Aplikasi Rekam Layar di Laptop

Aplikasi Rekam Layar di Laptop
Aplikasi Rekam Layar di Laptop. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi rekam layar di laptop yang bagus. Tunjukkan, jangan katakan. Ini saran yang cukup sederhana, dan perangkat lunak perekaman layar membuatnya lebih mudah untuk diikuti.

Aplikasi rekam layar di laptop

Aplikasi Rekam Layar di Laptop OBS Windows
Aplikasi Rekam Layar di Laptop OBS Windows

Umumnya, aplikasi tangkapan layar merekam apa yang terjadi di layar Anda, termasuk pergerakan kursor, sehingga Anda dapat menyampaikan instruksi, menjelaskan masalah, atau berbagi pengetahuan.

Mengapa perlu aplikasi rekam layar di laptop

Aplikasi Rekam Layar di Laptop DropBox Capture
Aplikasi Rekam Layar di Laptop DropBox Capture

Menulis deskripsi tentang hal-hal seperti itu membutuhkan waktu yang jauh lebih lama daripada sekadar menunjukkan layar Anda kepada seseorang, tetapi Anda biasanya tidak berdiri di samping orang atau orang-orang yang perlu melihat layar Anda. Aplikasi pengambilan video memecahkan masalah itu.

Kami mengevaluasi lebih dari 30 aplikasi perekaman layar, dan di sini kami akan menyajikan enam yang terbaik.

6 Aplikasi rekam layar di laptop terbaik

ScreenCastify
ScreenCastify

Loom untuk merekam dan berbagi dengan cepat di desktop

Screencast-O-Matic untuk perekaman layar ponsel

Camtasia untuk pengeditan video tingkat lanjut

OBS untuk alat perekaman canggih dan streaming langsung

Perekam Layar Movavi untuk tangkapan layar saat Anda jauh dari meja Anda

Zappier untuk berbagi rekaman layar dengan cepat dari Mac

Apa yang membuat aplikasi rekam layar di laptop menjadi hebat?

Snagit
Snagit

Bagaimana kami mengevaluasi dan menguji aplikasi

Semua kumpulan aplikasi terbaik kami ditulis oleh manusia yang telah menghabiskan sebagian besar karier mereka menggunakan, menguji, dan menulis tentang perangkat lunak. Kami menghabiskan lusinan jam untuk meneliti dan menguji aplikasi, menggunakan setiap aplikasi seperti yang dimaksudkan untuk digunakan dan mengevaluasinya berdasarkan kriteria yang kami tetapkan untuk kategori tersebut.

Kami tidak pernah dibayar untuk penempatan di artikel kami dari aplikasi apa pun atau untuk tautan ke situs mana pun—kami menghargai kepercayaan yang diberikan pembaca kepada kami untuk menawarkan evaluasi autentik dari kategori dan aplikasi yang kami ulas. Untuk detail lebih lanjut tentang proses kami, baca ikhtisar lengkap tentang cara kami memilih aplikasi untuk ditampilkan di blog Zapier .

Perangkat lunak tangkapan layar terbaik membuatnya sangat mudah untuk menunjukkan cara kerjanya—atau, jika Anda mengajukan tiket dukungan, bagaimana cara kerjanya. Tetapi orang yang berbeda akan mencari hal yang berbeda. Dalam penelitian kami, kami menguji sekitar 30 aplikasi, mulai dari jendela tiga tombol yang minimalis hingga aplikasi kompleks yang dipenuhi dengan alat. Opsi diberi harga mulai dari gratis hingga beberapa ratus dolar. Setiap pilihan kami untuk aplikasi perekam layar terbaik menawarkan fitur unik, tetapi semuanya memenuhi beberapa kriteria dasar:

Kemampuan untuk merekam seluruh layar Anda, satu jendela, atau area tertentu

Opsi untuk menempatkan umpan webcam di atas tangkapan layar

Mikrofon dan perekaman audio sistem secara bersamaan

Berbagi video bawaan dan/atau alat pengekspor yang nyaman

Antarmuka pengguna yang intuitif dan ramah

Tentu saja, prosesnya tidak berakhir dengan perekaman layar. Kualitas produk akhir dapat meningkatkan atau menghancurkan keterlibatan pengguna, jadi kami juga mempertimbangkan fitur pengeditan pasca-pengambilan. Inilah yang kami temukan.

Pilihan aplikasi rekam layar di laptop

1. Loom (Windows, Mac, Android, iPhone/iPad, Chrome)

Aplikasi Rekam Layar di Laptop Loom
Aplikasi Rekam Layar di Laptop Loom

Perangkat lunak perekaman layar terbaik untuk perekaman cepat dan berbagi di desktop

BACA JUGA:   Aplikasi untuk Melihat Pesan WA yang Dihapus

Jika Anda ingin merekam sesuatu dengan cepat dan membagikan tautan, beri Loom kesempatan. Loom tidak terlalu rumit saat waktunya merekam: Anda dapat memilih apakah Anda ingin merekam layar Anda saja, layar Anda dengan video webcam, atau hanya webcam Anda. Setelah Anda selesai, video Anda akan diunggah ke Loom. Anda dapat melakukan beberapa pengeditan dasar di browser, jika Anda mau, atau Anda dapat menyalin tautan untuk membagikan video. Semuanya sangat cepat, yang menjadikannya, secara keseluruhan, perekam layar terbaik untuk PC.

Dengan Loom versi gratis, Anda dapat menyimpan hingga 25 video masing-masing hingga lima menit. Ini terbatas, tentu saja, tetapi bagus untuk menunjukkan sesuatu dengan cepat kepada kolaborator, rekan kerja, dan/atau musuh bebuyutan. Dan Anda selalu dapat mengunduh video dan menyimpannya di tempat lain jika Anda mendekati ambang batas 25 video itu.

Karena itu, Loom tidak sempurna. Aplikasi desktop berfungsi dengan baik, tetapi kami menemukan aplikasi seluler terbatas dengan cara yang membingungkan. Versi Android, misalnya, mengharuskan pengguna memasukkan kata sandi Google mereka untuk masuk alih-alih menggunakan dukungan Android bawaan untuk akun Google, yang aneh. Aplikasi iPhone dan iPad tidak dapat menggabungkan video dengan screencasting.

Namun, Loom akan menyelesaikan pekerjaan tanpa banyak keributan bagi sebagian besar pengguna.

Harga alat tenun: Gratis untuk 25 video hingga lima menit. Paket bisnis mulai dari $8/bulan dengan unggahan tak terbatas.

Dropbox baru-baru ini meluncurkan versi beta dari Dropbox Capture , yang mengunggah video langsung ke folder Dropbox Anda. Ini adalah alternatif Loom yang bagus, jadi pastikan untuk memeriksanya jika Anda sudah membayar Dropbox dan memerlukan aplikasi untuk merekam layar Anda.

Link Unduh:

Loom DropBox Capture

 

2. Screencast-O-Matic (Windows, Mac, Android, iPhone/iPad, Chrome)

Screencast-O-Matic
Screencast-O-Matic

Perangkat lunak perekam layar terbaik untuk perekaman layar seluler

Screencast-O-Matic.com di permukaan, tidak unik di bidang aplikasi perekaman layar yang ramai. Namun, di mana ia unggul, menawarkan pengalaman hebat di setiap platform.

Aplikasi seluler, khususnya, bekerja lebih baik dan menawarkan lebih banyak fitur daripada alternatif yang kami uji. Mereka bekerja tanpa masuk, misalnya, dan umumnya menawarkan lebih banyak fitur. Versi iPhone dan iPad memungkinkan Anda untuk merekam layar Anda, lalu melapisi rekaman wajah Anda secara terpisah ke rekaman itu. Anda dapat mengedit video langsung di perangkat seluler, alih-alih menunggu sampai Anda masuk ke komputer. Jika Anda mencari alternatif Loom untuk seluler, mulailah dari sini.

Aplikasi desktop juga berfungsi seperti yang Anda harapkan, memungkinkan Anda merekam area layar Anda dan secara opsional menambahkan webcam dengan wajah Anda. Ada beberapa alat pengeditan sederhana dalam versi berbayar, dan bahkan versi gratisnya memungkinkan Anda untuk memotong dan menambahkan musik sebelum mengunggah.

Video dapat disimpan ke perangkat Anda, tidak perlu cloud, atau Anda dapat mengunggah ke Screencast-O-Matic, Google Drive, atau bahkan YouTube dalam versi gratis—Dropbox dan Vimeo ditambahkan ke versi berbayar. Sangat menyenangkan memiliki pilihan itu setelah merekam dan memiliki beberapa alat pengeditan yang tidak berlebihan.

Harga Screencast-O-Matic: Gratis untuk merekam video dengan pemangkasan dasar. Paket berbayar mulai dari $1,65/bulan dan menawarkan pengeditan, teks menggunakan ucapan-ke-teks, dan filter layar hijau.

Lebih suka ekstensi Chrome daripada aplikasi desktop? Lihat Screencastify , yang mirip dengan Loom dan Screencast-O-Matic tetapi berjalan sepenuhnya di Chrome.

Link Unduh:

Screencast-O-Matic ScreenCastify
BACA JUGA:   Cara Bikin Background di Zoom

 

3. Camtasia (Windows, Mac)

Camtasia
Camtasia

Perangkat lunak perekaman layar terbaik untuk pengeditan video tingkat lanjut

Antarmuka pengambilan video Camtasia sangat mudah dan tanpa basa-basi. Anda memilih area pengambilan Anda, apakah akan menyertakan input webcam dan mikrofon atau tidak, dan klik Rekam .

Editor video bawaannya adalah cerita yang berbeda. Ada daftar lengkap opsi pengeditan yang tidak terasa berlebihan. Efek klik-dan-seret dan pilihan media stok yang layak terletak di sepanjang sisi kiri aplikasi, dengan properti terperinci dan penyesuaian muncul di sisi kanan setiap kali Anda memilih elemen dari garis waktu.

Camtasia menyediakan video tutorial yang luar biasa untuk siapa saja yang kesulitan dengan alat pengeditannya. Membuat segmen intro dan outro yang sangat profesional dan memasukkannya ke dalam video pengujian kami membutuhkan waktu beberapa detik. Satu-satunya kendala kami adalah dengan fitur interaktivitas, yang memungkinkan Anda menambahkan kuis atau tombol yang dapat diklik ke proyek Anda. Mengonfigurasi elemen-elemen ini cukup mudah, tetapi melihat pratinjau video dan mengekspor produk akhir terasa lebih rumit setelah menambahkan interaktivitas.

Ini juga satu-satunya aplikasi yang kami uji dengan alat teks tertutup yang mengulang audio saat Anda menambahkan teks. Segmen empat detik diputar hingga Anda selesai mengetik, lalu Anda dapat menekan Tab , dan segmen berikutnya akan diputar.

Catatan: jika Anda tidak perlu mengedit tetapi seperti tampilan Camtasia, aplikasi Snagit berasal dari perusahaan yang sama, hanya menawarkan perekaman layar, dan mulai dari $49.

Harga Camtasia: $300 untuk lisensi bisnis seumur hidup .

Link Unduh:

Camtasia

 

4. OBS Studio (Windows, Mac, Linux)

OBS Project
OBS Project

Perangkat lunak perekaman layar terbaik untuk alat perekaman canggih dan streaming langsung

OBS sebagian besar pabrik buat dengan mempertimbangkan streaming langsung — jika Anda pernah menonton seseorang bermain game di Twitch, misalnya, mereka mungkin menggunakan OBS. Tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk merekam video (sejauh ini merupakan alat yang paling kuat untuk melakukannya), dan gratis, jadi ini adalah pilihan tepat jika Anda mencari alternatif Camtasia.

Sebagian besar aplikasi dalam daftar ini memungkinkan Anda merekam menggunakan webcam dan layar Anda. Studio OBS dapat melakukan lebih dari itu. Ini adalah alat lengkap untuk penyiaran, artinya Anda dapat menambahkan layar dan kamera sebanyak yang dapat komputer Anda tangani. Anda juga dapat membuat “studio” yang dapat Anda sesuaikan, konfigurasi audio dan video prasetel yang dapat Anda putar selama perekaman.

Kami membuat tiga studio selama pengujian kami. satu hanya untuk layar utama dan webcam, satu lagi untuk layar sekunder dan webcam, dan yang ketiga untuk layar dan webcam. Mengukur dan memosisikan elemen dalam setiap studio adalah urusan klik-dan-seret sederhana, dan bersepeda melalui mereka selama sesi perekaman bisa kita kendalikan dengan hotkey.

Dengan persiapan yang cukup, preset audio dan video ini menghilangkan kebutuhan untuk repot dengan pengaturan apa pun saat streaming video langsung melalui integrasi OBS yang kuat. Ada 80 platform dalam menu live streaming, mulai dari situs ternama seperti Facebook, YouTube, dan Twitch, hingga platform streaming tak dikenal seperti Pandora TV.

Membuka menu Pengaturan dan menempelkan kunci streaming Anda ke dalam kotak teks adalah semua yang kita perlukan untuk mengatur tombol Mulai Streaming sekali klik di dasbor utama. Perubahan yang Anda buat pada studio, seperti pencampuran suara atau penempatan webcam, siaran secara langsung—pastikan Anda sudah siap.

Harga OBS Studio: Gratis

Link Unduh:

OBS Project