Aplikasi Get Contact

Aplikasi Get Contact
Aplikasi Get Contact. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi Get Contact dan apakah aman untuk mengetahui cara mendaftarkan Anda di kontak orang lain. Pada akhir Februari, aplikasi GetContact menjadi populer di Rusia – pengguna jejaring sosial mulai memposting tangkapan layarnya secara luas. Salah satu fungsi memungkinkan Anda untuk mengetahui bagaimana nomor seseorang dicatat dalam buku telepon orang yang berbeda, tetapi untuk ini aplikasi memerlukan akses ke semua kontak. Untuk alasan ini, ada keraguan tentang keamanan penggunaannya.

Aplikasi Get Contact

Tujuan GetContact adalah untuk menentukan nama penelepon, jika tidak ada dalam buku telepon. Ini pengguna lakukan untuk mengidentifikasi nomor yang tidak mereka kenal dan melindungi dari spam. Untuk melakukan ini, aplikasi harus menyalin nomor telepon penelepon, setelah itu akan menampilkan namanya, dan mungkin foto. GetContact mengkompilasi database nomor sehingga setiap panggilan masuk dapat aplikasi kenali pertama kali.

Pengembang aplikasi adalah Getcontact LLP, buatan warga negara Turki di Inggris pada November 2017. Menurut pengembang, mereka beroperasi di 148 negara.

Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android. Menurut meteran di tempat, itu telah pengguna pasang oleh lebih dari dua juta orang. Sebagaimana tercatat, aplikasi untuk pertama kalinya menduduki peringkat teratas App Store Rusia di bagian “Utilitas” pada 8 Februari 2018. Pada 26 Februari, aplikasi menempati posisi pertama di antara aplikasi gratis yang paling banyak pengguna unduh.

Kerugian Aplikasi Get Contact

Aplikasi sempat dianggap menjadi sebab kehancuran keluarga: pengguna dari Azerbaijan menduga menemukan perselingkuhan suaminya ketika dia mengetahui bahwa seseorang telah mendaftarkannya atas nama seorang wanita.

PlayStore memiliki banyak keluhan tentang inefisiensi aplikasi. Pengguna tidak dapat menemukan banyak nomor, mengklaim telah mengumpulkan data pribadi dan mengirim keluhan ke aplikasi. Mereka yang telah menginstal GetContact mendorong orang lain untuk segera menghapusnya atau tidak menginstalnya sama sekali.

BACA JUGA:   Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespon

Verifikasi menunjukkan bahwa GetContact hanya menampilkan referensi pengguna di kontak mereka yang telah menginstal aplikasi – beberapa nomor tidak dapat kita temukan.

Rupanya, basis data angka hanya akan bertambah – menurut bagian FAQ, bertambah setiap hari. Nomor tersembunyi yang tidak muncul saat menelepon, aplikasi tidak mengenali.

Mengapa Get Contact terlarang di Azerbaijan, Kazakhstan, dan Kirgistan

Aplikasi tersebut diblokir di Kazakhstan dan Azerbaijan pada awal Februari karena melanggar data pribadi dan undang-undang perlindungan.

Sebelumnya, media melaporkan bahwa aplikasi itu juga diblokir di Kirgistan, tetapi konfirmasi ini tidak dapat kami temukan: pada 9 Februari, setelah larangan di Kazakhstan dan Azerbaijan, itu masih tersedia. Setelah berita ini, tidak ada berita tentang kunci.

Setelah GetContact terlarang di Kazakhstan, tim pengembangan Codebusters meluncurkan mitranya – GetContact_. Kepala perusahaan, Murat Alikhanov, mengatakan bahwa itu dengan cepat menjadi populer dan memungkinkan Anda menghasilkan seribu dolar dari iklan per hari. Menurutnya, tim sudah siap untuk dilarang. Pada tanggal 28 Februari, pembuat GetContact_ mengganti nama layanan Pootin mereka, .

Bagaimana hubungan aplikasi dengan data pribadi dan mengapa Roskomnadzor ingin memverifikasinya?

Pada 28 Februari, Roskomnadzor memperingatkan pengguna Rusia tentang bahaya aplikasi. Kantor menjelaskan bahwa pengguna aplikasi selama instalasi memungkinkan akses ke semua informasi dari halaman atau teleponnya.

Roskomnadzor mendesak pengguna untuk “setidaknya memiliki sedikit kendali atas diri mereka sendiri” sebelum menginstal “aplikasi yang mencurigakan”. Agensi berjanji untuk memeriksa Get Contact. Itu belum bersatu untuk memblokir aplikasi, tetapi jika terjadi pelanggaran, itu dapat membatasi akses ke sana.

Di antara detail kontak Anda, telepon juga dapat merekam data kartu kredit, PIN, kata sandi dari kantor pribadi, dll. Semua ini juga tersedia di database publik setelah menginstal aplikasi ini. Ingatlah bahwa pengembang aplikasi ini yang tidak bermoral kemudian dapat menjual basis data yang mereka kumpulkan kepada siapa pun: pengumpul, penipu, dan lainnya.

BACA JUGA:   Aplikasi untuk Menjernihkan Foto

Aplikasi GetContact menurut Roskomnadzor

Seperti yang tercatat Pikabu, di antara informasi yang aplikasi ini dapat mendistribusikan, ada nomor telepon, akun di jejaring sosial, foto, alamat pos, alamat IP, dan catatan telepon. Pengguna aplikasi takut akan spam dan trojan yang agresif.

Aturan aplikasi menyatakan bahwa Get Contact dapat membagikan informasi pengguna apa pun “dengan pihak ketiga mana pun”. Itu juga dapat mengirim pesan melalui pos atau SMS, serta “melakukan kegiatan pemasaran yang diizinkan oleh hukum”.

Dalam deskripsi aplikasi di Google Play, aplikasi mengatakan “melindungi dari panggilan pemasaran berbahaya dengan memblokirnya.” Bagian FAQ mengatakan bahwa aplikasi tidak mendistribusikan data apa pun, kecuali untuk informasi kontak. Dia mengirim permintaan ke GetContact, tetapi tidak menerima tanggapan.

Pengguna Reddit membandingkan GetContact dengan perusahaan Swedia TrueCaller. Ini “menyaring” panggilan yang tidak perlu dan juga mewakili buku telepon universal, membedakan nomor dari mana panggilan masuk dan pesan berasal, dan juga memungkinkan Anda untuk membuat salinan cadangan dari buku telepon.

Bagaimana melindungi data Anda?

Beberapa pengguna GetContact telah mencatat bahwa sangat sulit untuk menghapus akun dari aplikasi dan ponsel Anda dari database. Untuk ini, Anda perlu:

Hapus akun itu sendiri – ini dapat Anda lakukan di pengaturan aplikasi di item “Tentang menGet Contact”;

Pergi ke bagian Unlist dari situs aplikasi dan hapus nomor dari database.

Penghapusan dari database dapat memakan waktu hingga 24 jam. Dalam hal ini, jika Anda masuk ke aplikasi lagi, data pengguna akan muncul lagi di hasil pencarian. “Menyatu” di database, kontak orang akan tetap ada di aplikasi, bahkan jika Anda menghapus nomornya.

Jadi, bagaimana? Siap untuk menghapus aplikasi Get Contact atau mempertahankannya? Tentu, dengan resiko data kita juga beredar di internet tanpa kendali kita.