Penyebab Hp Sering Panas
Penyebab Hp Sering Panas. Sumber Gambar: Google.com

Penyebab HP Sering Panas

8 penyebab HP sering panas dan cara mengatasinya. Apa yang menyebabkan ponsel cepat panas? Penyebab ponsel terlalu panas adalah salah satu pertanyaan yang paling sering pengguna HP atau smartphone tanyakan. Berbeda dengan ponsel jadul (jadul), smartphone atau smartphone memiliki banyak komponen dengan fungsi yang bervariasi dan kompleks. Karena komponennya banyak dan kompleks, sebenarnya ada banyak penyebab ponsel cepat panas.

Penyebab HP sering panas

Penyebab ponsel cepat panas bisa karena faktor internal seperti baterai dan bisa juga karena faktor eksternal seperti casing atau suhu lingkungan yang hangat. Ponsel cepat panas dan baterai ponsel cepat habis. Solusinya adalah dengan mencari tahu bagian mana yang bermasalah dan kemudian memperbaikinya. Berikut Sultan yang merangkum 8 penyebab ponsel overheat dan cara mengatasinya:

Alasan penyebab HP sering panas dan solusinya

  1. HP cepat panas karena baterai rusak

Penyebab paling umum dari ponsel panas adalah baterai HP. Anda dapat mengetahui penyebab ponsel Anda cepat panas dengan merasakan bagian ponsel mana yang cepat panas. Jika bagian belakang ponsel cepat panas, alasan utamanya bisa jadi karena baterai.

Baterai yang rusak atau habis lebih cepat panas daripada baterai baru. Oleh karena itu, saran untuk mengatasi ponsel yang terlalu panas akibat baterai adalah dengan membawanya ke tukang reparasi dan minta ganti baterainya.

  1. Pengisi daya rusak atau penggunaan pengisi daya palsu

Jika bagian ponsel yang cepat panas berada di dekat port charger, bisa jadi penyebab ponsel cepat panas karena charger bermasalah. Pengisi daya yang tidak memenuhi spesifikasi ponsel akan memberikan daya yang lebih atau kurang dari yang HP butuhkan. Karena tegangan yang HP terima tidak sesuai dengan tegangan yang semestinya, maka ponsel akan cepat panas meskipun baterai terisi penuh.

Terkadang mengisi baterai dengan pengisi daya yang tidak sesuai menyebabkan baterai membutuhkan waktu lebih lama untuk kita isi. Cara paling efektif mengatasi panas dalam dengan cepat adalah dengan mengganti charger yang bermasalah dengan charger aslinya atau memiliki daya yang besar tergantung kebutuhan handphone Anda.

  1. Menggunakan ponsel saat mengisi daya

Menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya menyebabkan peningkatan kinerja baterai dan pemanasan ponsel yang cepat. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, baterai bisa membengkak dan meledak. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin ponsel Anda cepat panas, lebih baik menunggu hingga proses pengisian baterai selesai, setelah itu Anda dapat menggunakan ponsel kembali.

  1. Penggunaan ponsel di tempat yang panas

Ponsel seperti perangkat elektronik lainnya. Ponsel dapat menghasilkan panas sendiri ketika kinerja meningkat dan menghabiskan terlalu banyak energi. Sumber panas ponsel berasal dari chipset dan baterai. Karena ponsel dapat menghasilkan panasnya sendiri, cegah ponsel agar tidak terkena panas dari luar.

Perpaduan panas dari dalam dan luar menyebabkan suhu ponsel cepat panas dan merusak komponen internal. Solusinya adalah hindari meletakkan ponsel di tempat yang terlalu lama panas, seperti di dekat kompor, dekat microwave, di bawah sinar matahari langsung, di dashboard mobil, atau di dekat kipas laptop yang mengeluarkan udara panas.

  1. HP panas karena aplikasi bermasalah

Aplikasi dapat menjadi penyebab cepat panasnya ponsel. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang menguras baterai Anda. Semakin banyak baterai habis, semakin cepat ponsel memanas. Jika ada aplikasi yang menguras baterai secara berlebihan, ponsel cepat panas. Selain itu, bug pada aplikasi menyebabkan aplikasi berjalan terus menerus sehingga dapat menguras baterai.

Untuk mengetahui apakah ada aplikasi “lapar baterai”, Anda dapat memeriksa di Pengaturan> Baterai. Jadi solusi terbaik adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan mencegah aplikasi restart secara otomatis. Jika itu tidak cukup, Anda dapat menghapus aplikasi dari ponsel Anda.

  1. Lupa menonaktifkan mode “Overclock”.

Beberapa tipe ponsel murah atau ponsel gaming terbaru dilengkapi dengan fungsi “overclock” yang tujuannya untuk merangsang kinerja chipset agar bisa berjalan lebih cepat. Fitur Overclock memiliki banyak julukan, mulai dari Performance Mode hingga Turbo Mode. Apapun namanya, pada dasarnya fitur ini akan memaksa chipset atau prosesor berjalan dengan kecepatan penuh.

Jika mode overclock Anda gunakan terus menerus, ponsel akan cepat panas dan baterai akan lebih cepat habis. Solusi terbaik adalah menonaktifkan mode overclock saat tidak kita perlukan.

  1. Kesulitan menemukan sinyal

Saat ponsel kesulitan mencari sinyal atau sinyal internet provider terlalu lemah, ponsel akan cepat panas. Ini karena ponsel terpaksa terus mencari sinyal dan menggunakan koneksi internet supaya bisa berfungsi secara normal. Ini biasanya terjadi ketika Anda berada di dalam lift atau ponsel Anda terlalu lama berada di dalam celana jeans, yang menghalangi penerimaan sinyal.

Cara cepat atasi panas karena sinyal adalah dengan mematikan data saat kualitas sinyal di tempat Anda kurang bagus. Cara kedua untuk mengatasi panas dengan cepat adalah dengan mengganti penyedia Internet dengan kualitas sinyal yang lebih baik.

  1. HP cepat panas karena menggunakan casing yang tebal

Jangan asal memilih casing jika tidak ingin ponsel cepat kepanasan. Penyebab ponsel cepat panas bisa berasal dari masalah sepele seperti salah memilih casing. Bungkus yang terlalu tebal dan rapat akan menghambat sirkulasi udara di sekitar ponsel. Jika suhu ponsel naik karena terlalu lama digunakan, casing akan mencegah panas keluar dari ponsel, menyebabkan ponsel cepat panas.

Casing ponsel yang terlalu ketat dan bahan yang terlalu tebal akan mengurangi sensitivitas antena untuk menangkap sinyal seluler. Hal ini menyebabkan ponsel harus bekerja sangat keras untuk menangkap sinyal seluler sehingga lama kelamaan baterai habis dan ponsel cepat panas. Cara cepat mengatasi panas karena casing adalah pilih casing yang tidak terlalu tebal dan tidak menutupi seluruh permukaan ponsel.

Kesimpulan penyebab HP sering panas

Nah, itulah 8 penyebab ponsel cepat panas dan cara mengatasinya. Sumber panas ponsel berasal dari baterai dan chipset. Kedua komponen ini harus diperhatikan saat ponsel cepat panas. Cara mengatasi hp panas adalah dengan mengecek masalah yang terjadi pada chipset dan baterai. Perlu diingat agar ponsel Anda tetap berfungsi maksimal dan tahan lama, Anda harus selalu memperhatikan suhu. Jangan sampai handphone terus menerus terkena panas langsung dari luar agar komponen di dalamnya tidak cepat rusak.

Kunjungi juga

Unduhan Video Tik Tok

Aplikasi untuk Unduhan Video Tik Tok Tanpa Watermark

Unduhan video Tik Tok tanpa watermark dengan aplikasi terbaik. Mengapa Anda memerlukan pengunduh video TikTok? …