Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah
Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah. Sumber Gambar: Google.com

Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah

Bahan yang digunakan pada seni aplikasi adalah apa saja. Selamat datang di situs kami dan sSaya senang Anda menemukan jalan Anda di sini. Hiasan selalu menjadi salah satu teknik menjahit favorit.

Bahan yang digunakan pada seni aplikasi adalah

Saat pertama kali menulis tutorial ini, saya mendesain pakaian dan dekorasi anak-anak. Hari-hari ini Anda mungkin akan melihat saya menjahit proyek “menambal”. Tetapi Anda masih akan menemukan aplikasi di beberapa posting lain.

Semua tentang aplikasi

Pola Jahit
Pola Jahit

Applique adalah cara yang sangat bagus untuk menambahkan bentuk dan pola ke proyek tambal sulam dan menjahit Anda. Beberapa orang lebih suka sulaman, di mana tepi kasar dari bentuk kain sebelum menjahit kain dengan tangan kita letakkan di atas kain pendukung.

Teknik yang saya jelaskan di sini sering kita sebut sebagai “tepi kasar” karena tepi yang kita potong dari kain kita biarkan kasar tanpa jahitan. Tetapi kita tahan di tempatnya dengan jahitan.

Jadi, selamat datang di panduan langkah demi langkah saya untuk mendekorasi kain tepi mentah yang menampilkan template rusa mini yang lucu dan gratis ini. Saya menggunakan template untuk membuat sarung bantal yang lucu dan sederhana.

Tetapi Anda dapat menggunakan petunjuk ini untuk membantu Anda menyelesaikan proyek dekorasi kain apa pun, apakah itu salah satu desain Anda sendiri atau salah satu milik Anda yang Anda beli.

 

Alat dan bahan yang digunakan pada seni aplikasi adalah

Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah Model Bunga
Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah Model Bunga

Potongan kain katun dengan warna yang sesuai untuk dekorasi. 100% katun direkomendasikan. Jadi, pakaian atau kain adalah dasar dari seni aplikasi.

Sebuah ukiran, pola, atau gambar garis untuk digunakan sebagai pola desain. Tutorial ini menggunakan model “rusa kecil” saya. Anda dapat mengaksesnya di sini, menyimpannya ke komputer Anda dan mencetaknya saat Anda membutuhkannya.

Anda akan memerlukan lem lembaran lelehan panas yang seperti Vliesofix atau Heat’n’Bond, pensil, gunting, setrika dan papan setrika. Selain itu, juga  jarum dan benang bordir atau mesin jahit dengan warna benang pelengkap untuk kain Anda.

Pastikan untuk membaca panduan dari awal sampai akhir sebelum memulai proyek. Jika Anda belum mencoba mendekorasi, pastikan untuk berlatih menggunakan potongan kain. Jadi, jangan terburu-buru. Dan nikmatilah!

1. Jahitan yang mana?

Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah Jahit aplikasi Koala
Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah Jahit aplikasi Koala

Bentuk hias sering membutuhkan perlindungan pada tepi kasarnya untuk mencegah berjumbai. Saya suka menggunakan ‘quilt stitch’. Ini memberikan hasil akhir yang sangat baik dan meningkatkan daya tahan desain.

Banyak mesin jahit memiliki pengaturan jahitan selimut (yang saya gunakan). Atau, Anda juga bisa menjahit ornamen dengan tangan meskipun lebih lama.

Jika Anda baru dalam menjahit tangan, pencarian web cepat akan menampilkan banyak video, foto, dan tutorial tentang berbagai jenis jahitan. Dan bagan ini juga dapat membantu!

Selain jahitan overlock, Anda juga bisa menggunakan jahitan lurus atau jahitan zigzag (satin) sempit pada mesin jahit Anda. Untuk jahitan satin, mungkin berguna untuk menggunakan stabilizer di bawah kain yang Anda dekorasi.

Anda dapat menggunakan kertas tetes air mata atau bahkan kertas beku untuk menahan kain dan menghindari kerutan pada jahitan. Tapi untuk jahitan overlock, saya merasa stabilizer bisa lebih menjadi penghalang daripada bantuan.

Saya suka kebebasan untuk menjahit tanpa itu. Anda dapat dengan mudah menggerakkan kain dan mendapatkan hasil akhir yang ramping. Jadi, mari menjahit.

2. Buat foto pola, atau pola Anda

pola jahit aplikasi
pola jahit aplikasi Freeapplique.com

Pilih desain untuk aplikasi. Ada banyak template yang bisa Anda beli atau gunakan desain gratis seperti rusa yang saya sertakan di sini. Simpan file dan cetak dalam ukuran yang sesuai dengan proyek Anda.

Ingatlah bahwa desain apa pun yang Anda gunakan akan membuat “gambar cermin” dari template yang Anda mulai. Jika Anda ingin aplikasi Anda terlihat sama dengan formulir, pastikan untuk mencetaknya dalam urutan terbalik.

Dengan menggunakan pena, gambar templat di sisi kertas dari jaring yang melebur. Jika Anda menggunakan desain multi-potong, pastikan untuk menyisakan ruang pemotongan yang cukup di antara setiap bagian (sekitar 1/4 inci atau 5 mm).

 

3. Pemotongan

Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah Cara Memotong
Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah Cara Memotong

Potong bagian web yang melebur secara kasar, sisakan batas kecil. Jangan memotong di sepanjang garis yang Anda gambar. Tetap sisakan sisinya.

Luangkan waktu untuk memilih kain yang akan Anda gunakan dan di mana Anda akan Anda tempatkan lem lembaran. Cari kain yang tercetak atau pola arah. Anda tidak ingin template terbalik dalam proyek Anda.

Usahakan juga untuk selalu bekerja dengan serat kain sehingga benang kain (warp dan pakan) mengikuti pola secara vertikal dan horizontal (tidak diagonal). Jika Anda mendesain dengan banyak kain, perhatikan bagaimana mereka tumpang tindih.

Anda tidak ingin mengenakan kain gelap di bawahnya dengan lapisan kain yang lebih terang, karena nada yang lebih gelap akan terlihat. Setelah Anda puas dengan pilihan dan penempatan kain, panaskan setrika tanpa uap.

Letakkan jaring yang melebur di sisi yang salah (belakang) dari kain pilihan Anda dengan templat (di sisi kertas) menghadap Anda dan selotip di antara kertas dan kain. Tempelkan kertas ke kain dengan menyetrika panas di atasnya selama beberapa detik.

catatan. Metode ini paling baik untuk kain katun 100%. Jika Anda menggunakan kain campuran atau bahan seperti kain kempa, pastikan untuk melindunginya dengan menutupi desain dengan kain ritsleting atau sepotong kapas.

 

4. Potong pola Anda sendiri

Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah Bentuk Daun
Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah Bentuk Daun

Ikuti garis yang Anda tandai dengan hati-hati untuk memotong bagian dari ornamen. Jangan gunakan gunting terbaik untuk pekerjaan ini! Lepaskan kertas pelindung.

Jika Anda menggunakan templat multi-bagian, maka atur dengan hati-hati pada garmen (atau kain proyek) agar menyatu dengan baik.

 

5. Tempel kain applique

Menjahit Pola
Menjahit Pola

Saat Anda puas dengan posisi kain Anda, kencangkan kain yang Anda lapisi lem lembaran dengan menyetrika panas di atasnya. Panas akan “melelehkan” lem untuk menahan kain ke pakaian atau lapisan. Berikan tekanan lembut dengan setrika daripada menggosok dari sisi ke sisi. Anda tidak ingin potongan kain bergerak!

 

6. Saatnya menjahit

Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah Jahit Mesin
Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah Jahit Mesin

Pilih jahitan yang nyaman untuk Anda. Namun, saya menemukan bahwa jahitan overlock melindungi tepi kasar kain dan memberikan hasil akhir terbaik.

Untuk desain one-piece, mulailah menjahit di tempat yang tidak mencolok (lipatan, sudut, atau titik yang nantinya dapat Anda tutup dengan baik dengan hiasan kancing atau pita).

Anda perlu memutar kain saat melewati tikungan dan belokan. Tapi pastikan jarumnya turun saat Anda melakukan ini! Untuk hasil terbaik, maka luangkan waktu Anda dan jahit perlahan dan hati-hati.

Untuk applique multi-bagian, Anda harus mulai menjahit lapisan bawah kain ke applique. Potongan atas yang tumpang tindih Anda jahit terakhir.

Gunakan kapas jahit atau benang bordir dengan warna berbeda untuk mencocokkan atau melengkapi kain pilihan Anda jika Anda inginkan. Jika Anda menyulam dengan tangan, gunakan dua helai benang bordir.

Ingatlah untuk mengamankan jahitan dengan baik di awal dan akhir. Misalnya saja dengan menggunakan jahitan mesin terbalik.

7. Tambahkan dekorasi apa pun

Pola Jahit
Pola Jahit

Template ini tidak memerlukan embel-embel tetapi Anda dapat menambahkan kancing hidung rusa atau busur di leher. Pastikan semua dekorasi Anda jahit / ikat erat.

 

Catatan untuk bahan yang digunakan pada seni aplikasi adalah

Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah Model Bunga
Bahan yang Digunakan Pada Seni Aplikasi Adalah Model Bunga

Pastikan untuk memeriksa pengaturan printer. Ingatlah bahwa aplikasi akhir Anda akan menjadi gambar cermin dari template Anda. Kurangi atau perbesar template pada printer untuk membuat ukuran yang tepat untuk proyek Anda.

Tips, kain katun 100% adalah kain yang bekerja paling baik. Gunakan benang gelendong yang sesuai dengan warna pakaian atau kain dasar. Gunakan juga benang atas dengan warna yang sesuai dengan motif Anda.

Kemudian, gunakan benang kapas jahitan terbaik. Saya merasa benag bagus ini memberikan hasil akhir yang lebih baik dan jahitan yang lebih rapi dan kapas cenderung tidak berjumbai saat menjahit.

Jika memungkinkan, maka gunakan kaki applique pada mesin jahit. Ini memiliki dasar plastik bening (seringkali dengan bukaan depan yang lebar) sehingga sangat mudah untuk melihat apa yang Anda lakukan.

Saat menjahit kemeja dan rajutan, maka gunakan jarum dengan ujung bola. Jarum jenis ini tidak akan mematahkan atau merusak serat rajutan seperti jarum biasa.

Beberapa orang suka menggunakan stabilizer di bawah kain utama. Juga, sangat bagus ketika Anda memilih pengaturan “Satin stitch” di perangkat Anda. Saya lebih suka untuk tidak menggunakan jenis stabilizer apa pun saat menggunakan jahitan.

Hal ini memungkinkan jahitan menjadi halus dan fleksibel saat Anda menjahit, memberikan hasil akhir yang lebih rapi dan memungkinkan jahitan menjadi lebih presisi.

Ada sejumlah tutorial online dengan tip dan trik untuk bordir applique di perangkat Anda. Jadi. luangkan waktu Anda saat menjahit. Dengan pelatihan maka datang penguasaan!

Bordir dan jahit dengan tangan menggunakan benang bordir berkualitas tinggi. Saya suka benang DMC karena kualitas dan rentang warnanya.

Kesimpulan tentang bahan yang digunakan pada seni aplikasi adalah

Pola Jahit Tempel
Pola Jahit Tempel

Setelah Anda merasa percaya diri, maka Anda dapat mencoba lebih banyak proyek. Panduan hati yang indah ini sangat mudah pengguna ikuti dan template hati juga gratis!

Saya juga menyertakan template Mabel Mushroom saya sebagai freebie untuk Anda. Untuk desain ini, Anda akan menerapkan dasar dan bagian atas jamur, lalu tambalan, sebelum menambahkan detail sulaman tangan.

Desain lain yang mungkin Anda sukai adalah pola “Craftsmanship is Happiness Collar”. Model ini sepenuhnya artis jahit dengan tangan.

Saran terbaik yang bisa saya berikan untuk aplikasi ini adalah bersenang-senang, bersenang-senang, berlatih, berlatih, dan juga berlatih! Jika Anda memiliki tips atau saran tambahan untuk Anda tambahkan, maka saya akan senang mendengarnya. Jadi silakan tinggalkan komentar.

Anda juga dapat melihat banyak inspirasi di Pinterest dan Instagram. Saya memiliki papan yang saya dedikasikan untuk desain dekoratif, dan banyak lagi.

Terima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk mendukung situs ini. Jika Anda merasa tutorial ini bermanfaat, maka beri tahu saya.

Kunjungi juga

Download TikTok Mp4

Aplikasi Download TikTok Mp4 Terbaik Tanpa Watermark

Download TikTok Mp4 dengan aplikasi terbaik tanpa watermark. Tiktok adalah platform media sosial berbasis video …