Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi
Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di Android. “Baru-baru ini, ponsel Android saya sering memberi tahu saya bahwa ‘Ruang penyimpanan hampir habis’. Dan, mungkin tidak berjalan dengan lancar secara bersamaan.

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi

Jadi, saya ingin mengosongkan ruang di Android, tetapi saya tidak ingin menghapus aplikasi saya. Jadi, inilah pertanyaan saya, bagaimana cara mengosongkan ruang di Android tanpa menghapus aplikasi?

Pertama-tama, kami ingin membagikan dua cara mudah dan cepat untuk mengosongkan ruang di Android tanpa menghapus aplikasi.

2 Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi

1. Bersihkan cache

Banyak aplikasi Android menggunakan data yang disimpan atau di-cache untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Meskipun data yang di-cache dapat menghemat waktu Anda saat meluncurkan atau memuat aplikasi yang sesuai, data tersebut dapat menghabiskan banyak ruang berharga di perangkat Android Anda dan tidak sepenuhnya diperlukan. Dengan demikian, Anda dapat menghapusnya ketika hanya ada sedikit ruang tersisa di Android Anda.

Untuk menghapus data cache dari satu atau program tertentu, cukup buka Pengaturan> Aplikasi> Manajer Aplikasi dan ketuk aplikasi tempat Anda ingin menghapus data cache. Di menu info, ketuk Penyimpanan lalu Hapus Cache untuk menghapus file cache relatif.

2. Simpan foto dan video Anda secara online

Foto dan video dapat menjadi item yang paling banyak menghabiskan ruang di ponsel Anda. Dalam situasi ini, Anda dapat mengunggah foto Anda ke drive online (google drive, dll.) dan kemudian menghapusnya secara permanen dari perangkat Anda untuk mengosongkan ruang di memori internal Android.

BACA JUGA:   Membesarkan Ukuran JPG Online

3. Menambah memori internal

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi dengan menambah memori internal juga cukup mudah.

Jadi, ketika Android kehabisan ruang, Anda dapat menggunakan metode di atas untuk mengosongkan ruang tanpa menghapus aplikasi, atau Anda juga dapat mencoba menambah penyimpanan internal Android. Itu berarti menambahkan kartu MicroSD ke perangkat Android Anda dan memindahkan beberapa aplikasi atau file besar ke kartu SD. Lihat lebih detail di bawah ini:

Persiapan:

  1. Pastikan perangkat Android Anda memiliki slot kartu microSD. Banyak perangkat Android memiliki slot kartu SD, yang dapat Anda tambahkan langsung ke perangkat Android Anda. Jika tidak, Anda perlu menggunakan adaptor pembaca kartu SD untuk menghubungkan kartu SD ke Android Anda.
  2. Silakan periksa apakah Android Anda sudah di root.
  3. Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan kartu SD (kelas 4 atau lebih tinggi). Beberapa laptop atau desktop memiliki slot kartu SD internal, jika tidak, Anda memerlukan pembaca kartu SD.
  4. Unduh Link2SD dari Play Store. Aplikasi ini akan membantu Anda dengan mudah memindahkan aplikasi ke kartu SD.

Setelah melakukan semua persiapan di atas, Anda perlu membuat partisi pada kartu SD untuk penyimpanan data. Ini dapat dilakukan melalui manajer partisi gratis: AOMEI Partition Assistant Standard. Sekarang, unduh perangkat lunak gratis ini dan bagi kartu SD Anda untuk memperluas ruang Android Anda.

Membuat partisi

Langkah 1. Hubungkan kartu SD Anda ke komputer Anda. Instal dan jalankan Asisten Partisi AOMEI. Ini akan menunjukkan kepada Anda semua perangkat penyimpanan di antarmuka utama. Klik kanan pada ruang yang tidak terisi pada kartu SD dan pilih “Buat Partisi”.

Tip: Jika ada beberapa partisi pada kartu SD, Anda dapat terlebih dahulu mencadangkan file penting di dalamnya dengan AOMEI Backupper gratis, lalu menghapus semua partisi.

Langkah 2. Pilih sistem file FAT32 untuk kartu SD atau kartu memori, sesuaikan ukuran partisi ke posisi yang sesuai dan klik “OK”. Anda dapat mengklik “Lanjutan” untuk membuat partisi sebagai partisi utama.

BACA JUGA:   Apa itu HDC

Langkah 3. Kembali ke antarmuka utama, klik “Terapkan” untuk mengirimkan operasi yang tertunda.

Setelah ini, Anda bisa mendapatkan partisi FAT32 di kartu SD. Anda juga dapat membuat partisi Ext lain dengan ruang kosong yang tersisa.

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi selanjutnya adalah memindah aplikasi ke kartu SD ini.

Pindah aplikasi ke kartu SD

Setelah mempartisi ulang kartu SD, Anda dapat menambahkan kartu SD ke perangkat Android Anda untuk mendapatkan lebih banyak ruang di Android. Untuk memindahkan file ke kartu SD tambahan untuk mengosongkan ruang Android tanpa menghapus aplikasi, Anda perlu menggunakan Manajer Aplikasi Link2SD karena tidak dapat memindahkan aplikasi langsung ke kartu SD.

> Instal Link2SD di perangkat Android Anda, luncurkan aplikasi, itu akan meminta izin root. Kemudian akan meminta partisi .ext yang Anda buat sebelumnya. Pilih EXT3.

> Menampilkan “Mount Script Created”. Kemudian, mulai ulang perangkat Android Anda.

> Buka aplikasi Link2SD, jika tidak muncul pesan error berarti anda telah berhasil menambah memori internal perangkat Android. Anda kemudian dapat memindahkan aplikasi dan file besar ke kartu SD Anda melalui Link2SD untuk mengosongkan ruang untuk Android.

Ringkasan

Sekarang, Anda sudah tahu cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di Android. Atau Anda juga dapat mencoba menambahkan kartu SD ke ponsel Android Anda untuk mendapatkan lebih banyak ruang. Dan dari uraian di atas, maka kita dapat melihat bahwa AOMEI Partition Assistant Standard adalah pengelola partisi yang hebat. Jadi, aplikasi itu dapat mengkloning kartu SD, menghapus kartu SD secara permanen dan banyak lagi. Untuk menikmati fitur yang lebih canggih, maka Anda dapat meningkatkan ke Profesional.