Cara Mengunci Jaringan 4g Telkomsel
Cara Mengunci Jaringan 4g Telkomsel. Sumber Gambar: Google.com

Cara Mengunci Jaringan 4g Telkomsel

Cara mengunci jaringan 4g Telkomsel yang pasti. Cara ini sebenarnya bukan hanya untuk Telkomsel saja. Namun, untuk semua jaringan internet.

Seiring berjalannya waktu, teknologi juga berkembang pesat. Sebelum munculnya smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS, kita telah mengalami penggunaan ponsel jadul dengan kualitas jaringan 2G/3G.

Cara mengunci jaringan 4g Telkomsel

Tapi sekarang kita bisa merasakan teknologi canggih dari jaringan 4G LTE dimana kita bisa menonton video tanpa gangguan koneksi yang berarti.

Semua layanan dari operator jaringan seluler di tanah air sudah mendukung teknologi ini di kartu SIM mereka, belum lagi smartphone saat ini yang vendor keluarkan juga mendukung 4G LTE.

Namun, rilis teknologi ini bukan tanpa masalah, karena kita sering merasa bahwa sinyal yang tertangkap oleh ponsel kita sering berubah.

Hal ini penyebabnya bisa berbagai faktor seperti letak transmitter yang jauh dari tempat kita berada, saat memasuki area yang terdapat gedung-gedung yang sangat tinggi, sehingga sinyal 4G terhambat, dll.

Di bawah ini, kami akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah untuk mengunci sinyal 4G LTE hanya untuk Samsung, Oppo, Realme, Vivo. Juga untuk Xiaomi, Asus Zenfone, iPhone, Telkomsel dan juga Axis 2022 terbaru cukup mudah.

Berikut cara mengunci jaringan 4g Telkomsel di hp android :

  1. Dengan menekan kode

Jika kita mendapatkan gangguan sinyal yang penyebabnya oleh faktor-faktor seperti di atas, dampaknya akan cukup signifikan, seperti ketika streaming video melalui Internet menjadi terputus, bahkan Google sangat lambat, dan sebagainya.

Nah perlu anda ketahui solusi atau cara mengatasi sinyal yang hilang atau fluktuatif dengan cara mengunci sinyal 4G agar sinyal stabil dan cepat, simak penjelasannya berikut ini.

Berikut cara mengunci jaringan 4g dengan menekan kode:

  1. Buka aplikasi untuk ponsel lalu ketik kode berikut di ponsel Android Anda: ## 4636 ##
  2. Kemudian akan ada tampilan informasi yang muncul.
  3. Tugas Anda selanjutnya adalah memilih kartu SIM yang ingin Anda kunci dengan sinyal 4G saja agar koneksi internet selalu stabil.
  4. Anda kemudian akan melihat informasi tentang / di telepon / tentang ponsel Anda seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Kemudian anda masuk ke menu “Set the prefered network type” lalu lanjutkan dengan memilih opsi “LTE only”, kan sob?

  1. Jika sudah, maka itu berarti Anda telah melalui pengaturan. Maka ponsel Android Anda hanya menggunakan 4G saja.

Trik di atas kami praktikkan pada ponsel merek Xiaomi, tetapi Anda dapat menerapkannya di smartphone Android seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, Samsung, Advan, dll.

  1. Melalui menu pengaturan

Berikut cara mengunci jaringan sinyal 4g melalui menu pengaturan:

  • Langkah-langkahnya sendiri cukup mudah karena yang harus Anda lakukan adalah memulai ponsel cerdas Android Anda.
  • Kemudian masuk ke menu “Pengaturan” atau setting.
  • Lalu lanjutkan ke menu “Jaringan Seluler”, sekarang tugas Anda adalah memilih opsi “Mode Jaringan”.
  • Beberapa pilihan kemudian akan muncul.
  • Karena kita akan mengunci jaringan 4G ponsel Android, maka klik “Only 4G” atau “Only 4G” atau “Only LTE” tergantung jenis ponselnya.

Nah, jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, maka ponsel Android Anda akan selalu terkunci secara otomatis ke jaringan 4G. Sehingga ponsel Anda hanya mengizinkan sinyal terbaik yang masuk / tertangkap.

  1. Dengan aplikasi

Untuk cara selanjutnya kita bisa memanfaatkan aplikasi yang banyak tersedia di internet.

Untuk keamanan, Anda dapat mencari aplikasi Android untuk mengunci sinyal 4G di Google Playstore untuk menghindari aplikasi berbahaya yang dapat memata-matai ponsel Anda atau meretas informasi pribadi Anda.

  • Nah untuk percobaan saya menggunakan aplikasi android yang bernama 4G Switcher silahkan download melalui playstore, bagusnya aplikasi untuk 4G lock ini tanpa iklan sob.
  • Jika sudah terinstall maka buka aplikasinya dan ikuti saja petunjuknya sampai selesai caranya mudah.
  • Ingat aplikasi ini bekerja pada SIM 1, sobat? Namun aplikasi ini bukannya tanpa kekurangan yaitu jika hp android dalam keadaan OFF / RESTART maka semua settingan yang Anda ubah akan kembali seperti semula.
  • Oleh karena itu, Anda harus mengulangi langkah di atas untuk menikmati jaringan 4G yang cepat dan stabil.
  1. Untuk semua ponsel Android

Untuk mengunci sinyal 4G LTE Only terakhir, kita bisa menggunakan aplikasi yang tersedia tanpa root yang bisa Anda gunakan di ponsel Samsung.

Atau semua HP Android seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Advan, dll dan sudah terbukti work.

Jadi, berikut langkah-langkah untuk mengunci sinyal 4G LTE untuk semua ponsel Android:

  1. Pertama-tama unduh aplikasi Force LTE Only agar jaringan yang Anda dapatkan menjadi cepat dan stabil di ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi dan Anda akan melihat berbagai pop-up yang ditampilkan, pilih lewati atau klik saja tombol OK untuk masuk ke menu utama.
  3. Anda kemudian akan melihat tulisan “SIM 1 LTE | 3G | 2G SETTINGS”, klik saja.
  4. Selanjutnya Anda akan melihat menu dengan pilihan yaitu “Select Phone Index” yang berguna untuk memilih SIM CARD yang akan digunakan untuk mengunci sinyal 4G di ponsel Samsung atau ponsel Android Anda.
  5. Jika Anda memilih opsi “Telepon 0”, berarti kartu SIM yang akan Anda gunakan adalah slot kartu SIM nomor 1.
  6. Jika Anda memilih opsi “Telepon 1”, maka slot kartu SIM nomor 2 akan aktif, bukan?
  7. Setelah itu tinggal klik menu “Set prefered network type”, lalu pilih “LTE only” agar jaringan 4G terkunci di smartphone kamu.

Pertanyaan cara mengunci jaringan 4g Telkomsel

  • Apa itu teknologi 4G LTE?

Merupakan penerus jaringan 3G dan jaringan Internet generasi ke-4 yang tentunya memberikan kecepatan akses yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

  • Berapa kecepatan internet untuk 1G-2.5G?

Untuk kecepatan internet 1G menembus hingga 14,4 kbps. Untuk 2G, kecepatannya hingga 9-14 kbps, dan kecepatan internet 2.5G adalah 20-40 kbps.

  • Berapa kecepatan internet untuk 3G dan 4G?

Untuk 3G bisa mencapai 500-700 kbps. Untuk 3.5G ada kecepatan hingga 7.2 Mbps. Sementara itu, 4G dapat mencapai kecepatan unduh 185 Mbps dan kecepatan kirim 41 Mbps.

  • Bagaimana cara mengubah jaringan 3G/H+ menjadi 4G LTE semua jenis ponsel?

Jadi, Inilah yang saya tulis tentang 6 cara mengunci jaringan 4G di ponsel dengan Android 2022, semoga Anda dapat mempraktekkannya dan mencobanya dengan keberuntungan!

Kunjungi juga

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot yang Bisa Kita Lakukan Sendiri

Cara agar laptop tidak lemot yang bisa kita lakukan sendiri. Baik Anda maupun perangkat Anda …