Rumus Menghitung CC Motor
Rumus Menghitung CC Motor. Sumber Gambar: Shell.co.id

Rumus Menghitung CC Motor

Rumus menghitung CC motor dengan akurat. Saat membeli sepeda motor, tentunya Anda akan memilih tipe dan spesifikasi lain yang mendukungnya, termasuk kapasitas cc yang ada di dalamnya. Padahal, jenis mesin ini sangat berperan penting dalam penggunaan sepeda motor sehari-hari, sehingga perlu mengetahui cara menghitung cc sepeda motor untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Rumus Menghitung CC Motor

Apakah maksud CC sepeda motor? Tentu saja, tidak semua orang langsung akrab dengan klasifikasi ini. Cc sendiri adalah volume dalam ruang bakar mobil. Setiap mesin memiliki kapasitas ruang bakar yang berbeda-beda tergantung dari jenis dan tipe mesin.

Biasanya untuk informasi ini Anda bisa melihatnya langsung dari spesifikasi pabrikannya. Sebuah mesin cc kecil biasanya lebih hemat bahan bakar saat Anda gunakan. Hanya saja kekurangannya jika kita lihat dari segi performa dan kecepatan. Jadi, sekali lagi harus memodifikasi sesuai kebutuhan penggunanya.

Hal-hal  Terkait Rumus Menghitung CC Motor

Ternyata ukuran cc ini juga tidak sembarangan karena modifikasi ini untuk keperluan sepeda motor konsumen. Pertama, ketika mesin cc lebih kecil, tujuannya biasanya untuk memberikan mesin yang lebih hemat energi saat Anda gunakan. Sangat cocok bagi mereka yang lebih menyukai sepeda motor berefisiensi tinggi.

Kedua, saat mesin memiliki cc lebih banyak, biasanya memang sengaja bertujuan untuk memberikan performa yang andal dan stabil saat Anda kendarai. CC besar memungkinkan pengguna untuk mengalami penerbangan yang lebih stabil meskipun mereka kurang hemat energi seperti sebelumnya.

Cara Menghitung CC Motor Lengkap Dengan Rumus

Bagaimana cara menghitung cc sepeda motor dan biasanya menggunakan rumus apa nanti? Sebenarnya ada beberapa metode yang bisa Anda pilih berdasarkan parameter yang Anda gunakan di bawah ini:

1. Berdasar kapasitas mesin

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghitung berdasarkan kapasitas mesin yang ada. Untuk ini, rumus yang Anda gunakan adalah cc = 0,785 X (D X D) X L, D adalah diameter piston sedangkan L adalah panjang langkah / stroke. Cukup masukkan komponen yang Anda perlukan dan kemudian lakukan perhitungan.

2. Volume tabung

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan tabung ukuran. Untuk metode ini, rumus yang Anda gunakan adalah phi x ( r x r )  x t = hasil: 1000. Dalam hal ini, sangat penting untuk mengetahui jenis motor dan komponen lain yang Anda perlukan untuk menghitung hasil tersebut.

3. Gunakan aplikasi

Tidak ingin repot menghitung secara manual? Anda tidak perlu khawatir karena kini sudah ada aplikasi yang membantu Anda menghitung kapasitas CC sepeda motor. Aplikasi yang Anda gunakan adalah Motorun Engine Tools. Aplikasi ini tersedia di Google PlayStore. Dan, dapat Anda gunakan untuk keperluan 2 atau 4 tak tergantung kebutuhan Anda.

Juga, cara menggunakannya sangat mudah, cukup unduh dan ikuti semua instruksi yang tersedia.

Rekomendasi Motor untuk Anda

Setelah rumus menghitung CC motor , kini adalah rekomendasi sepeda motor yang bagus. Membutuhkan sepeda motor dalam waktu dekat? Jangan khawatir karena Anda dapat melihat beberapa rekomendasi sepeda motor di bawah ini:

1. Yamaha Gear 125 Edisi Standar

Rekomendasi motor pertama yang bisa kamu beli adalah motor Yamaha Gear 125 Standard Version. Motor ini memang bagus dengan tampilan yang lebih simpel sesuai dengan tipe mesin matic pada umumnya. Sangat cocok untuk kebutuhan perjalanan sehari-hari karena lebih hemat energi.

Hebatnya lagi motor ini menggunakan teknologi 125cc dengan teknologi SMG (Smart Engine Alternator) sehingga suara mesin lebih halus sehingga tidak berisik saat Anda gunakan. Memiliki pijakan kaki khusus, yang memudahkan Anda. Motor sangat nyaman untuk Anda kendalikan pada kecepatan yang baik.

Penasaran ingin menggunakan motor ini? Anda bisa membelinya langsung dengan harga sekitar 17 juta rupiah.

2. Yamaha WR 155 R [VIN 2021

Motor kedua yang bisa Anda pertimbangkan untuk Anda gunakan adalah Metro Jaya – Yamaha WR 155 R [VIN 2021]. Sepeda motor ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai jenis sepeda motor yang sangat maskulin dengan tampilan yang lebih modern untuk Anda gunakan. Motor ini memiliki mesin VVA 155 CC yang bertenaga, yakni 155 CC, berpendingin cairan, mesin empat langkah dengan VVA.

Tidak hanya itu, karena motor ini menggunakan suspensi yang lebih lebar untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi penggunanya. Hal ini juga membuat motor lebih stabil saat Anda kendalikan. Sangat cocok bagi yang menyukai kecepatan tinggi namun tetap memiliki posisi kontrol yang tepat.

Bagi yang ingin membeli motor ini bisa langsung mendapatkannya dengan harga sekitar 36 jutaan rupiah.

Jadi, itulah rumus menghitung CC motor dan rekomendasi motor yang bagus. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi.  Kendaraan yang disetel dan dirawat dengan baik akan meluncur …