Tips  

Cara Sembunyikan Aplikasi

Cara Sembunyikan Aplikasi
Cara Sembunyikan Aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Cara sembunyikan aplikasi dengan dan tanpa aplikasi tambahan. Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin menyembunyikan aplikasi Anda mungkin memiliki dokumen pribadi yang berisi informasi pribadi yang sensitif. Mungkin Anda memiliki aplikasi yang tidak cukup baik untuk anak-anak Anda. Apa pun alasan Anda, hari ini kami akan membantu Anda menjaga privasi barang-barang Anda.

Cara sembunyikan aplikasi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Semua Ponsel Android

Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi di ponsel apa pun dengan dua metode di bawah ini, apa pun merek Anda. Yang pertama cocok untuk menyembunyikan aplikasi pra-instal yang tidak Anda gunakan dan menyembunyikan aplikasi yang Anda gunakan tetapi ingin memastikan tidak ada orang di sana.

Di sisi lain, metode kedua sangat terbatas. Ini hanya bekerja dengan aplikasi sistem, yang merupakan aplikasi pra-instal yang tidak dapat Anda hapus, tetapi membutuhkan lebih sedikit usaha dan tidak akan mengubah tampilan ponsel Android Anda seperti metode pertama.

Cara sembunyikan aplikasi dengan aplikasi

1. Nova Launcher

Nova Launcher
Nova Launcher

Yang peertama, gunakan Launcher.

Banyak Launcher Android memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi hanya dengan beberapa klik. Kami merekomendasikan Nova Launcher karena memiliki banyak fitur dan sangat cepat. Satu-satunya masalah adalah Anda perlu meningkatkan ke versi Prime aplikasi untuk dapat menyembunyikan aplikasi. Jika Anda memerlukan penyesuaian dan menginginkan sesuatu yang standar pada ponsel cerdas Anda, ada baiknya membayar beberapa dolar untuk mendapatkan aplikasinya.

BACA JUGA:   Kenapa Filter IG Tidak Bisa Digunakan

Instal Nova Launcher dan Nova Launcher Prime dari Play Store lalu atur sebagai Launcher default di ponsel Anda. Setelah selesai, buka laci aplikasi dan buka aplikasi Nova Settings. Lalu buka Laci Aplikasi > Hide Apps dan centang kotak di samping aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

Jangan khawatir; Anda masih dapat menggunakan aplikasi meskipun Anda sembunyikan. Cukup buka laci aplikasi, ketik nama aplikasi di kotak pencarian di bagian atas, dan luncurkan saat muncul.

Petunjuk langkah demi langkah:

Unduh Nova Launcher.

Buka aplikasi Nova Launcher. Anda juga harus mengaturnya sebagai Launcher default Anda.

Di Nova Launcher, buka aplikasi Nova Settings.

Pilih laci aplikasi.

Buka bagian Hide Apps.

Centang kotak di samping aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

Klik tombol kembali. Aplikasi Anda akan Anda sembunyikan.

Ingatlah bahwa kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi hanyalah salah satu dari banyak fitur yang Nova Launcher tawarkan. Launcher akan mengubah tampilan dan nuansa UI Android, yang berarti tidak untuk semua orang.

Jika Anda menginginkan alternatif gratis untuk Nova Launcher Prime, kami sarankan Anda menggunakan Apex Launcher. Ini biasanya tidak bagus, tetapi memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi tanpa mengeluarkan uang sepeser pun – unduh di bawah:

Apex Launcher

Nonaktifkan aplikasi di pengaturan

Ternyata, cara sembunyikan aplikasi juga bisa dengan cara menonaktifkannya.

Nonaktifkan tombol aplikasi di Pixel 4a dengan pengaturan 5G – cara menyembunyikan aplikasi

Anda juga dapat menghapus/menyembunyikan aplikasi dari laci aplikasi dengan menonaktifkannya. Yang, berarti Anda tidak akan dapat menggunakannya. Namun, metode ini hanya berfungsi untuk aplikasi sistem. Tetapi aplikasi yang sudah Anda instal sebelumnya di ponsel Anda dan tidak dapat Anda hapus. Anda juga tidak dapat menonaktifkan aplikasi yang Anda unduh dari Play Store.

BACA JUGA:   Contoh Kwitansi Gadai Mobil yang Aman

Buka aplikasi Pengaturan, pilih Aplikasi & Pemberitahuan, dan ketuk Tampilkan Semua Aplikasi untuk menonaktifkan aplikasi. Temukan dan buka aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Klik Nonaktifkan lalu Nonaktifkan Aplikasi.

Petunjuk langkah demi langkah:

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda.

Kemudian, pilih opsi Aplikasi.

Selanjutnya, klik untuk melihat semua aplikasi.

Temukan dan buka aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

Klik Nonaktifkan lalu Nonaktifkan Aplikasi.

Catatan. Petunjuk ini merupakan kompilasi menggunakan Pixel 4a dengan 5G yang menjalankan Android 12. Jadi, harap Anda catat bahwa langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda. Tentu tergantung pada ponsel dan juga versi perangkat lunak Anda.

Cara sembunyikan aplikasi di Ponsel Samsung

Cara Sembunyikan Aplikasi di Samsung
Cara Sembunyikan Aplikasi di Samsung

Sembunyikan aplikasi di ponsel Samsung juga sangat mudah. Buka laci aplikasi, kemudian ketuk ikon di sudut kanan atas (tiga titik vertikal) dan pilih opsi Pengaturan. Langkah selanjutnya adalah menemukan dan kemudian mengetuk opsi untuk menyembunyikan aplikasi. Setelah itu daftar aplikasi akan muncul di layar. Kemudian pilih apk yang ingin Anda sembunyikan dan klik Selesai untuk menyelesaikan tugas.

Petunjuk langkah demi langkah:

Pertama, buka laci aplikasi.

Tekan tombol menu dengan tiga titik.

Kemudian, pilih opsi “Pengaturan”.

Selanjutnya, cari opsi “Hide Apps” dan klik di atasnya.

Pilih apk yang ingin Anda sembunyikan.

Klik Selesai.

Catatan. Petunjuk ini kami kompilasi untuk Samsung Galaxy S10 Plus yang menjalankan Android 11. Jadi, harap Anda catat bahwa langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda tergantung pada ponsel dan versi perangkat lunak Anda.

Jadi, itulah tips cara sembunyikan aplikasi, semoga bermanfaat.