Jelaskan Yang Dimaksud dengan Energi Alternatif

  • Bagikan
Jelaskan yang dimaksud dengan Energi Alternatif
Jelaskan yang dimaksud dengan Energi Alternatif. Sumber Gambar: Google.com

Jelaskan yang dimaksud dengan energi alternatif. Pernahkah Anda mendengar istilah energi alternatif? Anda tahu apa artinya itu? Atau mungkin, apakah Anda ingin mengetahui lebih detail semua detail energi ini? Kami telah menyiapkan informasi lengkapnya khusus untuk Anda.

Jelaskan yang dimaksud dengan energi alternatif

Pengertian energi alternatif

Energi alternatif (energi terbarukan) adalah semua sumber energi yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional. Tujuannya adalah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang menyebabkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi sehingga berkontribusi signifikan terhadap pemanasan global.

Menurut Encyclopaedia Britannica (2015), pada awal abad ke-21, sekitar 80 persen energi dunia berasal dari bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil yang kita gunakan dapat berupa minyak bumi, batu bara dan gas alam. Ketiganya berasal dari makhluk hidup yang mati dan terkubur jutaan tahun lalu dan termasuk energi tak terbarukan.

Artinya, energi ini memiliki kapasitas yang terbatas sehingga suatu saat akan habis. Oleh karena itu, berbagai pihak mulai dari pemerintah hingga ilmuwan berusaha mencari dan mengembangkan sumber energi lain sebelum bahan bakar fosil habis. Energi ini kita sebut energi terbarukan atau energi alternatif.

Jelaskan yang dimaksud dengan energi alternatif dan manfaatnya

Pengembangan dan penelitian energi alternatif terus berjalan terutama pada peralatan atau mesin modern seperti pompa air tenaga surya saat ini. Penggunaan energi alternatif ternyata mampu menyerap sumber daya dan investasi yang tinggi dan manfaatnya akan terasa dalam jangka panjang. Salah satu manfaat energi alternatif adalah kemampuannya untuk mengurangi dampak energi fosil. Agar tidak penasaran, berikut manfaat dan kelebihan energi alternatif lain yang harus Anda ketahui.

  1. Mengurangi dampak pemanasan global

Lingkungan manusia penuh dengan racun kimia berbahaya dan emisi karbon dioksida selama bertahun-tahun. Pencemaran ini juga berdampak pada kenaikan muka air laut, penipisan lapisan ozon, pemanasan global, kekeringan, kepunahan flora dan fauna, dan lain-lain. Penggunaan energi alternatif terbarukan tentunya dapat mengurangi bahkan menghilangkan berbagai faktor penyebab kerusakan alam. Pasalnya, energi alternatif merupakan energi bersih yang dapat membantu manusia modern mengatasi krisis lingkungan

  1. Sumber energi yang tidak pernah habis

Salah satu manfaat energi alternatif adalah sumber energi yang tidak akan pernah habis. Bandingkan ini dengan bahan bakar fosil seperti gas, minyak dan batu bara, yang suatu hari akan semakin sulit kita dapat. Sedangkan contoh energi alternatif seperti angin, matahari dan air dapat kita katakan sebagai sumber energi yang tidak akan pernah habis. Di negara berkembang, energi jenis ini dapat menjadi solusi karena pasokan bahan bakar fosil secara bertahap semakin berkurang dan hal ini berdampak pada kerusakan lingkungan.

  1. Meningkatkan kesehatan

    masyarakat secara drastis

Polusi adalah penyebab utama penyakit dan kesehatan yang buruk di masyarakat perkotaan karena penggunaan energi fosil secara besar-besaran. Sedangkan energi terbarukan merupakan sumber energi yang bersih dan dapat mencegah pencemaran. Penggunaan batu bara dan minyak bumi kita ketahui telah memberikan kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap masalah pernapasan, kanker, penyakit jantung dan berbagai penyakit serius lainnya yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

  1. Hemat sumber daya dan uang

Banyak yang beranggapan bahwa energi alternatif cenderung mahal dan boros secara finansial. Namun, hipotesis ini tidak benar. Sebaliknya, penggunaan energi terbarukan akan menghemat biaya dalam penggunaan jangka panjang, seperti biaya pengisian ulang, perawatan, pengisian ulang, biaya operasi dan penggunaan bahan bakar itu sendiri.

Misalnya, pompa submersible bertenaga surya bisa mahal dari segi harga barang dan panel surya. Namun, tidak perlu terus-menerus bergantung pada listrik karena pompa air rumah akan selalu menyala mengingat matahari akan selalu ada setiap hari dan Anda dapat menikmatinya secara gratis.

  1. Ciptakan peluang dan kesempatan kerja

Menurut data BP Statistical Review of World Energy, pertumbuhan konsumsi energi nasional pada 2019 sebesar 8,3%, sedangkan dari 2008 hingga 2018 pertumbuhan permintaan energi hanya 4,0%. Peningkatan kebutuhan yang semakin meningkat tentunya akan semakin meningkat setiap tahunnya dan tentunya akan berdampak pada peningkatan kebutuhan akan sumber daya manusia.

Hal ini karena penggunaan energi terbarukan membutuhkan tambahan tenaga khusus daripada dengan penggunaan energi konvensional. Belum lagi penggunaan energi terbarukan yang mampu menyerap tenaga kerja lebih dari 24 juta orang di seluruh dunia, terutama di sektor surya dan angin. Berbagai bidang pekerjaan yang memerlukan antara lain tenaga kerja dalam proses produksi, konstruksi dan instalasi, transportasi, logistik, keuangan, nasihat hukum.

Jelaskan yang dimaksud dengan energi alternatif dan contohnya

Energi alternatif memiliki berbagai jenis tergantung dari sumbernya. Hal ini sesuai dengan ketersediaan energi dan teknologi yang dapat kita manfaatkan manusia dari alam. Energi alternatif apa yang kamu ketahui? Agar tidak penasaran, berikut ini berbagai jenis dan contoh energi alternatif yang harus Anda ketahui.

  1. Panas matahari

Pertama, adanya energi matahari alternatif yang dapat kita ubah menjadi listrik dengan bantuan panel surya. Panel surya ini memiliki rangkaian sel fotovoltaik yang kita sebut sebagai ‘listrik ringan’. Energi alternatif ini dapat menggerakkan kendaraan listrik bahkan perahu listrik yang menggunakan panel surya. Hanya saja penggunaan panel surya masih terbatas karena biaya per wattnya masih relatif tinggi – bisa sepuluh kali lipat dari bahan bakar fosil, tergantung situasi.

  1. Panas Bumi

Selain panas matahari, energi panas bumi merupakan contoh lain dari energi alternatif. Panas bumi berasal dari dalam bumi yang berasal dari aktivitas vulkanik seperti air panas, uap alam dan batuan kering. Penelitian di Islandia telah menemukan kekuatan baru dari energi ini sehingga dapat melipatgandakan jumlah listrik hingga sepuluh kali lipat.

  1. Angin

Angin yang kita rasakan setiap hari juga masuk dalam daftar energi alternatif. Ternyata energi angin dapat diubah dari energi kinetik menjadi energi mekanik yang terhubung dengan motor generator untuk menghasilkan energi listrik. Pemanfaatan penggunaan energi angin paling baik ada di Belanda, yang memiliki kincir angin besar untuk memompa air irigasi ke pertanian dan menghasilkan listrik.

  1. Energi listrik tenaga air

Contoh energi alternatif selanjutnya adalah pembangkit listrik tenaga air. Energi ini kita peroleh dengan membendung air sungai kemudian mengarahkan pipa air menuju turbin. Energi yang kita peroleh berdasarkan proses jatuhnya air ke turbin dan banyaknya air yang mengalir. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) tentunya sangat membutuhkan sumber air yang sangat besar dan pembangunan ruang yang besar untuk menampung air seperti danau alam atau waduk.

  1. Biomassa

Biomassa berasal dari pembuangan kotoran manusia atau hewan. Energi ini kita ubah dengan membakarnya terlebih dahulu atau kita campur dengan bahan lain dalam penampung di dalam tangki. Kemudian penyalurannya melalui pipa instalasi atau yang kita sebut dengan biogas. Contoh penggunaan energi alternatif biomassa dapat menggantikan penggunaan tabung gas untuk memasak.

  1. Ombak / Pasang surut

Seperti namanya, energi pasang surut berasal dari pasang surut air laut. Salah satu kelemahan energi ini adalah pada alat konversinya yang dapat bertahan di air laut untuk menghindari korosi dan arus laut. Prinsip pengoperasian energi ini terletak pada besarnya volume air yang terjadi pada saat air pasang.

  1. Etanol

Contoh lain dari energi alternatif adalah etanol, juga terkenal sebagai etil alkohol, yang berasal dari alkohol, dari proses fermentasi di beberapa tanaman, seperti jagung dan gandum.

Brazil merupakan negara yang berhasil mengembangkan energi ini sehingga tidak bergantung pada bahan bakar minyak (BBM).

  1. Nuklir atau uranium

Nuklir mampu menghasilkan energi listrik yang sangat besar. Buktinya, hasil pengukuran 1 gram zat radioaktif bisa menghasilkan listrik hingga 50 ribu kWh per jam. Keuntungan lain dari energi nuklir adalah tidak menghasilkan efek rumah kaca sehingga pemanasan global dapat kita cegah. Jepang telah menjadi negara yang sukses dalam menguji energi ini dan beberapa daerah telah menggunakannya.

  1. Hidrogen

Hidrogen adalah lebih baik daripada bahan bakar karena tidak menghasilkan polusi yang berbahaya bagi lingkungan. Proses menghasilkan energi ini melalui air yang dibakar oleh listrik dan panas seperti bensin. Selain itu, hidrogen diproduksi melalui proses penyimpanan yang dicampur dengan oksigen dari atmosfer hingga terjadi reaksi kimia.

Reaksi tersebut membentuk energi yang berubah menjadi hampir 100% listrik dan sisanya adalah panas. Hanya saja menggunakan energi hidrogen membutuhkan banyak energi dan prosesnya cukup lama. Belum lagi, penyimpanannya sulit karena harus bertekanan tinggi.

  1. Piezoelektrik

Piezoelektrik adalah salah satu contoh energi alternatif dari hasil mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Prinsip pengoperasian energi ini dengan banyak tekanan dari orang-orang yang berada di satu tempat kemudian berubah menjadi listrik.

Contoh penggunaan energi alternatif untuk pembangkit listrik tenaga manusia ini adalah Jepang yang menggunakan penumpang yang melewati Stasiun Tokyo. Mereka meletakkan perangkat piezoelektrik pelat di lantai gerbang kantor tiket atau di arena stasiun lainnya. Hasil energi ini berdasarkan pada pergerakan, massa kendaraan dan getaran dan juga variasi suhu. Hanya saja bahan piezoelektrik masih tergolong mahal untuk kita pasang di rumah.

  1. Biodiesel

Biodiesel merupakan salah satu energi alternatif pengganti energi fosil. Energi ini sudah lama kita kenal terutama di negara-negara maju. Bahkan, beberapa negara sudah mulai menggunakan biodiesel sebagai bahan bakar utamanya. Energi ini dapat kita peroleh dari lemak hewani dan nabati, sehingga bersifat ekologis dan terbarukan.

Penggunaan energi alternatif

Indonesia yang kaya akan sumber daya alam tidak lepas dari potensi pengembangan energi alternatif. Hal ini karena energi konvensional yang berasal dari fosil seperti batu bara, minyak dan gas sudah mulai habis.

Berbagai cara pemerintah lakukan untuk mengembangkan energi terbarukan demi kelangsungan hidup rakyatnya. Begitu juga dengan perusahaan dan komponen masyarakat lainnya. Beberapa kegiatan yang menggunakan energi ini di Indonesia adalah:

  • Pembangunan pembangkit listrik tenaga angin Sidrap (PLTB) 75 Megawatt (Megawatt / MW) di Sulawesi Selatan
  • PLN telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang di Jawa Barat sejak tahun 1982
  • PT Madusari Murni Indah (MMI), produsen ethanol, mengubah limbahnya menjadi listrik
  • Produk biodiesel Pertamina
  • dan seterusnya

Bentuk energi alternatif saat ini

Jelaskan yang dimaksud dengan energi alternatif dan bentuknya saat ini.

Seiring dengan perkembangan zaman, energi ini juga memiliki berbagai bentuk. Penasaran? Berikut berbagai bentuk energi alternatif yang harus Anda ketahui:

  1. Energi alternatif yang ramah lingkungan

Meski kita anggap menjanjikan, sumber energi terbarukan seperti biomassa, yang terkadang kita sebut sebagai pengganti bahan bakar fosil, juga berbahaya saat kita pasarkan. Hal ini karena hutan merupakan penghasil biomassa (kayu adalah biomassa), sehingga berpotensi terkikis jika biomassa tersebut dikomersialkan.

Contoh lain, Belanda menggunakan minyak sawit sebagai bahan bakar nabati. Namun, penggunaannya telah berhenti karena ada bukti ilmiah bahwa penggunaannya menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada bahan bakar fosil. Misalnya, kemungkinan perluasan lahan kelapa sawit yang dapat menguras hutan alam. Saat ini, contoh pemanfaatan energi alternatif yang berkelanjutan adalah etanol selulosa yang sedang kita upayakan.

  1. Alternatif “nol karbon”

Ekonomi bahan bakar rendah karbon merupakan sumber alternatif untuk menghilangkan emisi karbon dan metana dari perspektif masalah perubahan iklim. Bahkan sumber energi terbarukan dan berkelanjutan seperti biomassa dan hidrogen yang hasil dari gas alam tidak murah untuk melawan peningkatan karbon global.

Energi nuklir dan teknik penangkapan dan penyimpanan karbon seperti teknologi batubara bersih adalah teknologi energi alternatif rendah karbon. Namun, hal itu tidak sesuai dengan tujuan bahwa energi alternatif tidak boleh merusak lingkungan.

  1. Kemandirian energi alternatif

Adanya kesadaran dari masyarakat Eropa untuk lebih mandiri dan tidak lagi bergantung pada pasokan energi (migas) dari Rusia, serta di Amerika Serikat yang berharap bebas dari impor minyak import dari negara lain.

Dari sudut pandang ini, gas alam dalam negeri bahkan bahan bakar fosil merupakan energi alternatif untuk bahan bakar yang diimpor dari luar. Pandangan ini berasal dari T. Boone Pickens yang menjelaskan Rencana Pickens untuk Kemandirian Energi dan mencerminkan hukum Negara Bagian Florida, AS. Meskipun gas alam tidak terbarukan, dari sudut pandang ini sumber energinya adalah energi alternatif.

Konsep baru energi alternatif

Jelaskan yang dimaksud dengan energi alternatif dan konsep saat ini.

Energi alternatif atau terbarukan juga sedang diperbarui dalam hal desain dan pengembangan. Agar tidak penasaran, berikut beberapa konsep energi alternatif baru yang harus Anda ketahui.

  1. Area penangkapan energi angin terapung

Sebenarnya, area penangkapan energi angin terapung sama dengan area penangkapan energi angin biasa, tetapi mengapung di tengah lautan. Daerah penangkapan energi angin lepas pantai dapat beristirahat di kedalaman air hingga 40 meter. Keunggulannya adalah kemampuannya menangkap energi angin di tengah lautan tanpa hambatan bukit, pepohonan dan bangunan. Tentu saja, angin di tengah lautan bisa mencapai dua kali lipat kecepatan angin di darat.

  1. Biogas tercerna

Biogas hasil pencernaan ini berkaitan dengan penggunaan gas metana yang keluar saat kotoran hewan terurai. Gas ini dapat kita peroleh dari sistem limbah dan pembuangan kotoran. Sistem pembangkit biogas kita gunakan untuk menghasilkan dan memproses gas metana melalui bakteri atau dekomposer yang memecah biomassa dalam lingkungan atau kondisi anaerobik. Selain itu, gas metana yang terkumpul dan kita murnikan dapat kita gunakan sebagai sumber energi alternatif.

  1. Heliokultur

Heliokultur adalah proses memanen energi matahari menjadi bahan bakar dengan memindahkan karbon dioksida ke atmosfer menggunakan pertanian.

  1. Energi alternatif dalam transportasi

Bagaimana awalnya energi alternatif kita gunakan pada kendaraan/transportasi? Dimulai ketika terjadi kenaikan harga gas pada tahun 2008 dengan harga BBM naik menjadi $4 per galon di Amerika Serikat. Kemudian muncul gerakan untuk mengembangkan kendaraan dengan bahan bakar yang lebih irit dan kendaraan dengan bahan bakar alternatif.

Banyak perusahaan telah menanggapi gerakan untuk meningkatkan penelitian dan pengembangan untuk mengubah cara mengemudi kendaraan pribadi secara mendasar. Kemudian mulailah penemuan dan pengembangan kendaraan hibrida dan bertenaga baterai yang kini tersedia secara komersial dan kita terima secara luas oleh orang-orang di seluruh dunia.

Keuntungan dan kerugian dari energi alternatif

Bola lampu dengan bagian dalam berisi daun hutan dan pepohonan dalam cahaya, konsep pelestarian lingkungan dan tanaman pemanasan global yang tumbuh di dalam bola lampu selama musim kemarau

Pengertian energi alternatif termasuk energi terbarukan agar tidak habis seperti matahari, angin, aliran air dan sebagainya. Jenis energi ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan energi alternatif:

Manfaat energi alternatif

Jelaskan yang dimaksud dengan energi alternatif beserta keuntungan dan kerugiannya.

Keuntungannya adalah sebagai berikut:

  • Tidak akan ada kekurangan sumber energi alternatif karena merupakan energi terbarukan
  • Penawaran berlimpah
  • Ekologis
  • Mampu menggantikan penggunaan batubara, sebagai sumber energi utama yang dapat merusak lingkungan
  • Menjadi sumber energi gratis
  • Mengurangi ketergantungan pada energi fosil
  • Relatif lebih ramah lingkungan
  • Mereka memiliki tingkat emisi karbon dan zat berbahaya yang rendah
  • Ini bisa membantu pemerintah memangkas subsidi BBM
  • Tidak membutuhkan banyak petugas untuk melakukan tahap eksploitasi
  • Tidak merusak lingkungan

Kekurangan energi alternatif

Kerugiannya adalah sebagai berikut:

  • Biaya pengaturan awal cukup tinggi
  • Kurang efisien
  • Energi alternatif kurang dapat kita andalkan karena bergantung pada alam
  • Harga alatnya lumayan mahal
  • Efisiensi rendah

Penggunaan energi jenis ini mulai menarik perhatian berbagai pihak, termasuk pemerintah berbagai negara di dunia. Hal ini untuk mengantisipasi berkurangnya pasokan bahan bakar fosil.

Jawaban untuk pertanyaan jelaskan yang dimaksud dengan energi alternatif adalah sebagai pengganti energi fosil. Beberapa jenis energi di atas adalah contoh energi alternatif dan manfaatnya. Ke depan, penggunaan energi terbarukan akan semakin masif mengingat sumber energi fosil semakin menipis dan juga berdampak serius terhadap lingkungan. Temukan informasi pendidikan lainnya yang hanya berguna untuk Anda di blog Kami.

  • Bagikan