Bisnis  

10 Rekomendasi Aplikasi untuk Mempermudah Aktivitas Kuliah

Aplikasi Mempermudah Aktifitas Kuliah
Aplikasi Mempermudah Aktifitas Kuliah Sumber: Pexels.com/readymade

Aplikasi untuk Mempermudah Aktivitas Kuliah – Menjalani pendidikan di perguruan tinggi terkadang memiliki tantangannya tersendiri untuk para mahasiswa. Mulai dari mengatur jadwal, mengerjakan tugas bahkan hal-hal kecil lainnya yang terkadang tidak terduga. Namun, di zaman yang serba canggih ini sudah banyak terdapat alat untuk membantu kehidupan seperti smartphone dan laptop.

Tersedia pula berbagai macam aplikasi digital yang dapat membantu para mahasiswa menjalani kehidupannya di perguruan tinggi. Selain itu, banyak aplikasi yang bisa diakses melalu HP Android atau laptop sendiri sehingga dapat diakses kapan saja. Untuk kalian para mahasiswa, aplikasi berikut ini layak untuk dicoba karena dapat membantu perkuliahanmu.

Daftar Aplikasi untuk mempermudah aktivitas kuliah :

1. Evernote

Evernote
Evernote

Saat berada di dalam kelas, berdiskusi dengan teman atau berkonsultasi dengan dosen, terkadang ada beberapa hal yang perlu dicatat atau difoto. Oleh karena itu, Evernote akan sangat membantu, karena melalui aplikasi ini Anda dapat membuat catatan yang berisi foto, rekaman, data-data ataupun hal lain yang perlu dicatat di mana saja dan kapan saja.

Aplikasi ini dapat digunakan melalui berbagai macam perangkat dan sistem operasi. Karena penggunaannya sangat fleksibel, aplikasi ini bisa menjadi buku harian pribadi Anda yang bisa dibawa ke mana-mana dan mengurangi penggunaan kertas.

2. Smart Voice Recorder

Smart Voice Recorder
Smart Voice Recorder

Saat mendengarkan pelajaran di ruang kuliah, setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menyerap pelajaran. Ada yang suka mencatat dan pula yang suka mendengarkan. Bagi Anda yang memilih untuk mendengarkan pelajaran, lebih baik untuk merekam pelajaran yang diberikan oleh dosen sehingga Anda dapat mendengarkannya lagi di lain kesempatan.

Untuk merekam, Anda dapat menggunakan aplikasi Smart Voice Recorder di mana aplikasi ini memiliki kemampuan merekam audio hingga 2GB atau 75 jam untuk satu file nya. Sambil merekam Anda juga dapat menggunakan aplikasi lain karena Smart Voice Recorder akan tetap merekam di background.

Sebagai tambahan pula, aplikasi ini juga dapat menghentikan rekamannya secara otomatis jika terdapat jeda saat di tengah pelajaran. Tentunya hal ini tidak akan menghabiskan memori penyimpanan terlalu banyak. Desainnya pun sederhana dan ukuran aplikasinya juga tidak terlalu besar.

3. WPS Office and PDF

WPS Office and PDF
WPS Office and PDF

Sebagai mahasiswa, tentu akan selalu dihadapkan dengan dokumen dari berbagai macam format. Mulai dari Word, Excel hingga Power Point yang terkadang membutuhkan laptop untuk membuka file tersebut. Namun, dengan menggunakan WPS Office and PDF, Anda dapat membuka dokumen tersebut lebih mudah melalui smartphone.

Tidak hanya untuk membaca saja, lewat aplikasi ini Anda juga dapat mengedit, membagi dan membuat dokumen baru hanya langsung dari ponsel. Hal ini tentu saja akan membuat pekerjaanmu menjadi lebih praktis.

4. CamScanner

CamScanner
CamScanner

Di zaman yang serba digital ini ternyata masih ada beberapa dokumen hardcopy yang mengharuskan kita unggah secara online, khususnya dokumen yang mengandung tanda tangan. Dalam situasi ini, kerap kali mahasiswa merasa kerepotan karena harus terlebih dahulu memindai dokumen tersebut.

Melalui aplikasi ini, proses scan akan menjadi mudah karena Anda hanya harus memfoto  dokumen tersebut dan CamScanner yang akan mengolahnya dengan hasil scan yang cukup jernih. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk scan tulisan di papan tulis sehingga Anda dapat mengompilasi hasilnya menjadi satu file.

5. Dropbox

Dropbox
Dropbox

Banyak sekali data dan dokumen materi ataupun tugas yang harus disimpan oleh mahasiswa sehingga terkadang mengakibatkan penyimpanan pada perangkat tidak mencukupi untuk menyimpan seluruh dokumen tersebut. Namun, dengan aplikasi Dropbox Anda dapat mengoptimalkan penyimpanan pada perangkat dan bisa juga digunakan sebagai backup untuk dokumen-dokumen penting. Data Anda akan disimpan di cloud dan dapat diakses kapan saja selama Anda mempunyai jaringan internet. Menarik sekali, bukan?

6. Duolingo

Duolingo
Duolingo

Penggunaan bahasa asing di era sekarang ini sudah semakin umum seiring globalisasi yang berimbas ke berbagai lini kehidupan. Sebagai mahasiswa, sangat dianjurkan untuk mempelajari beberapa bahasa asing atau setidaknya bahasa Inggris bagi yang belum menguasainya. Apalagi saat ini banyak jurnal bahasa Inggris yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan tugas perkuliahan.

Untuk belajar, Anda dapat menggunakan aplikasi Duolingo yang menawarkan pembelajaran berbagai bahasa asing dengan metode yang menyenangkan. Dengan aplikasi ini Anda juga dapat belajar kapan saja dan di mana saja.

7. Google Meet

Google Meet
Google Meet

Diskusi bersama dosen atau teman kuliah merupakan rutinitas wajib untuk mahasiswa. Namun, kegiatan tersebut dapat terhalang karena jarak dan waktu. Tidak perlu khawatir, saat ini pertemuan online menjadi sebuah solusi.

Dari sekian banyak aplikasi meeting online, Google Meet dapat menjadi pilihan Anda karena aplikasi ini gratis dan mampu melakukan panggilan bersama hingga 100 pengguna. Tidak seperti aplikasi lain, menggunakan Google Meet juga tidak ada batasan lama pertemuan dan fitur panggilan gratisnya juga cukup lengkap.

8. Canva

Canva
Canva

Dalam dunia perguruan tinggi sangat umum untuk mahasiswa melakukan presentasi hampir setiap hari di kelas. Selain materi dan cara penyampaian, tampilan dari presentasi yang tampil juga turut mempengaruhi penilaian dosen terhadap presentasi mahasiswa.

Ada banyak aplikasi untuk membuat presentasi menjadi tidak biasa dan keren, salah satunya adalah Canva. Aplikasi ini menyajikan banyak template menarik hingga ratusan grafik dan font untuk memperindah presentasi Anda. Selain itu, dengan Canva Anda juga dapat membuat desain poster, info grafis, brosur dan lain sebagainya. Cukup dengan satu aplikasi, bisa mempermudah Anda dalam mengerjakan tugas perkuliahan.

9. Silence

Aplikasi Silence
Aplikasi Silence

Suara notifikasi dari smartphone dapat menjadi gangguan untuk Anda yang sedang mengikuti kelas ataupun meeting. Untuk itu biasanya Anda akan mengatur perangkat ke dalam mode sunyi. Namun, ada saatnya kita lupa untuk melakukannya ataupun terkadang terasa merepotkan untuk menghidupkan dan mematikan notifikasi smartphone berulang kali.

Dengan aplikasi Silence, Anda dapat mengatur jadwal kapan perangkat Anda harus diam dan menyesuaikannya dengan jadwal kelas Anda. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari gangguan notifikasi perangkat saat beraktivitas.

10. My Study Life

My Study Life
My Study Life

Dalam dunia perkuliahan, mengatur jadwal kelas dapat menjadi tantangan tersendiri. Mulai dari jadwal yang dapat berubah tiap minggunya ataupun mahasiswa yang lupa dengan jam dan mata kuliah dari kelas tertentu. Untuk menjadi mahasiswa yang baik dan tangguh, Anda harus bisa mengatur semua jadwal Anda sendiri.

Aplikasi My Study Life dapat membantu Anda untuk merencanakan jadwal perkuliahan selama satu semester. Aplikasi ini memberikan notifikasi kelas yang harus and hadiri dan dapat anda edit kapan saja. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menjadi pengingat untuk masa tenggat waktu pengumpulan tugas.

Demikian 10 rekomendasi aplikasi untuk mempermudah aktivitas kuliah yang bisa kami informasikan, Semoga dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang tertera di atas dapat membantu kehidupan perkuliahan Anda sebagai mahasiswa, ya. Namun, lancar atau tidaknya dunia perkuliahan itu semua tergantung dari diri Anda sendiri bagaimana menjalaninya sehingga menjadi pribadi yang sukses di masa depan. Tetap semangat!