Apa Motivasi Anda Bekerja

  • Bagikan
Apa Motivasi Anda Bekerja
Apa Motivasi Anda Bekerja. Sumber Gambar: Google.com

Bagaimana menjawab pertanyaan apa motivasi Anda bekerja saat wawancara?. Anda harus memberikan jawaban wawancara kerja yang benar dan tepat saat HRD menanyakan pertanyaan tersebut. Anda harus memahami bagaimana menjawab pertanyaan ini sehingga perusahaan dapat yakin bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu. dan mengisi posisi yang sudah kosong.

Saya yakin pertanyaan motivasi ini ditanyakan pada tes wawancara kerja. Ini adalah cara untuk kemudian menemukan tekad dan ketulusan Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas Anda.

Apa motivasi Anda bekerja

Pengertian motivasi adalah : suatu alasan atau tujuan yang dimiliki seseorang sebagai acuan ketika melakukan sesuatu. Semakin penting motivasinya, semakin antusias orang tersebut untuk melakukan sesuatu atau bekerja. Karena orang itu memiliki hal-hal dalam pikiran mereka yang perlu mereka capai dan perjuangkan.

Mengapa pertanyaan motivasi selalu ditanyakan di tempat kerja?

Sebelum saya jawab saya mau tanya dulu : Kalau di suatu perusahaan ada 2 calon (sebut saja A dan B) dan anda adalah HRDnya. Ketika ditanya tentang apa motivasi Anda bekerja (apa motivasi Anda melamar dan ingin bekerja di PT ini?):

– Orang A menjawab: Saya ingin merasakan mendapat uangnya

– Orang B menjawab: Saya harus membahagiakan orang tua saya karena mereka adalah orang-orang yang kurang beruntung

Jika Anda adalah perusahaan HRD, siapa yang akan Anda pilih dari dua gambar di atas? Tentu saja ya B, kan? Dalam benak Anda pasti akan berpikir bahwa motif Orang B akan jauh lebih serius dengan pekerjaan nanti karena ada orang tua yang perlu semangat.

Mengapa bukan Orang A? karena jawabannya tampak main-main. kalau sekedar ingin merasa bisa dapat uang, jualan juga bisa. Bahkan bisa buka jasa pijat. Dan nanti, ketika sedang bekerja, tentu saja orang juga bermain dan tidak serius.

Tujuan pertanyaan apa motivasi Anda bekerja?

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, pertanyaan ini memungkinkan seorang HRD atau perekrut mengetahui seperti apa Anda nantinya saat terjun langsung ke lapangan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh asal-asalan dalam menjawab dan berpikir matang-matang.

Dan dalam artikel ini saya akan menjelaskannya kepada Anda berdasarkan pengalaman pribadi saya. Saya merantau selama lebih dari 7 tahun. Semoga bisa memberi pencerahan dan mempermudah Anda.

Jawaban pertanyaan apa motivasi Anda bekerja dan jawabannya

Setelah Anda memahami hal di atas, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri jika Anda akan ditanya pertanyaan ini nanti. Bentuk pertanyaan yang diajukan kurang lebih sama untuk semua perusahaan, yaitu: Apa motivasi Anda melamar dan bekerja di sini?

Pertanyaannya akan seperti ini, sangat sederhana, tetapi yang sulit adalah menjawabnya. Jadi apa dan bagaimana menjawab dengan baik? Berikut saya berikan contoh motivasi karyawan, diantaranya :

2. Meringankan beban orang tua dan membuat mereka bahagia

Ini paling sering digunakan dan diucapkan oleh kandidat ketika dihadapkan dengan pertanyaan motivasi. Karena itulah mengapa kebanyakan orang mencari pekerjaan yang layak. Tidak ada yang salah dengan itu, tetapi seperti yang saya katakan, jika Anda menjawab seperti ini, nilainya akan sama dengan puluhan bahkan ratusan pesaing.

Jadi apakah ada hal lain tentang jawaban apa motivasi Anda bekerja ? Tentu saja ada, baca terus.

2. Membiayai anggota keluarga

Pendanaan di sini berarti Anda adalah pencari nafkah rumah tangga dan ada beberapa alasan lain yang mengharuskan Anda menghasilkan uang dalam jumlah besar termasuk:

  • Pembiayaan pengobatan kerabat (orang tua, saudara kandung, saudara kandung)
  • Biaya sekolah untuk anggota keluarga (saudara laki-laki atau perempuan)
  • Melunasi hutang besar anggota keluarga

Bukan berarti saya mendoakannya ya, hanya sebatas memberi masukan. Siapa tahu ada di antara Anda yang membaca ini sebenarnya mengalami masalah seperti yang saya katakan di atas.

3. Anda ingin hidup mandiri

Pertanyaan apa motivasi Anda bekerja bisa dijawab dengan jawaban untuk hidup mandiri. Ini hampir sama dengan poin nomor 1. Kenapa? karena ini juga sangat umum digunakan oleh para pencari kerja di luar sana. Intinya, jika Anda hidup mandiri dan tidak ingin lagi mengganggu orang tua (makan, tidur, keperluan), Anda membayarnya sendiri.

4. Bayar sekolah (Anda)

Anda mengatakan itu ketika Anda bekerja sambil mengarahkan program pendidikan, apakah itu kuliah atau apa pun. Tetapi jika Anda memang ingin menggunakan alasan ini, berikut ini adalah CATATAN PENTING: Anda TIDAK boleh menggunakannya jika perusahaan tempat Anda melamar melarang calon karyawannya mengikuti program pendidikan.

Percaya atau tidak, banyak perusahaan memiliki kebijakan seperti ini. Mungkin alasan mereka adalah bahwa karyawan mereka lebih fokus dalam memenuhi tugas mereka. Anda harus memperhatikan hal ini.

5. Berpartisipasi mengembangkan perusahaan ini

Jawaban dari pertanyaan apa motivasi Anda bekerja ini mungkin sebagian besar dari Anda baru saja membaca sekarang.  Saya mendapatkannya dari HRD senior dari PT beberapa waktu lalu. Kemudian mengobrol dengannya saat istirahat, percakapannya kurang lebih seperti ini:

– Saya: Pak, apa jawaban wawancara pelamar yang paling tepat?

– Senior: Itu relatif, tergantung HRD masing-masing

– Saya: Bagi Anda, bagaimana?

– Senior: Jika ada yang menjawab “Saya ingin ikut serta dalam pengembangan perusahaan”, saya langsung ambil (istilahnya adalah pemberian kontrak kerja bagi karyawan baru)

– Saya: Apakah ada seseorang yang menjawab begitu?

– Senior: Saya katakan jika ada, itu berarti tidak pernah ada

– Saya: (diam-diam sambil berbicara sendiri) tidak mungkin ada hal seperti itu.

Saya menarik kesimpulan seperti itu dari percakapan ini. Tetapi Anda harus berhati-hati jika ingin menggunakan ini sebagai alasan. Alasannya, ada pertanyaan lanjutan yang lebih sulit.

Jika Anda menjawab seperti ini, HRD akan bertanya lagi, seperti ini:

  • Apa yang akan Anda lakukan untuk memajukan perusahaan ini?
  • Ide apa yang kamu punya?
  • Ide apa yang menurut Anda dapat memajukan perusahaan ini?

Dan mungkin pertanyaan lainnya. Jika tidak bisa menjawabnya, saya sarankan untuk tidak menggunakannya. Walaupun nilainya sangat bagus di mata HRD.

6. Meningkatkan ekonomi

Itu berarti Anda ingin membuat ekonomi hidup Anda lebih baik. Saat bekerja Anda mungkin ingin segalanya berjalan lebih baik, Anda mungkin tidak memiliki tempat tinggal untuk memulai, saat bekerja Anda mungkin memiliki rumah dan seterusnya.

7. Mendukung dan mensejahterakan keluarga (anak-anak Anda dan istri Anda)

Ini digunakan untuk Anda yang sudah berkeluarga. Dengan bekerja, Anda bisa menyekolahkan anak Anda ke jenjang yang tinggi. Anda bisa membahagiakan istri, memenuhi kebutuhan sehari-hari dan alasan lainnya.

Saya tidak membutuhkan Anda untuk menggunakan semuanya. Jika ada alasan lain yang menurut Anda lebih tepat, silakan gunakan yang bisa diterima disana.

Jawaban yang tidak bisa dikatakan

Selain hal di atas, ternyata ada beberapa alasan yang tidak boleh Anda katakan saat proses wawancara, di antaranya:

  • Mencari pengalaman (mengapa pengalaman dicari, itu datang dengan sendirinya)
  • Mengisi waktu luang (karena harus bekerja bisa memancing saja)

Kenapa lulus, harus bekerja (ada undang-undang yang mengaturnya? Bisa sekolah kan)

  • Anda ingin mendapatkan uang (ada banyak cara untuk mendapatkan uang di luar pekerjaan)

Jangan katakan itu saat Anda melakukan wawancara. Jika Anda tidak percaya, cobalah sendiri (tetapi jika Anda gagal, itu adalah risiko Anda sendiri). Dan mungkin beberapa artikel ini dapat membantu Anda juga:

Demikian pembahasan jawaban interview atau wawancara apa motivasi Anda bekerja yang baik dan benar agar perusahaan target anda bisa menerima anda. Semoga bisa membantu anda semua. Terima kasih telah membaca

  • Bagikan