Cara Membuat Aplikasi Di Play Store
Cara Membuat Aplikasi Di Play Store. Sumber Gambar: Google.com

Cara Membuat Aplikasi di Play Store

Cara membuat aplikasi di Play Store yang benar dan terbaru.  Proses langkah demi langkah mengupload aplikasi di Google Play Store.

Tidak ada yang bisa meragukan popularitas dan dominasi akun Google Play Store di aplikasi dan perangkat lunak seluler.

Skala ini semakin meningkat di statistik Play Store, yang menurutnya Play Store memiliki sekitar 3,48 juta aplikasi dan sekitar 3.739 aplikasi rilis setiap hari.

Angka-angka seperti ini mengonfirmasi bahwa Android Play Store adalah opsi yang bagus untuk mengupload aplikasi Anda.

Cara membuat aplikasi di Play Store

Sekarang, jika Anda bertanya-tanya “bagaimana cara mempublikasikan aplikasi di Google Play Store”, maka selesaikan tugas Anda di sini. Kami telah membahas secara rinci segala sesuatu tentang proses pengunduhan Google Play. Tanpa basa-basi lagi, mari selami postingan Google Play.

Sekarang semuanya sudah jelas, mari kita lanjutkan ke langkah-langkah untuk mengirimkan aplikasi ke Google Play Store. Ikuti masing-masing dalam urutan kronologis yang tepat untuk menghindari kesalahan dalam proses penerapan aplikasi Google.

Cara membuat aplikasi di Play Store setiap tahapan

1. Dasboard Pengembang Google Play

Cara upload aplikasi di PlayStore
Cara upload aplikasi di PlayStore

Untuk mengupload aplikasi Android Play Store, Anda harus menggunakan panel pengembang. Konsol Google Play adalah semacam pusat kendali back-end tempat pengembang mengirimkan aplikasi Android Play Store mereka. Ada biaya satu kali sebesar $25 di mana pengembang dapat membuka akun dengan fungsionalitas dan fitur manajemen. Setelah Anda membayar biaya satu kali ini, Anda dapat mengirimkan aplikasi ke Google Play Store secara gratis.

Anda harus mengisi semua kredensial yang Google perlukan saat membuat akun, seperti nama, negara, dan lainnya. Setelah Anda mengirimkan akun Anda, maka perlu waktu hingga 48 jam untuk persetujuan.

Link Playstore:

Google Playstore

2. Tautkan akun pengembang Anda ke akun Merchant / Pedagang Google Wallet Anda.

Cara upload aplikasi di PlayStore
Cara upload aplikasi di PlayStore

Jika aplikasi yang Anda unduh dari Play Store mendukung pembelian dalam aplikasi, Anda memerlukan akun pedagang. Untuk membuat akun, Anda dapat masuk ke akun Konsol Google Play Anda dan klik “Laporan” lalu pilih “Laporan Keuangan”. Anda kemudian dapat memilih opsi “Siapkan akun penjual sekarang” dan cukup isi detail Anda.

Akun penjual akan secara otomatis Google tautkan ke akun Konsol Google Play Anda dan memungkinkan Anda mengelola dan meninjau penjualan aplikasi.

Link Playstore:

Google Playstore

3. Buat aplikasi

Cara membuat aplikasi di Play Store

Ini adalah satu langkah lagi tentang cara mengirimkan aplikasi Anda ke Google Play Store.

Setelah Anda masuk ke akun pengembang atau penerbit, ikuti langkah-langkah berikut untuk memublikasikan aplikasi Anda di Google Play:

Di menu, buka tab “Semua Aplikasi”

Anda akan melihat opsi “Buat Aplikasi” – pilih itu

Pilih bahasa default untuk aplikasi dari daftar drop-down.

Masukkan nama aplikasi Anda (bisa Anda ubah nanti)

Sekarang klik “Buat”.

Link Playstore:

Google Playstore

4. Daftar toko aplikasi

Cara membuat aplikasi di Play Store

Pada titik ini di unduhan Google Play Anda, persiapan Anda akan berguna.

Pada titik ini tentang cara mengunggah aplikasi ke Play Store, Anda akan diminta untuk mengisi semua informasi dan detail yang telah Anda persiapkan dengan cermat sebelumnya. Tabel di bawah ini menunjukkan informasi yang diperlukan untuk mengisi daftar aplikasi.

Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang tepat dalam deskripsi aplikasi untuk meningkatkan peluang aplikasi Anda muncul di hasil penelusuran. Juga, pastikan untuk menggunakan semua data yang kita bicarakan di bagian Prasyarat dari daftar aplikasi.

Link Playstore:

Google Playstore

5. Upload paket aplikasi atau APK dari Google Play

Cara membuat aplikasi di Play Store

Sekarang Anda perlu menggunakan file seperti paket aplikasi atau APK dan versi aplikasi yang ditandatangani dan mengunggahnya ke aplikasi Anda. Berikut cara melakukannya: Buka “Pengelola Versi” dan kemudian tab “Versi Aplikasi” di menu. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis rilis apa pun dari empat opsi: Pengujian Internal, Pengujian Tertutup, Rilis Produksi, dan Pengujian Publik.

Setelah Anda memutuskan jenis versi yang Anda inginkan, Anda dapat memilih “Buat Versi”.

Pada titik ini, Anda akan diarahkan ke versi baru di halaman produksi. Di sini sekali lagi Anda diminta untuk membuat keputusan lain – untuk memilih apakah akan menandatangani aplikasi Google Play Store dengan aplikasi tersebut. Jika Anda memilih yang terakhir, cukup klik opsi “OPT-OUT”.

Sekarang pilih “Jelajahi File” dan kemudian pelajari cara mengunggah apk ke Google Play Store dengan memberi nama dan menjelaskan versi Anda menggunakan petunjuk di layar. Anda juga dapat mengklik “Jelajahi” untuk mengonfirmasi informasi. Ketika semuanya sudah siap, klik “Simpan”.

Link Playstore:

Google Playstore

6. Saatnya mengevaluasi konten

Cara upload aplikasi di PlayStore
Cara upload aplikasi di PlayStore

Langkah selanjutnya tentang cara memublikasikan aplikasi Android di Play Store adalah menilai aplikasi Anda. Ini sangat penting karena terdaftar sebagai “Belum diberi peringkat” dan dapat dihapus sepenuhnya dari Store, jadi penting untuk memberi peringkat pada aplikasi.

Untuk menilai konten, Anda harus kembali ke menu di sisi kiri layar, lalu memilihnya. Dengan mengklik “Lanjutkan”, Anda dapat melanjutkan dan kemudian memasukkan alamat email Anda di bidang yang sesuai, dan kemudian “Konfirmasi”.

Sekarang Anda dapat mengisi kuesioner untuk menilai aplikasi Anda. Ikuti ini dengan memilih “Simpan Jajak Pendapat” lalu pilih opsi “Hitung Peringkat” untuk melihat peringkat aplikasi Anda di Play Store. Hal terakhir yang harus dilakukan untuk menyelesaikan evaluasi konten aplikasi Anda adalah mengeklik Terapkan.

Link Playstore:

Google Playstore

7. Perbaiki Harga dan Distribusi Aplikasi

Cara membuat aplikasi di Play Store
Cara membuat aplikasi di Play Store

Sekarang Anda perlu menentukan dengan jelas di negara mana aplikasi Anda akan tersedia. Perlu dicatat di sini bahwa Google tidak mendukung penerbitan aplikasi untuk semua wilayah. Aplikasi akan terbit di negara-negara tertentu, bukan di seluruh dunia.

Selain itu, sangat penting untuk menetapkan harga untuk aplikasi Anda. Jika Anda ingin aplikasi Anda gratis, pastikan solusi ini permanen karena Google tidak mengizinkan Anda mengonversi aplikasi gratis menjadi aplikasi berbayar. Meskipun harga aplikasi dapat berubah.

Untuk melakukannya, buka tab “Harga dan Distribusi” di menu, lalu putuskan apakah aplikasi Anda akan gratis atau berbayar. Sekarang Anda dapat memilih negara tempat Anda ingin merilis aplikasi. Selain itu, jika aplikasi Anda cocok untuk anak di bawah 13 tahun, Anda dapat memilih “Ya” untuk Terdeteksi Anak Utama. Jika sudah, pilih saja “Tidak”. Demikian pula, pilih opsi untuk mengizinkan iklan muncul di aplikasi Anda.

Link Playstore:

Google Playstore

8. Terakhir, publikasikan aplikasi

Cara upload aplikasi di PlayStore
Cara upload aplikasi di PlayStore

Setelah semuanya benar, ikuti langkah terakhir dari panduan ini tentang cara mengunggah aplikasi android ke play store yaitu menambahkan aplikasi ke platform. Anda harus kembali ke tab Versi Aplikasi dan kemudian pilih Kontrol Produksi dan kemudian Edit Versi. Kemudian klik Browse lalu pilih Launch to Production. Untuk menyelesaikan proses ini, pilih opsi “Konfirmasi” dan voila! Anda telah berhasil mengunggah aplikasi ke akun APK Anda di Google PlayStore secara gratis.

Setelah aplikasi diunggah ke Google PlayStore secara gratis, Anda hanya perlu menunggu aplikasi Anda Google setujui. Biasanya butuh sekitar dua jam untuk memproses aplikasi. Tetapi dengan kebijakan privasi Google Play App Store yang diperbarui, sekarang butuh berjam-jam bahkan berhari-hari, mendorong perusahaan aplikasi seluler untuk segera membuat aplikasi yang lebih baik. Jadi, pertahankan kegembiraan di tempatnya dan tunggu saja.

Link Playstore:

Google Playstore

Cara membuat aplikasi di Play Store dan tampilannya

Tugas Anda adalah memastikan bahwa aplikasi tersebut mendapatkan popularitas dan ribuan unduhan tidak berakhir di sana. Setelah berhasil menyelesaikan langkah-langkah untuk mempublikasikan aplikasi gratis atau berbayar di Google PlayStore, saatnya untuk membuatnya terlihat di PlayStore.

Ada metode tertentu seperti pengalaman pengguna dan layanan desain visual, bekerja dengan teknologi terbaru, terjemahan, dll. yang membantu aplikasi Anda memiliki fitur tertentu. Tampilan file APK di Google PlayStore dapat bermanfaat bagi aplikasi Anda sejauh ia menarik perhatian pengguna ke apps Anda melalui keserbagunaan.

Setelah cara membuat aplikasi di Play Store selesai

Saat menjawab pertanyaan “Bagaimana cara mempublikasikan aplikasi di Google PlayStore”, Anda mungkin berpikir “Jadi, apa yang harus saya lakukan selanjutnya?”. Yah, kami juga ingin menjawab  Anda dengan pertanyaan itu. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi Anda terlihat di Google PlayStore secara global.

1. Promosikan aplikasi Anda di media sosial

Cara upload aplikasi di PlayStore
Cara upload aplikasi di PlayStore

Media sosial adalah cara yang bagus untuk meningkatkan popularitas aplikasi Anda. Fakta bahwa 42% populasi dunia menggunakan media sosial adalah alasan yang cukup untuk membuat klaim. Ada beberapa platform seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Pinterest dan banyak lagi yang Anda gunakan sepanjang waktu. Oleh karena itu, mempromosikan aplikasi Anda di platform ini menjanjikan lebih banyak lalu lintas dan lebih banyak unduhan di akhir.

Link Playstore:

Google Playstore

2. Luncurkan siaran pers

Cara upload aplikasi di PlayStore
Cara upload aplikasi di PlayStore

Siaran pers adalah cara lain untuk mempromosikan merek Anda. Ini akan menempatkan merek Anda dalam sorotan dan banyak posting tentang versi aplikasi Anda, yang pada akhirnya memungkinkan aplikasi Anda menjangkau basis pengguna yang lebih luas dan membuat koneksi asli.

Siaran pers yang menjelaskan kata-kata, fitur, dan ide pengembang aplikasi seluler dan aplikasi itu sendiri terbukti menjadi strategi pemasaran aplikasi yang hebat. Ini adalah contoh yang bagus untuk menunjukkan kepada pengguna bahwa apa yang mereka harapkan adalah baik.

Link Playstore:

Google Playstore

3. Fokus pada pemeliharaan dan pembaruan aplikasi

Cara upload aplikasi di PlayStore
Cara upload aplikasi di PlayStore

Anda tidak bisa hanya mempublikasikan aplikasi Anda ke App Store dan membiarkannya melakukannya. Anda perlu memelihara aplikasi secara efisien dan sering memberikan pembaruan, serta menangani masalah dan bug yang pengguna gunakan. Mempertahankan sesuatu adalah tugas yang berkelanjutan, bukan tugas satu kali. Jadi, pastikan Anda memperbarui aplikasi ke versi terbaru dari paket aplikasi dan memperbaiki apa pun yang perlu Anda perbaiki.

Link Playstore:

Google Playstore

4. Berlatih ASO

Cara upload aplikasi di PlayStore
Cara upload aplikasi di PlayStore

Pengoptimalan App Store adalah praktik populer di antara perusahaan pengembang aplikasi Android teratas. Dikenal sebagai ASO, ini terutama berfokus pada tindakan yang menargetkan area yang dapat menghasilkan lebih banyak minat dan meningkatkan visibilitas aplikasi Anda di App Store. Praktik ini bertujuan untuk meningkatkan rasio konversi tayangan menjadi unduhan di aplikasi.

Link Playstore:

Google Playstore

Pertanyaan yang Sering Diajukan

T. Berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk memublikasikan apps di Google PlayStore?

Faktanya, tidak ada batasan waktu tetap untuk memublikasikan apps di Google Play Store. Meskipun proses pengiriman aplikasi melalui konsol Google PlayStore sederhana dan ringkas, waktu yang Google perlukan untuk melihat dan memilih aplikasi dapat bervariasi dari jam ke hari.

T: Berapa biaya untuk mendaftarkan aplikasi di PlayStore?

Hanya ada biaya satu kali sebesar $25 yang Anda bayarkan saat Anda memposting aplikasi pertama Anda. Setelah itu, semua aplikasi yang Anda publikasikan di Google PlayStore untuk Android menjadi gratis.

Link Playstore:

Google Playstore

Kesimpulan cara membuat aplikasi di Play Store

Jadi, kami harap petunjuk di atas membantu Anda melalui proses mengupload apk ke PlayStore. Setelah Anda mengunggah aplikasi ke PlayStore, maka Anda memerlukan strategi pemasaran aktif untuk menarik pelanggan. Setelah Anda memublikasikan aplikasi Android, maka aplikasi Anda akan membutuhkan upaya terus-menerus untuk berhasil atau akan hancur oleh persaingan.

Kunjungi juga

Download GB Whatsapp Apk

Download GB Whatsapp Apk dan Cara Menggunakannya

Download GB Whatsapp Apk  dan cara menggunakannya dengan aman dan supaya tidak kena bannned. Juga, …