Bisnis  

Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu

Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu
Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu. Sumber Gambar: Google.com

Browser yang mendukung aplikasi Gtalk yaitu Google Chrome dan Firefox ( untuk Mac ). Ini adalah browser milik Google yang semestinya mendukung semua aplikasi Google yang terkait internet lainnya.

Sebelumnya, aplikasi Gtalk ini sudah pensiun dan penggantinya adalah Google Hangout.

Kemudian, yang terakhir ada aplikasi Google Chat ( HP ) meskipun link website Google Hangout masih ada.

Namun, bagi yang ingin tahu, bisa membaca di bawah ini.

Browser yang mendukung aplikasi Gtalk yaitu

Google Chrome
Google Chrome

Google Talk menyediakan cara yang mudah dan murah untuk mengirim pesan instan.

Jika Anda mencari cara yang mudah dan murah untuk mengirim pesan instan, Google Talk mungkin adalah cara yang tepat. Meskipun tidak menawarkan fitur sebanyak AOL Instant Messenger, Yahoo Messenger, atau Microsoft Windows Live Messenger, namun Google Talk Messages tidak penuh dengan iklan dan bebas pengguna gunakan.

Setelah mengunduh Google Talk, maka Anda siap mengirim IM dari komputer atau browser Anda. Tetapi hanya dengan pengguna Google Talk atau Gmail lainnya.

Google Talk adalah salah satu pesaing terbaru di pasar pesan instan. Aplikasi ini meluncur pada tahun 2005, mengikuti AIM pada tahun 1997. Juga MSN Messenger (sekarang Windows Live Messenger) dan Yahoo Messenger pada tahun 1999. Sejauh ini, jauh tertinggal dari layanan-layanan lain yang pengguna ketahui. Pada Januari 2008, misalnya, Windows Live Messenger memiliki 235 juta kunjungan unik, sementara Google Talk memiliki kurang dari 5 juta [sumber: comScore].

Namun Google Talk memiliki penggemar di kalangan pengguna yang menginginkan layanan pesan instan langsung . Dan meskipun Google Talk awalnya sederhana, ia terus menambahkan fitur seperti transfer file melalui jendela obrolan, panggilan suara PC-ke-PC, pesan suara, emotikon, Google Talk di Google Home Anda, dan obrolan berulang untuk blog Anda [Sumber: CNet ] .

Apa saja fitur Google Talk? Bagaimana Anda menggunakannya? Apa itu Google Talk? Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya.

Link Unduh Browser:

Chrome Firefox

 

Dasar-dasar Google Talk

Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu - Google Talk Logo
Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu – Google Talk Logo. Sumber Gambar: Google.com

Pengguna Google Talk dapat melakukan panggilan telepon dari satu komputer ke komputer lain.

Menggunakan Google Talk sangat mudah. Ada dua cara untuk memulai: Daftar dan unduh Google Talk jika Anda memiliki komputer, atau sambungkan ke Internet dengan meluncurkan gadget Google Talk. Either way, Anda siap untuk memulai pesan instan. Ini tidak sulit.

Kami akan berbicara lebih banyak tentang alat Google Talk di halaman berikutnya, tetapi berikut ini cara mengunduh pesan Google Talk:

Buka Google Talk dan klik Unduh Google Talk.

Siapkan akun Google dengan nama pengguna dan kata sandi.

Ikuti petunjuk untuk mengunduh perangkat lunak. (Google Talk akan terbuka secara otomatis bersama dengan aplikasi Windows Anda .)

Masuk, undang teman Anda untuk berbicara dan mengobrol. Jika Anda menggunakan Gmail, kontak ini akan otomatis ditambahkan ke daftar teman Google Talk Anda. Anda juga dapat mengobrol dengan mereka setelah menginstal Google Talk dan menambahkan teman ke daftar Anda.

Google Talk tidak akan memberi Anda akses ke RSS (Really Simple Syndication) feed dan 200 plug-in seperti Yahoo Messenger. Dan, juga tidak akan membiarkan Anda melakukan video chat real-time seperti Windows Live Messenger. Namun Anda masih dapat melakukan lebih banyak hal dengan Google Talk daripada sekadar mengobrol. Jadi, berikut adalah beberapa fitur lainnya yang bisa kita gunakan lewat browser Chrome:

Fungsi browser yang mendukung aplikasi Gtalk yaitu

1. Kirim file tak terbatas

Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu Gtalk Sign In
Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu Gtalk Sign In. Sumber Gambar: Google.com

Kirim file tak terbatas ke kontak Anda. File dapat berupa dokumen Word, spreadsheet, gambar, musik, video, dan juga lainnya. Semua tanpa batas jenis, ukuran, atau juga bandwidth. Google Talk menunjukkan perkiraan waktu untuk menyelesaikan unduhan yang lama. Jadi, Anda dapat mengobrol saat mengunduh file. Tetapi ingat bahwa file yang lebih panjang dapat menghabiskan lebih banyak waktu saat menggunakan Internet.

BACA JUGA:   Cara Masuk Zoom di Laptop

2. Kirim pesan

Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu Gtalk HP
Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu Gtalk HP. Sumber Gambar: Google.com

Lakukan panggilan suara gratis antar komputer ke siapa saja yang memiliki koneksi Internet dan Google Talk. Harap Anda catat, bagaimanapun juga Anda akan memerlukan koneksi internet, mikrofon dan speaker. Dan sementara panggilan gratis, namun ISP Anda akan menagih Anda untuk waktu yang Anda gunakan. Untuk menelepon, maka temukan orang di daftar teman Anda. Kemudian ketuk ikon telepon di sebelah nama, dan selanjutnya tunggu sampai orang tersebut menjawab dan mulai berbicara.

Kirim dan terima pesan pesan suara dengan teman Anda secara offline. Jika seseorang tidak menjawab panggilan Google Talk Anda, maka Anda akan Gtalk arahkan ke pesan suara tempat Anda dapat meninggalkan pesan hingga 10 menit. Pesan akan terkirim ke akun email orang tersebut sebagai file MP3 dengan catatan:  “Pesan suara dari…”. Kemudian, kontak dapat mengunduhnya atau cukup tekan tombol putar di Gmail. Anda juga dapat menggunakan fitur “Kirim Pesan Suara” di daftar teman Anda untuk mengirim pesan suara tanpa menelepon.

Dapatkan pemberitahuan desktop untuk pesan baru di kotak masuk Gmail Anda. Jendela pemberitahuan dan cuplikan pesan akan muncul di atas ikon Google Talk setiap kali seseorang mengirimi Anda pesan baru.

3. Klien Google Talk

Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu Chat Gtalk
Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu Chat Gtalk. Sumber Gambar: Google.com

Google Talk melalui unduhan, yang sebutannya adalah klien Google Talk, menawarkan banyak fitur termasuk juga bot untuk menerjemahkan pesan antara bahasa Inggris dan 13 bahasa lainnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang bot dan fitur lainnya, atau untuk bantuan, maka lihat bagian Klien Google Talk di Pusat Bantuan Google.

Jika Anda pengguna Mac atau ingin mengakses akun Google Talk dari komputer lain selain computer Anda, maka Anda memerlukan widget Google Talk. Jadi, mari kita lihat apa yang dapat Anda lakukan selanjutnya.

Alat Google Talk

Google Hangouts
Google Hangouts. Sumber Gambar: Google.com

Dengan Google Talk, pengguna dapat memotong dan menempelkan video dari situs populer seperti YouTube.

Akses Google Talk dan pesan instan dari Mac atau komputer lain yang tersambung ke Internet menggunakan alat web Google Talk. Meskipun aplikasi ini menawarkan banyak fitur perpesanan Google Talk, aplikasi ini juga lengkap dengan beberapa fitur menyenangkannya sendiri. Karena tidak ada unduhan, maka Anda dapat langsung mulai mengobrol setelah mendaftar akun Google. Atau, Anda juga dapat menyematkan gadget di laman atau situs web Google pribadi Anda.

Dengan alat Google Talk, maka Anda dapat menggunakan daftar teman, pesan instan dengan Google Talk dan kontak Gmail, dan menggunakan klien Google Talk. Anda juga dapat menerima pesan offline dan menyimpan riwayat obrolan jika Anda juga memiliki Gmail. Selain versi yang dapat Anda unduh, Anda juga dapat:

Undang beberapa orang untuk mengobrol dengan Anda dalam grup.

Potong dan tempel URL video, tayangan slide dari YouTube, Google Video, Picasa, dan juga album web Flickr ke dalam obrolan Anda dan tampilkan di jendela obrolan.

Tambahkan Google Talk ke beranda iGoogle Anda .

Tempatkan widget Google Talk di halaman web atau blog Anda untuk mengaktifkan obrolan berulang .

Berkomunikasi dalam salah satu dari 22 bahasa atau dialek.

Namun, sementara Google meningkatkan gadget Google Talk, saat ini Google tidak menawarkan fitur klien Google Talk berikut:

Transfer file

pesan suara

BACA JUGA:   Cara Menempelkan Tanda Tangan Di Word

Panggilan suara (kecuali Anda menjalankan klien Google Talk secara bersamaan)

Kirim pesan secara offline

Notifikasi untuk obrolan baru, teman baru yang online, atau G-mail baru

Cara menggunakan browser yang mendukung aplikasi Gtalk yaitu

Firefox
Firefox

Untuk mulai menggunakan alat Google Talk, maka Anda harus terlebih dahulu mendaftar sebagai pengguna Google dengan nama pengguna dan sandi. Setelah memilikinya, kemudian Anda dapat menambahkan widget Google Talk ke beranda iGoogle , situs web, atau blog Anda.

Perhatikan bahwa Anda perlu menginstal Flash versi gratis terbaru di browser Anda. Dan, jika Anda menggunakan Mac, maka Anda harus menggunakan Firefox, bukan Safari. Untuk mengunduh Flash untuk Mac, maka kunjungi situs web Adobe. Sedangkan untuk mengunduh Firefox untuk Mac, maka buka Mozilla Firefox.

Kemudian, untuk menambahkan widget Google Talk ke situs web Anda, maka Anda perlu memasukkan sebaris kode ke dalam kode HTML situs web Anda. Hubungi dukungan Google untuk petunjuk dan kode.

Gadget Google Talk menyediakan lebih banyak opsi, dan fitur baru terus Google tambahkan. Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur lain atau untuk bantuan, maka lihat Alat Google Talk di Pusat Bantuan Google.

Google Talk memiliki banyak hal untuk mereka tawarkan, tetapi bukan tanpa tantangan. Teruslah membaca untuk mempelajari tentang tantangan ini dan beberapa solusinya.

Masalah dengan Google Talk

Google Chat
Google Chat. Sumber Gambar: Google.com

Dengan Google Talk, pengguna dapat menggunakan webcam untuk mengambil foto diri mereka sendiri dan memposting foto tersebut ke daftar kontak mereka.

Google Talk menawarkan beberapa fitur hebat, tetapi juga memiliki beberapa masalah dan batasan. Misalnya, Anda hanya dapat bertukar pesan Google Talk dengan pengguna Google Talk dan Gmail lainnya. Meskipun, aplikasi pesan lain juga aktif hanya sebatas penggunanya saja.

Selain itu, Anda perlu mengunduh Google Talk dan juga memiliki akun Gmail untuk mengakses fitur seperti riwayat obrolan dan obrolan offline.

Namun, fitur yang tersedia lebih terbatas daripada penawaran oleh Yahoo Messenger dan layanan pesan instan lainnya. Fitur Google Talk juga lebih terbatas pada alat web Google Talk, yang merupakan satu-satunya versi yang tersedia untuk pengguna Mac dan seluler.

Google Talk tidak berbeda dengan penyedia layanan seperti Yahoo Messenger dan Windows Live Messenger dalam mendukung pengiriman pesan instan antar pengguna terdaftar. (Meskipun pengguna Yahoo dan Windows sekarang dapat saling IM.) Google Talk menyediakan banyak fitur yang sama seperti AIM, Windows Live Messenger, dan juga Yahoo Messenger.

Karena Google Talk lebih baru dari layanan ini, maka Google memiliki lebih sedikit waktu untuk memperluas fitur-fiturnya. Tetapi sesuatu yang baru terus Google tambahkan. Misalnya, sekarang Anda dapat menunjukkan kepada kontak Anda musik yang sedang Anda dengarkan. Setiap kali pemutar musik Anda memutar lagu baru, judul lagu dan informasi artis diperbarui. Anda juga dapat memeriksa apa yang sedang pengguna Google Talk di seluruh dunia dengarkan.

Dengan Gadget Google Talk, Anda juga dapat menggunakan kamera web untuk mengambil foto diri Anda dan kemudian memposting foto tersebut ke bagian atas daftar teman Anda. Teman Anda akan melihat foto tersebut sebagai foto Google Talk Anda di daftar kontak mereka.

Tempat bertanya Gtalk

Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu Gtalk Sign In
Browser Yang Mendukung Aplikasi Gtalk Yaitu Gtalk Sign In. Sumber Gambar: Google.com

Salah satu tempat terbaik untuk mencari tahu tentang fitur baru adalah Talkabout. Ini adalah sebuah blog tempat pengembang Google berbagi berita terbaru tentang Google Talk. Anda dapat meninggalkan umpan balik saat berada di sana, mencari jawaban pengguna lain, atau juga bergabung dengan Grup Diskusi Bantuan Google Talk.

Jadi, di sini kami telah memberi Anda informasi tentang Google Talk dan fitur-fiturnya. Tetapi Google Talk terus berkembang dan kini telah menjadi Google Chat.

Link Unduh Browser:

Chrome Firefox