Tips  

Panggilan Darurat HP Samsung 

Panggilan Darurat HP Samsung
Panggilan Darurat HP Samsung. Sumber Gambar: Google.com

Panggilan darurat HP Samsung dan Android secara umum serta cara mengaturnya. Hanya perlu satu menit untuk menyiapkan fitur SOS darurat, tetapi fitur tersebut dapat menjadi vital dalam kondisi krisis.

Panggilan darurat HP Samsung

Nomor Darurat Samsung
Nomor Darurat Samsung

Dengan rilis Android 12, maka mengaktifkan fitur SOS darurat menjadi lebih mudah dari sebelumnya dan semua orang harus melakukannya. Setelah Anda aktifkan, maka menekan cepat tombol daya lima kali akan memanggil layanan darurat lokal atau nomor kontak pilihan Anda — fitur yang benar-benar dapat menyelamatkan nyawa.

SOS awalnya akan Samsung setel ke nomor darurat lokal (misalnya 911 untuk AS), tetapi dapat Anda ubah menjadi kontak pribadi jika Anda inginkan. Fitur ini dapat melakukan banyak hal, tetapi pengaturannya membutuhkan beberapa langkah.

Siapkan panggilan darurat di Google Pixel (dan stok Android)

Panggilan Darurat HP Samsung Keamanan Pixel
Panggilan Darurat HP Samsung Keamanan Pixel

Dalam panduan ini, kami menggunakan ponsel Pixel 6 yang menjalankan Android 13. Ponsel Pixel menjalankan apa yang banyak orang sebut sebagai Android “stok” atau standar. Perangkat Android dari Motorola, Nokia, Sony, dan Asus juga menggunakan perangkat lunak yang sama

Jadi langkah-langkah di bagian ini juga berlaku untuk mereka. Untuk rekomendasi tentang Samsung, buka bagian One UI. Jika perangkat Anda berasal dari pabrikan lain, coba cari “Emergency SOS” di aplikasi Pengaturan, maka Anda akan dapat menemukan langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur ini.

Pertama adalah menambahkan kontak darurat, Jadi, sebelum memulai, Anda perlu menambahkan kontak darurat. Kemudian, buka aplikasi Pengaturan. Selanjutnya, gulir ke bawah dan ketuk Security and Emergency / Keamanan dan Darurat.

Di versi Android sebelumnya, opsi ini dapat Anda temukan di menu pengaturan lanjutan. Kemudian klik Kontak Darurat. Kemudian klik Tambahkan Kontak. Selanjutnya pilih kontak darurat dari daftar kontak.

Namun, jika Anda ingin menambahkan seseorang yang tidak ada dalam daftar kontak Anda, maka Anda harus menambahkannya melalui aplikasi Kontak terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda perlu mengaktifkan fitur SOS darurat.

1. Pertama, buka aplikasi Pengaturan di ponsel Pixel Anda

Pixel Settings
Pixel Settings

Gulir ke bawah dan ketuk Keamanan dan Darurat. Kemudian klik “Panggilan Darurat – SOS”. Selanjutnya, alihkan penggeser “Gunakan panggilan darurat SOS”. Maka, fitur Panggilan Darurat sekarang akan aktif di ponsel Anda.

Selanjutnya, secara default, menekan tombol daya lima kali akan membuat bunyi bip keras, setelah itu ponsel Android Anda akan memanggil layanan darurat. Namun, ada langkah tambahan yang dapat Anda ambil untuk mengubah apa yang terjadi saat SOS Darurat Anda aktifkan.

BACA JUGA:   Cara Mengobati Indra Penciuman

Jadi, semua fungsi ini termasuk dalam menu SOS darurat. Dan ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan fitur ini. Ada beberapa setting yang bermanfaat untuk Anda pergunakan secara langsung, yaitu sebagai berikut.

2. Berbagi informasi dengan kontak darurat

Panggilan Darurat HP Samsung Nomor Darurat
Panggilan Darurat HP Samsung Nomor Darurat

Pertama, berbagi informasi dengan kontak darurat. jadi, ketika fitur ini Anda aktifkan, maka itu akan mengirim pesan teks dengan pembaruan tentang lokasi Anda saat ini, status baterai, dan memulai dan mengakhiri panggilan telepon ke kontak yang Anda pilih.

Jika Anda ingin menggunakan fitur ini, maka Anda harus mengizinkan Maps untuk selalu melihat lokasi Anda. Caranya adalah: Dari menu SOS Darurat, ketuk Bagikan informasi dengan kontak darurat. Kemudian klik Berikutnya untuk memulai penyiapan.

Jika Anda belum membuat kontak darurat, klik “Tambah Kontak” untuk membuatnya. Kemudian klik Berikutnya setelah Anda menambahkan semua kontak Anda. Selanjutnya, alihkan tombol radio untuk memilih informasi yang ingin Anda bagikan.

Jika Anda hanya ingin membagikan lokasi Anda, maka ketuk Lewati. Kemudian klik “Berikutnya” untuk mengatur izin lokasi ke “Sepanjang waktu” di Google Maps. Kemudian, Anda sekarang akan kembali ke menu Darurat SOS.

Alihkan penggeser “Bagikan informasi dengan kontak darurat”. Setelah ini, maka setting untuk berbagi lokasi dengan kontak Anda sudah berhasil. Jika Anda ingin tahu hasilnya, maka bisa Anda test sebelumnya dengan pemilik kontak darurat dan melihat apa yang terjadi.

3. Rekaman video darurat

Panggilan Darurat HP Samsung Emergency Video Pixel
Panggilan Darurat HP Samsung Emergency Video Pixel

Saat panggilan SOS darurat terpicu, maka ponsel Anda dapat merekam video kamera depan dan belakang hingga 45 menit. Jadi, Anda masih dapat menggunakan ponsel Anda saat video ini sedang merekam.

Setelah pendaftaran selesai, itu akan HP cadangkan ke akun Google Anda. Namun, Anda memerlukan Wi-Fi atau koneksi data untuk mencadangkan video. Untuk melakukannya, yang pertama adalah: Di menu Darurat SOS, ketuk Rekam video darurat.

Selanjutnya, alihkan penggeser “Perekaman video darurat”. Kemudian pilih Saat menggunakan aplikasi untuk mengaktifkan izin perekaman video dan audio. Kemudian nonaktifkan berbagi otomatis untuk membagikan cadangan video dengan kontak darurat.

4. Aktifkan pengaturan darurat lainnya

Pixel Setting Emergency
Pixel Setting Emergency

Android menawarkan fitur lanjutan lainnya untuk meningkatkan keamanan Anda. Fitur-fitur ini opsional dan SOS Darurat dapat Anda gunakan tanpa fitur tersebut. Semua pengaturan ini Anda aktifkan di menu Keamanan dan Darurat.

Anda juga dapat menambahkan informasi medis, seperti golongan darah, alergi, dan obat-obatan ke ponsel Pixel sehingga profesional kesehatan dapat melihatnya di layar kunci. Ingatlah bahwa siapa pun dapat melihat informasi ini tanpa membuka kunci ponsel.

Jadi, jangan menambahkannya jika Anda merasa tidak nyaman melakukannya. Namun, untuk melakukannya ada langkah sebagai berikut:. Di menu Keselamatan dan Darurat, ketuk Informasi Medis atau “informasi darurat” di versi Android lain. Selanjutnya, sentuh salah satu opsi untuk memasukkan informasi Anda.

BACA JUGA:   Cara Mudah Hapus Akun Google Play

5. Hubungi layanan darurat jika terjadi kecelakaan

 

Nomor Darurat Samsung
Nomor Darurat Samsung

Setelah Anda menyalakannya, ponsel Anda akan secara otomatis mendeteksi jika Anda mengalami kecelakaan mobil. Ketika malfungsi terdeteksi, maka telepon Anda akan memulai hitungan mundur 60 detik.

Jadi, jika Anda tidak merespon tepat waktu, maka HP akan menghubungi layanan darurat dan memberi tahu mereka lokasi Anda. Untuk melakukannya adalah sebagai berikut. Pertama, di bagian Keselamatan dan Darurat, klik Pemecahan Masalah. Kemudian alihkan penggeser untuk mendeteksi tabrakan mobil.

Kemudian berikan izin pada Keamanan Pribadi untuk bisa mengakses aktivitas fisik dan lokasi Anda. Selanjutnya, pastikan bahwa akses situs Anda atur untuk memungkinkan sepanjang waktu. Nah, dengan cara ini, maka pengaturan panggilan darurat di HP Pixel dan Android alinnya selesai.

 

Panggilan darurat HP Samsung (antarmuka One UI)

Panggilan Darurat HP Samsung Nomor Darurat
Panggilan Darurat HP Samsung Nomor Darurat

Ada beberapa perbedaan antara perangkat lunak pada Samsung Galaxy dan ponsel Android lainnya. Penting untuk Anda catat bahwa SOS Darurat pengguna aktifkan pada ponsel Samsung dengan menekan tombol Power tiga atau empat kali.

Langkah-langkah di bawah ini menjelaskan cara menggunakan fitur SOS Darurat di perangkat Samsung Anda dengan antarmuka One UI perusahaan. Jadi, cara mengaktifkan fitur SOS darurat di One UI adalah sebagai berikut:

Pertama buka aplikasi Pengaturan. Kemudian gulir ke bawah dan ketuk Keamanan dan Darurat. Opsi ini dapat Anda temukan di menu More settings di One UI 3. Kemudian, Alihkan sakelar “Kirim pesan darurat” untuk mengaktifkan pesan darurat dalam keadaan darurat.

Anda dapat mengubah berapa kali Anda menekan tombol Daya dengan mengklik opsi yang sesuai di bawah “Tekan tombol Daya”. Selanjutnya, gerakkan penggeser untuk menyetel fitur mana yang terpicu saat panggilan SOS darurat Anda aktifkan.

Klik “Kirim Pesan” untuk memilih kontak darurat. Setelah panggilan darurat SOS Anda aktifkan, maka  telepon Anda akan mengirim pesan darurat ke kontak tersebut.

Cara menambahkan informasi medis ke Panggilan Darurat HP Samsung

Pola Samsung
Pola Samsung

Pada saat menambahkan informasi medis dan kontak darurat, maka ingatlah bahwa siapa pun dapat melihat informasi ini tanpa membuka kunci ponsel. Pertama, buka menu “Keamanan dan Darurat” dan klik “Informasi Medis”.

Kemudian tambahkan detail sebanyak yang Anda suka. Selanjutnya kembali ke menu Keamanan dan Darurat dan ketuk Kontak Darurat. Kemudian, tambahkan teman atau anggota keluarga sebagai kontak darurat.

Mengaktifkan fitur SOS darurat di perangkat Android Anda dapat membantu Anda mendapatkan bantuan sesegera mungkin. Menjaga keamanan data Anda juga penting, jadi setelah menyiapkan SOS Darurat, pastikan untuk hanya membagikan informasi yang Anda butuhkan.