NO Tlp Pengaduan PLN

  • Bagikan
NO Tlp Pengaduan PLN
NO Tlp Pengaduan PLN.Sumber Gambar: PLN.co.id

Berapa NO Tlp pengaduan PLN di kota saya? Apakah sama dengan kota lainnya? Keluhan PLN online di call center 123 PLN: Pemadaman listrik dan berbagai gangguan listrik. Call Center ini untuk Indonesia secara umum.

Pada artikel ini Anda akan mempelajari cara membuat pengaduan kepada PLN dengan berbagai cara. Salah satunya adalah call center 123 PLN.

NO Tlp pengaduan PLN

1. Layanan Gangguan Listrik

Baru-baru ini, pemadaman listrik massal terjadi di Jakarta, Tangerang, Bandung dan sekitarnya. Jelas, pemadaman listrik ini berdampak sangat negatif terhadap aktivitas sehari-hari.

Transportasi umum juga terpengaruh. Tidak hanya pemadaman listrik, gangguan listrik juga bisa datang dalam berbagai bentuk. Beberapa dari mereka adalah:

  • Power failure: Kegagalan daya ini juga dikenal dengan istilah umum “pemadaman”.
  • Switching Transient: : gangguan listrik berupa penurunan tegangan dalam waktu yang sangat singkat (dalam nanodetik).
  • Power surge: Lonjakan listrik ini terjadi ketika tegangan saluran tiba-tiba meningkat karena sambaran petir dan sejenisnya.
  • Over voltage dan Under voltage: Kondisi di mana tegangan saluran melebihi atau turun di bawah batas normal, yang dapat menyebabkan kegagalan peralatan elektronik secara cepat.
  • Frequency Variation: Kebisingan listrik ketika frekuensi jaringan berfluktuasi dan tidak stabil. Ini juga mempengaruhi perangkat elektronik.
  • Power SAG: Power sag ini terjadi ketika voltase tiba-tiba turun hingga 80% karena lebih banyak daya yang dikonsumsi daripada kapasitas terpasang.
  • Electrical Line Noise: Gangguan pada gelombang listrik yang disebabkan oleh frekuensi tinggi, petir, atau instalasi listrik yang buruk.

Dengan begitu banyak jenis gangguan listrik, alangkah baiknya jika Anda memiliki tempat untuk melaporkan dan mengajukan keluhan.

Untuk itu PLN (Perusahaan Listrik Negara) menyediakan layanan call center berupa PLN 123.

NO Tlp pengaduan PLN: call center 123 PLN

Call center PLN 123 merupakan salah satu upaya Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitasnya kepada masyarakat.

Fitur ini memudahkan pelanggan untuk mengajukan keluhan. Selain pengaduan, pelanggan juga dapat menghubungi call center PLN 123 untuk meminta peningkatan daya listrik atau beralih dari pembayaran pascabayar ke prabayar.

Call center ini bisa dibilang sebagai salah satu fungsi yang sangat penting bagi PLN untuk selalu memberikan yang terbaik dan mengembangkan layanannya kepada masyarakat.

Call center 123 PLN sendiri memberikan cakupan layanan yang cukup luas, beberapa di antaranya adalah:

  • Informasi tagihan listrik
  • Keluhan tentang gangguan listrik dan layanan
  • Koneksi baru
  • mengubah daya
  • Sambungan sementara
  • Beralih ke prabayar

Selain itu, masyarakat didukung dengan layanan call center 24 jam yang tidak hanya mudah diakses setiap saat, tetapi juga dilayani lebih cepat dan tanpa biaya tambahan.

Dulu, jika Anda ingin melaporkan kerusakan atau membutuhkan koneksi tambahan atau perubahan daya, Anda harus datang langsung.

Namun, dengan PLN 123 sekarang Anda dapat menghemat waktu.

Bagaimana cara mengajukan keluhan?

Sekarang sangat mudah untuk mengajukan keluhan tentang masalah listrik yang Anda alami. Anda tidak perlu lagi repot datang langsung ke kantor PLN.

Silain No Tlp pengaduan PLN, ada banyak cara untuk menyampaikan keluhan, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1. PLN online melalui telepon / ponsel

Jika Anda ingin menelepon operator dan berbicara dengannya secara langsung, Anda dapat menghubungi operator dan menjelaskan masalahnya kepadanya secara langsung.

Untuk menghubungi PLN Anda dapat menghubungi “123” langsung di ponsel Anda.

Namun jika ingin menghubungi via handphone, triknya masukkan kode area lalu misalnya “123”: Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, masukkan kode area “021” untuk 021123.

2. PLN online melalui media sosial

Disamping No Tlp pengaduan PLN ada juga medsos milik PLN. Tidak dapat dipungkiri bahwa orang menghabiskan setidaknya 1 atau 2 jam di media sosial hanya untuk memeriksa status atau memberikan pembaruan. Berdasarkan data tersebut, PLN 123 juga telah memperluas layanannya ke platform media sosial.

Selain memudahkan masyarakat, platform media sosial ini juga mencakup lebih banyak kelompok usia dan masyarakat.

Anda dapat menghubungi PLN 123 di platform media sosial berikut:

Facebook: PLN 123

Twitter: @pln_123

3. PLN online melalui email

Anda dapat menyampaikan keluhan tidak hanya melalui percakapan pribadi, tetapi juga melalui email, yang dapat dikirim langsung ke PLN di pln123@pln.co.id.

Cara ini membutuhkan koneksi internet dan alamat email yang aktif.

4. PLN online melalui aplikasi smartphone

Salah satu alternatif untuk No Tlp pengaduan PLN adalah aplikasi PLN.

Siapa yang tidak memiliki smartphone? Berkat kecanggihan teknologi, kini semua orang bisa memiliki smartphone dengan harga yang cukup terjangkau.

Sebagai bentuk PLN untuk memperluas jangkauan pelayanan Anda, PLN 123 tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone yaitu PLN Mobile.

Versi Android. Versi iPhone.

PLN Mobile merupakan bentuk kerjasama PLN dengan anak perusahaan PT Indonesia Comnet Plus.

PLN Mobile sendiri merupakan salah satu aplikasi Mobile Customer Self Service yang telah terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

Seperti fasilitas yang diberikan oleh PLN 123, pengguna dapat memperoleh informasi berikut melalui PLN Mobile:

  • Tagihan listrik, tarif dasar listrik saat ini dan riwayat token (prabayar)
  • Isu-isu terkait layanan PLN kepada publik seperti pemadaman listrik, berita, dll
  • Simulasi dan aplikasi untuk instalasi baru, perubahan jaringan, koneksi sementara
  • Ajukan keluhan dan periksa status keluhan

Tentunya layanan ini masih dalam pengembangan. Menurut Agus Sutiawan, Kepala Departemen Sistem dan Teknologi Informasi PLN, pelanggan kemudian dapat berbicara langsung dengan layanan pelanggan PLN 123 tanpa menggunakan telepon atau operator seluler, tetapi melalui VOIP (Voice Over Internet Protocol).

Aplikasi ini saat ini berlaku untuk pengguna smartphone Android dan iOS. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengunduhnya melalui Google Play Store dengan memasukkan kata kunci PLN Mobile.

NO Tlp pengaduan PLN 123 Call Center

Dengan Callcenter 123 Anda tidak perlu lagi mengeluh. Melalui platform yang berbeda Anda dapat menghubungi 123 PLN secara langsung untuk berbagai fasilitas yang Anda butuhkan.

Apakah Anda pernah mengalami gangguan PLN? Apa yang Anda lakukan untuk memperbaiki masalah? Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan tinggalkan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

  • Bagikan