Cara Menambah TTD di Word
Cara Menambah TTD di Word. Sumber Gambar: Google.com

Cara Menambah TTD di Word

Cara menambah Ttd di Word yang legal dan resmi. Jadi, minimal ada 3 langkah sederhana untuk menambahkan tanda tangan Word Doc. Apakah Anda ingin menambahkan TTD atau lainnya di MS Word tetapi tidak yakin bagaimana melakukannya?

Dalam artikel ini saya memiliki semua jawaban untuk Anda.

Cara menambah Ttd di Word

Seperti kebanyakan fitur lainnya, MS Word membuat penambahan cukup sederhana. Anda bahkan tidak perlu menambahkan baris secara manual ke dokumen Anda.

Hanya dengan beberapa klik, Word akan menambahkan bagian pra-desain profesional ke bagian Anda yang mendunia.

Mari saya tunjukkan bagaimana caranya.

3 Cara menambah Ttd di Word Doc

Kita hidup di era digital di mana sebagian besar kontrak, perjanjian, dan dokumen yang Anda tandatangani berpindah tangan melalui Internet.

Inilah sebabnya mengapa bisnis menggunakan beberapa jenis tanda tangan dalam dokumen hukum mereka tergantung pada sifat transaksinya.

Dengan MS Word Anda dapat menandatangani dokumen Anda menggunakan tiga metode berbeda.

  • Tanda tangan elektronik
  • Tanda tangan digital
  • Tambahkan baris tanda tangan

Ini adalah jenis tanda tangan asli dan aman yang tidak hanya sah sebagai tanda tangan resmi Anda, tetapi juga ramah lingkungan karena meminimalkan kebutuhan untuk menggunakan dokumen cetak.

Biarkan saya menjelaskan setiap metode secara lebih rinci dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk menandatangani dokumen di Microsoft Word.

Metode # 1: Cara menambah Ttd di Word

Menambahkan tanda tangan elektronik ke dokumen Word Anda memberikan sentuhan pribadi dan sekaligus membuatnya autentik.

Ini juga merupakan metode yang paling umum untuk menyanyikan dokumen di MS Word dan tidak memakan banyak waktu setelah Anda menginstalnya di komputer Anda.

Tapi apa sebenarnya tanda tangan elektronik itu?

Apa itu tanda tangan elektronik?

Tanda tangan elektronik adalah file gambar dari tanda tangan tulisan tangan Anda yang dapat Anda tambahkan ke dokumen apa pun yang Anda inginkan.

Ini berbeda dengan tanda tangan digital, yang akan saya bahas nanti di artikel ini.

Untuk membuat tanda tangan elektronik, Anda perlu menandatangani dokumen secara fisik dan menggunakan pemindai untuk mengubahnya menjadi file gambar yang dapat Anda gunakan dalam berbagai dokumen.

Setelah Anda memiliki versi pindaian tanda tangan Anda, Anda dapat menggunakannya sebanyak yang Anda inginkan.

Penggunaan tanda tangan elektronik adalah praktik yang populer karena kemudahan penggunaan dan fleksibilitasnya.

Inilah cara Anda dapat menambahkan tanda tangan elektronik ke dokumen MS Word Anda.

Anda dapat menambahkan tanda tangan elektronik ke dokumen Word apa pun dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Bagaimana cara menambah Ttd di Word Doc

  • Pertama 1: Ambil selembar kertas bersih dan tulis tanda tangan Anda dengan spidol atau pena hitam. Jadi, saya sarankan Anda berlatih tanda tangan Anda pada selembar kertas terpisah beberapa kali untuk menghindari kesalahan. Sebaiknya gunakan tinta hitam untuk visibilitas yang lebih baik setelah pemindaian.
  • Kedua #2: Pindai tanda tangan Anda menggunakan mesin pemindai atau ponsel dengan aplikasi kamera dan pemindai yang bagus. Pindai dokumen pada 600dpi lalu simpan gambar dalam format .PNG. Anda perlu memotong gambar yang dipindai untuk fokus hanya pada tanda tangan Anda.
  • Ketiga # 3 (Opsional): Buka tanda tangan yang dipindai di Adobe Photoshop dan salin menggunakan fungsi magic Wand. Buat file baru di Photoshop dengan background transparan dan tempelkan tanda tangan di atasnya. Ini adalah langkah opsional, tetapi berguna karena mungkin Anda untuk menggunakan tanda tangan Anda pada dokumen dengan latar belakang berwarna.
  • Keempat # 4: Buka MS Word dan rekatkan tanda tangan yang dipindai ke dalam dokumen kami dengan mengklik Insert–>Pictures–>This Device
  • Kelima # 5: Jika Anda belum memotong gambar, maka Anda dapat melakukannya menggunakan fungsi Pangkas. Anda juga dapat mengubah ukuran gambar di bagian ini.
  • Keenam # 6: Sekarang Anda cukup menyeret gambar ke area tanda tangan dokumen.
  • Ketujuh # 7: Jika Anda ingin menambahkan informasi tambahan di bawah tanda tangan Anda, seperti nama, tag, dll. tulis teks yang ingin Anda tampilkan di bawah gambar tanda tangan. Kemudian pilih gambar dan konten teks dan klik Sisipkan -> Bagian Cepat (di bagian Teks) -> TeksOtomatis–> Simpan Pilihan di Galeri TeksOtomatis.
  • Kedelapan #8: Pada AutoText yang muncul, masukkan nama Anda di kolom Name, pilih AutoText di kotak Gallery, lalu klik OK.
  • Kesembilan # 9: Sekarang setiap kali Anda ingin menambahkan tanda tangan elektronik Anda ke dokumen Word, seret kursor ke tempat yang tepat dan klik Insert→ Quick Parts→ Auto Text dan pilih tanda tangan Anda.

Metode # 2: Tambahkan tanda tangan digital ke Word Doc

Jadi, metode sebelumnya dapat membuat Anda menambahkan tanda tangan elektronik Anda ke dokumen Word apa pun yang Anda inginkan.

Namun, ada cara gampang lainnya.

Cara populer lainnya untuk menandatangani dokumen Anda dengan aman di MS Word adalah dengan menggunakan tanda tangan digital. Ini adalah metode tanda tangan terenkripsi yang memungkinkan transfer dokumen yang aman yang hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang.

Mereka didasarkan pada kartu ID unik yang berarti tidak ada kemungkinan imitasi atau pencurian identitas.

Apa itu tanda tangan digital?

Tanda tangan digital adalah kartu ID digital terenkripsi yang sangat aman yang memerlukan sertifikat digital yang valid dari pengirim dan penerima dokumen yang ditandatangani.

Setiap tanda tangan digital memiliki kunci pribadi yang hanya dapat diverifikasi dengan kunci publik yang disertakan dengan sertifikat digital yang valid. Saat Anda memiliki sertifikat digital yang valid, Anda dapat menggunakannya sebagai metode untuk mengautentikasi informasi digital (termasuk dokumen Word)

Apa perbedaan antara tanda tangan digital dan elektronik?

Tanda tangan elektronik, seperti yang saya sebutkan, hanyalah gambar pindaian dari tanda tangan dunia nyata Anda. Kebanyakan orang keliru menyebutnya sebagai tanda tangan digital.

Tanda tangan digital adalah istilah teknis yang Anda gunakan untuk tanda tangan terenkripsi yang didukung oleh sertifikat digital valid yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi pihak ketiga yang tepercaya. Mereka Anda gunakan untuk mengamankan dokumen Word, menyediakan otentikasi, dan melindungi dari perubahan yang tidak sah.

Cara membuat sertifikat digital gratis

Anda hanya bisa mendapatkan sertifikat digital yang valid dari lembaga sertifikasi pihak ketiga (CA) tepercaya. Banyak lembaga sertifikasi independen menawarkan waktu terbatas (biasanya satu tahun) sertifikat digital dengan biaya tertentu. Namun Anda juga bisa mendapatkan sertifikat digital gratis dari pihak ketiga yang terpercaya.

Untuk mendapatkan sertifikat digital gratis untuk menandatangani dokumen Anda di MS Word, ikuti langkah-langkah ini (untuk Windows 10).

  • Masuk ke C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\root\(atau C:\Program Files\Microsoft Office\root\Office16 jika Anda menggunakan Office versi 64-bit)
  • Jalankan file aplikasi SelfCert.exe untuk membuka bidang Buat Sertifikat Digital.
  • Masukkan nama deskriptif sertifikat Anda dan klik OK.

Itu saja, Anda memiliki sertifikat digital yang valid yang dapat Anda gunakan untuk menandatangani dokumen secara digital di MS Word. Namun, ini belum diverifikasi oleh pihak ketiga tepercaya dan oleh karena itu beberapa organisasi mungkin tidak menerimanya sebagai sertifikat yang valid.

Anda dapat melihat Sertifikat Chrome → Setelan ост Privasi & Keamanan → Keamanan е Kelola Sertifikat → Pribadi

Sekarang mari kita lihat bagaimana Anda dapat menambahkan tanda tangan digital ke dokumen Word Anda.

Cara menambah Ttd di Word ( Tangan digital ke Word Doc )

Ikuti langkah-langkah ini untuk menambahkan tanda tangan digital yang aman ke dokumen Anda.

  • Pertama #1 – Buka MS Word dan letakkan kursor di tempat Anda ingin menambahkan tanda tangan digital.
  • Kemudian # 2: Klik Sisipkan → Teks а Garis Tanda Tangan untuk membuka kotak penempatan tanda tangan.
  • Ketiga # 3: Masukkan detail tanda tangan yang relevan di bidang ini (nama, tag, email). Anda dapat menambahkan panduan tanda tangan (atau menggunakan catatan default) bersama dengan bagian komentar dan tanggal penandatanganan.
  • Keempat # 4: Klik OK untuk menambahkan kotak tanda tangan digital ke dokumen Anda.
  • Kelima # 5: Untuk menandatangani dokumen ini, klik dua kali kotak tanda tangan atau klik kanan dan pilih Sign.
  • Keenam # 6: Anda dapat menandatangani dokumen Word secara digital baik dengan mengetikkan nama Anda atau mengunggah gambar tanda tangan Anda. Kedua opsi tersebut didukung oleh sertifikat digital Anda.
  • Ketujuh # 7: Anda harus menyimpan dokumen sebelum menandatanganinya.

Kedelapan #8: Ini akan menambahkan tanda tangan digital ke dokumen Anda menggunakan sertifikat yang Anda buat sebelumnya. Tanda tangan akan tetap berlaku sampai ada perubahan lain pada dokumen.

Cara menambah Ttd di Word dengan gambar

Jika Anda memiliki perangkat sentuh / touchscreen, maka Anda dapat menggambar tanda tangan Anda dengan jari, pena, atau mouse.

Berikut cara kerjanya.

  • Pertama # 1: Beralih ke tata letak yang dapat dicetak di Word dari bagian Tampilan.
  • Kedua 2: Klik Draw dan pilih jenis pena.
  • Ketiga # 3: Gunakan pena, jari atau mouse Anda untuk menggambar tanda tangan Anda di bagian dokumen yang sesuai.
  • Metode # 3: Tambahkan baris tanda tangan ke Word Doc

Terkadang Anda perlu menandatangani dokumen Anda dengan cara kuno. Anda cukup menunjukkan dokumen kepada penandatangan dan meminta mereka untuk menandatangani di mana pun mereka mau.

Atau Anda bisa sedikit lebih profesional dan menambahkan baris tanda tangan ke dokumen Anda sehingga penandatangan tahu di mana harus menandatangani meskipun Anda secara pribadi tidak ada di sana untuk memimpinnya.

Berbeda dengan dua metode sebelumnya, Anda tidak memerlukan sertifikat digital atau salinan pindaian tanda tangan Anda agar metode ini berfungsi.

Bagaimana cara menambahkan baris tanda tangan di Word Doc

Untuk menambahkan baris tanda tangan ke dokumen Word Anda, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama # 1: Pindahkan kursor ke bagian dokumen tempat Anda ingin menambahkan baris tanda tangan
  • Kedua #2: Klik Sisipkan → Tambahkan baris tanda tangan untuk membuka kotak Pengaturan Tanda Tangan.
  • Ketiga #3: Jika Anda menginginkan nama dan tag tanda tangan di bawah baris tanda tangan, isi informasi ini di bidang Pengaturan Tanda Tangan. Jika tidak, biarkan hitam untuk menampilkan garis tanda tangan biasa.

Anda sekarang dapat mencetak dokumen dan mengirimkannya ke orang yang relevan untuk ditandatangani.

Mengapa penting untuk menyimpan Dokumen Word Anda sebagai PDF

Apa pun metode tanda tangan yang Anda gunakan, pastikan Anda menyimpan dokumen Word sebagai PDF setelah siap dikirim ke penandatangan.

Ini penting karena PDF adalah format dokumen aman yang tidak mengizinkan pengguna untuk membuat perubahan apa pun. Saat mengirimkan dokumen hukum atau perjanjian untuk ditandatangani sebagai file PDF, Anda dapat yakin bahwa tidak ada yang dapat mengedit isinya.

Menyimpan dokumen Word sebagai PDF sangat mudah di Microsoft Word.

Cukup klik File Save as dan pilih .PDF dari menu tarik-turun Jenis File.

Pisahkan dokumen Word asli sehingga Anda dapat membuat perubahan jika diperlukan. Jika ini terjadi, Anda perlu menyimpan ulang dokumen Word dalam format PDF sebelum mengirimkannya ke orang yang tepat.

Cara mengubah tanda tangan Anda di Word

Proses mengubah tanda tangan Anda di MS Word tergantung pada jenis tanda tangan yang Anda gunakan.

Tanda Tangan Elektronik: Jika Anda menggunakan gambar pindaian tanda tangan tulisan tangan Anda untuk penandatanganan dokumen elektronik di MS Word, Anda perlu mengunggah file gambar dengan tanda tangan baru Anda menggunakan proses yang sama yang saya jelaskan sebelumnya di bagian Tanda Tangan Elektronik di artikel ini.

Tanda Tangan Digital: Jika Anda menggunakan tanda tangan digital, Anda perlu membuat sertifikat digital baru menggunakan proses yang sama yang saya jelaskan di bagian Tanda Tangan Digital. Setelah Anda memiliki sertifikat baru, Anda perlu membuat tanda tangan baru di Word dari bagian Sisipkan → Teks → Tambah Tanda Tangan.

Baris tanda tangan: Jika ada perubahan nama atau tanda penandatangan, Anda dapat mengubahnya dari bagian Tambah Tanda Tangan. Jika tidak, biarkan baris tanda tangan tetap utuh.

Apakah Anda siap untuk menambahkan tanda tangan Anda ke dokumen Word?

Seperti yang Anda lihat, menambahkan tanda tangan ke dokumen MS Word cukup mudah. Namun, ini memberikan keaslian dokumen Anda, membuatnya lebih aman, dan menambahkan sentuhan profesional. Beri tahu saya jika Anda memiliki pertanyaan tentang berbagai metode tanda tangan yang telah saya jelaskan di artikel ini.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …