Aplikasi Kompres Video

Aplikasi Kompres Video
Aplikasi Kompres Video. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi kompres video yang bagus 2022. Anda mungkin pernah berada dalam situasi di mana Anda perlu membagikan atau mencadangkan video besar secara online. Mungkin itu klip film, sandiwara, atau langkah pertama anak Anda.

Aplikasi kompres video

Mencari di Google Play Store untuk aplikasi kompresi video akan memunculkan lusinan hasil. Beberapa aplikasi datang seperti yang diiklankan, tetapi sebagian besar dapat membuang-buang waktu.

Baik Anda perlu mengompresi video Anda untuk berbagi secara online atau untuk mengosongkan ruang di perangkat Anda, kami telah mengumpulkan beberapa aplikasi kompresi video paling andal untuk Android.

Apa yang membuat aplikasi kompres video bagus?

Video Compressor Panda Resizer
Video Compressor Panda Resizer

Saat Anda ingin mengompresi video, Anda memiliki satu tujuan utama – untuk mengurangi ukuran video sebanyak mungkin. Tetapi apakah hanya itu yang ada pada aplikasi kompresi video yang bagus? tentu saja tidak.

Selain mengurangi ukuran file, aplikasi kompresi yang baik harus dapat mempertahankan sebanyak mungkin kualitas asli video. Juga, ini harus kita capai dalam waktu sesingkat mungkin. Kualitas sangat penting. Apa gunanya mengompresi file video besar jika video yang dihasilkan tidak enak kita pandang?

Berikut adalah pilihan aplikasi kompresi video paling andal yang dapat Anda pilih di Android.

Pilihan aplikasi kompres video bagus

1. VidCompact

Video Compressor Mp3 Converter
Video Compressor Mp3 Converter

Dengan jutaan unduhan dan peringkat bintang 4,6 di Google Play Store, maka VidCompact sangat populer dan berperingkat tinggi. Ini juga memiliki antarmuka pengguna yang mudah kita gunakan. Setelah Anda meluncurkan aplikasi, maka Anda akan menemukan tombol “Potong & Kompres” besar untuk memulai proses kompresi.

Ini memiliki opsi kompresi batch serta kompresi lossless, tetapi keduanya dibanting di belakang firewall. Kompresi lossless adalah video terkompresi yang juga mempertahankan kualitas dan resolusi gambar. Selama pengujian, ini menghasilkan kualitas video yang bagus, tetapi tidak terlalu lossless seperti yang mereka janjikan.

Test

Kami mencoba mengompres video 58MB selama 4 menit 41 detik. Pengujian kami lakukan pada smartphone Android dengan RAM 4GB yang menjalankan Android 10.

Video terkompresi menjadi 27MB dengan waktu kompresi 4 menit. Resolusi video juga turun menjadi 848 x 480 piksel dari resolusi awal 1280 x 720. Hasil video juga berkualitas baik dan perbedaannya tidak terlihat pada layar ponsel biasa.

Positif

Kualitas gambar bagus pada kompresi 53%

Antarmuka pengguna yang intuitif

Opsi kompresi batch

Negatif

Beberapa fitur utama hanya tersedia dengan langganan berbayar

Unduh: VidCompact:

(Gratis, tapi berlangganan juga tersedia)

Video Compact
BACA JUGA:   Aplikasi Foto Bergerak

2. VideoCompress

Aplikasi kompres video Video Compress
Aplikasi kompres video Video Compress

Tidak seperti beberapa aplikasi dalam daftar kami, Video Compress pabrik rancang terutama untuk kompresi video daripada pengeditan video secara umum. Setelah Anda meluncurkan aplikasi, Anda akan mendapatkan daftar semua video di perangkat Anda. Yang harus Anda lakukan adalah memilih satu dan klik Kompres Video untuk memulai.

Antarmuka pengguna menarik dan intuitif. Ini adalah salah satu timbangan terbaik dalam daftar kami. Anda memiliki pilihan untuk sedikit menurunkan kualitas gambar sambil mempertahankan resolusi asli, atau menurunkan resolusi dan mempertahankan kualitas gambar asli sebanyak mungkin.

Dengan Kompres Video, Anda dapat memilih resolusi video yang Anda inginkan tanpa terbatas pada daftar resolusi preset. Bukan itu saja, Anda juga dapat mengotak-atik bitrate video Anda untuk mengurangi ukuran file output lebih jauh.

Test

Kami menguji video yang sama pada perangkat yang sama, dan menghasilkan video 24MB dengan resolusi 853 x 480 piksel. Itu sekitar 58% kompresi. Hasil videonya tidak tampak terdistorsi pada monitor portabel rata-rata meskipun tingkat kompresinya.

Jika Anda memilih kualitas gambar yang sedikit lebih rendah dengan resolusi yang sama, video akhir akan berukuran sekitar 16 MB. Jika Anda bermain-main dengan fitur bitrate, Anda dapat mengunduhnya hingga 13MB. Setiap kompresi, terlepas dari kualitasnya, membutuhkan waktu sekitar 4 menit untuk selesai.

Positif

Banyak keputusan yang telah pengembang tentukan

Opsi untuk memberikan akurasi target khusus

Anda dapat mengotak-atik bit rate video untuk kompresi yang lebih baik

Negatif

Anda harus tetap berada di dalam aplikasi sampai kompresi selesai untuk video yang lebih panjang – meminimalkan dapat menyebabkan proses gagal.

Tidak ada fitur kompresi batch

Unduh: VideoCompress (Gratis)

VideoCompress

3. Video Compressor Panda Resizer

Video Compressor Panda Resizer
Video Compressor Panda Resizer

Opsi hebat lainnya dalam daftar kami adalah Panda Resizer. Ini fitur antarmuka yang mudah pengguna navigasi yang membuatnya sangat mudah untuk menemukan file video yang ingin Anda kompres.

Aplikasi ini menawarkan banyak resolusi preset dan opsi untuk memberikan resolusi target khusus untuk video terkompresi. Tidak seperti yang lain dalam daftar ini, tidak ada fitur tambahan hebat lainnya. Semuanya adalah kompresi video dan tidak ada yang lain.

Test

Menggunakan video dan perangkat keras yang sama, Video Compressor Panda Resizer menghasilkan video 26MB dengan resolusi 853 x 480 piksel. Pada layar ponsel, kualitas gambar yang dihasilkan patut dipuji dan mirip dengan video aslinya.

Positif

Opsi kompresi batch

Mudah kita navigasi

Banyak akurasi dan opsi preset untuk memberikan akurasi target khusus

Negatif

Sedikit melebihi waktu kompresi 4 menit yang aplikasi lain capai.

Unduh: Video Compress Panda Resizer

(Gratis, berlangganan tersedia)

Panda Video

4. YouCut

You Cut
Aplikasi You Cut

YouCut adalah aplikasi pengeditan video Android yang juga berfungsi ganda sebagai alat kompresi video. Ini memiliki antarmuka yang indah, meskipun tidak terlalu intuitif. Karena tujuan utamanya bukan untuk mengompresi video, Anda akan menemukan lebih sedikit alat kompresi dan lebih banyak alat pengeditan. Jika Anda mencari aplikasi Android untuk mengurangi ukuran gambar, YouCut juga dapat melakukannya.

BACA JUGA:   Jika HP di Reset Apa Saja yang Hilang

Jika Anda menyukai pengeditan video di Android, maka Anda akan menemukan kemudahan dengan alat kompresi YouCut. Aplikasi ini juga akan membantu menjaga ukuran akhir dari video yang Anda edit serendah mungkin. Namun jika Anda ingin mengompres beberapa video acak di perangkat Anda, maka YouCut mungkin bukan pilihan terbaik. Tetapi aplikasi ini melakukan tugasnya dengan baik.

Test

YouCut tidak dapat mengompresi video uji dengan resolusi target 853 x 480 piksel. Meskipun dapat menghasilkan video pada resolusi yang jauh lebih tinggi, namun itu tidak bekerja dengan video pengujian kami. Ini tampaknya juga bukan masalah khusus perangkat karena masalah serupa telah terjadi pada dua perangkat lain.

Untuk video uji coba, YouCut ternyata hanya mampu mencapai resolusi 568×320 dengan ukuran file 20MB.

Positif

Bekerja sangat baik dengan video yang kita edit dalam aplikasi

hasil berkualitas tinggi

Negatif

Iklan yang mengganggu pada versi gratis

Versi berbayar tidak menawarkan peningkatan signifikan dari fungsi kompresi

Unduh: YouCut

(Gratis, berlangganan tersedia)

YouCut

5. Video.Guru VideoMaker

Aplikasi kompres video Video Guru
Aplikasi kompres video Video Guru

Seperti YouCut, Video.Guru VideoMaker bukanlah aplikasi kompresi video eksplisit. Ini adalah alat pembuatan video populer yang menyediakan fitur kompresi video. Seperti yang kita harapkan, karena kompresi video bukanlah fungsi utamanya, menavigasi ke alat yang tepat tidaklah mudah. Ini memiliki antarmuka yang hebat dan jika Anda suka mengedit video, Anda akan menemukan alat kompresinya sangat berguna.

Ini juga merupakan salah satu aplikasi populer untuk menambahkan efek khusus ke video. Jadi Anda juga dapat memanfaatkan fitur tersebut jika ingin menambahkan efek pada video terkompresi Anda.

Test

Tidak seperti YouCut, Video.Guru dapat menghasilkan hasil 480p dari video uji. Namun, ada twist dalam plotnya. Video hasilnya hampir dua kali lebih besar dari video aslinya. Aplikasi ini tampaknya telah mendapatkan gagasan tentang tekanan yang sepenuhnya salah pada kesempatan ini. Meskipun demikian, ia telah melakukan pekerjaan yang baik untuk mengompresi video berkualitas tinggi lainnya dan itu pasti layak untuk masuk dalam daftar.

Setelah menurunkan resolusi menjadi 568×320 untuk video pengujian kami, hasilnya adalah file 28MB dengan kualitas gambar yang enak kita pandang.

Positif

Berfungsi dengan baik saat mengedit video

hasil berkualitas tinggi

Negatif

Meninggalkan aplikasi saat ada tekanan aktif dapat menghentikannya

Terkadang iklan video yang mengganggu muncul dalam versi gratis

Unduh: Video.Guru Video Maker (Gratis, berlangganan tersedia)

Video.Guru

Pengaruh perangkat pada aplikasi kompres video

Kompresi video adalah proses yang sangat intensif sumber daya. Jadi kecepatan dan kualitas hasil yang Anda dapatkan dalam beberapa kasus dapat sangat dipengaruhi oleh kekuatan pemrosesan ponsel Anda. Jika Anda menginginkan pengalaman kompresi yang lebih lancar, terutama saat mengompresi video panjang yang besar, maka, pertimbangkan untuk menggunakan perangkat keras kelas atas.