Ukuran Gir Motor Untuk Tanjakan

  • Bagikan
Ukuran Gir Motor Untuk Tanjakan
Ukuran Gir Motor Untuk Tanjakan. Sumber Gambar: Pinterest.com

Berapa ukuran gir motor untuk tanjakan yang kuat?. Saat Anda ingin mengganti atau memodifikasi komponen roda gigi, Anda perlu mengetahui ukuran roda gigi yang tepat untuk motor. Gear motor merupakan komponen yang sangat penting. Fungsinya untuk memutar rantai dari roda gigi motor ke roda gigi.

Ukuran Gir Motor Untuk Tanjakan

Gear motor berbentuk seperti piringan bundar yang tebal dengan roda gigi di sekelilingnya. Gigi tersebut berguna untuk menempelkan rantai pada motor roda gigi agar rantai dapat berputar pada roda gigi dengan aman.

Oleh karena itu, ukuran gear motor harus sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Ukuran drive gigi untuk jalan datar pasti berbeda dengan ukuran drive gigi menanjak. Setiap jenis dan tipe motor memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Lantas berapa ukuran mesin untuk tanjakan ini? Berikut ulasannya untuk Anda.

Berapa Ukuran Gir Motor Untuk Tanjakan Supaya Kuat

Seperti artikel di atas, sebenarnya mesin yang Anda miliki sudah memiliki kemampuan untuk bisa melaju di medan sesuai spesifikasinya. Namun beberapa orang atau mungkin termasuk Anda menginginkan akselerasi yang lebih masif, terutama di tempat yang lebih sulit.

Mengutip dari GridOTO, ukuran gearbox motor perlu memperhatikan rasio ukuran. Persamaan untuk rasio ukuran gigi adalah jumlah titik gigi belakang dibagi dengan jumlah titik gigi depan.

Rasio gigi akhir: (titik gigi belakang: titik gigi depan)

Gigi standar CBR250R: 38: 14 = 2,7

Opsi 1: 40: 14 = 2,85 (total lebih tinggi, akselerasi lebih cepat).

Opsi 2: 36: 14 = 2,57 (Perbandingan total berkurang, kecepatan maksimum meningkat).

Fungsi Roda Gigi Motor

Selain mengetahui ukuran roda gigi yang tepat untuk mesin, Anda juga harus memahami beberapa fungsi roda gigi. Seperti tersebut di atas, gir berfungsi untuk membantu menggerakkan roda belakang. Mengutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, berikut beberapa fungsi dari engine gear:

  1. Penyeimbang roda belakang

Dengan gigi, roda belakang akan seimbang, terutama saat motor berjalan. Tujuannya agar saat akselerasi mesin saat kendaraan tetap seimbang.

  1. Distribusi dan pengaturan daya mesin

Gear set terdiri dari dua jenis yaitu gigi depan (engine sprocket) dan gigi belakang (rear sprocket). Bagian ini mengatur pendeknya daya pada saat kendaraan sedang bergerak.

  1. Menyalurkan engine break

Fungsi lainnya adalah untuk mengatur akselerasi dan keseimbangan tenaga mesin saat melewati jalan yang berat. Jadi Anda bisa mengatur tuas persneling sebagai fungsi rem agar persneling bisa membantu menstabilkan kecepatan motor.

Ini adalah ukuran gigi motor untuk melewati kemiringan maksimum. Perlu kita perhatikan jika Anda masih belum yakin dengan perubahan ukuran gir pada sepeda motor Anda, Anda dapat meminta kerabat atau keluarga untuk melakukan penggantian.

Apa fungsi dari gir roda belakang?

Dengan gir, roda belakang akan seimbang, terutama saat motor berjalan. Tujuannya agar akselerasi mesin saat berkendara tetap seimbang.

Saat Anda ingin mengganti atau memodifikasi komponen roda gigi, Anda perlu mengetahui ukuran roda gigi yang tepat untuk motor. Gearbox merupakan komponen yang sangat penting. Fungsinya untuk memutar rantai dari roda gigi motor ke roda gigi.

Gear motor berbentuk seperti piringan bundar yang tebal dengan roda gigi di sekelilingnya. Gigi tersebut berguna untuk menempelkan rantai pada motor roda gigi agar rantai dapat berputar pada roda gigi dan terikat.

Karena adanya gear atau gigi, roda belakang akan seimbang, terutama saat motor berjalan. Tujuannya agar akselerasi mesin maka motor dan roda belakang tetap seimbang.

Terdiri dari apa set roda gigi?

Gear set terdiri dari dua jenis yaitu gigi depan (motor sprocket) dan gigi belakang (rear sprocket). Bagian ini mengatur pendeknya daya pada saat kendaraan sedang bergerak.

Apa rumus rasio roda gigi untuk mesin?

Persamaan untuk rasio ukuran gigi adalah jumlah titik gigi belakang dibagi dengan jumlah titik gigi depan.

Kesimpulan Ukuran Gir Motor Untuk Tanjakan

Jadi, ukuran gir motor yang cocok untuk tanjakan adalah yang perbandingannya besar. Semakin besar maka akan semakin kuat menanjak. Tetapi, gir besar akan mengorbankan kecepatan tertinggi.

Biasanya, berupa gir belakang besar dengan jumlah mata lebih banyak dari standarnya. Atau, sproket depan lebih kecil dengan mata gigi lebih sedikit dari standar. Atau, depan kecil dan belakang lebih besar.

Tetapi, gir besar juga ada kekurangan. Bensin juga cenderung lebih boros jika motor hanya digunakan di jalan datar. Hal ini terjadi karena, untuk mencapai kecepatan yang sama, maka RPM mesin akan lebih tinggi.

Jadi, mengganti ukuran gir adalah sesuai keperluan. Jika memang harus lewat tanjakan, ya, memang akan lebih kuat dengan perbandingan gir besar atau gir belakang besar. Misalnya, standarnya 37 mata diganti 40 atau 42 mata. Dan, tentunya, perlu ganti rantai juga yang lebih panjang.

  • Bagikan