Tips  

Karya Seni Aplikasi

Karya Seni Aplikasi
Karya Seni Aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Karya seni aplikasi adalah karya seni yang diterapkan untuk kehidupan sehari – hari. Biasanya dalam bentuk karya seni 3D.

Jadi, seni aplikasi adalah segala bentuk ekspresi seni yang seniman tempatkan pada benda sehari-hari. Ini berbeda dari apa yang kita sebut seni rupa dalam karakter utilitariannya.

Karya Seni Aplikasi

Biasanya kita kaitkan dengan konsep desain. Ini adalah produk kreatif yang dapat konsumen gunakan. Beberapa contohnya adalah furnitur, mug atau cangkir.

1. Konsep

konsep seni aplikasi
konsep seni aplikasi

Konsepnya lahir di Yunani klasik. Pada masa itu, orang bijak memutuskan bahwa tidak semua seni dapat mereka kumpulkan di satu tempat. Ada juga yang tujuannya adalah stimulasi visual dan intelektual.

Jadi, yang terakhir ini kita kenal sebagai seni rupa. Telah lama orang katakan bahwa hanya seni dapat merangsang pikiran, indera dan intelek. Jadi, pada titik tertentu dalam sejarahnya, semua lukisan, patung, dan karya arsitektur termasuk dalam kategori ini.

Di sisi lain, kita semua memiliki sesuatu untuk kita lakukan. Hal ini penting untuk kami tegaskan, karena objek seni rupa bukanlah objek sentuhan. Sebaliknya, memang benar bahwa mereka hanya boleh kita periksa dengan melihat.

Tapi bagaimana Anda tahu di mana harus mencicipi makanan? Di mana meletakkan kerajinan? Saat itulah konsep seni rupa aplikasi dibangun.

Ini biasanya kita kaitkan dengan desain, seni yang lebih rendah, dan seni utilitarian. Ini adalah manifestasi artistik yang menjadi subjek penggunaan sehari-hari.

BACA JUGA:   Apa Nama Teknik Yang Digunakan Dalam Membuat Mobil-Mobilan Dari Kardus Bekas

Di sini Anda dapat melihat kotak untuk garpu, peralatan makan, cangkir, dan perabotan lainnya. Masing-masing seniman proses dalam derajat yang berbeda-beda secara kreatif. Kreativitas adalah kriteria yang seniman perlukan untuk berbicara tentang sesuatu yang artistik. Ini berbeda dari pendahulunya dalam aspek praktisnya, dalam hubungannya dengan utilitas. setiap hari.

Jadi, apa itu karya seni aplikasi?

Kita harus memahami bahwa melalui seni aplikasi kita memahami semua manifestasi seni dalam kehidupan sehari-hari. Banyak barang yang kita gunakan sehari-hari termasuk dalam kategori ini. Ini bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti cangkir atau peralatan makan, atau sesuatu yang lebih kompleks seperti bangunan. Bahkan telah tercatat bahwa beberapa bisnis teknologi, seperti video game, termasuk dalam kategori ini.

1. Fungsi

Fungsi Karya Seni Aplikasi
Fungsi Karya Seni Aplikasi

Ciri-ciri seni aplikasi yang menonjol adalah:

Ini adalah konsep yang lahir berbeda dengan konsep seni rupa.

Ini adalah ekspresi yang membawa unsur kreativitas dan keindahan ke objek sehari-hari.

Mereka melibatkan penggunaan seni sehari-hari. Dengan demikian, prioritas seniman berikan kepada tujuan pragmatis.

Mereka memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan kemajuan teknis apa pun saat ini.

Sejarah Seni Aplikasi

Sejarah Seni Aplikasi
Sejarah Seni Aplikasi

Asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke bahasa Yunani. Pada zaman kuno, orang-orang Yunani melihat perlunya membedakan seni rupa dari karya-karya lain yang berhubungan dengan orang biasa.

Pada prinsipnya, segala sesuatu yang kita bingkai dalam seni rupa tidak dapat diganggu gugat. Belakangan kita ketahui bahwa keahlian memasak adalah sesuatu yang harus kita sentuh. Pada tahap ini muncul konsep seni rupa aplikasi atau seni sekunder. Ini adalah seni yang bisa Anda sentuh.

BACA JUGA:   Cara Ganti Nama BPKB Mobil Tanpa Perantara

Namun, dengan munculnya serikat pengrajin di Abad Pertengahan, maka seni ini menerima kebangkitan. Selama periode ini, banyak karya yang mereka bangun, seperti peninggalan, mangkuk, dan dekorasi keagamaan lainnya. Selama periode ini apa yang kita sebut seni yang lebih rendah berkembang lebih dan lebih.

Jenis Karya Seni Aplikasi

Jesin Karya Seni Aplikasi Sumber Design Work Group
Jesin Karya Seni Aplikasi Sumber Design Work Group

Kita dapat mengatakan bahwa beberapa jenis seni aplikasi meliputi:

Arsitektur: terutama yang berkaitan dengan desain interior dan dekorasi.

Desain busana: menciptakan kain dan pakaian yang menarik secara visual.

Jenis desain industri: khususnya, segala sesuatu yang berkaitan dengan elemen bangunan yang melengkapi ruang kelas.

Aplikasi pada desain perhiasan: seperti kotak perhiasan, mutiara, berlian…

Desain kayu: Semua kerajinan terbuat dari kayu. Terlibat dalam bisnis ini, seperti furnitur dan lain-lain.

Hari ini kita dapat mengatakan bahwa tidak mungkin untuk hidup tanpa apa yang kita sebut seni minor. Banyak barang konsumen kami adalah karya kerajinan utilitarian.

Bahkan, banyak yang berpendapat bahwa ponsel yang Anda gunakan untuk membaca kata-kata ini termasuk dalam kategori ini. Dan itu bukan hanya sekarang. Selalu, sejak zaman prasejarah, sebagian besar karya seni seniman maksudkan untuk kita gunakan. Ini tentang pertemuan antara dampak estetis dan pragmatis saat itu.

Contoh

Contoh Karya Seni Aplikasi
Contoh Karya Seni Aplikasi

Berikut adalah beberapa contoh yang dapat kita temukan dalam seni aplikasi:

Sendok garpu, sendok dan garpu dengan desain yang indah.

Kerajinan tangan seperti kalung, gelang, jam tangan, dll.

Materi promosi dengan detail estetika yang menarik, seperti video klip, serial, dan video game.