Kenapa Zoom Tidak Ada Suaranya
Kenapa Zoom Tidak Ada Suaranya. Sumber Gambar: Google.com

Kenapa Zoom Tidak Ada Suaranya

Kenapa Zoom tidak ada suaranya dan solusinya. Selain Google Meet, aplikasi zoom cukup populer kita gunakan sebagai video conference online dalam berbagai acara bisnis atau studi. Zoom dapat kita gunakan secara gratis atau berbayar tergantung kebutuhan pengguna. Namun bagi yang ingin mengadakan pertemuan skala besar maka harus menggunakan zoom berbayar seperti universitas atau perusahaan.

Kenapa Zoom tidak ada suaranya

Kepopuleran aplikasi zoom tentunya tidak lepas dari kemudahan penggunaannya, dukungan dan fitur yang tersedia di Zoom membuat pengguna betah menggunakan aplikasi yang satu ini. Namun dibalik kemudahan penggunaan aplikasi ini, ada kendala yang terjadi misalnya kenapa di zoom tidak ada suara? Bahkan jika Anda yakin untuk menyalakan volume di ponsel atau laptop.

Kuncinya jangan panik karena masalah ini bisa Anda atasi, pada umumnya hal ini penyebabnya adalah setting atau pengaturan yang kurang memadai sehingga perangkat tidak bisa mengeluarkan suara pada aplikasi tertentu. Di bawah ini, kami telah merangkum informasi lengkap penyebab dan solusi untuk aplikasi zoom tanpa suara.

Penyebab kenapa Zoom tidak ada suaranya dan solusinya

Pentingnya aplikasi Zoom membuat setiap pengguna mengandalkan aplikasi yang satu ini untuk melakukan rapat jarak jauh, apalagi di masa saat belajar dan bekerja harus melakukan di rumah dan mengurangi intensitas keluar rumah. Dan, juga mengurangi berinteraksi dengan orang lain untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Aplikasi ini dapat kita gunakan melalui ponsel dan laptop, sehingga sangat kompatibel di perangkat apa pun.

Kembali ke pembahasan utama, mengapa aplikasi Zoom tidak mengeluarkan suara saat kita menggunakannya? Istilah ini juga sering disebut mute, yaitu mematikan fungsi audio di dalam aplikasi sehingga tidak dapat mendengar apapun dan berkata apapun. Dalam beberapa kasus juga dapat terjadi karena hal berikut:

  1. Saya belum mengaktifkan fungsi Gabung Audio pada Zoom

Penyebab pertama yang sering terjadi saat Zoom tidak mengeluarkan suara adalah karena Anda belum mengaktifkan fitur penggabungan audio di Zoom. Sebenarnya fitur ini bisa Anda aktifkan secara otomatis di pengaturan aplikasi Zoom, namun beberapa pengguna lebih memilih untuk mengaktifkannya secara manual ketika sudah bergabung dengan aplikasi atau rapat. Sehingga hal ini sering membuat Anda lupa atau salah mengklik fungsi audio.

Bagi Anda yang sudah sering menggunakan aplikasi Zoom, tentu tahu bahwa saat pertama kali kita klik atau aktifkan fungsi audio, ada dua pilihan. Opsi pertama adalah bergabung dengan audio di mana Anda dapat mendengar apa yang orang lain katakan serta orang lain dapat mendengar apa yang Anda katakan. Jika Anda salah mengklik fitur lain, tentu saja

  1. Saya belum mengaktifkan akses ke perangkat audio

Alasan selanjutnya kenapa Zoom tidak ada suaranya adalah karena Anda tidak memberikan akses ke perangkat audio saat menggunakan aplikasi Zoom. Biasanya saat pertama kali membuka atau mengaktifkan aplikasi Zoom lalu mengklik fungsi audio, akan muncul pertanyaan untuk mengizinkan akses ke perangkat audio. Jika Anda melihat pertanyaan seperti itu, jangan lupa untuk mengklik Ya atau Setuju.

Jika Anda tidak mengizinkan penggunaan perangkat audio di ponsel atau laptop Anda, suara tidak akan keluar secara otomatis, sehingga Anda tidak akan mendengar suara apa pun dan suara Anda tidak akan terdengar oleh siapa pun. Menyetujui aplikasi Zoom untuk menggunakan mikrofon dan perangkat audio.

  1. Ada kesalahan sistem dan bug

Penyebab selanjutnya adalah kesalahan sistem pada perangkat yang menyebabkan suatu fungsi atau layanan mengganggu fungsi Zoom. Sehingga solusinya Anda perlu me-restart terlebih dahulu ketika itu terjadi. Jadi, seperti yang kita ketahui, handphone atau laptop memiliki sistem operasi untuk menjalankan berbagai aplikasi. Namun jika sistem operasi tersebut error maka akan mempengaruhi semua aplikasi yang berjalan.

Selain error pada sistem operasi, bug pada aplikasi juga sangat mempengaruhi kinerja sehingga aplikasi sering tidak mengeluarkan suara. Bug biasanya terjadi karena aplikasi sering kita gunakan dan menyebabkan cache menumpuk. Maka, Anda perlu me-restart aplikasi terlebih dahulu agar lebih lancar saat kita gunakan.

Kesimpulan

Akhir kata, terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Dan kami juga berharap informasi yang kami rangkum dapat membantu Anda menyelesaikan masalah kenapa Zoom tidak ada suaranya. Jadi, Ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya yang dapat kami informasikan melalui artikel ini. Selain itu, akan selalu kami update informasinya dari situs kami selanjutnya!

Kunjungi juga

Resep Opor Ayam

Variasi Resep Opor Ayam Favorit Keluarga Indonesia

Resep opor ayam di Indonesia terhitung cukup banyak variasinya. Ada yang dengan bumbu kuning, bumbu …