Aplikasi Scan Dokumen
Aplikasi Scan Dokumen. Sumber Gambar; Google.com

Aplikasi Scan Dokumen Terbaik 2022

Aplikasi scan dokumen terbaik untuk 2022. Adanya aplikasi pemindaian dokumen terbaik memudahkan dan menyederhanakan pengarsipan file Anda sebagai PDF digital, menggunakan tidak lebih dari perangkat seluler.

Aplikasi scan dokumen

Di hari ini dan usia, dokumen fisik jarang kita perlukan. Aplikasi pemindaian dokumen terbaik dapat membantu Anda pindah ke kantor tanpa kertas. Juga, mengubah dokumen menjadi PDF untuk menyimpan dokumen secara digital atau online.

Namun, untuk pemindaian dokumen, Anda tidak perlu berinvestasi dalam perangkat lunak dan perangkat keras OCR. Tetapi Anda dapat menggunakan aplikasi yang sudah tersedia untuk perangkat seluler.

Ini berarti dapat memindai apa pun mulai dari faktur bisnis hingga tanda terima. Dan keuntungan memindai aplikasi adalah aplikasi tersebut tidak hanya membuat salinan PDF.

Tetapi juga memungkinkan Anda mengedit file sesuai kebutuhan sebelum menyimpan – dengan begitu Anda sebenarnya hanya memiliki salinan dokumen Anda dan informasi yang Anda butuhkan.

Beberapa aplikasi menawarkan layanan tambahan, seringkali dengan sedikit biaya, untuk memungkinkan Anda berbuat lebih banyak dengan file yang Anda pindai. Ini mungkin termasuk pengeditan dan pengelolaan dokumen dan/atau penyimpanan cloud untuk membantu Anda mengelola arsip digital dengan lebih baik.

Di sini kita akan melihat beberapa aplikasi pemindaian dokumen terbaik yang tersedia saat ini. Jadi, kami telah mengumpulkan perangkat lunak untuk scan dokumen terbaik.

Pilihan aplikasi scan dokumen

1. Adobe Scan

Aplikasi Scan Dokumen Adobe Scan
Aplikasi Scan Dokumen Adobe Scan

Ketika datang untuk memindai dokumen untuk penyimpanan file digital, Anda mungkin ingin menyimpan dalam format dokumen portabel – file PDF. Adobe Scan adalah aplikasi pemindaian khusus dari Adobe, pembuat file PDF. Jadi harapannya bahwa akan memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna.

Adobe Scan berfungsi sebagai aplikasi di perangkat seluler Anda, baik itu Android atau iOS dan menggunakan kamera Anda untuk mengambil salinan dokumen untuk dikonversi ke file PDF. Ada opsi pratinjau untuk mengoptimalkan dimensi file, dan Anda dapat memutar, memotong, dan mengedit warna sesuai kebutuhan.

Mungkin keuntungan terbesar menggunakan Adobe Scan adalah integrasinya yang erat dengan aplikasi Adobe lainnya, paling tidak Adobe Acrobat dan Adobe Fill & Sign.

Ini berarti Anda tidak hanya dapat memindai ke format dokumen PDF, tetapi juga mengedit, membubuhi keterangan, menandatangani, dan bekerja secara kolaboratif dengan dokumen yang Anda pindai.

Lebih baik lagi, Adobe Scan adalah aplikasi gratis untuk diunduh dan digunakan, meskipun langganan dalam aplikasi tersedia jika Anda menginginkan fitur tambahan.

Kunjungi:

Adobe Scan

 

2. Abbyy FineReader PDF

ABBYY FineReader
ABBYY FineReader

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih canggih, ada baiknya memeriksa Abbyy FineReader PDF. Program ini menggunakan OCR untuk memindai teks dalam 193 bahasa. Juga, kompatibel dengan Android dan iOS.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memindai teks cetak dan tulisan tangan menggunakan perangkat seluler Anda. FineReader bekerja dengan 12 format file, termasuk DOCX, PDF, dan TXT. Hal hebat tentang aplikasi ini adalah mempertahankan format dokumen asli.

Selain itu, Anda mendapatkan akses ke rangkaian alat anotasi yang mudah digunakan untuk menambahkan tanda tangan dan catatan ke teks. Dan versi iOS dari program ini memiliki fitur yang disebut BookScan.

Ini memungkinkan Anda untuk mendigitalkan buku dengan mudah. Mengonversi halaman buku yang berlawanan menjadi gambar terpisah, menghilangkan ketidaksempurnaan apa pun.

Setelah pemindaian selesai, Anda dapat membagikannya dengan siapa pun melalui email atau menyimpannya ke brankas penyimpanan cloud seperti Dropbox, Evernote, dan iCloud Drive.

Pada saat ini, FineReader gratis untuk pengguna unduh di perangkat Android dan iOS, tetapi ia menawarkan pembelian dalam aplikasi jika Anda menginginkan lebih banyak penyimpanan dan kemampuan.

Kunjungi:

Abbyy Fine Reader

 

3. Genius Scan

Genius Scan
Genius Scan

Aplikasi Genius Scan adalah aplikasi pemindaian seluler populer lainnya yang pengembangnya mengklaim bahwa perangkat lunak tersebut telah mendigitalkan lebih dari setengah miliar dokumen sejauh ini.

Pengembang menggambarkan sebagai “pemindai di saku Anda”, ini memungkinkan Anda mengonversi dokumen kertas menjadi file JPG dan PDF. Fitur judul termasuk deteksi halaman cerdas, koreksi perspektif, dan pengoptimalan gambar.

Dan dengan pemindaian, maka Anda dapat membuat salinan digital dari lusinan halaman dalam hitungan detik. Aplikasi ini juga meningkatkan keterbacaan dokumen, memastikan bahwa mereka dapat orang baca, dan Anda dapat mengatur file Anda dengan judul, tag, dan fungsi pencarian.

Sama seperti FineScanner, Anda dapat mengunggah dokumen yang dipindai ke berbagai sistem penyimpanan cloud, termasuk Dropbox, Evernote, Expensify, Facebook, Google Drive, OneDrive (dan OneDrive for Business), OneNote, FTP, SugarSync, dan WebDAV.

Jika Anda memindai dokumen sensitif, Anda dapat melindunginya dengan enkripsi dan kata sandi bawaan (atau Touch ID di iOS). Ini dapat diunduh secara gratis di Android dan iOS, tetapi menawarkan pembelian dalam aplikasi.

Aplikasi ini gratis dan lengkap dengan banyak fitur. Untuk lebih banyak integrasi, keamanan lanjutan, dan pengaturan MDM, ada biaya satu kali. Untuk penyimpanan cloud tanpa batas, serta sinkronisasi dan akses web melalui Genius Cloud (terbuka di tab baru), ada juga biaya bulanan.

Kunjungi:

Genius Scan

 

4. SwiftScan

Aplikasi SwiftScan adalah cara mudah dan cepat untuk membuat pindaian berkualitas tinggi di perangkat iPhone, iPad, dan Android. Menurut pengembang aplikasi, itu mampu membuat “ratusan keputusan untuk menangkap dokumen dengan sempurna.”

Dengan program ini, Anda dapat memindai dokumen, tanda terima, grafik, papan tulis, kartu nama, label, kode QR, dan kode batang. Setelah memindai item, Anda dapat memilih dari lima mode warna agar terlihat sempurna.

Ada juga alat untuk memotong dan menyempurnakan dokumen yang Anda pindai, yang semuanya secara otomatis tertangkap pada resolusi lebih dari 200 dpi. Anda dapat juga menyimpan dokumen sebagai file PDF atau JPG.

Kemudian, Anda dapat mengunggahnya ke berbagai layanan cloud utama. Perangkat lunak ini mendukung iCloud, Google Drive, Dropbox, Evernote, Amazon Drive, Slack, Todolist, OneDrive, OneNote, dan Box.

Jika Anda berencana menggunakan SwiftScan untuk tujuan bisnis, maka Anda dapat dengan mudah mengirim faks dokumen langsung dari perangkat seluler Anda di 50 negara yang aplikasi dukung. Selain itu, SwiftScan juga gratis untuk kita unduh di Android dan iOS, dengan opsi pembelian dalam aplikasi.

Kunjungi:

SwiftScan

 

5. CamScanner

Aplikasi Scan Dokumen CamScanner
Aplikasi Scan Dokumen CamScanner

Seperti namanya, CamScanner adalah aplikasi yang mengubah kamera perangkat seluler Anda menjadi pemindai dokumen. Dengannya, Anda dapat memindai berbagai dokumen, mulai dari faktur hingga tanda terima.

Program ini mengubah dokumen yang dipindai menjadi file PDF, yang secara otomatis diunggah ke layanan cloud seperti Box, Google Drive, Dropbox, Evernote, dan OneDrive.

Aplikasi, yang pabrik tujukan khusus untuk pengguna bisnis, memungkinkan Anda mengundang kolega untuk melihat dan mengomentari survei. Namun, mereka harus memiliki akun pengguna untuk melakukannya.

Ada juga fitur pengeditan lanjutan, yang memungkinkan Anda menambahkan anotasi dan tanda air ke dokumen, membuatnya terlihat lebih profesional. Untuk meningkatkan keamanan, Anda dapat menambahkan kode sandi ke dokumen.

Aplikasi ini gratis untuk pengguna unduh di Android dan iOS tetapi Anda dapat meningkatkan ke paket premium untuk mendapatkan penyimpanan 10GB, mengirim tautan dokumen dengan perlindungan kata sandi, mengunduh dokumen secara berkelompok, dan banyak lagi.

Untuk akun premium, Anda memiliki opsi untuk membayar bulanan atau tahunan, dan hal yang sama berlaku untuk versi bisnis, yang menawarkan opsi yang lebih baik untuk kolaborasi tim.

Kunjungi:

CamScanner

 

Alternatif lain aplikasi scan dokumen

Aplikasi Scan Dokumen Microsoft Lens - PDF Scanner
Aplikasi Scan Dokumen Microsoft Lens – PDF Scanner

Selain aplikasi pemindaian dokumen yang disebutkan di atas, ada banyak aplikasi lain yang perlu dipertimbangkan. Di sini kami akan menunjukkan beberapa fitur terbaik lainnya yang tersedia untuk ponsel Android:

Clear Scanner adalah aplikasi pemindaian PDF gratis, yang memungkinkan Anda memindai teks atau gambar apa pun dengan cepat ke dalam file PDF. Aplikasi juga ini menyertakan deteksi tepi untuk mencegah gambar Anda miring.

Kemudian, file yang Anda pindai dapat dengan mudah Anda simpan ke layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive. Meskipun aplikasi ini gratis, aplikasi ini berisi iklan, meskipun umumnya tidak mengganggu.

TapScanner juga adalah pemindai PDF gratis lainnya yang dengan mudah menangani gambar dan dokumen, dengan fitur deteksi otomatis untuk memastikan gambar sudah sejajar dengan benar.

Selain menyimpan file PDF atau PNG, TapScanner juga memiliki fungsi OCR untuk mengonversi gambar menjadi teks, dan mendukung lebih dari 100 bahasa. Meskipun versi gratisnya berisi iklan, namun Anda dapat menghapusnya dengan biaya bulanan atau tahunan.

Microsoft Office Lens secara khusus pengembang targetkan untuk menangkap gambar papan tulis, catatan, dan dokumen, yang kemudian dapat pengguna simpan ke file PDF, Word, atau PowerPoint.

Lens Android Lens iOS

Mereka kemudian dapat pengguna simpan ke cloud melalui OneNote atau OneDrive. Office Lens gratis untuk Anda gunakan dan tidak disertai iklan, meskipun terintegrasi lebih nyaman dengan suite Microsoft 365 Office berbayar.

Tiny Scanner mengubah ponsel Android Anda menjadi pemindai dokumen portabel. Jadi, memungkinkan Anda memindai dokumen, tanda terima, laporan, atau apa pun. Dan, kemudian menyimpan file sebagai file PDF atau gambar.

File kemudian dapat Anda simpan ke DropBox, Google Drive, OneDrive dan bahkan Evernote. Dan file yang Anda pindai dapat Anda kirim langsung ke komputer Anda melalui wifi. Aplikasi ini juga gratis dan ada dukungan iklan.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …