Penyebab TV LED Tidak ada Gambarnya Tapi ada Suaranya

  • Bagikan
Penyebab TV LED Tidak ada Gambarnya Tapi ada Suaranya
Penyebab TV LED Tidak ada Gambarnya Tapi ada Suaranya. Sumber Gambar: Google.com

Apa yang menjadi penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya?. Tv tidak ada gambar tapi ada suara: 4 penyebab dan cara mengatasinya.

Jika gambar TV tiba-tiba meredup, Anda mungkin mengira pengatur waktu menyala. Tapi kenapa suara itu masih ada? Nah, dalam hal ini TV tidak ada gambarnya, bukan berarti TV mati total. Karena suara tetap bisa terdengar meski gambar tidak keluar.

Jenis kerusakan ini biasa terjadi pada TV LED. Semakin banyak pengguna TV CRT beralih ke TV jenis ini, semakin banyak kasus kerusakan serupa dengan penyebab yang tidak jauh berbeda.

Penyebab TV Led tidak ada gambarnya tapi ada suaranya

Untungnya, kerusakan ini kita dapat memperbaikinya dengan mudah. Tetapi, dalam kasus lain mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk menyelidiki penyebab kerusakan.

  1. Lampu latar / backlight mati
  2. Kerusakan pada modul T-Con
  3. Panel atau layar TV rusak
  4. Kerusakan flyback (CRT TV)

Penyebab dan Solusi TV Tidak ada gambar tapi suara

Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi TV tidak ada gambar tapi tidak ada suara :

Penyebab TV Led tidak ada gambarnya tapi ada suaranya dan cara mengatasinya

1. Lampu backlight mati

Penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya bisa jadi karena masalah lampu backlight yang mati. Lampu ini berada tepat di belakang lapisan panel LCD, yang biasanya berjajar.

Artinya walaupun hanya satu lampu yang padam, semuanya akan padam, sehingga panel tidak menyala dan gambar TV menjadi gelap (tidak ada backlight).

Panel LED memperoleh tegangan suplai untuk panelnya dari apa yang disebut Boost Converter. Yang dapat menghasilkan tegangan DC sekitar 135 volt. Fungsi utama dari rangkaian ini adalah untuk menaikkan tegangan DC ke level yang lebih tinggi.

Di belakang panel terdapat beberapa deretan lampu LED yang menerangi panel sedemikian rupa sehingga gambar terlihat jelas. Tip sederhana untuk mengetahui apakah lampu latar mati atau tidak adalah dengan menggunakan senter.

Saat TV menyala, Anda dapat menggunakan senter untuk menyorot panel depan. Saat lampu latar mati, kemungkinan akan ada gambar raster atau titik yang terlihat.

Jika masih ada gambar saat panel disinari senter, bongkar bagian belakang panel LED dengan hati-hati. Kemudian ikuti langkah-langkah ini untuk menganalisis kerusakan lampu backlight.

  • Konfigurasikan multitester. digital atau analog.
  • Ukur satu demi satu lampu backlight.
  • Pastikan probe merah menyala (+) dan probe hitam menyala (-).
  • Segera ganti lampu mati atau ganti semua lampu latar agar lebih awet.
  • Pastikan lampu pengganti memiliki voltase yang sama dengan aslinya. Apakah 3V atau 6V.

2. Kerusakan pada modul T-con

TV tidak ada gambar tapi ada suara

Jika Anda menggunakan TV LED atau LCD, ini mungkin penyebab gambar menjadi gelap. Karena TV LED dan LCD dilengkapi dengan add-on yang disebut “T-con” yang menyalurkan tegangan ke panel.

Kerusakan modul T-con juga dapat disebabkan oleh banyak hal seperti: IC utama bermasalah, sekring dan transistor rusak atau kapasitor korsleting. Untuk mengetahui apakah T-con bermasalah atau tidak, Anda dapat menyentuh IC utama T-con.

Jika pemanasan IC tidak wajar atau meningkat dalam waktu lama, dapat diduga bahwa IC korsleting atau komponen IC rusak.

Tanda lainnya adalah gambar TV tidak sepenuhnya gelap karena semua lampu latar masih menyala normal. Hanya saja panel tidak dapat menampilkan gambar karena tidak menerima tegangan dari T-con. Jadi ketika T-con bermasalah, gambar TV biasanya blank dan tampak kebiru-biruan.

3. Panel atau layar TV rusak

Penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya yang ini adalah yang paling mahal untuk diperbaiki. Setelah memastikan backlight dan T-con masih berfungsi dengan baik. Bisa jadi panel LED itu sendiri yang rusak.

Ini merupakan kerusakan yang cukup serius, karena mengganti panel membutuhkan biaya yang cukup mahal, bahkan mendekati harga TV. Jadi, apakah layak diperbaiki? Mungkin tidak dan lebih baik membeli baru.

Layar TV LED yang rusak karena penyebab panel fleksibel yang rusak atau IC COF yang terbakar.

Jika mencoba memperbaikinya, tidak ada salahnya untuk mengganti IC COF yang rusak atau mengganti kabel fleksibel yang sudah rusak.

4. Kerusakan flyback (CRT TV)

Untuk TV CRT, penyebab TV tidak menampilkan gambar tetapi tidak ada suara mungkin karena masalah flyback. Misalnya saja tegangan video tidak keluar, meskipun yang lain masih dalam kondisi normal untuk komponen flyback.

Selain flyback, masalah yang sering terjadi adalah tegangan pada B115 drop dan kebanyakan penyebabnya adalah B+ yang kering, sehingga tegangan yang ada pada flyback drop, kasus seperti ini biasa terjadi pada TV CRT.

Nah itulah 4 alasan penyebab TV Led tidak ada gambarnya tapi ada suaranya. Anda bisa mencoba langkah perbaikan di atas untuk TV LED, LCD dan CRT. Pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati. semoga bermanfaat.

  • Bagikan