Aplikasi Screen Recorder PC
Aplikasi Screen Recorder PC. Sumber Gambar: EaseUs RecExpert

Aplikasi Screen Recorder PC

Aplikasi screen recorder PC gratis terbaik akan membantu Anda menangkap semua yang terjadi di layar Anda dan mengubahnya menjadi video. Video ini bisa Anda gunakan untuk apapun.

Baik Anda perlu merekam aset untuk bekerja, sekolah, streaming game, dan YouTube, atau hanya membutuhkan perekam layar gratis untuk game, maka ada banyak alat hebat di luar sana yang tidak akan terkena biaya sepeser pun.

Aplikasi screen recorder PC

Meskipun banyak perekam layar terbaik sering kali hadir dengan fitur-fitur canggih dan efek premium, Anda tidak perlu berbelanja secara royal jika Anda seorang pembuat konten dengan anggaran terbatas.

Tips memilih aplikasi screen recorder PC

Aplikasi Screen Recorder PC Debut Video Capture and Screen Recorder Software
Aplikasi Screen Recorder PC Debut Video Capture and Screen Recorder Software

+ Kemudahan penggunaan – Pastikan perangkat lunak perekaman video Anda mudah diatur dan digunakan dan tidak mengganggu alur kerja Anda.

+ Resolusi – Perangkat lunak perekaman layar gratis terbaik memungkinkan Anda membuat video HD profesional.

+ Format – Tidak semua perekam layar sama. Misalnya, perangkat lunak perekaman game gratis mungkin tidak cocok untuk rapat Zoom.

+ Kesimpulan – Bahkan perekam layar gratis harus menawarkan berbagai format file seperti MP4, MOV, dan bahkan GIF.

Kami telah memberi peringkat kumpulan alat tangkapan layar gratis, anggaran, dan premium dengan mengevaluasi keterjangkauan, kasus penggunaan, dan kualitas tangkapan untuk memilih perekam layar gratis terbaik untuk Windows 10 dan Mac saat ini.

 

Rekomendasi aplikasi screen recorder PC

Aplikasi Screen Recorder PC EaseUs RecExpert
Aplikasi Screen Recorder PC EaseUs RecExpert

Menurut kami EaseUS RecExperts adalah salah satu perekam layar terbaik di luar sana. Ini memiliki berbagai fitur seperti resolusi 4K, perekaman 60fps, dan pengambilan audio.

Apa aplikasi screen recorder PC terbaik lainnya? Jadi, OBS Studio adalah perangkat lunak perekaman layar dan streaming gratis terbaik yang kami uji. Perangkat lunak open source tidak hanya dapat merekam semua yang terjadi di desktop Anda, tetapi juga dapat mengambil snapshot dari webcam Anda.

Termasuk juga menggunakannya dalam gambar-dalam-gambar dan bahkan merekam audio dari mikrofon. Perangkat lunak perekaman layar gratis ini memberi Anda pilihan untuk menyimpan rekaman dalam format pilihan Anda atau streaming melalui layanan pilihan Anda.

Untuk waktu yang lama itu adalah salah satu perekam layar gratis terbaik untuk Windows 10, dan sekarang tersedia di Windows 11 melalui Microsoft Store yang diperbarui, sehingga Anda dapat mengunduhnya sekarang jika Anda mencoba sistem operasi terbaru dari Microsoft.

Tetapi sementara OBS Studio adalah pilihan yang sempurna untuk para profesional dan gamer, ada baiknya menjelajahi alat tangkapan layar gratis lainnya yang lebih baik untuk kebutuhan Anda.

Jadi, katakanlah Anda hanya perlu mengambil beberapa menit tangkapan layar – perangkat lunak perekaman layar yang lebih sederhana dan gratis mungkin cocok untuk Anda.

Baik Anda membuat tutorial video di layar, merekam video mari kita putar, atau merekam konferensi video, daftar ini memiliki sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kunjungi:

EaseUS RecExperts

 

Pilihan aplikasi screen recorder PC terbaik

1. OBS Studio

OBS
OBS

Jika Anda mencari perangkat lunak perekaman game gratis, OBS Studio adalah alat perekam layar gratis terbaik. OBS Studio adalah sumber terbuka dan sepenuhnya gratis untuk Anda gunakan tanpa batasan.

Jadi, tidak seperti perangkat lunak FRAPS populer (yang hanya memungkinkan Anda merekam 30 detik berturut-turut jika Anda tidak membeli lisensi dan menandai rekaman yang Anda hasilkan).

OBS Studio mendukung streaming dan perekaman HD tanpa batasan jumlah atau durasi kreasi Anda. Streaming game Twitch atau YouTube Anda secara langsung, simpan proyek dan kembali lagi nanti, atau enkode rekaman Anda dalam format FLV dan simpan secara lokal.

Karena OBS Studio dapat merekam langsung dari kartu grafis Anda, OBS Studio dapat menangkap layar game yang berjalan dalam mode layar penuh (banyak perekam layar lainnya hanya dapat merekam jika game berjalan di jendela).

Jadi, OBS menggunakan hotkey yang dapat Anda sesuaikan untuk mengontrol perekaman. OBS Studio juga dapat memanfaatkan sepenuhnya prosesor multi-core untuk kinerja yang lebih baik dan dapat merekam pada 60 frame per detik (atau bahkan lebih tinggi).

Namun, semua fitur hebat ini hadir dengan kurva belajar yang curam. Pemula dapat menjadi bingungn oleh antarmuka yang sering kelebihan beban. Saat kami menguji OBS Studio, kami menemukan beberapa masalah dan frustrasi,

“Ini mungkin tampak sedikit membingungkan saat memulai, tetapi OBS Studio memiliki banyak alat untuk membantu Anda membuat konten yang hebat. Anda hanya perlu merasakan antarmukanya.”

Alternatifnya, untuk tampilan yang lebih sederhana di OBS Studio, kami sarankan untuk memeriksa Streamlabs (streamlabs.com).

Namun, ini adalah masalah kecil untuk perangkat lunak perekaman layar gratis terbaik. OBS Studio dapat memakan waktu cukup lama untuk mengaturnya persis seperti yang Anda inginkan, tetapi alat yang sangat kuat adalah perekam layar gratis terbaik untuk game.

Kunjungi:

OBS Studio

 

2. Debut Video Capture

Aplikasi Screen Recorder PC Debut Video Capture and Screen Recorder Software
Aplikasi Screen Recorder PC Debut Video Capture and Screen Recorder Software

Debut Video Capture oleh NCH Software adalah salah satu perangkat lunak perekaman layar gratis terbaik – setidaknya untuk pengguna rumahan. Pengguna komersial perlu membeli lisensi atau langganan seumur hidup, yang lebih murah jika kita bandingkan dengan produk pesaing serupa.

Debut adalah alat perekaman layar lintas platform untuk komputer Anda dan perangkat lain yang terhubung dan kompatibel. Ini sering memberikan kesan yang Anda harapkan.

Selama pengujian, kami merasa bahwa perangkat lunak perekaman layar bekerja dengan sangat baik, memungkinkan pengguna untuk menangkap audio dan video dari berbagai sumber dengan relatif mudah.

Antarmukanya mungkin terlihat agak ketinggalan zaman, tetapi memiliki banyak fitur dan opsi penyesuaian. Aplikasi perekaman layar merekam semua perangkat yang dipilih secara terpisah, yang sangat menyederhanakan pengeditan berikutnya.

Namun, Anda harus melakukan ini dengan perangkat lunak pengeditan video karena Debut menawarkan beberapa opsi pengeditan selain pemangkasan. Namun, Alat ini memiliki kelemahan.

Jadi, pada saat meninjau Debut Video Capture, sayangnya kami mengalami masalah besar di Mac: kami tidak dapat menemukan cara untuk merekam audio sistem secara langsung.

Semua opsi yang kami coba gagal, kecuali untuk perekaman mikrofon, yang menghasilkan kualitas yang jauh lebih rendah. Kami belum menemukan masalah ini di PC.

Anda dapat mengunduh perangkat lunak secara gratis untuk penggunaan non-komersial, atau membeli Home Edition ($35) dan Professional Edition ($40 untuk penggunaan pribadi dan komersial). Anda juga dapat berlangganan Pro seharga $3,33 per bulan.

Kunjungi:

Debut Video

 

3. ShareX ( getShareX.com )

Aplikasi Screen Recorder PC ShareX Download
Aplikasi Screen Recorder PC ShareX Download

ShareX adalah aplikasi open source untuk mengambil tangkapan layar statis dan juga merekam layar tanpa watermark atau batas waktu yang perlu kita khawatirkan. Tetapi antarmukanya bukan yang paling intuitif di dunia, jadi pilihan terbaik Anda adalah menggunakan pintasan keyboard.

Untuk referensi cepat, Anda dapat memulai perekaman dengan menekan Shift + Print Screen dan menghentikannya lagi dengan menekan Ctrl + Shift + Print Screen.

Anda juga dapat menggunakan alat tangkapan layar gratis ini untuk menyimpan snapshot sebagai GIF alih-alih file video Yang terakhir ini bisa sangat berguna untuk Anda bagikan di forum dan jejaring sosial.

ShareX tidak hanya di antara perekam layar gratis terbaik, tetapi juga dapat menangkap seluruh halaman web Juga menangkap dan memilih teks dengan OCR, dan bahkan menjadwalkan tangkapan layar.

Fitur terbaik lainnya adalah kemampuan untuk mengirim tangkapan layar dan video yang diambil langsung ke situs berbagi file atau media sosial. Ada banyak opsi yang dapat Anda temukan di situs web proyek.

Sayangnya, ShareX bukan perekam layar gratis terbaik untuk game karena tidak mendukung pengambilan video dari game yang berjalan dalam mode layar penuh. Selain itu, ini adalah perekam layar luar biasa yang melayani Anda dengan sangat baik.

Kunjungi:

ShareX

 

4.  EaseUS RecExperts

EaseUs
EaseUs

Aplikasi EaseUS RecExperts adalah salah satu perekam layar terbaik untuk Windows dan Mac di pasaran. Ini cepat, mudah pengguna gunakan dan memiliki kemasan penuh dengan fitur tangkapan layar profesional.

Ketika kami menguji perangkat lunak, kami terkesan bahwa RecExperts dengan mudah menangkap layar, webcam, suara sistem, dan audio Anda dari mikrofon internal dan USB. Selama pengaturan, sangat mudah untuk memilih apa yang Anda rekam.

Menyediakan hingga 4K/60fps, perekam layar gratis ini memiliki banyak fitur berguna untuk webinar, presentasi, dan bahkan perekaman game. Namun, sementara kami memuji fitur dan alat.

Kami juga menemukan opsi pengeditan yang kurang. Setelah Anda merekam klip Anda, opsi dasar termasuk kliping klip dan menambahkan watermark. Juga, menambahkan intro dan akhir. Dalam hal ini, tidak jauh berbeda dengan FlashBack Express.

Tetapi masalah besarnya adalah keterbatasan versi gratisnya. Tanpa berlangganan, pendaftaran RecExperts pengembang batasi hingga 1 menit. Dan, ada lagi 1 fitur tersembunyi.

Alat yang berguna seperti penjadwal rekaman yang hebat tersembunyi di balik dinding yang tidak semua pengguna bayar ini. Ini bagus untuk menunjukkan kepada teman atau kolega cara melakukan tugas tertentu dengan cepat, tetapi tidak untuk video yang panjang.

Kunjungi:

 

 

5. FlashBack Expres

Aplikasi Screen Recorder PC FlashBack Express
Aplikasi Screen Recorder PC FlashBack Express

FlashBack Express memberi pengguna perekam layar gratis untuk PC tanpa tanda air. Kami telah menemukan bahwa alat tersebut bekerja seperti yang Anda harapkan. Antarmukanya abstrak dan mudah dimengerti, dengan tombol besar “Mulai Merekam” saat Anda siap untuk memulai.

Anda juga dapat merekam webcam Anda bersamaan dengan perekaman layar serta audio eksternal. Anda bahkan memiliki opsi untuk memotong apa yang ingin Anda rekam, atau cukup pilih jendela tertentu.

Ada batasan (gratis, bagaimanapun juga) seperti ukuran rekaman (hanya 720p) dan opsi pasca-edit Anda hampir tidak ada: yang dapat Anda lakukan hanyalah memangkas bagian awal dan akhir video.

Saat meninjau, kami menemukan ini sebagai titik terendah sebenarnya dari perangkat lunak yang diterima, dengan mengatakan, “Memodifikasi label adalah cara yang sangat murah hati untuk menunjukkan trim.

Itu benar: Anda dapat memotong awal dan akhir rekaman dan hanya itu. Hanya itu pilihan yang Anda miliki. Sekarang Anda bisa melihat mengapa FlashBack Pro bisa menjadi alternatif yang menggiurkan.”

Saat mengekspor, Anda mendapatkan akses ke opsi penyimpanan online biasa seperti Google Drive dan DropBox, serta kemampuan untuk mengunggah langsung ke YouTube. Anda juga dapat menyimpan file ke komputer Anda.

Jika Anda perlu merekam sesuatu dengan cepat dan tidak keberatan dengan kurangnya lonceng dan peluit, kami telah menemukan FlashBack Express sebagai salah satu perekam layar gratis terbaik di pasar.

Kunjungi:

FlashBack Express

 

6. Apowersoft Free Online Screen Recorder

Apowersoft
Apowersoft

Tidak ada hadiah untuk menebak apa yang dilakukan Apowersoft Free Online Screen Recorder. Alat ini menawarkan wawasan menarik tentang konsep perekaman layar: menangkap dan mengelola rekaman langsung dari browser Anda.

Semuanya dari monitor, webcam, mikrofon, dan audio sistem – darinya. Secara teori, ini terdengar hebat, dan akan menjadikannya alat lintas platform. Namun sayangnya, itu tidak bekerja dengan baik dalam praktiknya.

Pada saat kami menguji perekam layar online gratis, kami mengalami masalah demi masalah di beberapa browser di Mac dan PC. Dalam ulasan kami, kami merasa bahwa “ketika berfungsi, rekamannya bagus, tetapi format filenya membuat pusing.”

Tidak ada ekspor .mp4 default, tidak ada alat pengeditan, yang pada akhirnya sangat bagus – jika Anda dapat memainkannya – tetapi menurut kami ini belum siap untuk prime time: penuh dengan bug dalam iterasi saat ini. Sayang sekali karena janji perekam layar online yang mudah digunakan sangat menarik.

Perusahaan juga menawarkan ApowerREC, aplikasi perekaman layar untuk Mac dan PC. Ini menghilangkan sebagian besar keluhan yang kami miliki tentang versi online.

Tetapi seperti EaseUS RecExperts, maka uji coba gratis hanya memungkinkan Anda merekam video satu menit. Untuk membuat rekaman yang lebih lama, maka Anda perlu mendaftar untuk berlangganan bulanan atau tahunan atau membeli lisensi seumur hidup.

Lisensi seumur hidup memberikan nilai terbaik untuk uang bagi pengguna aktif karena pembayaran satu kali mencakup pembaruan gratis seumur hidup dan dukungan teknis.

Kunjungi:

Apowersoft

 

7. Screencast-O-Matic

Aplikasi Screen Recorder PC Screencast-O-Matic
Aplikasi Screen Recorder PC Screencast-O-Matic

Screencast-O-Matic adalah salah satu perekam layar online gratis terbaik untuk browser Anda dan sangat efektif. Namun, waktu perekaman pengembang batasi hingga 15 menit.

Tetapi Anda dapat merekam klip sebanyak yang Anda inginkan, memperbesar/memperkecil saat merekam, memotong klip, menambahkan teks, menyimpan ke desktop, YouTube atau juga cloud.

Juga, bisa membagikan tautan video, atau menambahkan Salah satu dari 30 trek musik gratis. Ini adalah perekam layar gratis yang sempurna untuk komputer yang rentan.

Klik “Mulai Perekaman Gratis” dan kemudian “Mulai Perekaman Gratis”. Seperti perekam layar online gratis Apowersoft, Anda akan perlu mengunduh dan menginstal pemutar web kecil, setelah itu perekam layar akan aplikasi luncurkan.

Siapkan layar Anda dan sesuaikan ukuran jendela perekaman sesuai dengan kebutuhan Anda (bisa merekam seluruh layar atau hanya area yang dipilih), lalu tekan tombol merah. Anda dapat merekam audio dari komputer atau mikrofon dan mengambil screenshot layar, webcam, atau keduanya.

Memutakhirkan ke akun Deluxe memberi Anda fitur tambahan, termasuk perekaman skrip, menggambar, anotasi, dan editor video (dan (mungkin paling berguna) kemampuan untuk membuat teks teks ke ucapan secara otomatis.

Ini adalah seperangkat alat perekaman layar yang hebat, tetapi versi gratis dari Screencast-O-Matic juga memiliki lebih banyak untuk mereka tawarkan. Jadi, mencukupi untuk sekedar menunjukkan sesuatu.

Satu-satunya kelemahan nyata adalah bahwa rekaman mendapatkan watermark kecuali Anda memperbaruinya, tetapi jika itu bukan masalah, perekam layar gratis ini layak untuk Anda lihat.

Kunjungi:

Screen Cast

 

Bagaimana memilih aplikasi screen recorder PC

Video NCH
Video NCH

Ini adalah perekam layar gratis terbaik, jadi Anda selalu dapat mencoba masing-masing dan melihat hasilnya. Sebagian besar opsi sangat mudah pengguna gunakan bahkan jika Anda baru dalam perekaman layar.

Tetapi lebih mudah untuk memulai dengan memahami apa yang akan Anda rekam – apakah itu merekam video profesional untuk rapat, merekam layar Anda di YouTube, atau bahkan menyiarkan dengan perangkat lunak perekaman game.

Putuskan apakah Anda memerlukan perangkat lunak profesional yang sesuai seperti OBS Studio, atau apakah perekaman dari browser Anda sudah cukup. Kemudian pertimbangkan perangkat tempat Anda merekam film.

Jadi, Anda akan menemukan banyak perekam layar untuk Windows dan Mac, serta aplikasi untuk Android dan iOS. Beberapa perekam layar gratis terbaik juga dengan mudah menangkap snapshot webcam. Sempurna untuk pembuat streaming langsung dan host webinar.

Akhirnya, pertimbangkan penggunaan jangka panjang. Jika Anda cenderung melewatkan opsi gratis, mungkin ada baiknya memilih paket yang memungkinkan Anda meningkatkan ke perekam layar bebas tanda air seperti FlashBack Express atau Debut Video Capture.

Cara menguji perekam layar gratis terbaik

ShareX
ShareX

Saat kami meninjau perekam layar gratis terbaik, kami mengevaluasi pengalaman pengguna, kinerja, dan skor, serta pemirsa dan penggunaan. Bahkan jika kurva pembelajarannya curam, harus jelas bagaimana pengguna dapat mulai merekam layar mereka

Setelah mengekspor, kami memeriksa kualitas output dengan memeriksa resolusi video, format file, dan kualitas keseluruhan untuk setiap jeda atau kliping. Juga, perangkat lunak perekaman layar gratis pasti harus gratis.

Pengguna tidak perlu berurusan dengan pembayaran rumit dan biaya tersembunyi. Perekam layar terbaik adalah alat serbaguna yang memungkinkan Anda menangkap dan merekam segala sesuatu mulai dari rapat hingga permainan.

Namun, kami memahami bahwa aplikasi perekaman layar mandiri dapat pengemang rancang untuk tujuan tertentu, dan kami menilai alat ini berdasarkan seberapa baik mereka bekerja, misalnya, untuk profesional bisnis atau pembuat konten dan pemutar streaming YouTube.

Kunjungi juga

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot yang Bisa Kita Lakukan Sendiri

Cara agar laptop tidak lemot yang bisa kita lakukan sendiri. Baik Anda maupun perangkat Anda …