20 Cara Menghemat Listrik

  • Bagikan
20 Cara Menghemat Listrik
20 Cara Menghemat Listrik

20 Cara menghemat listrik di rumah untuk mengamankan tagihan listrik secara efektif. Hampir semua aktivitas di rumah bergantung pada penggunaan listrik. Menggunakan terlalu banyak listrik pasti dapat menambah tagihan bulanan Anda. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menghemat listrik? Dan bagaimana cara menghemat listrik yang tidak harus repot? Berikut beberapa tips ampuh yang bisa Anda coba!

Kenaikan tagihan listrik tentunya akan meningkatkan kebutuhan keluarga. Jadi, inilah beberapa hal sederhana yang dapat Anda coba untuk mengurangi penggunaan listrik Anda.

A. 20 Cara Menghemat Listrik dengan Mematikan perangkat

  1. Cabut sakelar saat tidak terpakai

Cara termudah untuk menghemat listrik adalah dengan memutuskan pemutus arus yang tidak kita gunakan. Tanpa kita sadari dan sering kita lupakan, kita biasanya membiarkan kabel tetap terpasang, bahkan saat tidak terpakai. Bahkan, mengabaikan pemutusan beberapa perangkat elektronik adalah salah satu alasan mengapa tagihan Anda meningkat. Cara terbaik untuk menghemat listrik adalah dengan mencabut semua produk elektronik segera setelah Anda gunakan.

Selain menambah tagihan bulanan Anda, lupa mencabut kabel listrik dapat menyebabkan korsleting listrik. Dengan mengabaikan sakelar yang tidak kita gunakan, listrik akan terus mengalir dan terbuang percuma. Untuk ini sekarang coba cek sakelar rumah, apakah Anda masih lupa mencabutnya?

Selain sebagai cara untuk menghemat listrik, lampu LED juga memiliki penerangan yang lebih terang dan maksimal. Lampu LED juga tergolong mampu menghemat energi hingga 80-90% meski dengan daya yang sama. Bahkan, jauh lebih awet dan tidak mudah rusak, lampu LED bisa bertahan hingga 20.000 jam.

  1. Matikan beberapa perangkat elektronik sebelum tidur

Selain tidak sehat, kebiasaan tidur dengan TV, lampu, dan gadget yang masih menyala pasti akan menambah perut kembung Anda selama sebulan. Sekarang Anda bisa biasakan mematikan perangkat elektronik sebelum tidur.

Ini adalah cara menghemat listrik yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Cari cara untuk menghemat listrik dengan mematikan semua perangkat elektronik yang tidak terpakai sebelum tidur. Anda juga harus mematikan lampu agar merasa lebih rileks dan nyaman saat beristirahat.

  1. Jangan mengisi daya telepon semalaman

Seringkali, mengisi daya ponsel sepanjang malam adalah kebiasaan buruk yang harus kita hentikan. Padahal, ponsel hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk terisi penuh.

Selain itu, saat ini banyak ponsel yang menggunakan teknologi fast charging, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk men-charge sepanjang malam.

B. Hemat Listrik dengan Mengurangi Pemakaian

20 Cara menghemat listrik bagian kedua adalah mengurangi pemakaian alat listrik.

  1. Kurangi penggunaan pemanas air

Pemanas air dapat bekerja di rumah dengan listrik. Sehingga tanpa kita sadari, penggunaan mesin pemanas air berkontribusi besar terhadap biaya tagihan listrik. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mandi dengan air hangat, cobalah merebusnya agar tagihan bulanan Anda tidak membengkak.

  1. Kurangi penggunaan pengering

Menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung bisa menjadi alternatif lain untuk mengurangi penggunaan pengering. Disarankan juga agar Anda hanya menggunakan mesin cuci bila diperlukan. Karena semakin besar kapasitas mesin cuci maka semakin tinggi pula konsumsi listriknya. Lebih baik mencuci pakaian kotor dalam jumlah besar segera daripada mencuci setiap hari.

  1. Jangan terlalu sering membuka tutup kulkas

Mulai sekarang, hentikan kebiasaan membuka tutup kulkas terlalu lama. Alasannya adalah karena lemari es yang terbuka selama 30 detik membutuhkan waktu 30 menit untuk kembali ke suhu semula. Ini adalah salah satu penyebab utama konsumsi listrik lemari es yang tinggi.

C. 20 Cara Hemat Listrik dengan Mengganti Alat Hemat Energi

Selanjutnya, 20 cara menghemat listrik yang lain adalah mengganti alat listrik dengan alat hemat energi.

  1. Gunakan pencahayaan LED

Apakah Anda masih menggunakan bola lampu biasa? Beralih ke lampu LED bisa menjadi langkah untuk menghemat listrik di rumah. Meski lebih mahal, konsumsi energi lampu LED terbukti jauh lebih rendah daripada lampu pijar biasa. Sebagai perbandingan, bohlam LED 3 watt setara dengan bohlam pijar 40 watt.

  1. Pilih TV LED dari TV Tabung

Tidak hanya memberikan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan, beralih dari TV tabung ke TV LED juga merupakan cara untuk menghemat listrik.

Sebagai perbandingan, daya listrik yang dibutuhkan untuk TV LED 50% lebih rendah dibandingkan dengan TV tabung. Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang mahal, saat ini sudah banyak TV LED dengan harga terjangkau yang beredar di pasaran.

  1. Memasang AC hemat energi dengan suhu 22-25 derajat

Kebutuhan listrik akan semakin besar ketika memasang AC dengan suhu yang terlalu rendah. Karena langkah ini membuat kompresor harus bekerja lebih keras untuk mencapai suhu tersebut.

Sebaiknya, gunakan AC secara bijak dengan suhu dan suhu normal, yaitu sekitar 22-25°.

  1. Pilih laptop daripada PC

Jika Anda tidak membutuhkan PC, Anda harus beralih ke laptop sesegera mungkin. Saat memilih PC, Anda harus selalu menggunakan CPU yang dapat mengkonsumsi listrik hingga berkali-kali lipat. Pada saat yang sama, laptop hanya membutuhkan daya 25 watt, sedangkan PC membutuhkan daya hingga 400 watt.

  1. Pilih furnitur elektronik hemat energi

Padahal, yang seharusnya kita lakukan untuk menghemat listrik adalah berinvestasi pada produk elektronik yang kompatibel dengan energi. Menggunakan furnitur elektronik hemat energi akan mengurangi biaya operasional. Misalnya dengan memilih mesin cuci hemat energi dengan fungsi pembersih noda yang lebih hemat energi.

D. 20 Cara Menghemat Listrik dengan Memanfaatkan Alam

  1. Manfaatkan ventilasi udara

Seringkali kita tidak menyadari bahwa kita sedang bersantai dan menikmati sejuknya angin dari AC dan kipas angin. Untuk mengurangi penggunaan, Anda bisa menguranginya dengan menggunakan ventilasi di dalam rumah. Oleh karena itu, pilihlah atau bangun rumah dengan penempatan ventilasi udara yang suportif dan proporsional.

  1. Optimalkan fungsi tanaman di dalam rumah

Menanam tanaman di rumah juga bisa menjadi cara menghemat listrik yang patut dicoba. Ini karena, ketika pohon melakukan proses fotosintesis, oksigen keluar dan udara menjadi dingin. Tentu saja tidak menutup kemungkinan untuk mengurangi intensitas penggunaan AC guna menekan tagihan listrik.

  1. Manfaatkan gorden untuk menahan panas

Selain mengoptimalkan penggunaan ventilasi, Anda juga bisa menggunakan gorden untuk menjebak panas agar ruangan lebih sejuk. Cara menghemat listrik ini diharapkan dapat meminimalkan penggunaan listrik AC dan mencerahkan rumah Anda. Dengan menggunakan gorden, Anda dapat membukanya di siang hari dan membiarkan sinar matahari masuk, dan Anda dapat menutupnya jika tidak mau.

  1. Saat memasak nasi, Anda harus menggunakan air mendidih!

Salah satu cara menghemat listrik yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah dengan memasak nasi dengan air mendidih. Langkah ini dinilai efektif dan terbukti jauh lebih efisien dibandingkan menggunakan air suhu ruangan. Menggunakan metode ini tidak hanya menghemat listrik, tetapi memasak nasi lebih cepat.

E. Hemat Listrik dengan Tidak menggunakan Alat Tertentu

Jika terpaksa, maka 20 cara menghemat listrik bagian terakhir adalah menghindari pemakaian alat tertentu yang boros listrik.

  1. Hilangkan penggunaan dispenser

Secara kumulatif, konsumsi energi distributor listrik jauh lebih tinggi daripada AC dan lemari es. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan dispenser manual yang hemat listrik. Pilihan lain yang bisa Anda pilih adalah mendinginkan air langsung di lemari es dan merebus air panas di atas kompor. Cara hemat energi ini juga dinilai efektif untuk menurunkan tagihan bulanan.

  1. Hindari Menggunakan Microwave

Dianggap praktis dan hemat waktu saat memanaskan makanan, microwave kini semakin disukai banyak orang. Sedangkan microwave sekali pakai membutuhkan daya listrik 850-2000 watt.

Bagi Anda yang berencana menggunakan microwave, hal ini dapat dipertimbangkan dengan matang. Apakah Anda yakin siap untuk membelanjakan lebih banyak untuk tagihan listrik Anda?

  1. Jangan gunakan pompa air otomatis!

Kebanyakan orang menggunakan pompa air otomatis untuk mempermudah bisnis mereka karena mereka tidak perlu khawatir menyalakan dan mematikan listrik secara manual. Padahal, sistem pompa air otomatis membuat listrik tetap mengalir meski alirannya berhenti, membuang banyak energi.

  1. Jangan menggunakan setrika tanpa pengatur panas otomatis

Menyetrika biasanya memakan waktu beberapa jam. Tentu saja kegiatan menyetrika pakaian ini bisa menghabiskan banyak listrik jika panas yang keluar darinya tidak diatur. Oleh karena itu, gunakanlah listrik dengan pengatur panas otomatis sehingga dapat menekan dan mencegah konsumsi listrik yang berlebihan.

  1. Jangan menggunakan listrik pasca bayar

Cara paling efektif untuk menghemat energi adalah dengan beralih ke listrik prabayar. Daripada mengkhawatirkan tagihan yang bisa menumpuk di akhir bulan, Anda bisa mengontrol berapa banyak listrik yang Anda gunakan sesuai kebutuhan. Secara tidak langsung, Anda dipaksa untuk lebih bijak dalam menggunakan produk elektronik agar bekerja lebih efisien.

Kesimpulan

Jadi, itulah 20 cara menghemat listrik yang bisa Anda coba di rumah. Selain memangkas biaya, upaya ini juga membantu menyelamatkan planet dengan mengurangi ketergantungan kita pada energi. Tidak ada salahnya untuk lebih pintar menggunakan listrik di rumah, selamat mencoba!

  • Bagikan