Translate Jawa ke Sunda

  • Bagikan
Translate Jawa ke Sunda
Translate Jawa ke Sunda. Sumber Gambar: Google.com

Translate Jawa ke Sunda kini sudah bisa kita lakukan dengan Google Translate. Sekarang ini, menterjemahkan bahasa bisa menggunakan Google Translate. Siapapun akan mudah menggunakan fasilitas ini. Bahkan, fasilitas ini bisa kita akses secara gratis dan bisa juga kita gunakan hanya dengan HP saja.

Hal ini tentu bermanfaat sekali untuk keperluan sehari hari. Misalnya, saat traveling hingga belajar bahasa lain. Mulai dari bahasa asing hingga bahasa daerah.

Translate Jawa ke Sunda

Tetapi, tahukah Anda, ternyata Google Translate kini bahkan sudah bisa menerjemahkan bahasa Jawa dan Sunda dari gambar, Anda tinggal mengarahkan kamera saja?.

Fitur Google Translate ini akan memudahkan Anda menerjemahkan kedua bahasa daerah secara praktis dan instan.  Selain bahasa Jawa dan Sunda, ada sejumlah bahasa lain dari berbagai negara. Dukungan ini dapat Anda akses melalui sistem operasi Android dan iOS.

KompasTekno meluncurkan artikel berjudul Google Translate Image kini mendukung bahasa Jawa dan Sunda, terjemahan instan ini cukup dengan mengarahkan kamera ke gambar yang berisi teks/teks.

Google Translate Jawa ke Sunda

Google mengatakan melalui halaman resminya: “Anda dapat menggunakan kamera ponsel Anda untuk menerjemahkan teks di sekitar Anda menggunakan aplikasi Terjemahan. Misalnya, Anda dapat menerjemahkan tanda atau catatan tulisan tangan.”

Cara menggunakannya sangat mudah. Setelah mengunduh aplikasi terjemahan dari AppStore atau Google Play Store.

  • Pengguna cukup menekan tombol ‘Kamera’ yang tersedia tepat di bawah kolom terjemahan.
  • Sebelum menekan tombol kamera, ada baiknya memilih bahasa yang akan Anda terjemahkan terlebih dahulu.
  • Ada opsi “Deteksi Bahasa” untuk mendeteksi bahasa secara otomatis atau memilih bahasa yang akan Anda terjemahkan.
  • Pilihan bahasa Jawa dan Sunda juga bisa Anda temukan di menu ini.
  • Namun, ketika kita gunakan dalam banyak eksperimen, terjemahan yang muncul dari bahasa Sunda dan Jawa masih kurang akurat.

Google mengatakan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keakuratan terjemahan, seperti ukuran teks atau kondisi pencahayaan saat kamera mengambil foto.

Google menulis: “Untuk beberapa bahasa, Anda dapat menerjemahkan teks dengan mengarahkan lensa kamera ponsel Anda. Teks kecil, kurang cahaya, atau teks dalam gaya tertentu dapat mengurangi akurasi terjemahan.”

Google Terjemahan offline

Banyak yang masih berpikir bahwa layanan Google gratis hanya dapat digunakan ketika mereka memiliki Internet. Ternyata sekarang, Google Translate Jawa ke Sunda dapat bekerja bahkan ketika Anda sedang offline.

Bagaimana? mengambil dari Nextren, berikut cara praktis menerjemahkan bahasa di Google Translate meski tanpa internet.

  • Pertama, unduh aplikasi Google Translate melalui Google Play Store terlebih dahulu. Link tersedia di atas.
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan daftar yang dapat mengubah Google Translate online menjadi offline. Klik Aktifkan.
  • Setelah aktivasi, Anda dapat langsung menggunakan Google Translate secara offline.

Anda dapat menikmati Google Terjemahan bahkan tanpa koneksi internet.

Laporan KompasTekno, ternyata melalui update terbaru, kapasitasnya meningkat dalam hal ini.

Google mengklaim bahwa layanan Translate kini dapat menghasilkan terjemahan yang lebih natural dengan menggunakan pilihan kata, aturan tata bahasa, dan kalimat yang lebih kontekstual.

Tingkat akurasi terjemahan juga sekitar 12 persen lebih tinggi.

“Dalam beberapa bahasa seperti Jepang, Korea, Thailand, Polandia, dan Hindi, peningkatan kualitasnya lebih dari 20 persen,” tulis Google dalam posting blog yang mengumumkan pembaruan tersebut.

Selain itu, Google juga telah mengembangkan fitur transliterasi untuk bahasa yang memiliki karakter tulisan lain ke dalam aksara Latin.

Tujuannya untuk memudahkan pengguna dalam melafalkan kata dengan benar sesuai bahasa aslinya.

Terjemahan suara offline di Google Translate kini mencakup teks Arab, Bengali, Gujarati, Kannada, Marathi, Tamil, Telugu, dan Urdu, sebagaimana kami ambil dari KompasTekno dari Android Central, Minggu (22/12/2019).

Kemampuan terjemahan offline Google Terjemahan baru diperkenalkan di versi 6.4.

Aplikasi ini dapat kita unduh dari Google Play Store dan Apple App Store.

“Jika Anda pernah menggunakan terjemahan offline sebelumnya, Anda akan melihat spanduk di beranda yang mengarahkan Anda untuk memperbarui file secara offline,” kata Google.

Kesimpulan

Translate Jawa ke Sunda kini tersedia di Google Translate. Bahkan, kini sudah ada dukungan dari aplikasi dan juga penerjemahan dengan menggunakan gambar. Jadi, ini akan sangat membantu kehidupan kita sehari – hari.

  • Bagikan