Cara Bikin Poster di HP
Cara Bikin Poster di HP. Sumber Gambar: Google.com

Cara Bikin Poster di HP

Cara bikin poster di HP Anda dengan Canva. Ada banyak cara membuat poster di HP. Namun, yang termasuk paling mudah adalah dengan Canva. Ada banyak sekali template yang bisa kita pergunakan langsung. Membuat poster bisa Cuma sekedar mengubah tulisan atau warna saja. Jadi, daripada membahas yang lain, kita menggunakan Canva saja.

Cara bikin poster di HP

Ingin membuat poster dengan deadline yang ketat, tetapi tidak memiliki alat pendukung? Jangan khawatir, sekarang Anda bisa membuat poster, stiker dan banyak lainnya di ponsel dengan Canva. Bahkan jika Anda tidak memiliki keterampilan desain grafis yang baik, aplikasi berikut memberikan solusi.

Kenali Canva

Desain grafis merupakan keahlian yang semakin banyak yang mencari di era sekarang ini. Hal ini dikarenakan penyebaran informasi – baik untuk tujuan pemasaran, edukasi atau lainnya – di media sosial juga bergantung pada hasil proses kreatif ini untuk mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan.

Sayangnya, menguasai desain grafis tidaklah mudah. Meskipun ada banyak tools untuk mendukung kegiatan desain grafis, namun sebagian besar masih untuk para profesional dan berpengalaman. Selain itu, aplikasi ini cenderung terlalu berat untuk operasi yang relatif mobile menjadi optimal.

Untungnya, ada Canva sekarang. Alat desain grafis ini memungkinkan siapa saja – bahkan pemula – untuk membuat berbagai jenis desain kreatif dengan mudah. Dari kartu ucapan dan poster hingga presentasi, Canva dapat memfasilitasi kebutuhan tersebut.

Software ini dibuat oleh Melani Perkins yang juga merupakan pendiri Fusion Books, penerbit buku ternama di Australia. Canva memulai debutnya pada 1 Januari 2012. Pada tahun pertama itu, popularitas Canva melonjak dengan mencatatkan rekor 750.000 pengguna.

Canva juga terus berkembang dan mulai membukukan laba di tahun 2017. Saat itu, Canva telah mempekerjakan 200 karyawan yang tersebar di kantor Australia dan San Francisco di Amerika Serikat. Selama tahun tersebut Canva juga mencatatkan jumlah pengguna mencapai 10 juta pengguna yang tersebar di 169 negara.

Canva berfungsi di platform desktop dan seluler,online dan aplikasi. Jjadi Anda tidak perlu membuka laptop untuk menggunakannya. Satu-satunya dukungan yang Anda butuhkan untuk memanfaatkan aplikasi desain grafis ini adalah koneksi internet. Setelah koneksi internet lancar, Anda bisa berkreasi membuat konten visual di mana saja dan kapan saja dengan Canva.

Masih banyak yang belum tahu bahwa Canva memiliki dua versi, berbayar dan gratis. Hal ini menjadi cukup wajar mengingat fitur-fitur di versi gratisnya sangat lengkap. Namun jika kita lihat lebih jauh, pada tahun 2017 saja, jumlah pengguna Canva versi berbayar (premium) mencapai 294 ribu.

Langkah cara bikin poster di HP

Canva adalah alat yang sangat berguna terutama bagi pemula untuk membuat konten visual bergaya secara praktis dan cepat meskipun Anda tidak memiliki keterampilan desain grafis. Langkah-langkah untuk menggunakannya sangat sederhana – Anda bahkan dapat menyelesaikan stiker hanya dalam beberapa menit.

1. Instal Canva

Instal Aplikasi Canva

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal aplikasi Canva di ponsel Anda. Jika Anda menggunakan iPhone, cari perangkat lunak ini di App Store; Jika Anda menggunakan ponsel Android, cari program ini di Playstore.

Sebelum mengunduhnya, pastikan penyimpanan Anda masih menyisakan cukup ruang untuk aplikasi ini. Ukuran Canva sebenarnya tidak terlalu berat, hanya sekitar 28MB. Selain itu, pastikan sistem operasi seluler yang Anda gunakan mendukung kinerja Canva

Anda dapat mengunduh Canva secara gratis. Namun seperti yang kami jelaskan sebelumnya, Canva juga menawarkan opsi premium yang menawarkan berbagai fitur tambahan. Opsi premium terbagi menjadi dua bagian, Canva Pro dan Enterprise. Masing-masing dapat Anda gunakan oleh banyak orang secara bersamaan dengan harga berlangganan bulanan mulai dari $12,95 (berlaku untuk 1 hingga 5 orang).

Install Canva:

Canva iOS Canva Android

2. Daftar dengan Gmail

Daftar Gmail

Setelah terinstal, saatnya membuat akun agar Anda dapat menggunakan layanan tersebut. Canva menawarkan beberapa opsi pembuatan akun, termasuk mengisi formulir digital secara manual, menggunakan akun Facebook, dan menggunakan Gmail.

Anda dapat memilih untuk menggunakan Gmail secara langsung dalam sekejap. Setelah Anda mengklik opsi ini, Canva akan secara otomatis berintegrasi dengan akun Gmail Anda yang terdaftar di ponsel Anda. Jika Anda masuk, saatnya untuk berkreasi.

3. Pilih template

Pilih model yang menarik

Versi gratis Canva saja sudah cukup bagi pemula untuk mengeksplorasi contoh konten visual yang akan Anda buat. Aplikasi desain grafis ini menawarkan lebih dari 50.000 template untuk berbagai kebutuhan konten grafis, mulai dari poster, spanduk situs web, Story Instagram, kartu nama, undangan, resume, brosur, kartu pos, dan banyak lagi.

Nah, cara membuat poster di hp dengan canva tentunya dengan memilih template yang ada di kategori Poster. Anda dapat mengetik “stiker” di kolom pencarian untuk membuatnya lebih cepat. Pilih templat yang sesuai dengan kebutuhan atau selera Anda – termasuk tata letak poster horizontal dan vertikal.

Apakah Canva hanya menyediakan template tanpa mengizinkan pengguna membuat desain sendiri dari awal? Jawaban: Tidak. Anda masih dapat membuat formulir sendiri dari awal sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan. Namun tentunya jika Anda kurang memiliki kemampuan desain grafis dan menginginkan proses yang lebih cepat, pilih saja template yang sudah tersedia dan sesuaikan.

4. Sunting Template

Edit file desain

Setelah memilih template, saatnya untuk mulai mengedit. Klik Edit untuk mulai membuat penyesuaian dengan kebutuhan atau selera Anda. Anda dapat menambahkan beberapa item yang tersedia secara gratis untuk meningkatkan poster yang Anda buat.

Ada beberapa opsi pengeditan yang tidak dapat pengguna Canva gratis akses. Namun secara umum, fitur yang tersedia untuk versi non-premium sudah cukup untuk menghasilkan desain grafis yang elegan, seperti menambahkan teks, gambar, latar belakang, dan elemen.

5. Simpan file desain

Mudah untuk menyimpan file

Canva akan menyimpan setiap perubahan yang Anda buat tanpa harus menunggu perintah ‘simpan’ manual. Jika seluruh proses pengeditan selesai, Anda hanya perlu mengunduhnya.

Faktanya, Canva menawarkan penyimpanan 1GB untuk versi akun gratis. Kapasitas di Canva Cloud cukup besar jika tidak sering Anda gunakan. Di sisi lain, penyimpanan ini juga akan sangat berguna jika suatu saat Anda ingin menggunakan kembali format template yang telah Anda buat sehingga Anda hanya perlu melakukan sedikit kustomisasi.

Mengunduh hasil desain yang Anda buat juga sangat sederhana. Pilih opsi unduh atau ikon panah bawah ( ) pada bilah alat untuk pengguna Android. Poster akan secara otomatis terunduh dan disimpan ke galeri ponsel Anda dalam format PNG.

Proses penyimpanan di iOS sedikit berbeda. Temukan opsi Bagikan di sudut kanan atas layar. Setelah mengkliknya, Canva akan memulai proses ekspor grafis. Ekspor yang telah selesai akan menampilkan opsi “Simpan Gambar”. Anda juga dapat mengklik opsi untuk mengunduhnya ke galeri ponsel.

Kesimpulan cara bikin poster di HP

Ada dua hal utama yang perlu Anda pahami saat menyimpan stiker Canva di ponsel Anda. Pertama, unduhan yang gagal sering penyebabnya karena memori penuh pada ponsel Anda, jadi Anda perlu menghapus beberapa file terlebih dahulu. Kedua, proses ekspor yang lama umumnya karena koneksi internet yang tidak stabil mengingat Canva berbasis internet.

Nah, berikut ini informasi tentang cara membuat poster di ponsel menggunakan Canva. Semoga ini membantu!

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …