Cek Tarif Kirim Motor
Cek Tarif Kirim Motor. Sumber Gambar: Google.com

Cek Tarif Kirim Motor

Cek tarif kirim motor keluar kota dengan JNE. Mau kirim motor ke luar kota? Bingung mencari ekspedisi yang terjangkau dan terpercaya? JNE Trucking atau JTR bisa jadi solusinya. Ongkos kirim motor via JNE cukup bersaing daripada ekspedisi lain.

Cek tarif kirim motor

Tidak banyak yang tahu bahwa JNE menyediakan jasa pengiriman motor. Selama ini nama JNE sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun jasa pengiriman motor JTR sendiri masih cukup asing bagi sebagian orang.

JTR merupakan salah satu jasa pengiriman yang JNE tawarkan, khusus untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak. Armada yang JNE gunakan berupa truk, jalur darat dan laut. Layanan JTR ini memiliki ketentuan khusus, salah satunya paket barang yang Anda kirim dengan layanan ini harus memiliki berat minimal 10 kg.

Oh ya, JTR ini menawarkan beberapa keuntungan lho. Diantaranya biaya pengiriman yang kompetitif, yang menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia dan perkiraan waktu kedatangan yang cukup cepat.

Nah, untuk lebih jelasnya tentang JTR, cara kirim motor dan biaya kirim motor lewat JNE Trucking, simak artikel ini y

JNE Trucking Service (JTR)

Layanan JTR ini JNE gunakan untuk pengiriman berbagai barang dalam jumlah banyak. Untuk menggunakan layanan ini, berat minimum barang adalah 10 kg. Jika kurang dari itu, maka Anda bisa menggunakan layanan lain. Anda dapat menggunakan layanan JNE lainnya seperti REG, ECO atau YES.

JTR <150

Layanan ini khusus untuk pengiriman sepeda motor dengan kapasitas motor kurang dari 150 cc. Misalnya sepeda motor seperti SupraX, Vega R, Shogun; motor otomatis seperti Mio, Beat, Vario, Scoopy, Nmax, PCX; atau motor sport seperti Satria F, Vixion CB, Suzuki GSX.

JTR 250

Layanan ini khusus untuk pengiriman sepeda motor dengan kapasitas motor 150 cc – 250 cc. Misalnya seperti Yamaha XMAX, Honda CBR, Scorpio, Ninja, dll.

JTR> 250

Layanan ini khusus untuk pengiriman sepeda motor dengan kapasitas motor di atas 250 cc. Biasanya, sepeda motor sport dan sepeda motor termasuk dalam kategori ini. Misalnya, Harley-Davidson, Royal Anfield, KTM, dll.

Faktanya, untuk bisa menggunakan jasa JTR, berat barang yang Anda kirim minimal 10 kg. Jika kurang dari itu, tetap terhitung 10 kg. Namun, tentunya Anda ingin menggunakan layanan JNE lain daripada membayar 10 kg bukan? Kecuali Anda membandingkan diri Anda dengan layanan reguler dan harganya benar-benar lebih murah menggunakan JTR.

Sedangkan untuk jasa pengiriman sepeda motor, biaya pengiriman terhitung berdasarkan kategori volume motor, bukan berat motor. Misalnya, Anda akan mengirimkan 2 motor dengan kapasitas kurang dari 150 cc. Biaya pengiriman terhitung berdasarkan jumlah sepeda motor yang Anda kirim kali JTR <150 biaya pengiriman.

Cek tarif kirim motor lewat JNE

Siapkan STNK asli dan fotokopi BPKB

Salah satu syarat pengiriman motor melalui JNE adalah melampirkan dokumen berupa STNK asli dan fotokopi BPKB. Sebelum mengirim motor, sebaiknya siapkan dokumen-dokumen ini ya.

Tangki dan bagasi kosong

Sebelum mengirim motor, pastikan bagasi kosong dan tidak ada barang yang tertinggal. Biasanya JNE juga akan melakukan pengecekan barang bawaan. Selain barang bawaan, Anda perlu mengosongkan tangki bahan bakar.

Pengemasan sepeda motor

Seperti pengiriman umum, motor yang Anda kirim juga harus Anda kemas. Tujuannya untuk meminimalkan kerusakan barang yang tidak Anda inginkan seperti kerusakan dan goresan saat pengiriman. Agar aman dan terjamin, Anda bisa kok menggunakan jasa pengemasan yang JNE sediakan. Harganya sendiri berkisar antara 100.000-150.000 Rupiah, tergantung jenis motornya

Periksa bagian belakang motor

Sebaiknya Anda dan staf JNE meninjau kelengkapan dokumen dan suku cadang sepeda motor. Periksa juga apakah motor dalam keadaan mati. Oh ya, Anda juga bisa melepas bagian-bagian tertentu dari motor yang potensial rusak saat pengiriman, seperti kaca spion.

Cek tarif kirim motor dan Asuransi

Ongkos kirim biasanya belum termasuk asuransi dan biaya pengemasan ya. Jadi jika Anda mengirimkan motor, biasanya Anda akan terkena biaya pengiriman + biaya asuransi + biaya pengepakan (opsional jika JNE kemas sekalian).

Karena motor merupakan barang berharga yang harganya cukup tinggi, maka wajib Anda asuransikan. Asuransi Anda perlukan sebagai jaminan jika terjadi hal yang tidak Anda inginkan pada motor Anda. Besarnya nilai asuransi sebesar 0,2% dari nilai harga motor dan tambahan Rp 5.000 untuk biaya administrasi pengurusan.

Nah, agar lebih jelas mengenai biaya pengiriman motor via JNE, simak simulasi perhitungannya berikut ini, oke!

Rony saat ini bekerja dan tinggal di Kota Solo, Jawa Tengah. Namun karena adanya relokasi tugas di wilayah Banjuwangi Jawa Timur, ia juga harus berpindah tempat tinggal. Dia kemudian mengemasi barang-barangnya, termasuk motornya. Rony memilih mengirimkan motor Vario 125 miliknya dengan bantuan JTR. Harga motornya Rp 16,5 juta. Tak ingin repot,maka  Rony memilih menggunakan jasa packing dari JNE.

Berapa Rony harus membayar untuk pengiriman?

Ongkos Kirim JTR <150 Solo – Banyuwangi             Rp.700.000

Biaya asuransi 0,2% x 16.500.000 Rp + 38.000       Rp5.000

100.000 IDR

Total biaya          Rp 838,000

Jadi, total biaya yang harus Rony keluarkan untuk mengirim sebuah motor adalah 838.000 Rs.

Cek ongkirsepeda motor via JNE

Pengecekan ongkos kirim cukup mudah, seperti halnya pengecekan ongkos kirim JNE pada umumnya. Metode:

Kunjungi website resmi JNE https://www.jne.co.id

Pada kolom Cek Tarif, isikan kolom yang tersedia sesuai dengan alamat asal dan tujuan pengiriman. Kolom “Berat” berisi 1 jika motor yang akan Anda kirim hanya 1 (karena perhitungan biaya pengiriman tidak berdasarkan berat)

Isi kode konfirmasi yang diberikan. Kemudian klik “Periksa”.

Data biaya pengiriman dari berbagai layanan yang ditawarkan oleh JNE akan ditampilkan. Untuk biaya kirim motor bisa dilihat tarif JTR 250, JTR <150 dan JTR> 250. Sesuaikan saja dengan jenis motor yang akan Anda kirim.

Melalui situs web ini, Anda juga dapat melacak status pengiriman motor Anda. Setelah Anda menerima konfirmasi pengiriman, simpan tagihannya. Jangan membuang motor sampai mencapai tujuan pengiriman. Gunakan akun untuk melacak status pengiriman motor Anda.

Demikian informasi mengenai biaya pengiriman motor melalui JNE. Semoga bermanfaat, ya.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …