Tips  

Aplikasi Screenshot PC

Aplikasi Screenshot PC
Aplikasi Screenshot PC

Aplikasi screenshot PC terbaik untuk Windows pada tahun 2022. Ada sejumlah alasan mengapa Anda mungkin ingin menyimpan representasi visual dari apa yang ada di layar komputer Anda.

Aplikasi screenshot PC

Jadi. aplikasi tangkapan layar membuatnya mudah. Jika Anda adalah pengguna Windows, Anda pasti akan menemukannya di daftar ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tangkapan layar terkadang kita perlukan jika kita ingin menunjukkan sesuatu kepada orang lain. Atau, menyimpan tampilan tertentu. Misalnya, tulisan penawaran diskon di situs belanja.

Mengapa perlu aplikasi screenshot PC

Memang, tidak semua yang kita ingin simpan berupa gambar, namun, bisa juga video. Dan hanya bagian tertentu yang kita perlukan. Jadi, pastinya akan agak menyulitkan jika harus mendownload video tersebut secara ksesluruhan.

Aplikasi screenshot PC terbaik

1. Snipping Tool

Snipping Tool
Snipping Tool

Terbaik secara keseluruhan.

Apa yang kita suka

Desainnya yang sederhana membuat alat ini mudah dan nyaman pengguna gunakan.

Apa yang tidak kita sukai?

Mungkin kekurangan fitur yang dicari beberapa pengguna.

Snipping tool mudah pengguna gunakan. Pilih dari beberapa mode (bentuk bebas, persegi panjang, jendela dan layar) sehingga Anda dapat menangkap elemen yang Anda inginkan di layar dengan tepat. Saat Anda memiliki tangkapan layar, gunakan pena dan stabilo untuk menarik perhatian ke area tertentu. Kemudian simpan gambar, salin dan tempel ke aplikasi lain, atau kirim email langsung ke penerima. Anda juga dapat menggunakan tombol Edit dengan Paint 3D untuk membuka file dalam Paint 3D dan melakukan penyetelan halus.

Snipping Tool adalah aplikasi gratis yang menjadi standar pada kebanyakan komputer yang menjalankan Windows Vista dan yang lebih baru. Untuk mengaksesnya, ketik Snipping Tool di bilah pencarian Windows.

BACA JUGA:   Kenapa Sim Card Tidak Terbaca

2. Screenshot

Screenshot
Screenshot

Termasuk aplikasi screenshot PC termudah yang bisa pengguna gunakan.

Apa yang kita suka

Antarmuka yang indah dan intuitif.

Apa yang tidak kita sukai?

Iklan mengganggu dan mungkin muncul di tangkapan layar.

Jika Anda perlu mengambil tangkapan layar halaman web dengan cepat, maka Screenshot adalah pilihan yang baik. Anda dapat dengan mudah mengambil gambar dengan menyalin dan menempelkan URL halaman web target. Tetapi di sinilah fungsi aplikasi ini berakhir. Jadi, aplikasi ini tidak termasuk opsi pengeditan. Maka, Anda harus mengekspornya ke aplikasi lain untuk membuat perubahan.

Tangkapan layar gratis untuk kita unduh dan juga kita gunakan pada sistem yang menjalankan Windows 8.1 atau Windows 10 versi 10240.0 atau lebih baru.

Unduh Screenshot:

Screenshot

3. ShareX

ShareX
ShareX

Pilihan terbaik untuk Multitasking

Apa yang kita suka

Tanpa iklan.

Apa yang tidak kita sukai?

Ini adalah aplikasi tingkat profesional, jadi beberapa istilah mungkin membingungkan bagi pemula.

ShareX faktanya bukan hanya aplikasi tangkapan layar. Itu dapat menangkap gambar layar menggunakan berbagai metode termasuk layar penuh, jendela aktif, layar aktif, wilayah, halaman web, teks dan juga banyak lagi. Setelah Anda tangkap, maka ShareX juga dapat membantu Anda menyelesaikan sejumlah tugas, termasuk menambahkan efek foto atau watermark. Juga, membuat anotasi, menyalin, mencetak, menyimpan gambar mini, dan mengunggah. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengunggah foto dan melakukan tugas tambahan. ShareX juga dapat merekam layar Anda dan membantu Anda membuat GIF.

ShareX gratis untuk kita unduh dan gunakan dan memerlukan Windows 10 versi 17763.0 atau lebih tinggi.

Unduh ShareX

ShareX

4. QuickCapture

Aplikasi Screenshot PC QuickCapture
Aplikasi Screenshot PC QuickCapture

Aplikasi terbaik untuk menangkap seluruh halaman web ( screenshot panjang ).

Apa yang kita suka

Ini cepat dan responsif.

Apa yang tidak kita sukai?

Faktanya, dalam versi gratis, iklan di bagian bawah layar dapat mencegah gambar yang Anda coba ambil untuk Anda tampilkan.

BACA JUGA:   Cara Melihat Instagram yang di Private Jalantikus

Mirip dengan mengambil tangkapan layar, maka QuickCapture memungkinkan Anda memasukkan URL situs web untuk mengambil gambar halaman web. Namun, aplikasi ini mengambil satu langkah lebih jauh dengan menangkap seluruh panjang halaman web. Jadi, bukan hanya bagian yang muncul di layar Anda. Setelah Anda mengambil foto, maka Anda dapat dengan mudah membagikannya.

QuickCapture gratis untuk kita unduh dan juga kita gunakan di Xbox atau Windows 10 versi 18362.0 atau lebih baru. Versi Pro berharga $1,99 dan bebas iklan.

Unduh QuickCapture

QuickCapture

5. Marker.io

Aplikasi Screenshot PC Marker.io
Aplikasi Screenshot PC Marker.io

Terbaik untuk pengguna Microsoft Edge:

Apa yang kita suka

Tutorial yang bagus akan memandu Anda menggunakan ekstensi.

Apa yang tidak kita sukai?

Harga yang mahal.

Marker.io adalah entri unik dalam daftar ini karena ini faktanya bukan aplikasi, tetapi ekstensi browser untuk Microsoft Edge. Namun, Anda masih bisa mendapatkan versi gratisnya.

Ekstensi ini pengembang rancang bagi bisnis untuk dengan mudah mendokumentasikan dan juga mengklarifikasi situasi yang memerlukan laporan bug atau umpan balik. Tetapi Anda tidak harus menjadi bisnis untuk menggunakan fitur tangkapan layar sederhana, menyimpan tangkapan layar, atau menggunakan editor gambar.

Marker.io berjalan di Windows 10 versi 15063.0 atau lebih tinggi. Ini juga dapat pengguna gunakan secara gratis dengan versi Microsoft Edge yang lebih lama. Untuk Microsoft Edge baru, langganan mulai dari $49 per bulan.

Unduh Marker.io

Marker.io

 

Kesimpulan aplikasi screenshot PC

Aplikasi untuk mengambil tangkapan layar ini sering bermanfaat untuk menunjukkan apa yang terjadi secara cepat. Jadi, kita tidak perlu mengirimkan link supaya penerima membukanya. Mereka bisa melihat potongan gambar yang mereka perlukan saja.

Ini jika yang ingin kita perlihatkan adalah website.

Jika yang kita perlihatkan hanya text atau potongan gambar di video, maka akan lebih mudah lagi jika membaginya menggunakan tampilan layar.