Kapan HP 5G Masuk Indonesia
Kapan HP 5G Masuk Indonesia. Sumber Gambar: Google.com

Kapan HP 5G Masuk Indonesia

Kapan HP 5G masuk Indonesia secara merata. Tahun 2021 adalah tahun peluncuran iklan komersial 5G di Indonesia. Keberadaan jaringan 5G ini sudah berjalan jauh sejak beberapa tahun terakhir.

Kapan HP 5G masuk Indonesia

Uji coba jaringan 5G pertama kali terjadi pada 2018, bertepatan dengan Asian Games di Jakarta. Tetapi pengalaman ini secara inheren terbatas, mulai dari menguji mobil otonom hingga menyiarkan pertandingan melalui teknologi 5G.

Setahun kemudian, OPPO menguji VOIP di jaringan 5G-nya untuk pertama kalinya di Indonesia, tepatnya di Batam. Dalam eksperimen yang Oppo lakukan dengan Telkomsel, OPPO menggunakan ponsel Reno 5G.

Reno 5G adalah ponsel 5G komersial pertama OPPO yang pertama kali tersedia di pasar Eropa. Ponsel ini berbasis Reno 10x Zoom dan dilengkapi modem X50 untuk mendukung jaringan 5G.

OPPO merupakan perusahaan smartphone yang berkontribusi terhadap perkembangan teknologi 5G di dunia. Pada April 2015, OPPO membentuk tim standarisasi 5G awal. Kemudian pada Mei 2018, OPPO menghadirkan demo video 5G pertama berdasarkan struktur cahaya 3D.

Puncaknya pada Februari 2019, OPPO melakukan siaran langsung pertama di dunia melalui jaringan 5G. Kemudian, mereka menghadirkan ponsel komersial 5G di OPPO Innovation Event 2019 di Barcelona, Spanyol.

Memasuki tahun 2020, OPPO meluncurkan ponsel flagship pertamanya yang mendukung jaringan 5G, yakni OPPO Find X2 dan Find X2 Pro. Kedua ponsel menggunakan chipset Snapdragon 865 yang mendukung jaringan 5G dengan modul SA/NSA ganda.

Sayangnya, saat OPPO menghadirkan Find X2 dan Find X2 Pro ke Indonesia, jaringan komersial 5G belum tersedia di Tanah Air. Sehingga pengguna ponsel ini tidak bisa langsung merasakan kelebihan yang 5G tawarkan.

Jadi, inilah saat kapan HP 5G masuk Indonesia

Setelah ponsel 5G menjadi populer di banyak negara, OPPO juga mulai menawarkan ponsel 5G dengan harga terjangkau di Indonesia. Dimulai dari OPPO Reno5 5G yang mereka rilis awal tahun 2021 dengan bandrol dengan harga Rp5 jutaan.

Beberapa bulan kemudian, OPPO A74 5G masuk ke Indonesia. Ini adalah ponsel 5G termurah yang OPPO tawarkan, dengan banderol dengan harga Rp 3 jutaan.

Pada peluncurannya, OPPO masih mengunci jaringan 5G di ponsel ini karena pada saat itu tidak ada jaringan 5G komersial yang tersedia. Setelah Telkomsel dan Indosat mulai meluncurkan jaringan 5G, OPPO Reno5 5G, A74 5G, Find X2 dan Find X2 Pro sudah kompatibel dengan jaringan yang operator tawarkan.

Setelah semakin banyak operator menawarkan jaringan 5G dengan jangkauan yang lebih luas, maka OPPO terus menawarkan ponsel 5G dalam kisaran harga yang berbeda. Ponsel ini tidak hanya mendukung jaringan 5G, tetapi juga lengkap dengan fitur-fitur canggih.

5G sudah ada di Indonesia, ini jangkauannya

Jaringan 5G merupakan terobosan terbaru dalam teknologi telekomunikasi di dunia. Kini sejumlah operator seluler mulai berlomba-lomba menggunakan jaringan ini di Indonesia. Apalagi smartphone yang menggunakan teknologi ini sudah lazim dan tersedia di pasaran saat ini.

Di Indonesia, ada sejumlah operator seluler yang siap meluncurkan teknologi 5G di banyak kota di Indonesia. Ini akan menjadi lompatan besar karena teknologi 5G ini memberikan kecepatan dalam proses transmisi data dan komunikasi.

Telkomsel, anak usaha PT Telkom, disebut-sebut menjadi perusahaan seluler pertama yang menawarkan layanan 5G di Indonesia. Mereka telah menyediakan layanan 5G kepada pelanggan mereka sejak 27 Mei 2021.

Setelah Telkomsel, muncul Indosat Ooredoo yang juga menawarkan layanan ini pada 7 Juni 2021 kepada pelanggannya. Tak mau ketinggalan pada 6 Agustus 2021, XL Axiata turut terlibat dalam penyediaan layanan 5G di Indonesia dan menjadi operator seluler ketiga yang menyediakan layanan 5G ini.

Ketiganya terus memperluas jangkauan jaringannya. Meski cakupan area saat ini tidak terlalu luas dan sangat terbatas, teknologi 5G terus berkembang seiring dengan produsen ponsel yang tak henti-hentinya meluncurkan ponsel berkemampuan 5G.

Kapan HP 5G masuk Indonesia untuk masing – masing operator

1. Telkomsel 5G

Layanan 5G Telkomsel beroperasi pada frekuensi n40 atau pada pita 2300MHz. Layanan mereka saat ini hanya dapat pengguna nikmati di banyak wilayah kota besar dengan cakupan wilayah yang sangat terbatas. Telkomsel memberikan informasi mengenai cakupan area yang benar-benar dapat menerima layanan 5G.

Di wilayah Jabodetabek, layanan 5G dari Telkomsel dapat pengguna nikmati di kawasan perumahan Alam Sutera, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah dan Widya Chandra.

Selain wilayah tersebut, layanan 5G dari Telkomsel dapat pengguna nikmati dengan sistem Hotspot. Wilayah yang sudah mendukung 5G Hotspot antara lain beberapa gerai GraPARI di Medan, Batam, Solo, Surabaya, Balikpapan, Makassar. Khusus untuk Bandung, layanan 5G Hotspot dari Telkomsel dapat pengguna nikmati di wilayah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Telkom (Tel-U).

2. Indosat 5G

Jadi, kapan HP 5G masuk Indonesia untuk operator Indosat? Jawabannya sudah masuk, namun Indosat Ooredoo pada saat ini masih memiliki cakupan area 5G yang relatif sempit. Layanan 5G operator seluler ini sekarang hanya bisa pengguna gunakan di lima kota. Indosat hanya dapat menyediakan layanan di area terbatas seperti area sekitar Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Genteng di Surabaya, Gunung Bahagia di Balikpapan dan Pettarani di Makassar. Khusus untuk wilayah kota Surakarta, layanan 5G dapat pengguna nikmati di seluruh wilayah dalam kota saja.

3. XL Axiata 5G

XL Axiata agak berbeda dari pesaingnya dalam layanan 5G. Operator XL Axiata menggunakan Dynamic Spectrum Sharing (DDS) yang memungkinkan teknologi 4G LTE dan 5G pengguna gunakan pada panjang gelombang yang sama.

XL Axiata menggunakan DDS, yang membuat pengalaman 5G pengguna XL Axiata agak berbeda dengan operator seluler yang menggunakan spektrum privat untuk layanan 5G mereka.

Pelanggan dapat menikmati layanan 5G dari XL Axiata di kawasan Jalan Margonda di Depok dan kawasan Gedung Sate di Bandung, serta beberapa titik XL Center seperti XL Axiata Tower di Jakarta, XL Center Martadinata di Bandung, XL Center Yogyakarta dan XL Youth Center di Surabaya.

XL Axiata baru dapat Anda nikmati dengan jumlah ponsel yang terbatas. Xiaomi Poco M3 Pro 5G, Xiaomi Redmi Note 10 5G dan Oppo Reno 5 5G merupakan perangkat yang bisa pengguna gunakan untuk menikmati layanan 5G dari XL Axiata.

Jadi, itulah catatan tentang kapan HP 5G masuk Indonesia, operator mana saja yang melayaninya serta jangkauan pelayanannya. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Download GBWhatsApp

Download GBWhatsApp dan Alasan Mengapa Mesti Menggunakannya

Download GBWhatsApp dan alasan mengapa Anda harus menggunakan GB Whatsapp. Alasan utama adalah adanya beberapa …