Lulusan SMA Bisa Kerja Apa

  • Bagikan
Lulusan SMA Bisa Kerja Apa
Lulusan SMA Bisa Kerja Apa. Sumber Gambar: Google.com

Lulusan SMA bisa kerja apa saja dan berapa gajinya?. Apakah Anda lebih suka lulus SMA dan langsung mencari pekerjaan daripada melanjutkan pendidikan? Meskipun banyak orang meremehkan, hal itu legal. Masalahnya, banyak faktor yang menyebabkan lulusan SMA menunda studi kuliahnya atau bahkan tidak berminat untuk kuliah sama sekali. Salah satunya adalah biaya.

Padahal, pendidikan dapat membuka banyak peluang untuk sukses di masa depan. Namun bukan berarti kamu yang tidak kuliah tidak bisa mengubah nasib menjadi lebih baik.

Lulusan SMA bisa kerja apa

Bagi Anda lulusan SMA, Anda tidak perlu sedih. Ada banyak pilihan untuk pekerjaan bergaji tinggi yang bisa Anda geluti. Ayo lihat daftarnya di bawah ini.

Daftar pekerjaan bergaji tinggi untuk lulusan sekolah menengah

  • Lulusan SMA bisa jadi pramugari
  • Pembantu Pilot
  • Polisi
  • Pemasaran Penjualan
  • Layanan Pelanggan
  • Fasilitas kabel listrik
  • Asisten gigi
  • Guru privat
  • Pengusaha
  • Operator produksi
  • Kru Kapal Kargo

Masih banyak pekerjaan lulusan SMA yang masih bergengsi dan bergaji tinggi. Misalnya 10 posisi di bawah ini.

Untuk lebih jelasnya simak ulasan singkatnya di bagian selanjutnya.

Pilihan lulusan SMA bisa kerja apa tanpa pendidikan lagi

  1. Lulusan SMA bisa jadi pramugari

Pekerjaan ini dapat membuat Anda bepergian secara gratis. Soal penghasilan juga tidak perlu ditanya, bisa lebih besar dari gelar sarjana atau bahkan gelar master. Gaji pramugari junior mulai dari Rp 5 juta, belum termasuk berbagai tunjangan.

Fasilitas yang didapatkan selama bekerja juga baik, misalnya minimal akomodasi yang tersedia adalah hotel bintang empat.

Sebenarnya, melamar kerja sebagai prsmugari itu tidak perlu sertifikat sekolah pramugari. Tetapi, memang memerlukan beberapa keahlian tertentu.

  1. Pemasaran Penjualan

Apakah Anda suka bertemu orang baru dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik? Jadi hanya penjualan dan pemasaran. Jangan salah, jika performa bagus dan target tercapai, komisi yang Anda dapatkan bisa sangat tinggi.

Beberapa perusahaan, terutama perusahaan perbankan, menawarkan berbagai bonus untuk penjualan yang kompeten, mulai dari uang hingga tiket pesawat.

Bonus lagi, jadi penjualan membuat Anda memiliki jaringan yang luas. Ini penting untuk pengembangan karir Anda di masa depan.

  1. Layanan Pelanggan

Beberapa perusahaan menerima lulusan sekolah menengah sebagai layanan pelanggan. Gaji rata-rata dengan upah minimum atau bahkan lebih tinggi. Secara umum, pekerjaan layanan pelanggan mencakup penanganan keluhan, serta menjelaskan dan melaksanakan prosedur yang terkait dengan pelanggan atau klien.

Meski terkesan sederhana, profesi ini membutuhkan pengetahuan mendalam tentang produk atau layanan perusahaan dan keterampilan layanan yang baik.

  1. Guru privat

Apakah Anda memiliki prestasi besar di sekolah? Jangan sampai ilmu yang Anda miliki menguap begitu saja.

Pekerjaan yang tepat untuk Anda adalah tutor atau guru. Anda dapat mendaftar untuk les privat atau memberikan layanan secara langsung.

  1. Pengusaha

Tidak ada batasan pendidikan untuk menjadi seorang wirausaha. Selagi Anda masih muda, Anda memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi sebanyak mungkin. Namun, jangan hanya membuka bisnis. Jika perlu, konsultasikan dulu dengan pengusaha di sekitar Anda yang sudah sangat sukses.

Pilihan lulusan SMA bisa kerja apa dengan pendidikan tambahan

  1. Kopilot

Banyak maskapai penerbangan di Indonesia yang membuka lowongan untuk co-pilot atau bahkan pilot. Setelah lolos seleksi, Anda akan mendapatkan pelatihan khusus dan pendidikan paruh waktu.

Umumnya lama pendidikan untuk pekerjaan ini sekitar 112-150 hari, tergantung jenis pesawat yang akan diterbangkan.

  1. Kelistrikan

Pekerjaan ini sangat ideal bagi mereka yang lulus dari sekolah menengah kejuruan dan mengambil jurusan kelistrikan. Namun, jika tidak, Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan mendapatkan pelatihan kerja sebelum terjun ke lapangan.

Pekerjaan ini termasuk pekerjaan bergaji tinggi untuk lulusan SMA, tepatnya sekitar Rp 5 juta per bulan. Sangat bagus, bukan?

  1. Asisten dokter gigi

Bukan lulusan kedokteran tapi ingin bekerja di rumah sakit? Inilah profesi yang tepat untuk Anda.

Secara umum, persyaratan pendidikan yang dipersyaratkan minimal SLTA atau diploma keperawatan gigi. Anda akan menerima pelatihan sebelum mulai bekerja.

Gaji rata-rata seorang Asisten Dokter mulai dari Rp3 juta hingga Rp5 juta per bulan.

  1. Operator produksi

Pekerjaan seperti ini merupakan cita-cita banyak lulusan SMK. Namun, banyak lulusan SMA yang juga menjadi operator produksi di pabrik.

Untuk gaji, setiap perusahaan menetapkan standar gaji yang berbeda. Misalnya, PT Epson Indonesia akan membayar gaji lulusan SMA sekitar Rp 7 juta.

  1. Kru Kapal Kargo

Beberapa posisi yang bisa dilamar lulusan SMA antara lain pelaut, juru masak, koki, dan waiter.

Jadi berapa gajinya? Perusahaan pelayaran nasional Indonesia, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) pada tahun 2019 membuka lowongan untuk posisi ini bagi lulusan SLTA/profesional dengan gaji mulai dari Rp 7 juta.

  1. Polisi

Untuk menjadi perwira polisi, Anda bisa masuk akademi kepolisian. Namun, jika Anda tidak tertarik untuk melanjutkan pendidikan, Anda dapat melanjutkan dengan seleksi secara langsung.

Salah satu syarat pendidikan untuk menjadi polisi adalah lulusan SMA dari berbagai disiplin ilmu.

Tips supaya lulusan SMA bisa kerja apa yang berpendapatan besar

Meski tidak memiliki kesempatan untuk menikmati kuliah, bukan berarti hidup dan karir Anda akan berakhir di situ. Sebelum Anda memutuskan profesi yang ingin Anda tekuni dan kejar , sebaiknya pikirkan beberapa ide untuk mengembangkan karir Anda di masa depan.

Berikut adalah beberapa tips dan cara untuk meningkatkan kemampuan diri dan jenjang karir.

Pekerjaan akan sesuai dengan keterampilan dan bagaimana menggunakan ketrampilan tersebut.

Untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi, sebagian besar karyawan biasanya hanya fokus pada promosi atau promosi. Bahkan, mereka lupa bahwa hal utama yang harus diperhatikan adalah skill. Ketika Anda sudah memiliki skill yang mumpuni, promosi dan kenaikan gaji tentunya akan menyusul.

Jika Anda memiliki keterampilan, Anda dapat pergi ke mana pun, jarak berapa pun, dan beradaptasi di mana pun. Bahkan, Anda mungkin tidak lagi membutuhkan keterampilan yang Anda miliki untuk bekerja di perusahaan orang lain.

Ingatlah bahwa perusahaan dapat bangkrut kapan saja dan Anda dipecat. Jika Anda memiliki keterampilan, tentu ada banyak solusi untuk menghasilkan uang dari keterampilan Anda, bukan?

1. Fokus pada keterampilan, percaya diri, dan jadilah ahli

Tidak ada orang yang tidak memiliki passion dan bakat. Gairah adalah sesuatu yang Anda sukai sementara bakat adalah gen yang Anda miliki sejak lahir yang dapat membuat Anda menjadi ahli di bidang tertentu lebih cepat daripada yang lain.

Dua hal ini harus kamu perhatikan dan kembangkan, jangan menyia – nyiakannya ya guys. Selagi Anda masih muda, kembangkan, jika tidak semangat dan bakat Anda bisa mati. Gairah dan bakat akan berguna jika Anda mengasahnya. Lain cerita kalau tidak kita asah.

2. Jangan buang waktu

Anda tidak perlu menunggu untuk lulus sekolah, mendapatkan gelar sarjana, mendapatkan promosi, atau pensiun untuk memulai kemajuan terbaru dalam karir Anda. Ingat, Bill Gates memulai bisnis pertamanya pada usia 17 tahun, Mark Zuckerberg menciptakan CourseMatch dan Facemash saat di Universitas Harvard dan kemudian membuat Facebook ketika ia berusia 19 tahun.

Memulai karir tidak harus menunggu waktu yang tepat atau pada usia yang matang. Tentu saja, kesuksesan datang dengan usaha keras.

Jika dimulai dengan niat dan usaha yang baik, maka hasilnya juga akan baik. Jadi, tidak perlu menunggu lama, menunggu gelar sarjana dan sarjana, menunggu kenaikan pangkat, belum lagi menunggu sampai kaya. Lakukan sekarang dan dapatkan hadiah sebesar yang Anda bisa sekarang.

3. Belajar mengatur keuangan sejak dini

Apakah Anda masih sekolah atau kuliah namun sudah bekerja, keterampilan ini akan banyak membantu saat Anda dewasa. Tentunya Anda ingin secepat mungkin mandiri secara finansial dan tidak membebani orang tua, bukan? Jika iya, pelajari perencanaan keuangan sejak dini.

Beberapa elemen penting dalam perencanaan keuangan antara lain menabung, meningkatkan pendapatan dari pekerjaan sampingan, berbisnis, berinvestasi, dan mendapatkan asuransi.

Sedangkan untuk menabung dan menabung, ada banyak cara untuk menabung meski dengan penghasilan kecil. Salah satunya adalah menghitung berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai nilai target akhir tabungan.

Itulah 10 peluang kerja lulusan SMA dengan gaji yang relatif tinggi, tips meningkatkan kemampuan diri dan jenjang karir. Dengan ketekunan dan kerja keras, Anda pasti akan bisa meraih kesuksesan di masa depan, dan selamat mencoba!

  • Bagikan