Cara Mengobati Indra Penciuman

  • Bagikan

Cara mengobati indra penciuman dengan mudah dan benar. Pernahkah Anda mendengar tentang anosmia? Anosmia, juga dikenal sebagai kehilangan indra penciuman, adalah salah satu gejala paling umum dari penyakit terkenal tahun 2019, 2020 yang lalu.. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengembalikan indra penciuman Anda yang mudah dan efektif.

Cara mengobati indra penciuman

Ada dua jenis aroma yang tidak bisa dikenali oleh pasien penyakit terkenal itu. Yaitu, aroma minyak kelapa dan aroma peppermint. Namun, orang yang terinfeksi penyakit tersebut tidak sepenuhnya kehilangan kemampuan untuk mencium. Berikut adalah 5 cara Anda dapat mengatasi hilangnya penciuman.

Cara mengembalikan indra penciuman yang hilang

Jika Anda merasa kehilangan penciuman, tidak perlu khawatir. Anda dapat bekerja dengan mudah dan efisien di rumah. Inilah 5 di antaranya.

1. Latih indera penciuman Anda

Salah satu langkah awal dalam mengatasi gejala anosmia adalah dengan melatih penciuman dan penciuman. Anda dapat melakukan ini dengan menarik napas perlahan selama 20 detik. Lakukan hal yang sama 3 kali sehari selama 6 minggu. Untuk melatih indera penciuman Anda, pilihlah barang-barang yang memiliki bau dan bau yang khas. Namun, sebaiknya jangan memilih barang yang berbau tidak sedap, seperti sampah dan karet yang terbakar. Kedua bau tersebut justru akan merusak indera penciuman.

Berikut beberapa wewangian yang bisa Anda gunakan:

  1. Daun mint
  2. Jeruk Oranye
  3. Minyak kayu putih
  4. Mawar
  5. Cengkeh
  6. Vanila

2. Mengkonsumsi jahe

Aroma khas lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan indra penciuman adalah jahe. Untuk melatih indra penciuman Anda, pilih jahe yang digiling atau mentah. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi teh jahe sebagai pengobatan alami untuk anosmia. Caranya adalah dengan menggunakan teh celup jahe yang sudah jadi atau Anda bisa membuatnya sendiri dari jahe mentah. Kemudian, kupas dan potong jahe mentah, rendam satu sendok makan jahe mentah dengan dua gelas air hangat selama 15 menit. Untuk hasil yang optimal, konsumsilah minuman ini secara rutin.

3. Mengkonsumsi bawang putih

Cara lain untuk mengembalikan indra penciuman adalah dengan menggunakan bawang putih. Hal ini karena bawang putih memiliki sifat antivirus yang bekerja untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi bawang putih secara teratur dapat mengembalikan indra perasa yang hilang pada saluran udara dan mulut.

Berikut cara mudah membuat bawang putih di rumah:

  1. Potong 4-5 siung bawang putih dan tambahkan ke dalam air mendidih.
  2. Rebus selama 2 menit, tambahkan sedikit garam.
  3. Minumlah selagi masih hangat. Lakukan ini dua kali sehari agar indra penciuman Anda kembali normal.

4. Mengkonsumsi cabai

Kandungan vitamin C dan capsaicin dalam cabai juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, rempah ini bermanfaat untuk meningkatkan fungsi indera penciuman dan melegakan hidung tersumbat. Untuk memulihkan tubuh yang terkena virus Covid-19, pastikan untuk mencampur cabai dalam segelas air, lalu tambahkan madu.

Kesimpulan cara mengobati indra penciuman

Membersihkan bagian dalam atau saluran hidung juga bisa kita lakukan sebagai cara yang efektif untuk mengembalikan indra penciuman. Gunakan larutan garam untuk membantu memulihkan indera penciuman. Selain itu, Anda bisa membersihkan hidung dengan semprotan hidung . Lakukan ini dengan menyemprotkan dalam jumlah kecil. Anda juga dapat melakukan ini jika Anda menderita sinusitis atau polip hidung.

  • Bagikan