Bisnis  

Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi

Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi
Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Kenapa tidak bisa mendownload aplikasi dan solusinya. Mengapa saya tidak dapat mengunduh aplikasi tertentu dari Google Play Store?

Tidak dapat mengunduh dan memasang beberapa aplikasi di Google Play? Ini membuat frustrasi, terutama ketika aplikasi lain tersedia dan diunduh dengan baik.

Kenapa tidak bisa mendownload aplikasi

Apakah Anda bahkan tidak dapat melihat aplikasi di Play Store, menemukannya tetapi tidak dapat mengunduhnya, atau aplikasi tidak terpasang, kami siap membantu. Mari kita lihat mengapa aplikasi tertentu tidak dapat kita unduh dari Play Store dan bagaimana cara memperbaikinya.

Alasan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi karena perangkat

Ketidakcocokan perangkat

Kenapa tidak bisa mendownload aplikasi Tidak Kompatibel
Kenapa tidak bisa mendownload aplikasi Tidak Kompatibel. Sumber Gambar: Google.com

Jadi, perangkat tidak kompatibel dengan Play Store

Penjelasan paling umum mengapa aplikasi tertentu tidak dapat Anda unduh dari Google Play adalah karena pengembang aplikasi telah menandainya sebagai “tidak kompatibel” dengan perangkat Anda. Anda akan melihat pesan yang mengatakan “Aplikasi ini tidak tersedia untuk perangkat Anda” atau “Aplikasi ini tidak tersedia untuk perangkat Anda” dalam kasus ini.

Ini dapat muncul, misalnya, jika aplikasi pabrik rancang untuk tablet dan Anda hanya memiliki ponsel Android. Perlu kita ingat bahwa tangkapan layar Play Store di atas menunjukkan versi web. Maka, di sana, Anda dapat mencari dan melihat semua aplikasi, meskipun tidak kompatibel dengan perangkat Anda. Saat Anda mencari menggunakan Play Store di perangkat Anda, maka Anda tidak akan melihat aplikasi apa pun yang berkategori tidak kompatibel dengan ponsel Anda.

Namun, ini tidak selalu menunjukkan bahwa aplikasi tidak memiliki peluang untuk bekerja di perangkat Anda. Pengembang dapat memilih untuk menandai aplikasi sebagai tidak kompatibel karena gangguan atau bug yang tidak dapat diperbaiki pada model khusus Anda. Atau, Anda mungkin memiliki perangkat yang di-rooting yang tidak kompatibel dengan aplikasi tertentu.

Untungnya, masalah aplikasi yang tidak muncul di Play Store bukanlah masalah besar di Android. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengunduh APK dari situs alternatif dan memaksanya untuk menginstal. Lakukan ini dengan risiko Anda sendiri. Jika ada masalah ketidakcocokan yang sebenarnya, kemungkinan besar mereka menyebabkan masalah dengan telepon Anda. Kemungkinan besar, Anda tidak akan dapat mengakses fitur tertentu di aplikasi karena perangkat Anda.

2. Fitur perangkat yang hilang

Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Fitur Hilang
Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Fitur Hilang. Sumber Gambar: Google.com

Misalnya, tidak ada mode AR di Pokemon Go

Selama perangkat Anda berasal dari beberapa tahun terakhir dan tidak terlalu mendasar, itu mungkin termasuk fitur perangkat keras terbaru. Giroskop, akselerometer, sensor sekitar, sensor jarak, dan fungsi lainnya memungkinkan perangkat Anda menangkap data dari dunia di sekitarnya.

Beberapa aplikasi memerlukan alat ini. Jika ponsel Anda sudah tua dan tidak memiliki komponen yang aplikasi perlukan, maka Anda tidak dapat menginstalnya dari Play Store. Ponsel budget lebih cenderung kurang dalam fitur-fitur ini daripada ponsel unggulan, tentu saja.

Aplikasi ini mungkin juga memerlukan perangkat keras yang lebih kuat daripada yang dibutuhkan ponsel Anda. Aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya mungkin memerlukan sejumlah RAM, misalnya. Ini adalah masalah besar ketika Pokemon Go meluncur – banyak orang yang tertinggal saat game tidak berjalan di ponsel mereka, karena perangkat keras mereka tidak memenuhi persyaratan.

BACA JUGA:   Potongan ATM Mandiri Per Bulan

Satu-satunya solusi nyata di sini adalah meningkatkan ke perangkat yang lebih baru. Ini membuat frustrasi, tetapi mungkin sudah waktunya jika Anda mengalami masalah ini.

3. Anda menjalankan versi Android lama

Versi Android
Versi Android. Sumber Gambar: Google.com

Android membutuhkan versi Play Store update

Selain persyaratan perangkat keras yang kita bahas di atas, banyak aplikasi juga memiliki persyaratan perangkat lunak dalam bentuk versi Android ponsel Anda. Untuk memeriksanya, kunjungi halaman aplikasi di antarmuka web Google Play. Gulir ke bawah, dan Anda akan menemukan bidang yang membutuhkan Android di bagian Informasi Tambahan.

Setiap versi utama Android yang baru hadir dengan serangkaian fitur dan peningkatan baru yang dapat dimanfaatkan oleh aplikasi. Jika aplikasi bergantung pada salah satu fitur yang tidak Anda miliki, itu mungkin tidak berfungsi sama sekali. Dalam hal ini, Anda tidak dapat menginstal aplikasi Play Store karena tidak ada gunanya melakukannya.

Jadi, umumnya, seperti juga perangkat lunak desktop, sulit untuk mempertahankan kompatibilitas mundur aplikasi Android dengan versi yang dirilis bertahun-tahun yang lalu. Tidak ada lagi yang menggunakan versi Android lama (seperti Jelly Bean), jadi tidak masuk akal bagi pengembang untuk terus mendukungnya.

Sayangnya, fragmentasi Android berarti perangkat lama Anda mungkin tidak akan melihat pembaruan sama sekali. Anda dapat mencoba menginstal ROM khusus untuk Android untuk menghidupkan kembali perangkat lama. Tetapi jika ponsel Anda terlalu tua untuk mengunduh banyak aplikasi dari Play Store, mungkin inilah saatnya untuk mendapatkan yang baru.

4. Tidak cukup ruang penyimpanan

Kenapa tidak bisa mendownload aplikasi ruang terbatas
Kenapa tidak bisa mendownload aplikasi ruang terbatas. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan di perangkat Anda. Jika ponsel Anda memiliki sedikit ruang penyimpanan, alasan Anda tidak dapat menginstal aplikasi dari Google Play Store mungkin karena Anda tidak memiliki ruang. Ini dapat mencegah Anda menginstal pembaruan aplikasi, dalam beberapa kasus.

Oleh karena itu, Anda harus mengosongkan ruang di perangkat Android Anda untuk memberi ruang bagi aplikasi baru. Anda dapat melakukan ini dengan mencopot pemasangan aplikasi lama, menghapus foto dan video lokal yang telah Anda simpan di penyimpanan cloud, dan sejenisnya. Jika ini menjadi masalah yang sering terjadi, maka Anda harus mempertimbangkan untuk membeli ponsel baru dengan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Alasan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi karena gangguan di Google

1. Gangguan di Google Play Store

Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Google PlayStore
Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Google PlayStore. Sumber Gambar: Google.com

Jika Anda menemukan aplikasi yang tampaknya kompatibel dengan perangkat Anda, tetapi unduhan tidak berfungsi karena alasan tertentu, masalahnya mungkin terletak di tempat lain. Ada kemungkinan Anda memiliki masalah dengan aplikasi Google Play Store di ponsel Anda.

Ketika unduhan atau pemasangan dari Google Play tidak berfungsi dengan baik, Anda harus me-restart telepon Anda terlebih dahulu. Jika itu masih tidak berhasil, baca panduan pemecahan masalah lengkap kami untuk memperbaiki masalah Play Store. Ini akan membantu Anda mendiagnosis dan memperbaiki masalah dengan aplikasi Play Store itu sendiri.

Pastikan untuk mengonfirmasi bahwa Anda juga terhubung ke jaringan yang andal. Jika Anda mencoba mengunduh aplikasi pada koneksi yang lemah, itu mungkin gagal.

3. Aplikasi telah dihapus dari Google Play

Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Google PlayStore
Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Google PlayStore. Sumber Gambar: Google.com

Alasan lain yang mungkin untuk aplikasi tidak muncul di Play Store adalah karena tidak lagi tersedia. Jika Anda menginstal (atau melihat) aplikasi beberapa waktu lalu tetapi tidak melihatnya sekarang, pengembang atau Google mungkin telah menghapusnya.

BACA JUGA:   Cara Masuk Zoom di Laptop

Ini dapat terjadi jika pengembang tidak ingin mendukung aplikasi lagi, atau jika aplikasi melanggar kebijakan Google Play Store. Aplikasi mungkin berisi beberapa jenis kode berbahaya, atau menyertakan konten yang tidak pantas. Aplikasi ini bisa saja baik-baik saja dalam rilis awalnya dan kemudian menerima pembaruan yang melanggar aturan Play Store.

Dalam kasus ini, Anda dapat mencoba menghubungi pengembang untuk menanyakan apa yang terjadi jika Anda memiliki cara untuk berkomunikasi. Tapi mungkin saja aplikasi itu Google hapus karena alasan yang bagus, jadi mungkin tidak akan kembali.

Alasan lain kenapa tidak bisa mendownload aplikasi

1. Pembatasan wilayah

Lokasi
Lokasi. Sumber Gambar: Google.com

Wilayah Google Play tidak tersedia.

Penjelasan umum lainnya saat Anda tidak dapat menemukan aplikasi di Google Play adalah aplikasi tersebut tidak berfungsi di negara atau wilayah Anda. Ini mungkin karena pembatasan pemerintah, tetapi lebih sering daripada tidak, keputusan pengembang adalah untuk menyaring orang-orang yang tidak dapat menggunakan aplikasi.

Misalnya, tidak ada gunanya memasang aplikasi untuk bank AS hanya jika Anda tinggal di Australia. Bahkan jika Anda memaksa aplikasi untuk menginstal dengan mengunduhnya ke ponsel Anda, Anda tetap tidak akan dapat membuat akun atau menggunakan layanan bank. Contoh lain adalah Hulu, yang hanya tersedia di AS.

Dalam kasus lain, aplikasi hanya dapat melayani situs tertentu pada tahap awal, sehingga pemilik memutuskan siapa yang dapat mengunduhnya. Ini mencegah ulasan negatif dari pengguna yang bingung dan memastikan pengujian mereka lakukan dengan orang yang tepat. Jika Anda tidak yakin mengapa aplikasi dibatasi wilayah, maka sebaiknya hubungi pengembang untuk bertanya.

Perlu Anda ingat bahwa jika Anda baru saja pindah ke negara baru, Anda mungkin perlu memperbarui setelan wilayah di Google Play Store untuk mengakses aplikasi yang kompatibel di wilayah tersebut.

2. Aplikasi khusus merk tertentu

Samsung Music
Samsung Music. Sumber Gambar: Google.com

Misalnya, Google Play Samsung Music tidak tersedia untuk HP Vivo.

Alasan paling tidak umum untuk tidak menemukan aplikasi di Play Store adalah karena itu hanya pengembang tujukan untuk perangkat tertentu dari beberapa produsen. Beberapa aplikasi (seharusnya) dirancang untuk memanfaatkan fitur yang hanya tersedia di perangkat perusahaan tersebut. Misalnya, aplikasi Samsung Music ada di Play Store, tetapi tidak akan diinstal di ponsel Google Pixel.

Jika aplikasi memiliki nama produsen di judulnya, aplikasi tersebut mungkin tidak kompatibel dengan perangkat lain. Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar aplikasi khusus pabrikan ini sering kali memiliki alternatif yang lebih baik. Anda tidak perlu repot-repot menginstal atau beralih ke perangkat baru kecuali Anda benar-benar menginginkan aplikasi tertentu yang tidak tersedia di atas apa pun.

Itu sebabnya Anda tidak dapat menginstal beberapa aplikasi dari Google Play Store

Solusi lain kenapa tidak bisa mendownload aplikasi

ApkMirror
ApkMirror. Sumber Gambar: Google.com

Sekarang kami telah menjelaskan mengapa beberapa aplikasi tidak muncul di Play Store atau mengizinkan Anda mengunduhnya, Jadi. Anda bisa memahami mengapa aplikasi yang ingin Anda unduh tidak kompatibel dengan perangkat Anda. Mudah-mudahan ini adalah perbaikan yang mudah. Namun sayangnya, seringkali aplikasi tidak akan berfungsi sampai Anda mendapatkan perangkat baru. Jika tidak tersedia di daerah Anda sama sekali, maka tidak banyak yang dapat Anda lakukan.

Jangan khawatir jika Play Store gagal dalam hal ini. Sangat mudah untuk mengunduh aplikasi Android dari toko aplikasi alternatif, dan aplikasi paling populer juga tersedia di mana-mana. Misalnya, Apk Mirror.

Link Apk Mirror:

Apk Mirror