Apa Itu Bore Up Motor
Apa Itu Bore Up Motor. Sumber Gambar: Indiatimes.com

Apa Itu Bore Up Motor

Apa itu bore up motor dan keuntungan serta kerugiannya. Bore up mesin adalah hal yang wajar dan sering juga orang lakukan. Tujuannya adalah memperbesar kapasitas silinder mesin supaya performa meningkat.

Secara khusus, bore up mesin adalah memperbesar diameter silinder atau mesin. Jadi, cara ini akan menambah kapasitas ruang bakar dan tentunya, akan menambah tenaga mesin secara keseluruhan.

Apa itu Bore Up motor

Kapasitas mesin yang naik tentu menimbulkan dampak. Mulai dari yang positif sesuai keinginan semula, hingga efek samping. Tentu saja, jika merupakan efek samping, dampaknya tidak sesuai harapan kita.

Keuntungan dan risiko bore up mesin sepeda motor bervariasi. Seperti yang kita ketahui, setiap motor produksi pabrik memiliki desain sedemikian rupa. Sepeda motor ini juga memiliki kapasitas silinder cc mesin sepeda motor yang sesuai dengan standar pabrikan.

Namun ada juga pekerjaan rekayasa yang mekanik lakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas silinder mesin dari suatu motor atau yang  kita sebut juga dengan bore up mesin. Prosedur ini sering mereka lakukan untuk berbagai keperluan yang biasanya merupakan permintaan dari pengendara sepeda motor.

Apa itu Bore Up motor yang harus Anda ketahui?

Apa itu mesin sepeda motor?

Seperti kami jelaskan di atas, bore up mesin mesin kita buat dengan meningkatkan kapasitas cc. Hal ini kita lakukan untuk meningkatkan performa dan tenaga dari sepeda motor yang kita miliki.

Metode Bore Up mesin adalah mengubah ukuran piston agar volume bahan bakar dan udara yang disemprotkan ke dalam ruang bakar menjadi lebih besar.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan Bore Up dengan sepeda motor milik sendiri, seperti:

Filter udara => Jika bore up, kapasitas silinder akan membengkak. Dalam hal ini, sepeda motor akan membutuhkan lebih banyak pasokan udara bersama dengan bahan bakar. Jika Anda masih mengandalkan rumah filter standar dan filter masih terpasang, maka hal ini tidak optimal.

Pertahankan rasio kompresi => Ada baiknya untuk selalu menjaga rasio kompresi. Perbandingan kompresi adalah perbandingan antara volume total kemudian kita bagi dengan volume ruang bakar. Penting bagi Anda untuk membuat perhitungan dengan cermat dan tidak membeli paket bore up dan kemudian segera menginstalnya.

Suplai BBM => Perhatikan juga masalah suplai BBM dari motor. Setelah bore up kita lakukan, motor akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Perhatikan juga masalah pelumasnya => perlu kita ketahui juga bila cara bore up yang mekanik buat baik, agar motor tidak haus akan pelumas. Namun, Anda tetap harus memperhatikan kondisi pelumas dari kendaraan yang Anda miliki.

Sayangnya, langkah meningkatkan kapasitas silinder mesin itu sendiri tidaklah mudah. Bahkan, tak sedikit di antaranya mengalami kegagalan yang berakibat serius bagi kesehatan mesin sepeda motor. Itulah mengapa ada baiknya untuk berpikir dua kali sebelum mengambil tindakan ini..

Keuntungan dan manfaat bore up mesin

Ada kelebihan dan kekurangan yang bisa pemilik sepeda motor bisa dapatkan yang memutuskan untuk bore up mesin sepeda motor. Jika kita lihat dari kelebihannya, sepeda motor yang Anda buat dengan proses bore up dapat memiliki performa yang lebih responsif dan kecepatan yang lebih baik. Selain itu, motor juga memiliki akselerasi yang lebih cepat.

Kerugian dan risiko

Ada beberapa resiko atau kerugian yang mungkin Anda tanggung jika melakukan penambahan kapasitas mesin.

Selain kelebihan di atas, prosedur kavitasi juga memiliki kekurangan. Kelemahan yang terjadi adalah piston sepeda motor menjadi mudah patah dan mesin overheat. Dalam hal ini, penting bagi pemilik sepeda motor untuk memperhatikan rasio kompresi celah piston di kepala silinder.

Bagi yang ingin menambah kapasitas mesin sepeda motor ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan resiko dari mesin sepeda motor anda. Jika Anda khawatir tentang peningkatan kapasitas mesin pada sepeda motor, ada baiknya untuk menyelesaikan proses dengan benar.

Anda bisa melakukan Bore up pada mesin lama atau baru.

Bagi yang ingin membeli sepeda motor baru bisa langsung mengunjungi Dealer Resmi Motor. Ada berbagai produk sepeda motor dengan spesifikasi yang Anda butuhkan. Pembelian dapat Anda lakukan dengan cash atau kredit. Tetapi, jika motor baru bore up, maka garansi akan langsung hilang.

Kunjungi juga

Mobil Murah 2022

Daftar Mobil Murah 2022 dari Merk Ternama

Mobil murah 2022 dari merk ternama. Menemukan mobil murah adalah salah satu pilihan terbaik untuk …