Tips  

Aplikasi Pengolah Presentasi Anak Kuliah

Aplikasi Pengolah Presentasi Anak Kuliah
Aplikasi Pengolah Presentasi Anak Kuliah. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi pengolah presentasi anak kuliah selain Power Point. Selain PowerPoint, aplikasi ini juga bisa bikin presentasi Anda nggak kalah keren lho!

Aplikasi pengolah presentasi anak kuliah

Di perguruan tinggi, apa yang kita sebut presentasi akan menjadi santapan sehari-hari. Entah itu hanya sekedar memandang dosen sebagai pembicara panjang di depan kelas. Atau juga giliran mahasiswa yang menjelaskan materi kepada teman mahasiswa yang lain. Intinya – presentasi di mana saja, kapan saja.

Pokoknya presentasi bukan sekedar tempat mengasah kemampuan public speaking lho guys. Anda juga harus mampu menyajikan materi kepada audiens semenarik mungkin, baik audio maupun visual. Nah, kalau bagus dari segi audio (public speaking), Anda nggak boleh kalah dari segi visual!

Salah satu software standar yang pengguna gunakan untuk mengolah materi presentasi adalah PowerPoint. Namun, dengan begitu banyak (dan sering) pengguna gunakan, Anda mungkin merasa bahwa materi presentasi Anda tidak “wow” dan menonjol di mata audiens.

Pilihan aplikasi pengolah presentasi anak kuliah

Jadi, jika Anda ingin membuat presentasi sempurna yang pasti berbeda dari yang lain, maka kami menyarankan Anda untuk mencoba dua dari sekian banyak aplikasi presentasi online.

1. Prezi.Com

Prezi.com
Prezi.com

Bosan dengan efek dua dimensi dari sebuah presentasi? Lain ceritanya jika Anda menggunakan Prezi untuk menampilkan materi Anda.

Apa yang membuat Prezi jauh lebih menarik adalah Anda dapat mengubah materi Anda menjadi papan atau kanvas virtual. Dengan demikian, tampilan materi presentasi Anda akan terlihat lebih hidup dan menarik, karena konsepnya seperti mind-map dan memiliki sudut pandang tiga dimensi, yang jarang Anda temukan dalam sebuah presentasi.

Konsep aplikasi menyenangkan ini awalnya dikembangkan oleh arsitek Hungaria Adam Somlai-Fischer sebagai alat untuk visualisasi arsitektur. Misi dari  Prezi adalah untuk “membuat dan berbagi ide lebih menarik”, dan pembuatan Prezi memang sengaja untuk tujuan menjadi alat untuk mengembangkan dan berbagi ide dalam bentuk visual naratif. Oleh karena itu, jangan heran jika output yang Prezi hasilkan seperti membuka peta.

BACA JUGA:   Cara Mendownload Video dari Twitter

Prezi dapat Anda akses di browser dan gadget apa pun yang Anda miliki, dan Anda juga dapat mengekspor file media ke format lain seperti pdf, ppt, dan bahkan jpg. Karena banyaknya template bagus yang bisa Anda gunakan, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat materi presentasi top dalam waktu yang super singkat.

Link Download:

Prezi

2. GoAnimate / Vyond.com

Vyond.com GoAnimate
Vyond.com GoAnimate

Aplikasi online ini sangat cocok untuk anda yang ingin membuat materi presentasi yang benar-benar ke level selanjutnya. Ya, dengan GoAnimate, Anda bisa mengubah materi presentasi Anda menjadi video yang informatif!

Tidak selamanya menjadi pembicara yang aktif dalam sebuah presentasi akan efektif lho guys. Ada kalanya Anda berhadapan dengan presentasi “mepet”, di mana Anda perlu menyajikan materi presentasi Anda secepat dan sesingkat mungkin. Misalnya seperti menyajikan ide atau juga rencana bisnis. Nah, saat inilah GoAnimate bisa menjadi penyelamat Anda, karena Anda bisa menonjolkan sisi narasi dari presentasi Anda dengan materi presentasi berupa video.

Karena format hasil akhir, aplikasi ini tidak terasa kaku seperti aplikasi presentasi lainnya. Anda dapat membuat animasi yang keren untuk mendukung visual dari materi yang akan Anda tampilkan. Tahukah Anda, ada banyak sekali template animasi, props, dan karakter pre-made yang bisa Anda gunakan sesuai selera dan kebutuhan Anda.

Namun jangan salah, meskipun berbentuk video, Anda sebenarnya tidak perlu repot untuk mengangkat kamera. Cukup drag-and-drop template yang ada dan sesuaikan dengan konten dan durasi presentasi Anda, Anda dapat membuat materi presentasi yang menakjubkan. Tentu saja, hasil akhirnya akan jauh lebih interaktif daripada serangkaian slide.

GoAnimate bisa Anda akses dengan browser dan gadget apa saja yang Anda punya, dan kalau Anda rela berbagi ilmu, Anda bahkan bisa mengunggah hasilnya ke YouTube, lho!

Link Website:

Vyond / GoAnimate

3. Google Slides

Aplikasi Pengolah Presentasi Anak Kuliah - Google Slides
Aplikasi Pengolah Presentasi Anak Kuliah – Google Slides

Saat ini semua bisa dilakukan dengan bantuan Google. Ini termasuk membuat desain untuk presentasi.

Bagi Anda yang perlu memberikan presentasi dari mana saja dan kapan saja, Google Slides adalah salah satu pilihannya. Seperti Google Docs dan Google Sheets, Google Slides adalah aplikasi web online yang dikembangkan oleh Google.

BACA JUGA:   Cara Mengecek Paket Telkomsel

Semua slide dalam layanan ini gratis dan mendukung berbagai macam template. Google Slide memungkinkan Anda membuat, mengedit, dan mengelola presentasi Anda dari mana saja dengan akses Internet.

Selain itu, Google Slides dapat diakses melalui Android dan iOS dengan mengunduh dari Play Store atau App Store. Anda juga dapat menyimpan presentasi Anda dalam format PPT.

Link Download:

Google Slides

4. Visme.Co

VISME.CO
VISME.CO

Seperti Canva, Visme adalah situs desain grafis yang memuat konten presentasi. Visme bertujuan untuk memudahkan Anda menerjemahkan ide menjadi konten yang menarik – presentasi, infografis, laporan, dan lainnya.

Visme hadir dengan kemampuan pengeditan grafik online dan ratusan templat untuk membantu Anda membuat presentasi dalam hitungan menit.

Anda dapat mengubah font, latar belakang, warna, gambar dan Anda dapat mempublikasikan hasil Anda secara online, offline dan bahkan menyimpan sebagai PDF.

Link Website:

Visme

5. SlideDog.com

Aplikasi Pengolah Presentasi Anak Kuliah - SlideDog.com
Aplikasi Pengolah Presentasi Anak Kuliah – SlideDog.com

SlideDog adalah alat presentasi untuk siapa saja yang menginginkan alternatif PowerPoint yang modern namun mudah.

Dengan SlideDog, Anda dapat menggabungkan semua jenis format media seperti gambar, video, PDF, situs web, dan bahkan file PowerPoint atau Prezi.

Jika Anda biasanya kesulitan memindahkan slide yang berisi video dan harus memutarnya di luar aplikasi presentasi, maka SlideDog dapat mengatasi masalah ini.

Link Download:

SlideDog

6. Canva.com

Aplikasi Pengolah Presentasi Anak Kuliah - Canva.Com
Aplikasi Pengolah Presentasi Anak Kuliah – Canva.Com

Canva adalah program desain online. Namun Canva juga ada sebagai aplikasi Android dan iPhone. Aplikasi Canva memungkinkan Anda mendesain poster, brosur, infografis, presentasi, dan juga banyak desain visual lainnya. Canva menyediakan banyak template presentasi dengan berbagai pilihan grafik dan ratusan font untuk Anda pilih.

Untuk menggunakannya, Anda bisa langsung masuk ke canva.com dan mulai membuat slide presentasi yang Anda inginkan.

Anda dapat menggunakan program ini secara gratis atau premium untuk mendapatkan akses yang lebih eksklusif

Link Download:

Canva Android Canva iOS

Apa pilihan aplikasi pengolah presentasi anak kuliah Anda?

Jadi, setelah membaca artikel diatas, maka kira – kira apa yang Anda pilih untuk presentasi kuliah Anda? Jika Anda ingin tampilan visual yang tidak bisa Power Point berikan, maka Anda bisa mencoba salah satu aplikasi di atas.