Cara Yang Paling Mudah Untuk Mengurangi Karbondioksida Di Udara Adalah

  • Bagikan
Cara Yang Paling Mudah Untuk Mengurangi Karbondioksida Di Udara Adalah
Cara Yang Paling Mudah Untuk Mengurangi Karbondioksida Di Udara Adalah. Sumber Gambar: Google.com

Cara yang paling mudah untuk mengurangi karbondioksida di udara adalah dengan menanam pohon. Sejak awal revolusi industri, umat manusia telah menghasilkan lebih dari 2.000 gigaton karbon dioksida. Ini adalah angka yang sangat besar karena satu gigaton sama dengan 1 miliar ton.

Cara yang paling mudah untuk mengurangi karbondioksida di udara adalah

Karbondioksida merupakan salah satu penyebab pemanasan global yang terjadi saat ini. Meskipun ada hal lain yang memicu, namun zat yang berperan dalam menyebabkan pemanasan global adalah karbon dioksida ini. Karbon dioksida itu sendiri tidak berwarna, tidak berbau, tidak mudah terbakar, dan memiliki rasa sedikit asam.

Dampak buruk dari kelebihan karbon dioksida

Seperti Anda ketahui, karbon dioksida merupakan senyawa yang sangat penting bagi tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Namun, senyawa ini juga bisa berbahaya jika jumlahnya terlalu banyak, sedangkan pohon yang akan melakukan fotosintesis terlalu kecil. Akibatnya, senyawa tersebut akan naik ke atmosfer dan menghalangi emisi panas, sehingga berdampak pada pemanasan global.

Gas karbon dioksida sendiri dapat berasal dari asap pabrik, pembakaran sampah, kebakaran hutan, dan asap kendaraan bermotor. Selain itu, efek rumah kaca dan pembakaran fosil juga berkontribusi terhadap karbon dioksida di udara.

Pada dasarnya keberadaan karbon dioksida memiliki dampak positif, namun kelebihan keberadaan zat ini menyebabkan hal buruk terjadi. Itulah mengapa penting untuk mengetahui cara mengurangi keberadaan karbon dioksida di udara.

Untuk mengurangi karbon dioksida di udara, ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan. Cara ini mungkin tidak banyak membantu, namun hasilnya berbeda bila banyak orang melakukannya bersama sama. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mengurangi karbon dioksida di udara:

Tips cara yang paling mudah untuk mengurangi karbondioksida di udara adalah

1. Menanam pohon

Menggunakan fotosintesis untuk menghilangkan karbon dioksida adalah cara paling alami yang dapat kita lakukan bersama. Pohon besar merupakan salah satu aktor yang banyak menyerap karbondioksida untuk melakukan fotosintesis. Namun bukan berarti tumbuhan kecil tidak melakukan hal yang sama, hanya saja tumbuhan kecil tidak berfotosintesis sebanyak pohon besar.

Untuk mengurangi karbon dioksida di udara, cara paling efektif yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai menanam pohon di sekitar rumah Anda. Cara ini memang tidak terlalu efektif dalam menyelamatkan dunia, tetapi cara ini Anda bisa mengurangi karbondioksida di sekitar Anda.

2. Penggunaan kendaraan bermotor sesuai kebutuhan

Keberadaan kendaraan bermotor pada saat ini sangat membantu manusia untuk mengurangi jarak tempuh. Namun penyalahgunaan kendaraan bermotor justru akan memperburuk keadaan, karena polusi akibat dari asap kendaraan bermotor tersebut.

Seperti yang kita ketahui, polusi yang  akibat keluarnya asap kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang karbon dioksida terbesar saat ini. Oleh karena itu, untuk membantu mengurangi karbon dioksida di udara, sebaiknya gunakan kendaraan bermotor hanya bila kita perlukan. Jika jarak yang ingin Anda tempuh masih bisa Anda tempuh dengan berjalan kaki atau bersepeda, maka akan lebih baik jika Anda menggunakan sepeda untuk mengurangi polusi karbon.

3. Tidak membakar sampah

Pembakaran sampah dan kebakaran hutan adalah salah satu penyumbang terbesar karbon dioksida saat ini. Oleh karena itu, dalam mengurangi polusi karbon dioksida di udara, Anda tidak boleh sembarangan membakar semua sampah. Cobalah untuk membedakan antara sampah organik dan anorganik, sehingga Anda dapat memperlakukan kedua jenis sampah secara berbeda.

Sampah organik yang mudah terurai, alangkah baiknya jika disisipi untuk membantu menyuburkan tanah. Sedangkan sampah anorganik yang tidak dapat terurai oleh tanah kemudian dapat terkirim ke tempat pengolahan sampah sehingga karbon hasil dioksida dari sampah tersebut sedikit berkurang.

Kesimpulan

Itulah tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi karbon dioksida di udara. Cara ini sebenarnya sangat mudah tetapi memang tidak bisa mengurangi karbondioksida di udara secara drastis. Meskipun begitu, setidaknya dengan melakukan itu Anda telah menjadi salah satu pelopor dalam mengatasi karbon dioksida.

Jika ternyata ada jutaan orang yang melakukan hal yang sama, maka dampaknya pada lingkungan akan cukup terasa juga. Karena itulah, kampanye lingkungan juga perlu kita lanjutkan untuk kebaikan bersama.

  • Bagikan