Cara Memperbaiki Aki Kering Tanpa Bongkar
Cara Memperbaiki Aki Kering Tanpa Bongkar. Sumber Gambar: Youtube.com

Cara Memperbaiki Aki Kering Tanpa Bongkar

Cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar, bisakah? Sebenarnya, bukan tanpa bongkar sama sekali. Tetapi sedikit pembongkaran untuk memasukkan beberapa komponen untuk membersihkan dan memperbaiki aki.

Cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar

Mobil / motor adalah alat transportasi kita yang paling andal dan pilihan. Industri otomotif telah tumbuh dan maju secara eksponensial dalam satu abad terakhir. Orang membayar banyak uang untuk membeli mobil dan motor pilihan mereka, tetapi jarang mereka menyadari kinerja mobil mereka.

Aki mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan sangat penting untuk kita ketahui fungsinya. Jadi, mengetahui tentang aki mobil akan membantu Anda menghindari kerusakan darurat.

Alternatif cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar

Baru-baru ini, ada produsen yang merilis produk seperti Instant Jump Power Box, yang mirip dengan power bank untuk smartphone dan dapat menjadi perangkat yang berguna saat keadaan darurat.

Alat seperti ini bisa menjadi alternatif untuk melakukan starter mesin pada saat aki sudah tidak kuat lagi. Namun, pada akhirnya kita harus mengganti atau memperbaiki aki yang rusak.

Di bawah ini adalah metode langkah demi langkah sederhana untuk memperbaiki aki mobil yang mati dan menghidupkannya kembali:

Langkah cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar

  1. Persyaratan dasar:

Proses membangun kembali baterai mati Anda akan membutuhkan perakitan bahan-bahan sederhana seperti kacamata pengaman, sarung tangan karet pelindung, celemek, pengisi daya baterai, voltmeter, jump starter, tool kit dasar, corong, ember air, air suling, Garam epsom, soda kue soda kue, alat pembersih, dll. Bahan-bahan ini secara bertahap akan kita gunakan langkah demi langkah dalam seluruh proses.

  1. Bersihkan terminal baterai:

Terminal baterai terbuat dari logam dan sering kali memiliki lapisan karat. Siapkan larutan soda kue dan air suling dan sikat dari karat.

  1. Periksa tegangan:

Sebelum memulai langkah dan cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar, maka kita perlu tahu apakah aki benar – benar sudah tidak berfungsi.

Langkah ini akan membutuhkan penggunaan pengukur tegangan untuk memeriksa status tegangan baterai Anda. Hubungkan voltmeter ke terminal baterai Anda dan periksa bacaannya. Jika pembacaannya kurang dari 12.6V, maka rekondisi akan membantu menghidupkan kembali baterai Anda.

  1. Asam baterai murni:

Sebelum langkah ini, kenakan kacamata pengaman dan sarung tangan, celemek untuk memastikan keselamatan pribadi. Dengan menggunakan obeng, buka penutup baterai dan tuangkan asam baterai lama dengan hati-hati dan hati-hati ke dalam ember plastik kosong. Tempatkan baterai mati dengan hati-hati dan tambahkan sekitar 1/2 Kg soda kue ke dalam ember berisi asam baterai lama. Soda kue akan menetralkan asam.

  1. Membersihkan sel baterai:

Salah satu langkah penting dari cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar adalah membersihkan sel aki.

Siapkan campuran baking soda yang dicampur dengan air suling dan tuangkan larutan ke dalam sel baterai menggunakan corong. Setelah Anda isi, maka tutup tutupnya dan kocok baterai selama satu atau dua menit. Solusinya akan membersihkan bagian dalam baterai. Setelah selesai, maka kosongkan larutan ke dalam ember bersih lainnya.

  1. Perbaiki baterai:

Langkah ini memerlukan persiapan larutan elektrolit dengan mencampurkan setengah pon garam Epsom ke dalam air suling mendidih. Setelah larutan menjadi jernih, Anda dapat mulai menuangkannya ke dalam sel baterai menggunakan corong bersih. Sel-sel harus terisi penuh, dan kemudian tutup dengan hati-hati. Larutan elektrolit akan meningkatkan voltase dan amp yang dibutuhkan mobil Anda dari aki Anda.

  1. Mengisi Baterai Remanufaktur:

Jadi, ini adalah tahapan cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar yang paling akhir.

Langkah ini akan membutuhkan penggunaan pengisi daya baterai mobil. Tempatkan terminal yang benar di antara kedua perangkat dan biarkan pengisian daya lambat selama lebih dari satu hari. Dalam kasus kerusakan yang penyebabnya karena baterai mati, maka menyimpan perangkat seperti pengisi daya baterai mobil, power pack portabel bisa sangat berguna.

  1. Tes baterai:

Gunakan voltmeter dan uji level tegangan baterai. Jika voltmeter membaca 12.4V, maka baterai Anda selesai Anda bangun kembali. Jika tidak, biarkan mengisi daya untuk hari lain hingga pembacaan mencapai 12.4V.

Kesimpulan cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar

Jadi, cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar memang bisa kita lakukan. Jadi, kita juga perlu menggunakan langkah demi langkah yang ada untuk membuat aki kembali bisa kita pergunakan.

Proses ini mungkin makan waktu beberapa lama. Namun, tampaknya akan cukup menghemat biaya juga. Yang bagus, kita bisa melakukannya tanpa banyak peralatan tambahan atau keahlian khusus. Yang penting adalah sedikit ketelitian dan juga berhati – hati saat berurusan dengan asam aki. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi.  Kendaraan yang disetel dan dirawat dengan baik akan meluncur …