Tips  

Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi

Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi
Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Bagaimana langkah menghias karya dengan teknik aplikasi. Panduan langkah demi langkah ini akan menunjukkan kepada Anda cara membuat motif dengan tangan. Kemudian cara menerapkannya pada proyek Anda, dan juga cara menjahit motif pada mesin jahit biasa.

Bagaimana langkah menghias karya dengan teknik aplikasi

Template
Template. Sumber Gambar: Google.com

Pindahkan potongan desain ornamen dari template ke sisi kertas dan dengan pita lem, namun sisakan sekitar 2,5 cm di antara setiap potongan.

Kemudian potong potongannya, sisakan sekitar 6 mm kain di sekitar garis potong.

Letakkan bagian pita yang dapat melebur di sisi yang sebaliknya dari kain yang Anda pilih. Kemudian panaskan selama beberapa detik dengan setrika kering.

Potong dengan hati-hati detail dekorasi di sepanjang garis.

Tip: Pada saat memotong bagian-bagian kecil yang tidak nyaman, pegang dengan pinset, bukan dengan jari Anda.

Kelupas kertas pola, kemudian susun potongan trim pada produk (sisi kain menghadap ke bawah) berlapis-lapis seperti yang ada dalam panduan pemasangan.

Saat semuanya sudah siap, maka tutup desain dengan kain dan tekan. kemudian perbaiki dengan setrika.

Catatan: Suhu dan waktu tekan setrika tergantung pada jenis kain dan pita lem yang Anda gunakan. Silakan lihat instruksi yang ada di pita lem untuk lebih jelasnya. Saya sarankan menggunakan lap yang Anda tekan karena ini akan membantu mencegah trim dan kain yang Anda tempelkan agar tidak terbakar.

BACA JUGA:   Aplikasi Penguat Sinyal Wifi

Jika Anda ingin menjahit tepi ornamen, maka potong bagian sisi selebar 1,5 – 2,5 cm dari ornamen dan letakkan di sisi kain yang bawah di bawah ornamen.

Untuk mendekorasi dengan mesin jahit faktanya tidak membutuhkan mesin yang mewah. Namun, mesin sederhana yang mampu membuat jahitan zigzag sudah cukup. Jadi, ini adalah jahitan zigzag yang sederhana, tidak terkomputerisasi, tidak rumit, dan juga sangat baik!

Jahit di sekitar tepi applique dengan jahitan zigzag sempit pada mesin jahit, atau jahit tangan dengan jahitan overlock. Ubah warna benang pada saat Anda berusaha untuk mencocokkan (atau kontras, jika Anda mau) dengan setiap bagian ornamen.

Saat menjahit lekukan dan sudut, maka masukkan jarum ke dalam kain di sisi lain dari cara Anda ingin melilitkannya, lalu angkat sepatu penekan di mesin jahit dan putar kain.

Tips tentang bagaimana langkah menghias karya dengan teknik aplikasi

Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi Pola Kucing
Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi Pola Kucing

Berikut adalah beberapa tips dan teknik lain yang saya gunakan yang mungkin berguna bagi Anda:

Saya menggunakan benang untuk mengisi gelendong. Ini adalah benang poliester tipis, mengkilap, ringan dan juga kuat. Namun, biasanya dengan jumlah benang yang besar. Karena sangat tipis, maka Anda dapat menaruh banyak pada gelendong, yang berarti lebih sedikit penggantian benang. Untuk benang atas, saya menggunakan benang poliester standar.

Saya menggunakan jarum berujung biru Janome karena membantu mencegah jahitan berbintik, tetapi jarum universal #70 atau #80 juga dapat Anda gunakan.

BACA JUGA:   Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP

Gunakan kaki yang jelas dengan jari-jari kaki terbuka sehingga Anda dapat melihat apa yang Anda lakukan.

Saran tentang cara membuat dan menerapkan aplikasi

Pola Burung
Pola Burung. Sumber Gambar: Google.com

Saya mengatur lebar jahitan zigzag menjadi sekitar 3 (walaupun ada detail kecil dalam desain ornamen. Namun, saya biasanya mengurangi lebar jahitan saat mengerjakan bagian ini. Untuk bagian kecil, maka saya mengubah lebar jahitan menjadi 1,5). Jadi, Anda telah mengatur panjang jahitan di atas nol. Maka Anda perlu bereksperimen pada mesin Anda untuk menemukan panjang jahitan yang benar.

Mulailah dari 0,5 dan kerjakan dalam arah yang berlawanan sampai jahitannya rapat tanpa ada celah di antaranya, tetapi jangan terlalu dekat sehingga menyatu dan bergerak dengan mudah di bawah kaki. Yang bagus, berlatih memotong terlebih dahulu.

Tips lainnya

Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi - Pola Rumah
Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi – Pola Rumah. Sumber Gambar: Google.com

Tips bagaimana langkah menghias karya dengan teknik aplikasi yang lain.

Pada mesin saya, saya biasanya perlu sedikit melonggarkan ketegangan benang atas. Benang atas harus terlihat di sisi kain yang bagian bawah, tetapi harus lurus di sisi atas yang terlihat dari luar. Jadi, benang gelendong tidak boleh terlihat di sisi atas kain. Anda mungkin perlu mencoba beberapa kali hingga Anda melakukannya dengan benar.

Cobalah juga untuk mendapatkan dua pertiga jahitan pada kain yang berwarna dan sepertiga pada latar belakang.

Jadi, itulah tips tentang bagaimana langkah menghias karya dengan teknik aplikasi. Maka, luangkan waktu Anda dan latihan akan menjadikannya sempurna.