Kode Depan Bank BRI

  • Bagikan
Kode Depan Bank BRI
Kode Depan Bank BRI. Sumber Gambar: Google.com

Kode depan Bank BRI untuk transfer berapa? Layanan transfer antar bank sebenarnya bukan bisnis asing di kalangan masyarakat Indonesia. Kebiasaan masyarakat yang terus menerus melakukan transaksi juga membuat layanan ini semakin lama semakin banyak kita gunakan. Kebutuhan akan transaksi harian yang cepat juga dukungan oleh berbagai platform e-commerce dan layanan online yang bermunculan dalam beberapa tahun terakhir.

Kode depan Bank BRI

Adalah: 002.

Meski berbagai jenis transaksi kini dapat Anda lakukan melalui aplikasi smartphone, namun jumlah masyarakat yang masih menggunakan ATM untuk transfer antar bank masih sangat tinggi. Selama 2 dekade terakhir, transaksi antar bank yang menggunakan ATM telah lebih terkenal untuk orang-orang dari berbagai generasi. Tentunya hal ini juga karena dukungan dengan ketersediaan ATM yang sudah tersedia dalam jumlah besar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Bank BRI sebagai salah satu bank BUMN tertua di Indonesia, tentunya menyediakan layanan transfer antar bank melalui ATM-nya. Transfer antar bank ke atau dari rekening BRI juga tidak terlepas dari penggunaan kode bank tunggal sebagai metode identifikasi rekening tujuan transfer. Bagi anda yang belum tahu, berikut informasi kode Bank BRI dan kode bank indonesia lainnya.

Informasi Kode depan Bank BRI

Sandi Bank BRI adalah “002” yang dapat kita gunakan sebagai 3 digit pertama sebelum rekening tujuan saat melakukan transfer ke bank lain.

no.nama bankKode Bank
01BRI (Bank Rakyat Indonesia)      002

Berikut langkah-langkah transfer menggunakan kode Bank BRI dari ATM ke bank lain:

  • Pergi ke ATM terdekat sesuai dengan bank pilihan Anda
  • Masukkan kartu ATM Anda ke dalam ATM.
  • Masukkan 6 nomor PIN.
  • Kemudian pilih menu transfer antar bank / transfer ke bank lain.
  • Masukkan nomor rekening BRI, awali dengan kode bank (3 digit kode bank + nomor rekening). Contoh: 002 135678XXXXX.
  • Pilih lanjutkan/perbaiki, lalu masukkan jumlah uang yang akan Anda transfer.
  • Pilih lanjutkan/benar, lalu konfirmasi transaksi (ya/tidak).

Manfaat dan penggunaan kode bank BRI

Penggunaan kode Bank BRI ini gunanya adalah sebagai metode identifikasi rekening tujuan transfer. Melalui kode bank tersebut, rekening tujuan otomatis terverifikasi sebagai rekening bank BRI sehingga dapat terlihat bedanya dengan bank lain. Kode bank juga berguna untuk mencegah kesalahan transfer. Karena jika terjadi kesalahan dalam memasukkan kode bank maka transaksi tidak dapat terproses/batalkan.

Berikut perbedaan keuntungan menggunakan kode BRI saat melakukan transfer melalui ATM BRI:

  • Sebagai metode identifikasi, jika yang kita tuju adalah rekening BRI pada saat proses transfer kita lakukan.
  • Mengurangi risiko salah transfer ke rekening lain. Jika kode bank salah / sesuai dengan rekening tujuan, transaksi akan otomatis batal.

Tentang Bank BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (Bank Nasional Indonesia, lebih dikenal juga dengan nama BRI atau Bank BRI) merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia.[3] Ini mengkhususkan diri dalam pinjaman kecil dan keuangan mikro [4] dari dan pinjaman kepada sekitar 30 juta pelanggan ritel melalui lebih dari 4.000 cabang, unit dan lokasi layanan pedesaan. Ini juga memiliki bisnis perusahaan yang relatif kecil tetapi berkembang. Pada 2010, ini adalah bank terbesar kedua di Indonesia berdasarkan aset.[5]

BRI adalah bank tertua di Indonesia, berdiri sejak tahun 1895. Saat ini 70% dimiliki oleh perusahaan milik negara (Persero) dan dimiliki negara selama periode dari Perang Kemerdekaan (1945 hingga 1949) hingga November 2003, ketika 30% sahamnya dijual melalui IPO.

1. Sejarah

BRI didirikan pada tahun 1895 pada masa penjajahan Belanda dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden (Bank Bantuan dan Simpanan Kaum Priyayi Purwokerto) oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah. Kemudian mengalami perubahan nama pertama (dari banyak) menjadi Hulp en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren (Bank Bantuan dan Simpanan Pegawai Negeri Sipil).

2. Satelit

Pada April 2014, BRI bermitra dengan Space Systems / Loral dan Arianespace untuk membangun dan meluncurkan satelit pertama mereka, pesawat ruang angkasa 3.500 kg (7.700 lb) dengan C-band dan Ku-band, masing-masing disebut BRIsat.Pada 18 Juni 2016, Ariane 5 berhasil meluncurkan BRIsat sebagai satelit pertama yang dimiliki dan dioperasikan oleh bank di dunia yang menghubungkan cabang-cabang bank yang terisolasi secara geografis.

Jadi, itulah kode depan Bank BRI untuk transfer ATM adalah 002. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan