Biaya Rumah Ukuran 10x12
Biaya Rumah Ukuran 10x12. Sumber Gambar: Pinterest.com

Biaya Rumah Ukuran 10×12

Cara menghitung estimasi biaya rumah ukuran 10×12 yang mudah. Sebelum membangun rumah, biasanya Anda memikirkan biayanya, bukan? Nah untuk itu pada artikel kali ini kami membuatkan cara menghitung atau memperkirakan harga rumah minimalis 3 kamar tidur hanya untuk anda.

Biaya Rumah Ukuran 10×12

Ketahui ukuran bangunannya

Pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu berapa dimensi bangunan Anda. Misalnya berukuran 10 x 12 meter dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, ruang makan + dapur dan garasi.

Hitung bahan bangunan yang digunakan

Karena ada bahan bangunan yang berbeda, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Di bawah ini adalah bahan bangunan dan perkiraan harganya yang perlu Anda ketahui.

Bahan bangunan              Perkiraan harga

Semen karung dengan volume 50 kg       Rp53.000-Rp60.000

Bata merah (kecil, besar, ekspos)             Rp650-Rp4,000

Rp 200.000 pasir per meter kubik

batu       per meter kubik

Besi atau baja ringan      Rp 170.000 untuk batangan 15,8 mm atau Rp 100.000 untuk batang baja ringan.

Kayu      Rp75.000-Rp100.000 per meter

Ukuran paku 7 cm            Rp 14.000 per kg

Atap genteng tanah liat   Rp2.000-Rp7.000 per buah

Seng      Rp 50.000-Rp 100.000 per batang

Tenaga kerja        Rp. 75.000 sd 100.000 per orang.

Harga di atas hanya perkiraan. Mungkin berbeda di setiap toko atau di setiap wilayah. Jadi, jika ingin harga yang lebih akurat, sebaiknya cek atau survey dulu ke toko konstruksi terdekat.

Menghitung Biaya Rumah Ukuran 10×12 3 Kamar Tidur

Lantas berapa harga rumah minimalis 3 kamar tidur? Untuk menghitung biaya, Anda dapat menggunakan rumus untuk total biaya bahan + pembangun.

Misalnya, Anda membutuhkan bahan bangunan dengan total sebagai berikut:

Bata Ringan : Rp 10 juta.

Setrika: Rp 2,5 juta.

Pondasi (beton, kerikil, batu): Rp 6 juta.

Semen: Rp 5 juta.

Ubin: Rp 5 juta.

Bingkai: Rp 10 juta.

Pintu: Rp 3 juta.

Maksimal: Rp3 juta.

Cat: Rp 2 juta.

Granit: Rp 5 juta.

Instalasi Listrik dan PAM: Rp 3 juta.

Batu alam : Rp 1 juta.

Lem furnitur: Rp 200 ribu.

Baja ringan: Rp8 juta.

Biaya lainnya: Rp 3,5 juta.

Selanjutnya untuk biaya pembangun kita perkirakan Rp. 30 juta.

Jadi, total yang perlu Anda siapkan adalah total biaya bahan (67,2) + tukang (30). Jadi total biaya yang perlu disiapkan adalah sekitar Rp. 97,2 juta. Anda bisa membulatkannya menjadi Rp 100 juta.

Biaya di atas hanya perkiraan dasar. Anda bisa menghitung ulang biaya yang perlu Anda siapkan, terutama jika ingin membangun ruang tertentu. Misalnya, taman di tengah ruangan.

Biayanya bisa lebih besar lagi, bahkan jika menggunakan jasa desain rumah online terbaik dan menggunakan proyek yang kompleks. Semakin kompleks desain rumah, semakin tinggi harganya.

Nah, dengan perhitungan harga rumah minimalis 3 kamar tidur seperti di atas, Anda bisa menyiapkan modalnya mulai dari sekarang. Dengan cara ini Anda dapat membangun rumah impian Anda untuk keluarga Anda.

Membangun rumah sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, perlu memperkirakan biaya membangun rumah sebagai bagian dari persiapan yang matang. Informasi berikut akan membantu Anda menentukan anggaran Anda.

Biaya tenaga kerja

Ketika Anda memutuskan untuk membangun rumah sendiri, terutama untuk gaya minimalis, setidaknya mencapai lebih dari Rp. 100 juta. Tentu saja biaya tersebut tidak mudah mendapatkannya dalam waktu singkat. Perlu Anda ketahui bahwa ada sistem yang berlaku untuk membangun rumah yaitu sistem harian, kontrak servis dan borongan penuh. Besarnya biaya yang Anda keluarkan juga bervariasi tergantung dari sistem yang Anda gunakan.

Biasanya, sistem harian menetapkan harga mulai dari Rp. Dari 100 hingga 150 ribu per hari. Sedangkan untuk perdagangan grosir berkisar Rp. 600-800 ribu per meter persegi. Berbeda dengan grosiran penuh yang harganya jauh lebih mahal, yang bisa mencapai Rp 3-5 juta per meter persegi.

Bagi yang berminat menerapkan sistem SLA, biaya yang akan Anda keluarkan belum termasuk material. Jika ingin proses pembangunan rumah lebih cepat, bisa menggunakan sistem borongan. Namun, sistem harian akan memberi Anda lebih banyak manfaat jika Anda merasa ingin mengubah desain rumah. Anda juga bebas menentukan permintaan.

Luas tanah dan bangunan

Misalnya, Anda ingin membangun rumah 21/60. Tanda itu akan membutuhkan area kadaster 60 meter persegi. Harga tanah tergantung lokasi pembangunan. Jika memilih Jakarta, bisa dikenakan harga Rp per meter persegi. 2.000.000. Jadi bagaimana cara menghitung total biaya membangun rumah untuk membeli tanah, yaitu Rp 2.000.000 x 60 = 120.000.000.

Selain tanah, ada hal lain yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu biaya konstruksi. Biaya ini mencakup berbagai hal, mulai dari bahan, seperti pasir, batu bata, beton, ubin, keramik dan sebagainya. Jika Anda merasa tidak begitu mengerti apa yang Anda butuhkan, Anda bisa memberi tahu atasan karyawan tersebut untuk lebih jelasnya.

Bagi yang ingin menerapkan sistem borongan penuh, perkiraan biaya membangun rumah kami perkirakan Rp. 3 juta per meter persegi, yaitu 21 x 3.000.000 = Rp. 63.000.000. Total biaya pembelian tanah dan bangunan (sistem utuh): Rp 120.000.000 + Rp 63.000.000 = Rp 183.000.000.

Biaya lain-lain

Selain biaya rumah ukuran 10×12 yang standar, Anda bisa mencoba sendiri. Anda yang suka bereksplorasi dalam membangun model rumah idaman dan perlu melakukan perubahan yang ingin dilakukan, seperti menambah taman, ornamen dan sejenisnya, juga perlu memperhitungkan dan menganggarkan untuk itu. Anda dapat menetapkan angka 10% dari total anggaran.

Dengan memperkirakan biaya membangun rumah terlebih dahulu, akan lebih mudah dalam menentukan anggaran. Meskipun harga material, lokasi dan kondisi dapat bervariasi, setidaknya Anda mengetahui biaya keseluruhannya.

Jangan lupa untuk terus memantau perkembangan informasi yang berkaitan dengan harga tanah, bahan dan tarif tenaga kerja. Pastikan rumah dibangun kokoh dengan memilih bahan baku yang tepat seperti produk Tiga Roda. Sudah terjamin kualitasnya yang terjamin dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Kunjungi juga

Unduhan Video Tik Tok

Aplikasi untuk Unduhan Video Tik Tok Tanpa Watermark

Unduhan video Tik Tok tanpa watermark dengan aplikasi terbaik. Mengapa Anda memerlukan pengunduh video TikTok? …