Macam-macam Sosmed yang Banyak Digunakan

  • Bagikan
macam macam sosmed saat ini
macam macam sosmed saat ini

Teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan yang luar biasa. Dan keberadaannya sudah sangat sulit untuk dilepaskan dari segala aktivitas kita sebagai manusia. Tentu, bagi Anda yang lahir di bawah tahun 90-an merasakan perubahan yang sangat besar. Karena dulu, system tukar kabar hanya dilakukan melalui surat dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Sementara kini, bahkan kita dapat bertukar kabar, mengakses informasi terkini hanya dengan sekali klik. Hanya butuh sosisal media atau sosmed saja.Apalagi saat ini, sudah ada banyak sekali macam-macam sosmed yang dapat Anda temukan dan gunakan untuk berbagai kepentingan.

Macam-macam Sosmed Populer di Indonesia

Dilansir dari berbagai media, bahwasanya, di tahun 2019, diadakan sebuah riset dan studi, serta pengumpulan data, yang dilakukan We Are Social. Hasil riset ini menunjukkan, bahwa, angka pengguna somed di Indonesia sangat tinggi, dan telah mencapai angka 150 juta. Tentu, dengan mengacu pada hasil riset, kita dapat mengatakan, ada lebih dari 50% penduduk Indonesia memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini untuk berkomunikasi jarak jauh.

Dan di tengah banyaknya macam-macam sosmed, tentu setiap orang bebas memilih sosmed mana yang digunakannya. Maka, yuk simak macam-macam sosmed berikut ini.

Whatsapp

Sosmed WhatsApp
Sosmed WhatsApp

Ketika kita berbicara tentang komunikasi jarak jauh, maka kita tak bisa melepaskan diri dari WhatsApp. Karena ternyata, hampir seluruh penduduk bumi menggukana WhatsApp sebagai media berkomunikasi, termasuk Indonesia. Sosmed satu ini kerap disapa akrab dengan sebutan ‘WA’ agar lebih simple.

Sosmed dengan tampilan yang super simple dan mudah digunakan ini merupakan salah satu sosmed yang tetap dapat digunakan berkomunikasi tanpa membutuhkan biaya sepeserpun. Anda hanya perlu menyediakan kuota internet atau jaringan saja. Sehingga tak heran jika pengguna WA tiap hari kian bertambah.

Memang, belum lama ini tersebar isu bahwa banyak orang ramai-ramai akan berpindah ke sosmed lain, karena dianggap lebih aman dalam menjaga data. Namun pada kenyataannya, WA tetap saja eksis dan Berjaya hingga saat ini.

YouTube

Macam-macam media social yang berikutnya ada Youtube. Youtu merupakan salah satu social media yang membuat Anda dapat menyaksikan berbagai tayangan menarik. Dan di sana, Anda dapat menyaksikan, membagikan, hingga memberikan like ataupun komentar. Kemungkinan terbesar adalah, setiap hari Anda pasti menyempatkan diri untuk berselancar di sosmed satu ini. Baik untuk menyaksikan tayangan kesayangan atau hanya sekedar melepas lelah dengan mendengarkan music.

Instagram

Di urutan yang ketiga ada Instagram. Instagram dapat dikatakan sebagai sosmed-nya anak muda. Karena hampir semua anak muda pasti memiliki akun Instagram. Hal ini karena memang, Instagram memberikan pengalaman terbaik bagi setiap penggunanya. Ada banyak sekali filter dan fitur yang dapat diakses.

Bahkan kini, instagram juga sudah mengembangkan IGTV dan juga marketplace. Yang pastinya sangat membuat para penggunanya semakin tergila-gila. Dan biasanya, fitur yang sering kali digunakan oleh pengguna Instagram atau IG adalah bagian insta storynya. Karena ada banyak sekali pilihan filter menarik yang dapat dimanfaatkan. Selain lucu, tentu hal ini juga sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Bagi Anda yang ingin berkarya, maka Instagram bisa menjadi wadah yang cocok.

Facebook

SosMed Facebook
SosMed Facebook

Jika Instagram identic dengan anak muda, maka Facebook kebalikannya. Dulu, sebelum ada Instagram, memang, Facebook adalah tempatnya anak muda membagikan cerita, memuat status, dan lain sebagainya. Namun, perlahan tapi pasti, anak muda mulai meninggalkan Facebook. Meskipun demikian, tetap saja, pengguna Facebook masih banyak kok.

Hal ini karena pihak Facebook terus menggali apa keinginan dari penggunanya. Hingga mereka selalu menyajikan berbagai fitur terbaru yang tak kalah kerennya dengan Instagram. Jika Anda ingin berjualan dan target pasarnya adalah bapak-bapak atau ibu-ibu, maka Facebook bisa Anda pilih.

Pinterest

Yang berikutnya ada Pinterest. Jadi, Pinterest adalah salah satu sosmed yang bisa membantu Anda dalam mengupload foto, dan bisa Anda masukkan ke berbagai kategori yang Anda inginkan. Bentuknya seperti sebuah folder ataupun album. Tentu ini sangat menarik bagi Anda yang hobi hunting dan posting foto ke berbagai media social.

Anda dapat memasukkan kategori apa saja, misalnya, Anda sangat menyukai dunia masak, maka Anda dapat membuat folder dengan nama ‘masak-masak’ misalnya, da nisi foto-foto karya masakan Anda di sana. Tentu, hal ini menjadi sebuah kelebihan tersendiri bagi Pinterest. Karena hingga kini, masih sangat jarang ada sosmed yang memberikan kategori foto yang diupload.

Sosmed pada umumnya memang dapat digunakan untuk mengupload foto, akan tetapi, ya Anda bebas mengupload foto saja dan tidak ada kategori apapun.

Tiktok

Sosmed satu ini dulunya pernah menjadi sosmed yang diblokir atau dibanned sementara. Akan tetapi tidak butuh waktu yang lama untuk Tiktok dibebaskan kembali. Jadi, buat Anda yang belum tahu, Tiktok merupakan sosmed yang memungkinkan Anda untuk melihat dan membuat video dengan durasi yang super pendek, dan tersedia berbagai fitur menarik.

Seperti mengedit video agar lebih cepat, agar lebih lambar, dan berbagai filter lainnya. Jika Anda ingin viral, maka Anda dapat menggunakan Tiktok secara aktif. Tak hanya itu saja, bahkan kini, sudah banyak sekali lowongan pekerjaan yang mencantumkan syarat ‘menguasasi Tiktok’ loh.

Twitter

Twitter adalah sosmed kalangan para pejabat. Memang, isinya tidak sepenuhnya pejabat, namun, uniknya, Anda pasti tahu, ternyata, ada banyak pejabat yang memang tidak ingin menggunakan Instagram, tapi mereka memilih Twitter. Hal ini mungkin karena memang, di Twitter, segala infrormasi yang ada jauh lebih terorganisir ketimbang di sosmed lain.

Line

Yang berikutnya ada Line. Beberapa tahun belakangan, memang, Line sudah tidak begitu aktif digunakan. Namun, Anda tahu, bahwa menggunakan Liner terbilang sangat menyenangkan. Karena ada banyak fitur menarik yang disediakan. Dan bahkan, aplikasi ini menyediakan berbagai macam stiker keren yang bisa membuat Anda betah berlamaplama.

Hanya saja, ukuran aplikasi satu ini terbilang cukup besar. Sehingga, tak semua orang dapat memasangnya di ponsel. Oh ya, aplikasi ini buatan Jepang. Dan dapat Anda gunakan untuk banyak hal, berkirim pesan, melakukan panggilan, membuat status, dan lain sebagainya.

Reddit

Macam-macam sosmed yang terakhir ada Reddit. Reddit adalah sosmed yang digunakan untuk melakukan diskusi dengan bentuk konten yang diatur dengan sangat apik. Ada topic-topiknya tersendiri. Dan jika Anda perhatikan, maka tampilan dan system yang ada pada sosmed satu ini tidak begitu jauh dengan Kaskus.

Jadi, itulah dia macam-macam sosmed yang terkenal. Anda tentu dapat menggunakan mana saja yang Anda anggap mampu memberikan dampak yang positif. Atau mungkin, Anda sudah pernah menggunakan semua jenis sosmed di atas. Jika sudah pernah mencoba semuanya, tentu Anda dapat menilai mana yang paling baik ya. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan