Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret
Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret

Kenapa kamera HP tidak bisa memotret. Kamera cuma hitam, menutup sendiri atau tidak terbuka sama sekali?

Jika Anda mengalami kesulitan membuka aplikasi kamera dan mungkin karena perangkat lunak atau perangkat keras. Biasanya, hal itu disebabkan oleh software sehingga Anda bisa bernafas lega tak perlu ganti kamera.

Kini, peran kamera di ponsel Android menjadi semakin penting. Kamera sebagai alat utama untuk menarik media sosial, konferensi video, obrolan, pengeditan, permainan, dan pengguna lainnya.

Namun bagaimana jika ponsel Android secara tidak sengaja mengalami crash dan kesulitan membuka atau menggunakannya?

Menilik penyebabnya, selain software kebanyakan kamera ponsel Android disebabkan oleh kelalaian pengguna. Seperti berulang kali melempar ponsel secara terbalik dan tidak sengaja tenggelam. Juga, alasan lain adalah kesalahan memperbarui sistem operasi, yang berarti kamera tidak berfungsi.

Secara umum, ponsel Android mengalami kesalahan dan tidak dapat dibuka kuncinya.

Bagi kamu yang mengalami masalah yang sama, berikut kami merangkum cara memperbaiki dan membuka kunci kamera ponsel Android yang error.

Mengatasi alasan kenapa kamera HP tidak bisa memotret

1. Paksa berhenti

Mungkin terkesan klasik, namun cara ini adalah cara paling sederhana dan tercepat untuk mengobati beberapa “penyakit” di perangkat Android, termasuk pesan error di kamera.

Buka menu Pengaturan, pilih Aplikasi, lalu pilih Kamera, lalu ketuk Paksa.

Paksa berhenti bagaimanapun adalah pilihan bagus. Jika memang tidak mau terbuka, kenapa pula dipertahankan dibuka?

2. Bersihkan cache

Seperti aplikasi lainnya, aplikasi Kamera menyimpan banyak cache dari kamera HP, seperti database, setting dan history.

Cache ini bisa mempengaruhi performa aplikasi. Termasuk aplikasi kamera. Bisa memperlambat bahkan membuat kamera tidak terbuka sama sekali.

Cara menghapus cache di Aplikasi Kamera Buka menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi, cari Kamera dan klik Hapus Data.

Banyak cache menumpuk bisa menjadi kenapa kamera HP tidak bisa memotret.

3. Mulai ulang

Cara klasik lainnya adalah memulai ulang perangkat Anda saat ponsel Android Anda yang macet di kamera.

Kemudian keluarkan microSD, SIM card dan baterai, tunggu 1 menit, hp android target tidak ada input. Kemudian hidupkan lagi dan periksa apakah kamera berfungsi normal.

Cara ini seperti melakukan restart Android. tetapi sekaligus dengan melepas baterai dan sebagainya. Karena itu, maka restart bisa dikatakan lebih lengkap.

4. Ada Virus – Alasan kenapa kamera HP tidak bisa memotret

Salah satu penyebab kegagalan fungsi kamera adalah adanya virus yang menginfeksi perangkat Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi anti-virus tepercaya seperti avast!

Setelah diunduh, Anda dapat melakukan scanning perangkat Anda secara menyeluruh untuk menghilangkan infeksi virus dengan segera. Jika memang benar error tersebut disebabkan oleh infeksi virus, maka cara ini sebaiknya mengaktifkan kembali kamera HP.

Bagaimanapun virus akan merusak file asli di Android. antivirus bisa mengembalikan lagi. Karena itu, semoga kamera berfungsi kembali.

Baca juga 7 Cara Menghemat Baterai iPhone Lebih Lama

5. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Jik alasan kenapa kamera HP tidak bisa memotret tak ditemukan, Untuk menggantinya Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang berfungsi sebagai kamera pengganti, seperti aplikasi Camera 360.

Jika aplikasi kamera asli memang error, maka bisa menggunakan aplikasi yang lain. Jika hardware masih berfungsi baik, maka semoga bisa berfungsi normal lagi.

Selesai download, langsung buka aplikasinya. Jika bisa terhubung, itu bisa mendeteksi aplikasi kamera bawaan. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga ini alih-alih kamera utama.

6. Cara mengatasi error kamera HP Android dengan Reset Pabrik

Salah satu langkah terakhir mengatasi kenapa kamera HP tidak bisa memotret adalah reset pabrik.

Tetapi, ini untuk mengatasi masalah aplikasi saja.

Reset Pabrik Anda dapat mengembalikan ponsel Android Anda ke pengaturan pabrik, termasuk kamera. Namun, pastikan terlebih dahulu Anda membuat cadangan data yang diperlukan, karena data akan hilang selama proses reset pabrik.

Ini adalah cara untuk memperbaiki aplikasi secara menyeluruh. Jadi, aplikasi kamera serta lainnya akan dikembalikan sesuai aslinya.

Memang ada resiko, jika gagal, maka HP perlu Flash ulang.

7. Bongkar dan ganti

jika alasan kenapa kamera HP tidak bisa memotret bukan dari aplikasi, maka tentu kameranya yang diganti.

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan membongkar kamera ponsel Android Anda.

Kamera ponsel Android akan meledak ketika kami memverifikasi bahwa kerusakan terjadi pada perangkat keras kamera. Jika Anda tidak ingin mengambil risiko hancur sendiri, yang terbaik adalah membawanya ke pusat layanan dengan teknisi yang berpengalaman.

Itulah beberapa cara mengatasi error kamera HP Android dan tidak membukanya. bagus untukmu.

Kunjungi juga

Messenger Download

Messenger Download dan Cara Menggunakannya

Messenger download dan cara menggunakannya. Facebook Messenger adalah platform perpesanan yang orang gunakan untuk berkomunikasi …