. Jika Anda baru saja membeli smartphone baru dari Xiaomi, Anda akan menemukan banyak aplikasi pra-instal yang tidak akan Anda gunakan.

Cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi

Merek smartphone Android sering berkolaborasi dengan pengembang aplikasi dan merek lain untuk melakukan pra-instal aplikasi di perangkat mereka. Namun, aplikasi – aplikasi ini bisa mengganggu juga.

Aplikasi ini tidak hanya menghabiskan banyak ruang di ponsel Anda, tetapi juga mengirim pemberitahuan push yang tidak Anda inginkan yang menghalangi Anda.

Dalam posting ini, kita akan melihat cara menghapus aplikasi bawaan atau bloatware dari smartphone Xiaomi. Dan, sekaligus juga mengosongkan ruang penyimpanan.

 

Mengapa perlu cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi

HP Xiaomi
HP Xiaomi

Bloatware adalah perangkat lunak yang tidak Anda inginkan yang tidak akan Anda gunakan. Faktanya, banyak yang memperlambat perangkat Anda dengan menggunakan ruang disk, memori, dan daya baterai.

Aplikasi ini juga menggunakan data seluler atau Wi-Fi di latar belakang dan mengirimi Anda pemberitahuan yang tidak Anda inginkan. Di beberapa ponsel cerdas, aplikasi ini dapat dengan mudah pengguna hapus.

Tetapi, setiap ponsel juga berbeda. Di ponsel lain, aplikasi ini hanya dapat dinonaktifkan, jadi tidak sepenuhnya bisa Anda hapus dengan tuntas dan hilang selamanya.

 

Cara menonaktifkan aplikasi bawaan smartphone Xiaomi yang menjalankan MIUI

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Aplikasi Xiaomi Bawaan
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Aplikasi Xiaomi Bawaan

Ada beberapa cara untuk menghilangkan bloatware dari smartphone atau tablet Xiaomi Anda. Anda dapat menghapus atau menonaktifkan aplikasi. Saat Anda mencopot pemasangan aplikasi, itu benar-benar terhapus dari ponsel cerdas Anda.

Di sisi lain, menonaktifkannya merusak fungsi aplikasi dan mencegahnya berjalan di latar belakang dan menghabiskan daya.

Namun, menghapus aplikasi pra-instal memiliki beberapa kelemahan. Menghapus beberapa aplikasi pra-instal berpotensi menyebabkan ketidakstabilan sistem dan Anda mungkin tidak dapat menginstal ulang aplikasi ini dengan cepat.

Pada smartphone Xiaomi yang lebih baru (menjalankan MIUI 12 atau lebih baru), ini mungkin tidak dapat pengguna lakukan. Jadi, ini adalah bagaimana Anda dapat menonaktifkan aplikasi di smartphone Xiaomi Anda.

 

Langkah nonaktifkan aplikasi Xiaomi

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi MIUI13-Launcher
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi MIUI13-Launcher

Pertama, buka Google Play Store dan cari “Pengaturan Tersembunyi MIUI”. Anda juga dapat mengklik di sini untuk mengakses aplikasi yang sama.

Selanjutnya silahkan memilih aplikasi yang pengembangnya adalah Yunus Ceyhan dan klik “Instal”. Kemudian, buka aplikasi Pengaturan Tersembunyi MIUI di ponsel cerdas Anda dan buka Pengaturan> Kelola aplikasi di menu Pengaturan.

Cara ini akan membuka menu pengaturan MIUI tersembunyi di mana Anda dapat menonaktifkan aplikasi. Selanjutnya, dari daftar aplikasi yang tersedia ini, pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan.

Kemudian, di bagian Informasi aplikasi untuk aplikasi yang Anda pilih, klik tombol Nonaktifkan dan selanjutnya pilih Nonaktifkan aplikasi.

Cara menghapus bloatware dari ponsel Xiaomi Anda [tanpa akses root]

Tergantung pada merek smartphone, maka proses penghapusan malware mungkin berbeda dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Tentu semua tergantung setting pabriknya.

Sementara beberapa aplikasi dapat Anda hapus hanya dengan beberapa klik, yang lain, seperti kalkulator built-in atau aplikasi Phone Dialer, mungkin memerlukan beberapa langkah lagi.

1. Hapus aplikasi yang bisa pengguna hapus

miui-13
miui-13

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda hapus instalannya sama seperti aplikasi Android lainnya. Misalnya, Anda dapat menghapus bloatware yang sudah terinstal sebelumnya seperti Helo dan Opera Browser. Jadi, ini adalah bagaimana Anda dapat menghapus aplikasi dari smartphone Xiaomi Anda.

Pertama, ketuk dan tahan ikon aplikasi yang ingin Anda hapus. Kemudian, Anda akan melihat dua opsi: “Info aplikasi” dan “Bagikan”. Pilih Informasi Aplikasi dari daftar.

Selanjutnya, MIUI akan membawa Anda ke halaman info aplikasi untuk aplikasi tertentu. Pilih Hapus lalu klik OK. Ini akan menghapus aplikasi yang Anda pilih, serta semua file yang terkait dengannya, dari HP Anda.

2. Menggunakan ADB dan Fastboot

ADB Fasboot
ADB Fasboot

ADB (Android Debug Bridge) dapat membantu Anda jika Anda menganggap kumpulan aplikasi tertentu sebagai bloatware. Tetapi, Anda tidak dapat menghapus atau menonaktifkannya melalui pengaturan.

Jadi, ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan ADB untuk memaksa menghapus aplikasi sistem. Anda akan memerlukan PC Windows untuk menggunakan metode ini.

Kami merekomendasikan untuk membuat cadangan penuh sebelum menggunakan aplikasi ADB dan baris perintah yang dapat aplikasi eksekusi.

Menghapus instalasi beberapa aplikasi sistem mungkin berisiko karena dapat menyebabkan perangkat Anda terkunci. Lebih baik untuk tidak mengganggu aplikasi utama, seperti aplikasi kamera, perekam, dan pesan bawaan.

Pilihan yang baik adalah menghapus aplikasi bawaan saja. Kemudian, untuk langkah – langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Android Debug Option

Pertama, buka “Pengaturan” > “Tentang telepon” di ponsel Xiaomi Anda dan ketuk versi MIUI tujuh kali untuk mengaktifkan opsi pengembang. Kemudian pastikan ADB telah dikonfigurasi di komputer Anda dan siap Anda gunakan.

Namun jika belum, maka unduh Alat Platform SDK Android untuk Windows, macOS, atau Linux, lalu mulailah. kemudian, buka direktori atau folder tempat ADB diinstal dan buka jendela perintah/terminal baru.

Untuk Windows, ini dapat Anda lakukan dengan menahan tombol Shift, mengklik kanan pada ruang kosong, dan memilih “Buka di Terminal Windows”. pengguna macOS dapat melakukan ini dengan membuka jendela terminal baru dan menavigasi jalur dengan perintah cd.

Kemudian, hubungkan ponsel cerdas Anda ke PC dengan kabel USB, ketik adb devices di baris perintah dan tekan Enter. Jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan ADB di ponsel Anda, Anda akan melihat popup yang meminta izin Anda. Terima izin dan lanjutkan.

Selanjutnya, jalankan kembali perintah adb devices dan jika koneksi berhasil, maka Anda akan melihat string karakter yang mewakili nomor seri ponsel Anda; Jika demikian, maka Anda bisa melanjutkan.

2. Command Prompt

Kemudian pada Command Prompt, ketik adb shell. Untuk mendapatkan daftar semua paket Xiaomi, nyalakan pm | .list paket grep “Xiaomi”. Terakhir, untuk menghapus aplikasi sistem dari smartphone Xiaomi, gunakan perintah berikut: pm uninstall -k –user 0 PackageName.

Anda perlu mengganti PackageName dalam perintah ini dengan nama paket lengkap aplikasi yang Anda lihat di daftar paket Xiaomi di langkah sebelumnya. Anda harus menjalankan perintah untuk setiap aplikasi yang ingin Anda hapus dari ponsel cerdas Anda.

Jika Anda ingin menginstal ulang paket pada ponsel cerdas Anda melalui Command Prompt, maka ikuti langkah-langkah ini.Pertama, ambungkan kembali ponsel cerdas Anda ke PC, buka jendela perintah di folder ADB, dan ketik adb shell di prompt perintah.

Untuk menginstal paket yang ada, maka ketik nama paket yang terinstal pada saat ini dan tekan enter. Setelah proses ini, maka aplikasi akan terinstal kembali.

3. Gunakan Alat Xiaomi ADB / Fastboot

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Xiaomi Fasboot
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Xiaomi Fasboot

Jika Command Prompt atau perintah ADB bukan keahlian Anda, maka Anda dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga yang menyederhanakan prosedur dengan menyediakan antarmuka pengguna berupa grafis. Berikut cara uninstall aplikasi bawaan dari smartphone Xiaomi menggunakan tools Xiaomi ADB/Fastboot.

Pengguna dapat menggunakan Xiaomi ADB/Fastboot Tools untuk menghapus, menginstal ulang, menonaktifkan, dan mengaktifkan kembali aplikasi dan layanan sistem sesuai permintaan.

ADB juga dapat Anda gunakan untuk mentransfer file antara perangkat dan komputer dan melewati pengaturan DPI untuk menyesuaikan kepadatan layar. Fitur lain termasuk kemampuan untuk mengesampingkan tampilan dan juga pengaturan resolusi layar.

Ada juga fitur yang bisa mengakses banyak data dan informasi tentang perangkat Anda Kemudian, mem-flash partisi apa pun dengan gambar, mem-boot dari gambar apa pun atau mem-flash ROM Fastboot. Juga, bisa menghapus cache dan melakukan reset pabrik.

Langkah kerjanya

Pertama buka Github dan unduh alat Xiaomi ADB/Fastboot terbaru untuk PC Anda. Hubungkan perangkat Anda dan buka aplikasi Xiaomi Tools di PC Anda.

Kemudian, jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan ADB di ponsel Anda, maka perangkat akan meminta Anda untuk mengizinkannya. Terima izin dan ikuti rencana Anda.

Selanjutnya, Anda akan melihat program yang mengidentifikasi perangkat Anda dan menampilkan nomor seri. kemudian, pilih program yang ingin Anda hapus instalasinya setelah terhubung. Uninstaller dapat Anda temukan di bawah ADB > Uninstaller.

Kemudian, klik Hapus dan Anda selesai. Jadi, proses untuk menginstal ulang, menonaktifkan, atau mengaktifkan aplikasi sangat mirip. Buka menu khusus di bawah gadget, pilih Aplikasi dan tekan tombol.

 

FAQ ( Pertanyaan cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi )

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Aplikasi Xiaomi Bawaan
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Aplikasi Xiaomi Bawaan

T: Apakah saya memerlukan bootloader yang tidak terkunci atau akses root untuk menghapus aplikasi sistem pada smartphone Xiaomi?

A: Tidak, Anda tidak memerlukan bootloader yang tidak terkunci atau akses root untuk menghapus aplikasi sistem dari smartphone Xiaomi Anda. Di sisi lain, menginstal ROM khusus atau mem-flash file memerlukan bootloader yang tidak terkunci.

T: Apakah aman untuk menghapus aplikasi dari perangkat Xiaomi saya?

A: Meskipun jawabannya tergantung pada aplikasi yang Anda hapus, namun sebagian besar aplikasi dapat Anda hapus. Namun, Anda tidak boleh mengganggu program yang menawarkan fungsi dasar seperti aplikasi dialer, infrastruktur MIUI, dan lainnya.

T: Apakah aplikasi sistem yang kita hapus memengaruhi pembaruan OTA?

J: Tidak, menghapus aplikasi dari ponsel cerdas Anda tidak akan memengaruhi pembaruan OTA perangkat lunak ponsel cerdas Anda.

Kunjungi juga

Unduhan Video Tik Tok

Aplikasi untuk Unduhan Video Tik Tok Tanpa Watermark

Unduhan video Tik Tok tanpa watermark dengan aplikasi terbaik. Mengapa Anda memerlukan pengunduh video TikTok? …