Tips  

Apa itu Linked In

Apa Itu Linked In
Apa Itu Linked In

Apa itu Linked In dan mengapa Anda harus menggunakannya?. LinkedIn  adalah jaringan sosial bagi para profesional untuk terhubung, berbagi, dan belajar. Ini seperti Facebook dalam karir Anda. Meskipun menjadi salah satu platform sosial paling populer saat ini, banyak orang masih tidak tahu apa yang harus mereka gunakan untuk menggunakan LinkedIn atau bagaimana mereka dapat memperoleh manfaat darinya. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang mendapatkan hasil maksimal dari LinkedIn.

Apa itu Linked In?

Baik Anda seorang eksekutif pemasaran di perusahaan besar, pemilik bisnis yang menjalankan toko lokal kecil, atau bahkan mahasiswa tahun pertama yang mencari pekerjaan pertama mereka setelah lulus, LinkedIn adalah untuk siapa saja dan semua orang yang tertarik untuk mengambil karier mereka lebih serius dengan mencari peluang baru untuk mengembangkan karir dan jaringan mereka dengan profesional lainnya.

Anda dapat menganggap LinkedIn sebagai teknologi tinggi yang setara dengan pergi ke acara jaringan tradisional di mana Anda pergi dan bertemu profesional lain secara langsung, berbicara sedikit tentang apa yang Anda lakukan, dan bertukar kartu nama. Ini seperti acara jaringan virtual besar.

Di LinkedIn, Anda terhubung dengan orang-orang dengan menambahkan mereka sebagai “koneksi”, mirip dengan cara Anda mengirimkan permintaan pertemanan di Facebook. Anda berbicara melalui pesan pribadi (atau informasi kontak yang tersedia), dan Anda memiliki semua pengalaman dan pencapaian profesional Anda yang dijelaskan dalam profil yang tertata rapi untuk Anda pamerkan kepada pengguna lain.

LinkedIn mirip dengan Facebook dalam hal desain dan presentasinya yang luas. Fitur-fitur ini lebih khusus karena melayani para profesional, tetapi secara umum, jika Anda tahu cara menggunakan Facebook atau jejaring sosial serupa lainnya, LinkedIn agak sebanding.

Apa itu Linked In dan Fitur Utama LinkedIn

Berikut adalah beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh jaringan bisnis ini dan bagaimana jaringan ini dirancang untuk digunakan oleh para profesional.

1. Pribadi

Beranda: Setelah Anda masuk ke LinkedIn, umpan utama adalah Umpan Berita Anda, menampilkan posting terbaru dari koneksi Anda dengan profesional lain dan halaman perusahaan yang Anda ikuti.

Profil: Profil Anda menunjukkan nama, foto, lokasi, pekerjaan, dan lainnya tepat di atas. Di bawah ini, Anda memiliki kemampuan untuk menyesuaikan berbagai bagian yang berbeda seperti ringkasan singkat, pengalaman kerja, pendidikan, dan bagian lain yang serupa dengan cara Anda membuat resume atau resume tradisional.

2. Jaringan

Jaringan Saya: Di sini Anda akan menemukan daftar semua profesional yang saat ini terhubung dengan Anda di LinkedIn. Jika Anda mengarahkan kursor ke opsi ini di menu atas, Anda juga akan dapat melihat sejumlah opsi lain yang memungkinkan Anda menambahkan kontak, menemukan orang yang mungkin Anda kenal, dan menemukan alumni.

BACA JUGA:   Cara Cari HP yang Hilang

Pekerjaan: Semua jenis daftar pekerjaan diposting di LinkedIn setiap hari oleh pemberi kerja, dan LinkedIn akan merekomendasikan pekerjaan tertentu kepada Anda berdasarkan informasi Anda saat ini, termasuk lokasi Anda dan preferensi pekerjaan opsional yang dapat Anda isi untuk mendapatkan daftar pekerjaan yang disesuaikan dengan lebih baik.

3. Minat

Minat: Selain koneksi Anda dengan profesional, Anda juga dapat mengejar minat tertentu di LinkedIn. Ini termasuk halaman perusahaan, grup menurut lokasi atau minat, platform LinkedIn SlideShare untuk menerbitkan tayangan slide, dan platform Lynda LinkedIn untuk tujuan pendidikan.

Bilah Pencarian: LinkedIn memiliki fitur pencarian canggih yang memungkinkan Anda memfilter hasil menurut berbagai bidang yang dapat disesuaikan. Klik “Lanjutan” di sebelah bilah pencarian untuk menemukan profesional, perusahaan, pekerjaan, dan lainnya.

Pesan: Saat Anda ingin memulai percakapan dengan profesional lain, Anda dapat melakukannya dengan mengirimi mereka pesan pribadi melalui LinkedIn. Anda juga dapat menambahkan lampiran, menyertakan foto, dan lainnya.

Notifikasi: Seperti jejaring sosial lainnya, LinkedIn memiliki fitur notifikasi yang memungkinkan Anda mengetahui saat Anda telah disetujui oleh seseorang, saat Anda diundang untuk bergabung dengan sesuatu atau telah disambut untuk melihat postingan yang mungkin menarik bagi Anda.

Undangan tertunda

Saat profesional lain mengundang Anda untuk terhubung dengan mereka di LinkedIn, Anda akan menerima undangan yang harus Anda terima.

Cuplikan layar beranda LinkedIn dengan fokus pada bilah navigasi: Beranda, Jaringan Saya, Pekerjaan, Perpesanan, Pemberitahuan, Saya

Ini adalah fitur utama yang pertama kali akan Anda perhatikan ketika Anda memasuki LinkedIn dan mendaftar untuk akun dasar, tetapi Anda dapat menggali beberapa detail dan opsi yang lebih khusus dengan menjelajahi platform Anda sendiri.

Anda mungkin juga tertarik untuk menggunakan Layanan Bisnis LinkedIn dan/atau peningkatan akun Premium, yang memungkinkan pengguna memposting pekerjaan, memanfaatkan solusi bakat, beriklan di platform, dan memperluas strategi penjualan Anda untuk menyertakan penjualan sosial LinkedIn.

Apa itu Linked In dan gunanya (sebagai individu)?

Sekarang Anda tahu apa yang ditawarkan LinkedIn dan orang seperti apa yang biasanya menggunakannya. Tetapi itu mungkin tidak memberi Anda ide spesifik tentang cara mulai menggunakannya sendiri. Faktanya, banyak pengguna membuat akun dan kemudian mengabaikannya karena mereka tidak tahu cara menggunakan LinkedIn.

Berikut adalah beberapa tips untuk pemula

Hubungi kembali kolega lama Anda. Anda dapat menggunakan bagian Jaringan Saya untuk menemukan teman sekelas lama, guru, orang yang pernah bersekolah dengan Anda. Dan, juga siapa pun yang menurut Anda layak untuk bergabung dalam jaringan profesional Anda. Jadi, cukup masukkan atau hubungkan email Anda untuk menyinkronkan kontak Anda dengan LinkedIn.

Gunakan profil Anda sebagai resume Anda. Profil LinkedIn Anda pada dasarnya adalah resume yang lebih lengkap (dan interaktif). Anda dapat memasukkannya sebagai tautan mungkin dalam email atau surat lamaran saat melamar pekerjaan. Beberapa situs web yang memungkinkan Anda melamar pekerjaan memungkinkan Anda terhubung ke profil LinkedIn Anda untuk mengimpor semua informasi Anda. Jika Anda perlu membuat resume di luar LinkedIn, ada aplikasi untuk itu.

BACA JUGA:   Menyimpan Video dari IG

Cari dan melamar pekerjaan

Ingat, LinkedIn adalah salah satu tempat terbaik untuk mencari lowongan pekerjaan secara online. Anda akan selalu mendapatkan rekomendasi dari LinkedIn tentang pekerjaan yang mungkin Anda minati. Tetapi Anda selalu dapat menggunakan bilah pencarian untuk mencari pekerjaan tertentu juga.

Temukan profesional baru dan terhubung dengan mereka. Sangat menyenangkan untuk terhubung kembali dengan kolega lama dan terhubung dengan semua orang di tempat kerja Anda saat ini yang mungkin juga ada di LinkedIn, tetapi yang lebih baik lagi adalah memiliki kesempatan untuk menemukan profesional baru baik lokal maupun internasional yang mungkin dapat membantu pengejaran karir Anda.

Berpartisipasi dalam kelompok terkait. Cara yang bagus untuk bertemu dengan profesional baru untuk terhubung adalah dengan bergabung dengan grup berdasarkan minat atau profesi Anda saat ini dan mulai terlibat. Anggota grup lain mungkin menyukai apa yang mereka lihat dan ingin terhubung dengan Anda.

Blog tentang apa yang Anda ketahui. Platform penerbitan LinkedIn memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan posting blog dan mendapatkan kesempatan untuk membaca konten mereka hingga ribuan. Postingan Anda yang dipublikasikan juga akan muncul di profil Anda. Jadi, akan meningkatkan kredibilitas Anda di bidang yang relevan dengan pengalaman profesional Anda.

Cuplikan layar pencarian pekerjaan untuk Profesional Dukungan Teknis di LinkedIn.

Tingkatkan ke akun LinkedIn Premium

Banyak orang dapat melakukannya dengan baik dengan akun LinkedIn gratis. Tetapi jika Anda serius menggunakan LinkedIn dan semua fitur yang lebih canggih, maka Anda mungkin ingin meningkatkan ke salah satu dari empat akun berbayar yang tersedia. Saat Anda menjelajahi platform, Anda akan melihat bahwa beberapa hal seperti berbagai fungsi pencarian lanjutan tidak tersedia untuk pengguna gratis.

LinkedIn saat ini memiliki paket premium untuk pengguna yang ingin mendapatkan pekerjaan impian mereka. Untuk mengembangkan dan memelihara jaringan mereka, membuka peluang penjualan, dan juga menemukan atau merekrut bakat. Anda dapat mencoba paket premium apa pun secara gratis selama sebulan. Namun, setelah itu Anda akan terkena biaya bulanan berdasarkan paket yang Anda pilih (ditambah pajak).

Karir Premium LinkedIn: $29,99 per bulan. Untuk profesional individu yang ingin merekrut dan memajukan karir mereka.

Bisnis Premium LinkedIn: $59,99 per bulan. Untuk perusahaan yang ingin tumbuh dan membangun jaringan.

Penjualan Premium LinkedIn: $79,99 per bulan. Untuk para profesional dan perusahaan yang mencari klien potensial.

Perekrutan Premium LinkedIn: $119,99 per bulan. Untuk para profesional dan perusahaan yang ingin merekrut dan mempekerjakan karyawan.

Tangkapan layar halaman peningkatan LinkedIn, menunjukkan empat paket peningkatan yang tersedia.

Kesimpulan tentang apa itu Linked In

Sebagai catatan terakhir, jangan lupa untuk memanfaatkan aplikasi seluler LinkedIn. Aplikasi LinkedIn utama tersedia secara gratis di iOS dan Android bersama dengan banyak aplikasi pencarian kerja khusus lainnya. Misalnya saja  SlideShare, Pembelajaran Tertaut, dan akun premium. Temukan tautan ke semua aplikasi ini di halaman seluler LinkedIn.