HP Samsung Note 5

HP Samsung Note 5
HP Samsung Note 5. Sumber Gambar: Google.com

HP Samsung Note 5 apakah masih layak untuk 2022? Harga HP ini bekas sekitar 1,2 hingga 1,4 jutaan. Galaxy Note 5 adalah salah satu ponsel kerja yang baik di luar sana. Dengan layar luas 5,7 inci, masa pakai baterai yang lama, multitasking yang sangat cepat. Dan juga S Pen merek dagang Samsung , Note 5 adalah smartphone yang benar-benar dapat membuat Anda lebih produktif. Jadi apakah ada alasan bagi pekerja untuk mempertimbangkan phablet yang berbeda?

HP Samsung Note 5

Note 5 adalah smartphone yang luar biasa, tetapi perlu dicatat bahwa Samsung harus menghapus beberapa fungsi dari model tahun sebelumnya untuk membuat model ini begitu ramping. Sementara iterasi sebelumnya memungkinkan Anda melepas bagian belakang dan mengganti baterai, Note 5 yang baru memiliki bagian belakang yang tersegel. Namun, sebagian besar pengguna tidak akan melewatkan baterai ponsel yang dapat mereka lepas, mengingat ia sudah menawarkan daya tahan baterai yang sangat baik.

Desain HP Samsung Note 5

Dan meskipun ketampanan tidak selalu membantu pekerja menyelesaikan pekerjaan mereka, mereka tetap harus menghargai desain Note 5 yang mencolok. Bingkai logam ponsel membuatnya sangat kokoh, dan sementara kaca belakang baru terlihat rapuh, Samsung mengatakan bahwa materialnya dari Gorilla Glass tahan gores yang kuat. Namun, beberapa pekerja yang rawan kecelakaan mungkin ingin melihat model yang lebih tahan lama, seperti Galaxy S6 Active.

Note 5 memiliki footprint yang jauh lebih kecil daripada dengan Note 4, berkat bezel yang lebih tipis di sekitar layar. Dan pada 6 ons, itu juga lebih ringan dari pendahulunya 6,2 ons. Namun, rasanya cukup kuat daripada dengan smartphone yang lebih kecil; Galaxy S6 5,1 inci, misalnya, memiliki berat 4,9 ons.

Note 5 hadir dalam tiga warna: hitam safir, putih dan emas. Model hitam sebenarnya memiliki warna biru tua saat terkena cahaya, sedangkan model emas memiliki warna yang lebih konsisten daripada yang Anda dapatkan dengan iPhone 6s Plus emas.

Jika saya memiliki satu keluhan utama dengan desain Note 5, itu adalah penempatan speaker di tepi bawah ponsel. Di situlah saya cenderung mengistirahatkan jari kelingking saya sambil memegang perangkat, sehingga mudah untuk memblokir speaker secara tidak sengaja. Ini bisa sangat mengganggu jika Anda ingin membawa perangkat Anda saat berbicara di speakerphone atau hanya mendengarkan audio.

Fitur utama HP Samsung Note 5

1. Display

Layar smartphone menjadi sedikit lebih besar dari ini, tetapi tidak banyak. Galaxy Note 5 memiliki layar besar 5,7 inci yang memberi Anda banyak ruang untuk bekerja. Tugas pekerjaan sehari-hari, seperti mengelola kotak masuk email, lebih nyaman di layar sebesar itu, dan tugas dengan layar penuh, seperti melihat dokumen dan spreadsheet besar, terasa lebih baik.

Trade-off, tentu saja, adalah layar 5,7 inci bisa terasa sedikit miring. Saat memegang Note 5 di satu tangan, sungguh sulit untuk mencoba mencapai bagian atas layar dengan ibu jari saya. Itu mungkin menjadi masalah bagi pengguna dengan tangan kecil, tetapi kegunaan layar besar melebihi masalah kegunaan yang relatif kecil itu.

Sebagai perbandingan, iPhone 6s Plus memiliki layar 5,5 inci yang lebih kecil, tetapi juga memiliki bezel yang lebih besar di sekitar layar, sehingga sulit digunakan dengan satu tangan. Selain itu, Google Nexus 6P lebih besar dari Note 5 dan memiliki layar 5,7 inci.

Samsung menyertakan fitur praktis yang memudahkan navigasi dengan satu tangan pada Note 5. Menekan tiga kali tombol beranda menyebabkan bagian aktif layar menyusut, memungkinkan Anda menjangkau bagian atas layar dengan mudah menggunakan ibu jari. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah mengembalikan layar ke dimensi normalnya dengan satu sentuhan.

BACA JUGA:   Cara Mengecek RAM HP Sambung

Selain ukuran, layar Note 5 benar-benar cantik. Panel resolusi super tinggi memiliki resolusi 2560 x 1440 piksel, sehingga teks terlihat sangat tajam. Anda juga mendapatkan warna yang lebih kaya dan lebih hidup daripada yang akan Anda temukan di ponsel pesaing.

2. S Pen

Fitur tanda tangan Note 5 adalah S Pen, yang mengubah ponsel Anda menjadi notepad digital. Meskipun dimungkinkan untuk membeli stylus kapasitif sederhana yang akan bekerja dengan smartphone apa pun, garis Note masih satu-satunya yang menyertakan stylus digitalisasi yang peka terhadap tekanan. Ponsel seperti iPhone 6s Plus dan Google Nexus 6P sama sekali tidak memiliki dukungan stylus aktif.

Sensitivitas tekanan sangat penting untuk membuat tulisan di layar digital terasa alami, memungkinkan Anda memvariasikan berat garis dan menggeser goresan seperti yang Anda lakukan dengan pena biasa. Samsung mengatakan iterasi terbaru dari S Pen dapat mendeteksi sekitar dua kali lebih banyak tingkat tekanan, dan saya percaya itu; mencatat catatan di layar Note 5 terasa halus seperti sutra.

Pena sekarang dimuat ke dalam slotnya di tepi bawah ponsel, sehingga mudah keluar setelah Anda menekannya. Seperti biasa, mencabut pin akan menampilkan menu Air Command, yang menyediakan pintasan praktis ke berbagai aplikasi pencatat yang berguna. Anda juga dapat memanggil opsi Perintah Udara dengan menekan tombol di samping pena.

Anda bahkan tidak perlu menyalakan layar Note 5 untuk mulai mengetik; Anda dapat menuliskan catatan cepat di layar hitam kosong ponsel Anda (teks muncul dalam warna putih) dan kemudian mengirimkannya dengan mulus ke aplikasi catatan dengan satu ketukan.

Pena dapat membantu Anda bahkan jika Anda tidak tertarik untuk menulis apa pun dengan tangan. Misalnya, saya suka menggunakannya untuk pengeditan dokumen ringan karena memberi saya lebih banyak presisi untuk memilih teks daripada yang saya miliki dengan jari saya.

2. Multitasking

Apa gunanya layar besar jika Anda tidak memiliki alat untuk benar-benar menggunakannya? HP Samsung Note 5 hadir dengan dukungan multi-jendela, sehingga Anda dapat melihat dua aplikasi sekaligus dalam tampilan layar terpisah – fitur yang sama sekali tidak ada pada banyak phablet lainnya.

Meluncurkan aplikasi secara berdampingan itu mudah; cukup ketuk dan tahan tombol multitasking (terletak di sebelah kiri tombol Home); lalu pilih dua aplikasi dari menu. Dari sana, Anda dapat mengubah ukuran aplikasi dan memutar telepon untuk melihatnya ditumpuk dalam mode potret atau berdampingan dalam mode lanskap. Multitasking layar terpisah tidak berguna pada smartphone seperti pada tablet besar, tapi saya masih berpikir itu benar-benar berguna untuk tugas-tugas tertentu, seperti mereferensikan halaman web atau menggunakan kalkulator saat menyusun email.

Sebaliknya, Nexus 6P dan iPhone 6s Plus tidak memiliki dukungan multi-jendela.

Note 5 juga memungkinkan Anda melakukan banyak tugas di komputer desktop sambil tetap mengikuti peringatan dan pesan ponsel Anda dengan menginstal aplikasi SideSync Samsung di kedua perangkat. Aplikasi ini menarik panggilan telepon, peringatan, dan pesan dari ponsel Anda dan memungkinkan Anda mengunduhnya langsung ke desktop Anda. Ini bekerja sangat baik ketika kedua perangkat terhubung ke jaringan yang sama atau terhubung melalui USB dan tersedia untuk PC dan Mac.

3. Performa

HP Samsung Note 5 cepat, mengalahkan hampir semua penantang. Aplikasi terbuka dan tertutup dalam sekejap mata, dan multitasking terasa sangat cepat saat saya beralih antara browser web, editor spreadsheet, dan berbagai aplikasi media sosial. Perangkat mendapatkan kecepatannya dari prosesor Samsung octa-core Exynos dan RAM 4GB.

Perangkat keras itu membantu Note 5 mencapai skor pembunuh 5.053 pada tes Geekbench 3, yang mengukur kinerja keseluruhan. Itu mengalahkan iPhone 6s Plus (4.385), Nexus 6P (4.289) dan LG G4 (3.493).

BACA JUGA:   Game android yang bisa menikah dan punya anak offline

4. Daya tahan baterai

Dengan daya tahan baterai selama ini, siapa yang butuh baterai pengganti? HP Samsung Note 5 bertahan 9 jam 35 menit pada pengujian baterai kami, yang mensimulasikan penelusuran web berkelanjutan melalui Wi-Fi. Itu hampir satu jam lebih lama dari Note 4 (8:42). Namun, iPhone 6s Plus bertahan lebih lama, hampir 10 jam. Namun, pekerja dapat yakin bahwa Note 5 akan dengan mudah bertahan hingga akhir hari kerja.

Dan jika Anda benar-benar perlu mengisi daya baterai sebelum meninggalkan kantor, kemampuan pengisian cepat Note 5 akan sangat berguna. Ponsel bisa mendapatkan jus ekstra hingga 30 persen hanya dalam 15 menit, yang bagus jika Anda perlu mengisi ulang selama singgah sebentar di bandara.

5. Perangkat lunak

HP Samsung Note 5 berjalan pada TouchWiz, versi modifikasi dari sistem operasi Android yang Samsung kembangkan. Sementara TouchWiz dulunya membengkak dan dikemas dengan add-on yang tidak berguna. Samsung telah merampingkan perangkat lunak untuk membuatnya lebih ramah pengguna sambil mempertahankan fitur terbaiknya. Misalnya, saya sangat menyukai menu pengaturan cepat yang dapat disesuaikan yang berada di bagian atas laci notifikasi. Serta, alat S Finder yang memungkinkan Anda menelusuri pengaturan ponsel menggunakan kata kunci. Fitur menonjol lainnya, seperti multitasking multi-jendela dan integrasi pin, telah disinggung dalam ulasan ini.

Samsung memiliki sedikit sentuhan saat memilih aplikasi produktivitas yang dimuat sebelumnya untuk Note 5. Anda mendapatkan beberapa aplikasi untuk catatan, dan Google Drive dan OneDrive untuk menyimpan file dan dokumen Anda dicadangkan ke cloud, tetapi tidak banyak lagi.

6. Keamanan

Note 5 adalah salah satu smartphone paling aman di pasaran. Perangkat ini menggunakan pemindai sidik jari yang terpasang di tombol Beranda, yang cukup andal. Tetapi tidak sempurna; sensor sering gagal mendaftarkan sidik jari saya pada percobaan pertama. Meskipun itu juga biasanya karena cara saya memegang ibu jari saya. Setelah mendaftar ulang hasil cetak, saya melihat beberapa peningkatan. Anda dapat mendaftarkan hingga empat jari di menu Opsi Note 5.

Fitur keamanan besar lainnya datang dalam bentuk perangkat lunak Samsung My Knox. Fitur ini dapat Anda aktifkan saat Anda pertama kali mengatur Note 5 Anda. Knox suite lebih umum penerapannya di perusahaan, tetapi pekerja individu dapat menggunakan My Knox untuk mempertahankan pekerjaan mereka. file dan data terpisah dengan aman dari aplikasi pribadinya.

7. Konfigurasi

Samsung menjual Note 5 dalam beberapa konfigurasi berbeda, tergantung pada seberapa banyak penyimpanan internal yang Anda inginkan. Model dasar hadir dengan penyimpanan 32GB seharga $696, sedangkan model 64GB yang lebih mahal mulai dari $792. Tentu saja, sebagian besar operator besar akan membiarkan Anda melunasi telepon dengan mencicil bulanan atau menjualnya kepada Anda dengan harga bersubsidi yang lebih rendah, dengan paket data bulanan yang lebih mahal.

Anda harus memilih model Anda dengan hati-hati, karena Note 5 tidak memiliki slot kartu SD. Dengan kata lain, hanya penyimpanan yang Anda mulai dapatkan.

Kesimpulan HP Samsung Note 5

Telepon bisnis benar-benar tidak jauh lebih baik dari ini. Note 5 memiliki semuanya, termasuk multitasking yang kuat, masa pakai baterai yang lama. Juga, layar besar yang memberi Anda banyak ruang untuk bekerja. Dan implementasi stylus adalah yang terbaik, membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk mencatat beberapa catatan cepat dan kemudian kembali bekerja.

Itu tidak berarti tidak ada pilihan bagus lainnya untuk pekerja yang menginginkan smartphone layar lebar.  iPhone 6s Plus Apple adalah phablet hebat dengan kinerja cepat dan masa pakai baterai lebih lama daripada Note 5. Dan, Nexus 6P Google lebih baik jika Anda ingin memastikan bahwa Anda selalu memiliki pembaruan OS Android terbaru. Tetapi pekerja yang menginginkan pendamping bisnis terbaik secara keseluruhan di pasar harus memilih Note 5.